cover
Contact Name
Novita
Contact Email
jurnalpkoprestasi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpkoprestasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PRESTASI
ISSN : 25499394     EISSN : 25797093     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Prestasi adalah Jurnal yang berfungsi menyediakan sarana publikasi untuk bidang pengembangan konsep-konsep dan kajian teoritis, termasuk isu-isu aktual yang relevan dalam bidang kepelatihan dan pendidikan olahraga. Jurnal Prestasi terbit di bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
PENGARUH VARIASI LATIHAN CHAIR SHOOTING, LATIHAN JUMP SHOOT DI DEPAN RINTANGAN DAN JUMP SHOOT WARM UP TERHADAP HASIL JUMP SHOOT KLUB BOLA BASKET ANGSAPURA MEDAN Sitepu, Indra Darma
JURNAL PRESTASI Vol 2, No 4 (2018): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.181 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi latihan chair shooting, latihan jump shoot  di depan rintangan dan latihan jump shoot warm up terhadap hasil jump shoot Klub Bola Basket Angsapura Medan tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pelaksanaan latihan yaitu latihan chair shooting, latihan jump shoot di depan rintangan dan latihan jump shoot warm up. Populasi adalah seluruh pemain bola basket putera yang berjumlah 20 orang. Jumlah sampel 15 orang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dilakukan dengan test tembakan jump shoot untuk mengetahui kemampuan shooting menggunakan 10 bola dari 5 penjuru mata angin pada tempat yang sama. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 minggu dengan frekuensi latihan 4 kali dalam seminggu. Berdasarkan hasil test tembakan jump shoot terdapat 9 atlet (60%) yang mengalami peningkatan dalam melakukan test jump shoot sedangan 6 atlet (40%) lagi masih belum mencapai peningkatan yang signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variasi latihan chair shooting, latihan jump shoot di depan rintangan dan latihan jump shoot warm up terhadap peningkatan hasil jump shoot Klub Bola Basket Angsapura Medan.
HUBUNGAN KELENTUKAN SENDI PANGGUL DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN MAWASHI GERI DALAM OLAHRAGA BELADIRI KARATE DI SMA FITRA ABDI PALEMBANG Manullang, Jujur Gunawan
JURNAL PRESTASI Vol 1, No 2 (2017): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.641 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelentukan sendi panggul dengan kemampuan tendangan mawashi geri dalam ekstrakurikuler olahraga beladiri karate di SMA Fitra Abdi Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana. Subjek penelitian adalah seluruh karateka yang mengikuti ekstrakurikuler karate di SMA Fitra Abdi Palembang sebanyak 30 orang. Sedangkan instrument tes yang digunakan untuk mengukur kelentukan sendi panggul dan kemampuan tendangan mawashi geri yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sit and Reach Test dan tes keterampilan menendang sasaran selama 30 detik. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan sendi panggul dengan kemampuan tendangan mawashi geri dalam ekstrakurikuler olahraga beladiri karate di SMA Fitra Abdi Palembang. Kemudian diuji kebenaran koefisien korelasi tersebut. Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh thitung sebesar 1,860 dan ttabel sebesar 9,564 pada taraf kepercayaan  = 0,05. Dengan demikian, thitung > ttabel maka kriteria hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya koefesien determinan daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan tendangan mawashi geri pada karateka di peroleh data 0,875, hal ini berarti bahwa daya ledak otot tungkai menyumbang/ berperan dalam hasil tendangan mawashi geri sebesar 76,5 %  dan sisanya 23,5 %  ditentukan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci :  Kelentukan Sendi Panggul, kemampuan Tendangan mawashi geri.
PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN SHOOTING AFTER DRIBBLE DENGAN LATIHAN SHOOTING AFTER CENTERING PASS TERHADAP HASIL SHOOTING PADA PEMAIN SEPAKBOLA SEJATI PRATAMA Matondang, Mahmuddin; Tarmizi, Ahmad
JURNAL PRESTASI Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.157 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan shooting after dribble dengan shooting after  centering pass terhadap hasil kemampuan shooting sepakbola pada Pemain Sepakbola Sejati Pratama Medan Johor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode experiment dengan jumlah populasi yaitu 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling (sampel bersyarat dan ciri-ciri). Selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik matching by fairing yaitu kelompok A (shooting after dribble) dankelompok B (shooting after centering pass) berdasarkan hasil pre-test yang telah diranking. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 minggu, dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu. Hasil analisis data yang menggunakan uji-t menunjukkan peningkatan terhadap hasil kemampuan shooting. Dari hasil perhitungan uji statistik hipotesis pertama diperoleh thitung(17,10) > ttabel(1,83), maka hipotesis pertama dapat diterima sehingga dapat dibuktikan bahwa latihan shooting after dribble memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil kemampuan shooting.. Dari hasil perhitungan uji statistik hipotesis kedua diperoleh thitung(6,10) > ttabel(1,83), maka hipotesis kedua dapat diterima sehingga dapat dibuktikan bahwa latihan Shooting after  centering pass memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil kemampuan shooting. Dari hasil perhitungan uji statistik hipotesis ketiga Shooting after  dribble memberikan pengaruh yang lebih besar dari pada shooting after  centering pass terhadap peningkatan hasil kemampuan shooting, dikarenakan thitung(2,28)>ttabel(1,73).
UPAYA MENINGKATKAN HASIL SALTO DEPAN GULUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOLAM BUSA PADA PESENAM JUNIOR PERSANI KOTA MEDAN Sitepu, M Syukur Zulbandi
JURNAL PRESTASI Vol 2, No 3 (2018): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.641 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan latihan teknik salto depan gulung dengan menggunakan media kolam busa pada pesenam Junior Persani Kota Medan. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pesenam persani Kota Medan yang berjumlah 10 orang. Pesenam yang akan diberikan tindakan berupa bentuk latihan melalui program latihan dan penggunaan media. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Olahraga (Sport Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil latihan di akhir siklus. Pelaksanaan  penelitian ini dilaksanakan dengan I siklus selama 2 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu atau sebanyak 6 kali pertemuan dalam I siklus. Dalam 6 pertemuan diberikan pola latihan yaitu pola gerakan melangkah, pola gerakan dan pendaratan. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Dari pengamatan awal pesenam sebelum diberikan program latihan dan menggunakan media kolam busa diperoleh hasil saltodepan gulung kurang memuaskan(2) Dari hasil tes salto depan gulung setelah diberikan perlakuan pada siklus I yaitu latihan teknik dengan menggunakan media kolam busa melebihi dari target yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 80%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui latihan teknik menggunakan  media kolam busa dapat meningkatkan teknik salto depan gulung dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil salto depan gulung.
PERENCANAAN LATIHAN Nurkadri, Nurkadri
JURNAL PRESTASI Vol 1, No 2 (2017): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.511 KB)

Abstract

Pekerjaan melatih tidak boleh dipakai sekedar hanya mengisi kesenangan belaka. Seorang pelatih tidak boleh tidak, disamping harus memiliki latar belakang akademik pelatih, pengalaman, juga harus mampu menerapkan ilmu-ilmu kepelatihan olahraga seperti fisiologi olahraga, psikologi olahraga, biomekanika olahraga, dan juga ilmu-ilmu pendukung lainnya yang dapat membantu dalam mencapai kesuksesan dalam melakukan tugasnya sebagai seorang pelatih. Untuk itu begitu pentingnya sebuah perencanaan pelatihan bagi seorang pelatih. Proses perencanaan latihan menunjukan suatu yang diorganisasi dengan baik, secara metodologis dan menurut prosedur ilmiah sehingga dapat membantu para atlet untuk mencapai hasil yang lebih baik berdasarkan latihan dan prestasinya. Rencana pelatihan terdiri dari beberapa komponen kunci. Pemanasan sering diabaikan tetapi merupakan komponen yang sangat penting. Pada segmen ini sangat penting untuk menyiapkan atlet melakukan sesi latihan dan tidak bisa di tawar atau berubah dari rencana pelatihan semula. Pemanasan harus berisikan aktivitas dinamik umum dan menambah kontraksi dinamik otot yang sesuai dengan aktivitas olahraga yang dilatih. Atlet harus menghindari melakukan stretching statis ketika melakukan sesi latihan pemanasan, karena sesuai dengan sumber ilmiah stretching statis yang dilakukan saat pemanasan dapat mengurangi penampilan. Porsi sesi latihan ini memungkinkan tubuh kembali ke homeostasis dan memulai recovery. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memasukkan stretching statis dan meningkatkan fleksibilitas. Jika diterapkan dengan benar maka pendinginan merupakan bagian yang sangat efektif dalam sesi latihan.Kata Kunci :  Rencana, Latihan dan Pelatih
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENJAS ADAPTIF MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT CENTER LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAY AND SIMULATION Rubiana, Iman
JURNAL PRESTASI Vol 1, No 2 (2017): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.978 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mahasiswa PJKR angkatan 2010 Tahun Ajaran 2013/2014 dalam matakuliah Penjas Adaptif dengan menerapkan pembelajaran student center learning dengan mengunakan model role play and simulation. Penelitian ini menggunakan metode clasroom action research Dengan populasi mahasiswa kelas J berjumlah 31 orang. Setelah menerapkan pembelajaran Student Center Learning dengan model role play and simulation diperoleh data dari hasil evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa awalnya  dinyatakan belum mencapai KKM karena 12 mahasiswa hanya mencapai nilai di bawah 70. Sedangkan data hasil setelah menggunakan pembelajaran student center learning dengan menggunakan model role play and simulation menunjukan adanya peningkatan pada hasil post test, dengan hasil 31 mahasiswa semuanya mencapai 100% di atas nilai KKM. Kata kunci: Penjas Adaptif, Pembelajaran SCL, Model Role Play & Simulation.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN LEMPAR PUKUL BOLA KERTAS PADA SISWA KELAS VII SMP Syaleh, Muhammad
JURNAL PRESTASI Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.594 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Swasta Berdikari Tanjung Keriahan Kecamatan Sirapit Kebupaten Langkat, melalui media pembelajaran lempar pukul bola kertas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk aplikasi servis atas bola voli. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar servis atas bola voli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Melalui pembelajaran dengan media pembelajaran lempar pukul bola kertas, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Berdikari Tanjung Keriahan Tahun ajaran 2014/2015. Dari analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hal ini diketahui dari tes awal 12 siswa yang tuntas (35,29%) dengan nilai rata-rata 60, disiklus I terdapat 22 siswa yang tuntas (64,70%) dengan nilai rata-rata 71, dan siklus II terdapat 30 siswa yang tuntas (88,23%) dengan nilai rata-rata 76. 
MANFAAT PERMAINAN BOLA BASKET UNTUK ANAK USIA DINI Sitepu, Indra Darma
JURNAL PRESTASI Vol 2, No 3 (2018): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.292 KB)

Abstract

Dunia anak adalah dunia bermain, dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali yang ada dalam fikiran anak adalah bermain. Maka wajar apabila bermain merupakan salah satu prinsip dasar dalam pendidikan anak usia dini. Salah satunya prinsip permainan yang tepat untuk mengajarkan anak yakni dari aktivitas olahraga. Banyak yang bisa kita ajarkan aktivitas olahraga sejak dini, salah satunya yakni permainan Bola Basket. Bola Basket sendiri merupakan olahraga yang dimainkan secara beregu dan membutuhkan teknik khusus ketika memainkanmya. Mulai dari driblling, passing, shooting, laying up, dan berbagai teknik lainnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik siapapun yang memain. Maka dari itu tidak salah jika memperkenalkan olahraga ini untuk anak sejak usia dini.
PENGARUH LATIHAN HORIZONTAL SWING DAN LATIHAN SIDE LATERAL RAISE TERHADAP KEMAMPUAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN TENIS LAPANGAN Siahaan, David
JURNAL PRESTASI Vol 1, No 2 (2017): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.84 KB)

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh dari latihan horizontal swing dan latihan side lateral raise untuk meningkatkan kemampuan forehand drive dalam permainan tennis lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra sekolah tenis Progress Unimed yang terdiri dari bebagai usia dengan rentang 11 tahun hingga 15 tahun dimana berjumlah sebanyak 9 orang. Populasi tersebut melakukan latihan tiga kali dalam satu minggu dan telah dapat melakukan teknik forehand drive dengan benar. Sampel penelitian sebanyak 8 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Keseluruhan sampel dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik matching and pairing. Satu kelompok diberikan latihan horizontal swing dan kelompok yang lain diberikan latihan side lateral raise. Teknik pengumpulan data dengan instrumen forehand drive hewitt tenis achievement test. Perlakuan dilaksanakan selama 18 kali pertemuan.  Untuk melihat pengaruh setiap variabel digunakan perhitungan statistiK uji- t berpasangan. Adapun hasil penelitian ini adalah : (1) Latihan horizontal swing secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan forehand drive dalam permainan tennis lapangan. (2) Latihan side lateral raise secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan forehand drive  dalam permainan tennis lapangan.  Kata Kunci : Latihan, Horizontal Swing, Side Lateral Raise, Forehand Drive, Tennis
IDENTIFIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Endriani, Dewi; Verawati, Indah; Ginting, Andarias
JURNAL PRESTASI Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PRESTASI
Publisher : JURNAL PRESTASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.542 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter melalui pengembangan model pendidikan jasmani pada siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas III dan guru bidang studi penjas SD Negeri di Kota Medan, Sumatera Utara. Penelitian menggunakan metode pengembangan (research and development) R&D yang merujuk pada pendapat Borg & Gall (1983). Berdasarkan pendekatan metode research and development maka langkah-langkah yang dilakukan meliputi : penelitian pengumpulan informasi, membuat perencanaan model, uji coba model, revisi model serta validasi dan diseminasi model. Hasil ujicoba instrumen menunjukan validitas bergerak dari angka 0,3-0,8 dan reliabilitas 0,8. Hal ini berarti instrumen tersebut dapat dijadikan sebagai alat ukur penelitian dalam mengobservasi guru dan siswa dalam pembelajaran Penjaskes. Berdasarkan hal tersebut maka disusunlah suatu model dan modul pembelajaran penjas yang dapat membentuk karakter siswa. 

Page 1 of 3 | Total Record : 26