Jurnal Komputer Terapan
Published by Politeknik Caltex Riau
ISSN : 24434159     EISSN : 24605255
Articles 62 Documents
Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward kepada Karyawan Bandar Udara Silampari Lubuklinggau Menggunakan Metode Composite Performance Index(CPI)

Tri Susilo, Andri Anto, Putri, Mona Anggrelyka

Jurnal Komputer Terapan Vol 2 No 2 (2016): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Ketika penulis melakukan penelitian Pada Bandar Udara Silampari Kota Lubuklinggau penulis mendapati bahwa Bandar Udara Silampari tidak ada kegiatan pemberian reward kepada karyawan, sehingga kinerja karyawan hanya standar-standar saja. Hal ini dikarenakan tidak adanya suatu hal yang dapat memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerja diatas standar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya sebuah sistem pendukung keputusan pemberian reward yang dapat meningkatkan semangat, motivasi, dan profesionalisme di bandar udara silampari kota lubuklinggau. Penghargaan ini berupa sertifikat dan bonus (uang) yang diberikan kepada seseorang pada setiap tahunnya karena sudah memiliki kinerja yang melampaui standar yang telah ditetapkan oleh Bandar Udara Silampari yang mencangkup komunikator (kemampuan bicara), prilaku (kesopanan), kerapian (pakaian), absensi (kehadiran) dan tanggung jawab (pekerjaan).  Melihat dari kriteria untuk mendapatkan reward ini memiliki skala penilaian yang berbeda-beda, maka metode perhitungan yang digunakan adalah Composite Performance Index (CPI). CPI mampu mentransformasikan skala yang berbeda menjadi nilai yang seragam sehingga diperoleh nilai alternatif. Alternatif-alternatif yang sudah terurut nilai tersebut akan membantu pengambilan keputusan sehingga memiliki penilaian yang sama terhadap satu alternatif.

Proses Inferensi Dinamis Pada Software Effort Estimation Menggunakan Case Based Reasoning

Borroek, Maria Rosario, Hadinata, Edrian

Jurnal Komputer Terapan Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Software effort estimation biasanya menjadi penentu sukses atau tidaknya kontrak negosiasi dan sepakat atau tidak sepakatnya sebuah proyek dijalankan. Keakurasian dari model estimasi biaya pengembangan software dibutuhkan untuk keefektifan prediksi, monitoring kontrol pengembangan software dan menaksir pengembangan software. Software tersebut akan menyampaikan berapa usaha yang dibutuhkan, biaya untuk menjalankan proyek, tenaga kerja yang diperlukan serta waktu kerja yang akan dihabiskan untuk menjalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses inferensi secara dinamis dengan mengadopsi kemampuan Case Based Reasoning (CBR) untuk mengestimasi upaya pengembangan software. Perhitungan besaran fungsional dengan menggunakan COSMIC dataset yang dikemas dengan CBR akan memberikan hasil maksimal dalam hal menentukan kecepatan dalam proses estimasi khususnya pada tahap proposal atau penawaran projek software dimana perhitungan lebih efisien terhadap waktu karena memiliki refrensi terhadap kasus-kasus lama. Pengambilan dataset COSMIC yang sesuai berdasarkan tingkat kesamaan kasus menggunakan k-Nearest Neighbor (KNN) menghasilkan akurasi yang baik dengan perhitungan yang sederhana.

Usulan Model Kualitas Aplikasi Context Aware Mobile: Family Tracking pada Hybrid-Cross Platform

Lestari, Indah, Trisnadoli, Anggy

Jurnal Komputer Terapan Vol 3 No 2 (2017): Jurnal Komputer Terapan November 2017
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Terdapat beberapa teknik pendekatan untuk meningkatkan kualitas komunikasi atau interaksi antar anggota keluarga, salah satunya penggunaan media yang dapat meningkatkan awareness orang tua kepada anak atau sebaliknya. Penelitian ini mengusulkan model kualitas yang dapat dijadikan referensi bagi pengembang aplikasi mobile untuk meningkatkan interaksi antar anggota keluarga dengan penerapan context aware pada fitur monitor keberadaan dan aktivitas anggota keluarga. Aplikasi ini kemudian disebut dengan Family Tracking. Lokasi dan waktu menjadi konteks dalam penelitian ini dengan penalaran konteks menggunakan teknik rules. Untuk monitoring, dibutuhkan teknologi yang umum digunakan keluarga dan bisa dibawa kemana saja, yaitu smartphone. Sehingga model kualitas ini akan spesifik pada lingkup aplikasi mobile. Terdapat beberapa pilihan sistem operasi smartphone, seperti Android, Windows dan iOS. Keragaman jenis sistem operasi ini menimbulkan tantangan bagaimana mengembangkan aplikasi dalam 1 kali tahap pemrograman tapi mampu menghasilkan aplikasi yang dapat berjalan di sistem operasi apa saja atau disebut juga dengan cross platform. Pendekatan hybrid dipilih karena menggunakan pendekatan pemrograman web. Dengan merujuk pada ISO 9126-2, dihasilkan usulan model yang terdiri atas  4 faktor kualitas dan 7 sub faktor kualitas, yaitu functionality (accuracy, security, suitability), usability, (learnability, operability)  efficiency (resource utilization) dan portability (adaptability, installability), serta 12 metriks yang dapat digunakan untuk evaluasi kualitas aplikasi setelah pengembangan selesai.

Rancang Bangun Sistem Informasi Pengembangan Sumber Daya Manusia menggunakan Teknologi Java pada Level Control (Studi Kasus PT. Chevron Pacific Indonesia)

Sukardi, Ogssa, Sari, Juni Nurma, Wibowo, Ardianto

Online-2460-5255
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. Chevron Pacific Indonesia memiliki suatu program pelatihan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Program pelatihan diadakan oleh pihak HR(Human Resource)dan ditujukan kepada pegawai yang baru bergabung atau memiliki pengalaman kerja kurang dari lima tahun di PT. Chevron Pacific Indonesia. Program ini membutuhkan sebuah sistem informasi berbasis web yang bisa diakses oleh peserta pelatihan . Sistem yang sudah ada masih menggunakan metode manual dalam mengolah data, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh informasi dan menghasilkan laporan. Penelitian ini membahas bagaimana merancangan dan membangun sistem informasi yang dikembangkan menggunakan teknologi Java dengan menggunakan Spring Framework.Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi berbasis web pada sisi controller yang dapat menghubungkan anatara sisi view dan sisi model. Sistem ini menerapkan konsep MVC, yaitu konsep yang memisahkan antara tiga lapisan diantaranya lapisan pemodelan data(Model), lapisan desain tampilan sistem(View), dan lapisan pengelola alur sistem(controller). Penelitian ini akan menitik beratkan pada pengembangan dan perancangan sistem dalam sisi controller yaitu membahas bagaimana alur sistem bekerja dan bagaimana peran controller dalam sistem ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi Pengembangan Sumber Daya Manusia yang memepermudah pihak HR dalam memperoleh informasi atau laporan dan pembahasan bagaimana kinerja controller dalam menangani permintaan data dari level view.

Pemodelan Arsitektur Enterprise Menggunakan Metode Togaf ADM Studi Kasus Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Rianto, Bayu, Lidya, Leony, Nurcahyo, Gunadi Widi

Jurnal Komputer Terapan Vol 2 No 1 (2016): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Bidang PPSDK Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir saat ini memerlukan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung serta memanfaatkan data serta informasi yang ada. dengan adanya dukungan serta peran dari teknologi informasi dan komunikasi masyarakat atau yang berkepentingan dapat dengan mudah mencari atau mengakses data serta informasi yang dibutuhkan. Disinilah dibutuhkan peranan dari arsitektur enterprise yang mendukung dari aktivitas bisnis utama serta bisnis pendukung  yang dilakukan oleh perusahaan. Framework yang dapat dipergunakan dalam menyusun serta merencanakan strategis sistem informasi di lingkungan bidang PPSDK Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir adalah TOGAF (The Open Group Architecture Framework) dengan fokus pada delapan komponen architecture yang terdiri atas : Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture, Opportunities And Solution, Migration Planning, Implementation Governance Serta Architecture Change Management. TOGAF ADM dapat dipergunakan untuk membuat sebuah blue print teknologi pada sebuah enterprise, dimana blue print tersebut dapat dipergunakan serta menjadi acuan dalam pengembangan sebuah enterprise yang dalam hal ini adalah bidang PPSDK Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir.   Kata kunci: Enterprise Arsitektur, TOGAF ADM, Blue Print

Pengembangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Node.JS untuk Pemetaan Mesin dan Tracking Engineer dengan Pemanfaatan Geolocation pada PT IBM Indonesia

Fajrin, Rachmat

Jurnal Komputer Terapan Vol 3 No 1 (2017): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT IBM memiliki banyak klien di Indonesia, ini membuat persebaran produk (dalam hal ini mesin atm) yang semakin meluas di wilayah Indonesia. Hal ini memicu PT IBM untuk menempatkan engineer dibanyak wilayah untuk memenuhi kebutuhan services dan maintenance. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan sebuah sistem informasi geografis untuk pemetaan mesin dan tracking engineer dengan pemanfaatan geolocation yang bertujuan untuk menampilkan peta digital beserta lokasi mesin dan engineer di seluruh Indonesia, yang akan memudahkan PT IBM dalam pemberian tugas kepada engineer untuk services dan maintenance ke lokasi mesin terdekat. Sistem ini dibangun menggunakan beberapa software open source yaitu, Node.JS dan Express.JS yang merupakan server-side javascript web platform, Handlebars untuk template engine, MySQL sebagai database storage, Postman yang berfungsi sebagai API (Application Program Interface) testing, Google Maps API untuk implementasi peta digital dan juga Firebase Cloud Messaging (FCM) untuk platform mengirim notifikasi dari web ke device engineer.

GIS berbasis Web untuk Pemetaan Lahan menggunakan Classifier Model

Nengsih, Warnia

Jurnal Komputer Terapan Vol 2 No 1 (2016): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Indikator ukur perkembangan sebuah wilayah dapat dilihat dari pembangunan yang merata dari segala bidang, salahsatunya adalah pembangunan infrakstruktur. Seyogyanya pembangunan infrastruktur mempertimbangkan banyak hal, diantaranya tata letak , kemudahan akses serta peningkatan kuantitas dan kualitas yang berkelanjutan. Belum adanya sebuah sistem akurat yang memberikan informasi lahan kosong   layak bangun pada sebuah wilayah menyulitkan dinas terkait pada saat proses pengidentifikasian  dan pemantauan lahan dan pemberian ijin dalam mendirikan bangunan. Sistem  yang akan dibangun   berupa Sistem Informasi Geografis berbasis web yang memberikan informasi posisi lahan layak bangun, ukuran lahan yang tersedia serta akses lahan ke berbagai fasilitas umum yang terdekat. Sistem dikombinasikan dengan datamining menggunakan teknik k-means clustering untuk mengetahui indikasi pengelompokkan  sub wilayah-wilayah pada sebuah wilayah.

Deteksi Keypoint pada Markerless Augmented Reality untuk Design Furniture Room

Siswanti, Sri Desy, Handoko, Titoyan Dwi

Jurnal Komputer Terapan Vol 2 No 2 (2016): Jurnal Komputer Terapan
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Metode yang digunakan oleh AR ini adalah menggunakan sistem melacak dan deteksi marker sebagai trigger untuk menampilkan benda virtual melalui media visual (kamera).Marker yang digunakan pada penelitian ini termasuk Markerless yang dideteksi menggunakan metode SIFT. Pengujian dilakukan dengan meletakkan brosur yang bertindak sebagai markerless yang diletakkan pada sebuah ruangan kemudian kamera akan mengarahkan ke arah brosur tersebut. Brosur yang bertindak sebagai image target dalam penelitian ini dilakukan 4 gambar. Parameter yang diuji adalah jumlah keypoint dan matching dengan kondisi jarak,rotasi,sudut pandang( derajat ) dan cahaya. Berdasarkan pengujian didapat hasil dari jumlah keypoint dan matching, terdeteksi dengan nilai matching diatas 39,sedangkan tak terdeteksi dengan nilai dibawah range nilai matching tersebut.

Analisis User Acceptance E-Skripsi Menggunakan Metode UTAUT Di STMIK Amikom Purwokerto

Setiawan, Ito, WP, Muhammad Awiet

Online-2460-5255
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perkembangan sistem informasi saat ini luar biasa, banyak perguruan tinggi menerapakan sistem informasi untuk melayani mahasiswa salah satunya adalah STMIK AMIKOM Purwokerto. Banyak sistem yang telah diterapkan salah satunya adalah E-Skripsi yang dibuat untuk dosen membimbing mahasiswa. Namun masih banyak dosen yang belum bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik terutama dosen non program studi karena belum adanya panduan penggunaan sistem secara tertulis, budaya terbiasa menggunakan sistem konvensional dan aplikasi tersebut juga masih dalam proses pengembangan. Maka perlu dilakukan suatu analisis identifikasi tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem E-Skripsi. Salah satu metode untuk melakukan analisis tingkat penerimaan sistem adalah metode Unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT). UTAUT merupakan sebuah model untuk menjelaskan perilaku pengguna terhadap teknologi informasi. Hasil menunjukan variabel X1, X2 dan X3 terhadap Y diterima namun variabel X4 dan Y terhadap Z ditolak

Pembuatan Aplikasi Event Management System yang Usable untuk Event Asian Youth Day

Chrisantyo, Lukas, Waluyo, Prihadi Beny

Jurnal Komputer Terapan Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Komputer Terapan Mei 2018
Publisher : Politeknik Caltex Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Asian Youth Day (AYD) adalah sebuah acara kepemudaan untuk kaum Muda Katolik yang rutin diselenggarakan tiap tiga tahun. AYD diikuti ribuan peserta dari negara-negara di kawasan Asia. Menangani ribuan peserta dengan tingkat penerimaan teknologi yang berbeda-beda tentunya bukan hal yang mudah. Pada kesempatan AYD ke-7 di Yogyakarta, Indonesia dirancang sebuah sistem yang dikhususkan untuk menangani proses registrasi dari awal pendaftaran, pencatatan transportasi, pembagian akomodasi dan pengaturan kelompok sehingga peserta hanya tinggal membuka web AYD dari smartphone masing-masing untuk mengetahui segala hal yang telah diatur oleh panitia. Agar penyelenggaraan berikutnya sistem ini bisa digunakan kembali, perlu ada penelitian untuk mendukung perancangan sistem, yaitu dengan Usability Testing. Berdasarkan penelitian terhadap responden yang menjadi panitia, didapatkan tingkat efektivitas menggunakan task completion rate sebesar 99,16%. Tingkat efisiensi responden dalam mendapatkan informasi berada di kisaran 24 detik dari nilai benchmark di kisaran 21 detik. Nilai learnability meningkat sebesar 25% setelah responden mencoba sebanyak tiga kali. Dari kuisioner SUS didapat nilai satisfaction sebesar 3,61 dari skala 5 sehingga bisa dikatakan sistem adalah usable untuk penyelenggaraan berikutnya.