cover
Contact Name
Affan Afian, SE., M.Pd
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jrpe@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan EkonomiFakultas Ekonomika dan BisnisUniversitas Kanjuruhan MalangJl. S Supriyadi No. 48 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 25409247     DOI : -
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (e-ISSN : 2540-9247) : Terbit dua kali setahun (April, Oktober) berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, resensi buku dan tulisan praktis dalam bidang pendidikan ekonomi diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang.
Articles 66 Documents
EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DAN METODE TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Wagir ) Kusumawati, Alfiana Ike; sulistyo, Sulistyo; Hariani, Lilik Sri
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode Diskusi cara penyajian pelajaran, siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang biasa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis. Metode talking stick metode yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar di kelas melalui permainan tongkat . Prestasi belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa menerima pengalaman belajar dalam pembelajaran. Kemandirian belajar adalah aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode diskusi terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui efektivitas metode talking stick terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap kemandirian belajar dan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick terhadap kemandirian belajar dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan metode diskusi dan metode talking stick terhadap kemandirian belajar.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wagir dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan desain One Group Pretest and Postest Design dan instrumen yang digunakan nilai pretest dan postest,angket, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi efekftif terhadap prestasi belajar. Metode talking stick menunjukkan efektif terhadap prestasi belajar. Metode diskusi memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar. Metode talking stick memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar. Secara simultan metode diskusi, metode talking stick, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN PENGALAMAN BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATAPELAJARAN AKUNTANSI Puspitasari, Dwi; Andayani, Endah; Sulistyo, Sulistyo
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkain aktivitas belajar. Menurunnya prestasi belajar siswa yang disebabkan tidak memenuhinya standar KKM merupakan suatu permasalahan. Yang mana hal ini dimungkinkan disebabkan oleh beberpa faktor, diantaranya: 1) pengaruh kompetensi pedagogik guru, 2) motivasi belajar, dan 3) pengalaman belajar akuntansi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi tahun ajaran 2015/2016, yang terdiri dari 65 siswa. Dari populasi yang terbagi dalam 2 kelas (kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2). Berdasarkan data populasi diketahui bahwa jumlah populasi penelitian sebanyak 65 siswa dan jumlah tersebut kurang dari 100 maka, populasi penelitian tersebut diambil semua untuk dijadikan sampel.Diketahui bahwa nilai F-hitung sebesar 6.638 dengan tingkat signifikan 0,001 karena tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar, dan pengalaman belajar akuntansi terhadap prestasi belajar.
Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di MTS Negeri kepanjen Zahroh, Mauliatuz; Bakar, Abdoel; Yudiono, Udik
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepemimpinan adalah segala tindakan yang dilakukan seseorang baik individu maupun kelompok untuk melakukan koordinasi dan melakukan pengarahan kepada individu atau kelompok lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, Iklim kerja yang kondusif adalah iklim yang benar-benar sesuai dan mendukung kelancaran serta kelangsungan proses pembelajaran yang dilakukan guru, Guru profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan yang maksimal, Kinerja guru adalah perilaku yang nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja sesuai dengan peranannya.Tujuan penelitian ini adalah: Adakah pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri Kepanjen, Adakah pengaruh Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri Kepanjen, Adakah pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja guru di MTs Negeri Kepanjen, Adakah pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja guru di MTs Negeri Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eks-post-factodengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTsNegeriKepanjen, yaitu sebanyak 36 guru.Dari hasil uji t-hitung untuk X1 sebesar 2.836 dengan tingkat signifikan sebesar 0,008. Karena tingkat signifikannya lebih kecildari 0,05, maka X1 berpengaruh terhadap variabel Y. Pada hasil uji t-hitung untuk? X2 sebesar -2.400 dengan tingkat signifikan sebesar 022. Karena tingkat signifikannya kurang dari 0,05, maka X2 berpengaruh terhadap variabel Y. Pada hasil uji t-hitung untuk variabel X3 sebesar -2.344 dengan tingkat signifikan sebesar 0,25. Karena tingkat signifikannya kurang dari 0,05, maka X3 berpengaruh dengan variabel Y.Kesimpulan penelitian ini adalah: Ada pengaruh yang signifikan Kepemimpinan kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri Kepanjen, Ada pengaruh yang signifikan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru di? MTs Negeri Kepanjen, Ada pengaruh yang signifikan Kompetensi Guru Profesional terhadap Kinerja Guru di MTs Negeri Kepanjen, Ada pengaruh yang signifikan secara simultan tentang kepemimpinan kepala sekolah, Iklim Kerja dan Kompetensi Guru Profesional terhadap Kinerja Guru di? MTs Negeri Kepanjen
PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI, BIMBINGAN ORANG TUA, KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Nur, Muhammad; Hariani, Lilik Sri; Rosita, Andriani
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Proses pendidikan adalah system yang terdiri dari imput, proses dan output. Keberhasilan pendidikan tentunya tidak lepas dari belajar. Tujuan pendidikan akan tercapai jika banyak mahasiswa yang berprestasi dalam pembelajaran. Prestasi belajar mencerminkan hasil dari proses KBM pada semua pelajaran ekonomi yang dicapai oleh siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) keaktifan organisasi (2) bimbingan orang tua? (3) kedisiplinan belajar (4) prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan MalangPenelitian ini merupakan jenis Penelitian ex post facto sehingga data-datanya dilacak kembali melalui kuisioner dan dokumentasi yang relevan dengan penelitian tersebut. Sampel terdiri dari 96 mahasiswa pendidikan ekonomi, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kuesioner.? Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.00.Hasil pengujian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan keaktifan organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa, ada pengaruh yang signifikan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa, tidak ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, dan ada pengaruh secara bersama-sama keaktifan organisasi, bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang sebagian besar memiliki prestasi yang tinggi, sehingga prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh keaktifan organisasi yang diikuti oleh mahasiswa, dimana mahasiswa bisa mengatur waktu antara tugas kuliah dan tugas di organisasi serta menerapkan ilmu yang diperoleh dalam organisasi pada saat di kelas. Selain itu bimbingan orang tua juga memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam memperoleh prestasi belajar, dimana bimbingan orang tua sangat dibutuhkan oleh setiap anak, karena dengan adanya dorongan, perhatian dan arahan dari orang tua maka anak mampu belajar dengan sungguh-sungguh. Namun tidak hanya perhatian dalam belajar tetapi perhatian dalam bergaul, karena pergaulan akan juga mempengaruhi prestasinya. Tidak hanya keaktifan organisasi dan bimbingan orang tua, tetapi kedisiplinan belajar juga dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Namun pada kenyataannya kedisiplinan belajar tidak mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.?
Pengaruh Iklim Kerja, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Di SMPN 1 Wagir Kesuma, Nita Dwi; Maulina, Vinus; Sulistyo, Sulistyo
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMPN 1 Wagir baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian ini menggunakan eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMPN 1 Wagir yang berjumlah 41 guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling atau sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket yang dikembangkan dari variabel iklim kerja (X1), pelatihan (X2), pengalaman mengajar (X3), dan profesionalisme guru (Y). Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh iklim kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 2,546; (2) terdapat pengaruh pelatihan terhadap profesionalisme guru sebesar 4,712; (3) terdapat pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 4,890; (4) terdapat pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 14,159. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMPN 1 Wagir.
Pengaruh perhatian orang tua, kedisiplinan siswa danintensitas belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kepanjen Isnaini, Nurul; Rusno, Rusno; Mardiana, Riril
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk menganalisis pengaruh perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Kepanjen. (2) Untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan siswa terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Kepanjen. (3) Untuk menganalisis pengaruh intensitas belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Kepanjen. (4) Untuk menganalisis pengaruh secara simultan dari perhatian orang tua, kedisiplinan siswa dan intensitas belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Kepanjen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penjelasan dan eksplanatory. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kepanjen dengan populasi berjumlah 272 siswa dengan menggunakan teknik propotional random sampling, sehingga jumlah sampel hanya diambil 25% dengan jumlah 71 siswa. Hasil perhatian orang tua? (X1) sebesar 0,019 dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05 sehingga berpengaruh terhadap kebiasaan belajar (Y), sehingga H1 diterima Ho ditolak. Hasil kedisiplinan siswa (X2) sebesar 0,002 dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05 sehingga berpengaruh terhadap kebiasaan belajar (Y), sehingga H2 diterima Ho ditolak. Hasil intensitas belajar (X3) sebesar 0,022 dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05 sehingga berpengaruh terhadap kebiasaan belajar (Y), sehingga H3 diterima Ho ditolak. Nilai F-hitung tingkat signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho4 ditolak H4 diterima.
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA, FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK PGRI 6 MALANG TAHUN AJARAN 2016/2017 Sairatu, Oriani; Hariani, Lilik Sri; Afian, Affan
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melalui pendidikan manusia diharapkan mempunyai kemampuan dan keterampilan untuk secara mandiri dapat meningkatkan kualitas hidupnya menghadapi globalisasi sekarang ini. Menyadari pentingnya pendidikan, maka pemerintah terus melakukan upaya penyempurnaan sistem pendidikan nasional guna meningkatkan mutu pendidikan salah satunya melalui peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah disiplin belajar, fasilitas belajar, dan motivasi belajar.Tujuan penelitian: (1) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, (2) mengetahui pengaruh fasilitas belajar? terhadap prestasi belajar, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar (4) mengetahui pengaruh antara disiplin belajar, fasilitas belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK PGRI 6 Malang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif koresional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 175 siswa. Sampel diambil sebanyak 70 yang diambil secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.Hasil pengujian menunjukan bahwa secara parsial disiplin belajar, fasilitas belajar, motivasi belajar mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan. Hasil uji t, variabel X1 (disiplin belajar sebesar 3,053 dengan tingkat signifikan sebesar 0,003), Variabel X2 (fasilitas belajar sebesar 3,051 dengan tingkat signifikan sebesar 0,003), dan X3 (motivasi belajar sebesar 2,320 dengan tingkat signifikan sebesar 0,023) dan hasil uji F menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan disiplin belajar, fasilitas belajar, dan motivasi belajar juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan. Dengan hasil uji F sebesar 8,563 dengan tingkat signifikan 0,000. Dari ketiga variabel bebas tersebut semua mempengaruhi terhadap prestasi belajar kewirausahaan, namun yang paling dominan dalam penelitian ini adalah (X2) Fasilitas belajar yaitu sebesar 64% dengan demikian sisanya 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam model persamaan.
PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR SISWA, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 02 WAGIR Gibun, Patrisius Alfirno; Kustiani, Lilik; Afian, Affan
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Melalui pendidikan akan dapat dihasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing. Keberhasilan pendidikan tentunya tidak lepas dari proses belajar. Untuk meningkatkan prestasi belajar tentunya dibutuhkan peranan dari dalam diri dan luar diri seseorang. Keberhasilan seorang tentu membutuhkan peranan dari guru untuk mewujudkan prestasi. Dimana guru yang terampil akan menciptakan anak didik yang cerdas dan terampil pula. Prestasi belajar mencerminkan hasil dari proses KBM pada semua pelajaran IPS terpadu yang dicapai oleh siswa. Melalui hasil belajar yang didapat dari ulangan harian semester genap dapat diketahui sejauh mana keberhasilan proses KBM yang dilaksanakan. Prestasi belajar yang dicapai dijadikan dasar dalam melakukan evaluasi proses KBM.?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Fasilitas Belajar Di Sekolah (2) Motivasi Belajar Siswa (3)Kedisiplinan Belajar Siswa (4) Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP NEGERI? 02 Wagir.Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto, sehingga data-datanya diperoleh melalui kuisioner atau dokumen yang relevan dengan penelitian tersebut. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas VII, teknik pengumpulan data menggunakan angket.? Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.Hasil pengujian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh yang signifikan Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, dan ada pengaruh secara bersama-sama/simultan ada pengaruh yang signifikan secarasimultan antara prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP NEGERI? 02 Wagir. Dari ketiga variabel bebas tersebut semua mempengaruhi prestasi belajar siswa, namun yang paling menonjol dalam penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa.
Pengaruh persepsi siswa tentang brand image SMK, kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke SMK( Studi pada Siswa Kelas IX SMPN 4 Singosari). Destiana, Rea; Priyono, Agus; Rosita, Andriani
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persepsi siswa tentang brand image SMK? aka nmembuat siswa lebih mengerti mengenai SMK. Kondisi sosial ekonomi orang tua dan minat belajar juga mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan studi ke SMK. Jika kondisi sosial ekonomi orang tuanya baik dan motivasi belajar siswa tinggi akan mempengaruhi minat? belajar dan melanjutkan sekolah.Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post-facto dengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 4 Singosari, yaitu sebanyak 103 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan software SPSS versi 22.00 for windows.Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara persepsi siswa tentang brand image SMK terhadap minat melanjutkan studi ke SMK pada siswa kelas IX SMPN 4 Singosari (2) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke SMK pada siswa kelas IX SMPN 4 Singosari. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke SMK pada siswa kelas IX SMPN 4 Singosari. (4) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara persepsi siswa tentang brand image SMK, kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke SMK pada siswa kelas IX SMPN 4 Singosari
PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PELAJARAN IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NU BULAWANG MALANG Rahayu, Seroja Bakti Ning; Rusno, Rusno; Maulina, Vinus
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. (2) Untuk menganilisis pengaruh kebiasaan belajar terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. (3) Untuk menganalisis secara simultan pengaruh keterampilan dasar mengajar guru, dan kebiasaan belajar siswa terhadap tingkat pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP NU Bululawang Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP NU Bululawang yang berjumlah 110 siswa dari 5 kelas. Teknik yang dipergunakan dalam pengambilan sampel ini adalah proporsional random sampling sehingga diperoleh 55 siswa yang akan digunakan sebagai sample. Variabel dalam penelitian ini adalah : keterampilan dasar mengajar guru, dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas serta pemahaman konsep siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner dan tes. Teknik analisis yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan uji asumsi klasik.Hasil pengujian dengan menggunkan SPSS for windows versi 16, dapat diketahui bahwa variabel bebas yang meliputi keterampilan dasar mengajar guru dan kebiasaan belajar siswa baik secara parsial maupun simultan dapat berpengaruh terhadap variabel terikat yakni pemahaman konsep siswa pada materi mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP NU Bulawang Malang.