cover
Filter by Year
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and academicians all over the world to promote, share, and discuss various new issues and developments in different areas of educational research.
Articles
59
Articles
ANALISIS TEKS KOMPETENSI DASAR PADA SILABUS BAHASA INGGRIS SMA/MA/SMAK/MAK KEMDIKBUD 2017

Mulyani, Mulyani

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.309 KB)

Abstract

Based on text-based teaching, the English syllabus emphasizes enhancing the learners ability to use English in various types of texts. Text is learned not as a final goal, but as a tool for performing various activities in real life. At this intermediate level, teaching materials consist of simple texts. The purpose of this basic competence text analysis is to conduct mapping related to the basic competence of knowledge and to evaluate the content of basic competence in accordance with the context and needs of English learning. Types of text analysis using content analysis. The results of the analysis are expected to contribute to the development of a more systematic and comprehensive SMA / MA / SMAK / MAK syllabus

PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALKULUS

Rochana, Siti

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.192 KB)

Abstract

This study aims to describe and know the thinking processes of students in menyesikan math problems. The subjects taken in this study are divided into three (3) categories with high, medium, and low mathematical skills in solving calculus problems. The method used is qualitative method which refer to written test and interview. From the results of these studies, respectively obtained the conclusion that students with low ability, moderate, and high have the process of thinking computational thinking, semi-conceptual thinking, and conceptual thinking.Keywords: Process of thinking, calculus

TBLT Three Phase Technique dalam Meningkatkan Kemampuan Listening TOEFL Preparation

Ayuningtyas Palupi, Risqi Ekanti

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.763 KB)

Abstract

Listening merupakan salah satu kemampuan berbahasa reseptive yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum bisa menguasai keterampilan mendengarkan ini dengan baik. TOEFL merupakan salah satu jenis uji kompetensi berbahasa yang merupakan upaya dalam menstandardisasi penguasaan berbahasa. Listening merupakan salah satu dari bagian yang dirasa cukup sulit pada TOEFL tersebut.Berdasarkan hasil pre-observasi yang dilakukan peneliti di Universitas Muhammadiyah Ponorogo, diketahui bahwa kemapuan Listening mahasiswa pada pembelajaran Listening for TOEFL Preparation masih kurang. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa hasil antara lain, nilai pre-test mahamahasiswa pada mata kuliah Listening for TOEFL Preparation masih dibawah standar yang ditetapkan pada  kriteria penilian TOEFL. Oleh karena itu diperlukan sebuah tehnik yang tepat untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa sehingga dipilihlah TBLT Three Phase Technique sebagai tehnik yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan ini.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui apakah TBLT Three Phase Technique dapat meningkatkan kemampuan listening mahasiswa Bahasa Inggris; 2) Langkah-langkah yang dilakukan dalam penggunaan TBLT Three Phase Technique untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa Bahasa Inggris.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Peneliti mengadakan penelitian selama lima bulan pada mahasiswa semester 8 Prodi Bahasa Inggris, Fakultas Kepengajaran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.Peningkatan penguasaan kemampuan mendengarkan mahasiswa dapat pula dilihat dari hasil test yaitu pre-test adalah 68,3, post-test 1 adalah 75,4 dan post-test 2 adalah 87,4. Hasil penghitungan signifikansi kenaikan dilihat dari 5% dengan t table ( dari 23 mahasiswa adalah t obtained   2,02 adalah 4,6 dan 8,6 untuk .

RESTRUKTURISASI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA: PENERAPAN TEORI ESENSIALISME DI INDONESIA

Helaluddin, Helaluddin

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.882 KB)

Abstract

Berbagai riset dan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia masih berada dalam zona merah. Berbagai permasalahan pendidikan tersebut seolah-olah menjadi hal yang begitu sulit untuk ditanggulangi. Rendahnya tingkat literasi dan pemeringkatan pendidikan yang berada di posisi terbawah merupakan indikator tentang rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Esensialisme sebagai salah satu teori pendidikan menawarkan berbagai pandangan dalam mengembalikan esensi pendidikan yang sebenarnya. Pengutamaan mata pelajaran pokok seperti membaca, menulis, dan matematika diyakini akan menjadi modal dasar bagi siswa menuju masa depannya. Teori ini juga menekankan pentingnya pendidikan yang disandarkan pada sesuatu yang telah teruji keampuhannya, yaitu kebudayaan pada masa lampau. Aliran ini juga mengkritisi kurikulum yang dikembangkan dengan sifat fleksibilitas. Kurikulum yang disusun dengan asas fleksibilitas dipandang akan menjadi dasar yang mudah goyah dan tidak menentu. Pemberlakuan kebijakan gerakan literasi nasional, penguatan materi pelajaran dasar (membaca, menulis, dan matematika), dan pemberlakuan pendidikan budaya merupakan tiga hal yang ditawarkan dalam artikel ini sebagai bagian dari implementasi dari teori esensialisme.

STUDENTS?? PERCEPTION OF THE USE OF STORYTELLING TECHNIQUE TO IMPROVE VOCABULARY SKILL

Trimastuti, Wahyu

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.23 KB)

Abstract

The main objective of the research is to find out whether story telling technique can improve vocabulary skill or not. The descriptive quantitative method was employed in this research. The samples of the research were business management of MBIS-W41/15 which consists of twenty one students. To collect the data, the writer used questionnaire to know the students?? perception with storytelling technique and vocabulary test to know whether the final test score of the students have a significant progress or not. Storytelling technique deliver a good method to support,moyivate, and encourage knowledge. It can be seen that students were encouraged to be actively and motivately in learning process. Based on the reserach finding, it can be conclude that storytelling technique can improve vocabulary skill and give good atmosphere in teaching learning process. Using storytelling students more interesting and understanding new words. They can work together and share idea to encourage new knowledge which discuss in topic of their lesson. It is good applying  story telling to improve students?? vocabulary

Menggali Bakat Mahasiswa ESP dengan ??English Talent Competition?

Asiyah, Siti

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.37 KB)

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai dalam era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini. Terlebih bagi kaum akademisi yang notabene membutuhkan peningkatan keilmuan dari segala bidang. Peneliti yang merupakan praktisi ESP selama delapan sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada saat penelitian ini berlangsung  merasa perlu mengungkap lebih dalam dan ingin mendeskripsikan program yang dirasa mempunyai signifikansi pada penggalian bakat berbahasa Inggris mahasiswa ESP (English for Specific Purposes) yang ada di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Adapun yang disebut mahasiswa ESP di sini adalah mahasiswa non-program studi pendidikan Bahasa Inggris seperti prodi akuntansi, ilmu pemerintahan, komunikasi, keperawatan, kebidanan, informatika, dan lain-lain yang mendapatkan mata kuliah Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu sesuai dengan bidang ilmunya. Berbagai program telah dicanangkan dalam rangka peningkatan SDM yang berkaitan dengan penguasaan Bahasa asing khususnya Bahasa Inggris diantaranya adalah English Learning Day, Video Field Trip, English Community, dan English Talent Competition. Namun pada penelitian ini, peneliti hanya ingin konsentrasi pada pelaksanaan English Talent Competition (ETC) yang telah berlangsung sebanyak tiga kali mulai tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Dari data yang ada, mulai dari banyaknya mahasiwa ESP yang berminat mengikuti lomba, kualitas kompetensi atau ketrampilan berbahasa Inggris yang ditunjukkan oleh peserta saat tampil di panggung, respon peserta lomba dan mahasiswa ESP pada umumnya, komentar dari para pimpinan mulai dari ketua program studi, dekan dan jajaran rektorat, juri baik lokal maupun internasional, instruktur ESP, dan mahasiswa prodi Bahasa Inggris, menunjukkan bahwa ETC merupakan program yang sangat berkontribusi dalam penggalian bakat berbahasa Inggris mahasiswa ESP seperti speech, ESP presentation, news reading, singing English songs dan lain sebagainya.  Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan pada pengelolaan ESP course dan bisa ditingkatkan ke level yang lebih tinggi dan lebih luas seperti English debate dan Olympiad pada tingkat regional dan bahkan nasional. Keywords: Bakat Bahasa Inggris, Mahasiswa ESP, English Talent Competition (ETC)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN METODE DRILL BAGI SISWA YANG TERINDIKASI BERKESULITAN BELAJAR

Fitri, Diah Ayu Anisa

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.344 KB)

Abstract

Anak berkesulitan belajar merupakan individu yang membutuhkan layanan khusus untuk membantu individu tersebut dalam memperoleh pendidikan. Layanan yang diberikan dapat berupa metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran atau penggunaan media pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diberikan ialah metode drill yaitu metode yang memberikan latihan terus-menerus kepada siswa untuk memperoleh suatu keahlian. Keefektifan metode drill dalam meningkatkan kemampuan menulis, siswa diminta untuk melihat kesalahan yang dalam tulisan dan mengulangi tulisan tersebut sampai benar. Penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa berkesulitan belajar. Selain itu, diperlukan evaluasi terhadap peneliti untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam pembelajaran.

PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Suhendar, Uki, Ekayanti, Arta

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 1 (2018): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.667 KB)

Abstract

Pemahaman konsep penting untuk dimiliki mahasiswa, khususnya mahasiswa LPTK, mereka harus memiliki pemahaman konsep yang lebih dari siswa SMA. Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang dalam memaknai suatu konsep. Pemahaman konsep dapat dipengaruhi atau ditingkatkan dengan membiasakan mahasiswa untuk menemukan, mengembangkan, dan menerapkan konsep yang mereka pelajari. Oleh karenanya, pembelajaran yang melatih mahasiswa untuk mampu menyelesaikan suatu masalah adalah langkah tepat dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Diantara model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Problem Based Learning. Dengan menerapkan Problem Based Learning maka diharapkan mahasiswa akan memperoleh pemahaman konsep dengan cara memecahkan masalah dalam dunia nyata secara ilmiah. Berdasarkan karakteristik Problem Based Learning, sangat dimungkinkan akan dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Dikarenakan Problem Based Learning melatih mahasiswa untuk menemukan, mengembangkan, maupun mengaplikasikan konsep yang dimiliki secara aktif dari berbagai sumber pengetahuan dengan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah Problem Based Learning juga akan dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Dikarenakan Problem Based Learning membiasakan mahasiswa untuk melalui proses-proses pemecahan/penyelesaian masalah agar dapat memahami konsep yang dipelajari.

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Utami, Prihma Sinta, Cahyono, Hadi

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 1 (2018): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.895 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari implementasi pendidikan berbasis multikultural melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah pendidikan ilmu sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif dengan subjek penelitian secara purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada indikator pengamatan kasus/ masalah,  kerjasama mahasiswa semakin meningkat dalam hal melakukan pengamatan suatu kasus serta tidak ada tendensi pada kelompok tertentu; (2) Pada indikator mandiri mencari literasi penyelesaian kasus ,mahasiswa secara mandiri telah melakukan kegiatan pencarian literasi dalam penyelesaian masalah, dosen hanya sebagai fasilitator; (3) Pada indikator sikap demokratis, secara demokratis mahasiswa menyampaikan solusi masalah dan memberikan kesempatan yang sama mahasiswa lainnya tanpa melihat budaya yang dominan di kelas; (4) Pada indikator berinteraksi dengan berbagai kelompok dalam menciptakan suasana akademik menunjukkan bahwa interaksi mahasiswa dengan antar kelompok masih kurang, keaktifan mahasiswa masih dominan pada kelompok kecil saja.

Efektivitas Metode Team Games Tournament ( TGT ) Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Di Kelas X SMK Insan Mulia Bekasi

Damayanti, Nia, Suyana, Nana

JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN Vol 6, No 1 (2018): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.631 KB)

Abstract

Abstrak.Metode Pembelajaran akan terus berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru sebagai pembimbing di dalam dan luar kelas,mempunyai peran yang penting dalam kemajuan bangsa ini. Guru dapat beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat. Pemakaian metode pembelajaran yang tepat ikut menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Metode eksperimen digunakan untuk memperoleh data pembelajaran menulis metode TGT. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMK Insan Mulia.Sampel yag digunnakan ebanyak satu kelas,sebanyak 30 siswa,kelas X. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Instrumen yang digunakan berupa,tes uraian. Uji prasyarat yag digunakan ,berupa uji Normalitas dan Homogenitas,serta uji ??t . Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Insan Mulia tahun pelajaran 2017/2018 sebelum pembelajaran dengan metode TGT nilai rerata,sedangkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Insan Mulia sesudah pembelajaran dengan metode TGT nilai siswa mengalami kenaikan sebesar` Kata Kunci : Pembelajaran TGT, Menulis, Narasi. Abstract The Learning Method will continue to evolve with the development of science and technology. Teachers as mentors inside and outside the classroom, have an important role in the progress of this nation. Teachers can adapt to the rapidly evolving development of science and technology. Use of appropriate learning methods also determine the success of teaching and learning process. The method used in this research is experiment. The experimental method is used to obtain learning data writing TGT method. The population in the study were all students of SMK Insan Mulia.Sampel yag used ebanyak one class, as many as 30 students, class X. Sampling technique with random sampling. The instrument used is a description test. The prerequisite test used, in the form of Normality and Homogeneity test, and the -t test. The result of the research shows that the ability to write narration of class X students of SMK Insan Mulia in the academic year 2017/2018 before the learning with TGT method of mean value, while the ability to write narration of class X students of SMK Insan Mulia after learning by TGT method the students score increased by ` Keywords: TGT Learning, Writing, Naration