cover
Filter by Year
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran.
Articles
24
Articles
Penerapan Bimbingan Kelompok Terhadap Pencapaian Tugas Pekerjaan Bimbingan Sosial Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Barru

Anuar, Arman Bin

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.066 KB)

Abstract

The problem in this thesis is whether there is influence of the implementation of group guidance to the achievement of social work guidance tasks in adolescents in SMA Negeri 1 Barru? As for the purpose is to know the influence of the implementation of group guidance on the achievement of the task of youth social counseling in SMA Negeri 1 Barru. This research is quantitative research, with population as many as 839 respondents, while the sample is 84 respondents obtained by random sampling technique, while the data collection instruments used are questionnaires and documents, while data analysis techniques using the formula percentage. The result of the research shows that the regression line formed is y = 2.22 + 0.786X while to test the significant effect or not, this research is F test which the result is Fhitung 933,7994 while Ftabel is 3,96. Based on the results of the study it can be concluded that there is a significant influence between the implementation of group guidance on the achievement of social guidance work on SMA Negeri 1 Barru.

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros

Inapi, Muhlis Lakkas ( UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR )

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.11 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif  terhadap motivasi belajar (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar (3) hubungan antara motivasi dengan hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pemebealajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 4 Bantimurung-Maros tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 170 siswa. Sampel penelitian ini dipilih melalui random sampling terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dengan jumlah siswa sebanyak 35 dan kelas  XI IPA 3 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jumlah siswa sebanyak 35. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket motivasi belajar digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif dan butir tes hasil belajar pada penerapan model pembelajaran kooperatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.00 for Windows dengan menggunakan analisis Independent Samples Test.            Hasil analisis statistik deskriptif menyatakan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar yang dibelajarkan dengan model pemebelajaran kooperatif  tipe Jigsaw dan STAD yaitu 86,63 dengan katergori sangat baik dan 84,97 dengan kategori baik, dan rata-rata nilai N-Gain hasil belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD yaitu 0,63 dan 0,35 dengan kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai signifikansi 0,001<0,05 untuk motivasi belajar maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar, nilai signifikansi 0,000<0,05 untuk hasil belajar maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar, dan nilai signifikansi 0,010<0,05 untuk korelasi maka H0  ditolak dan H1 diterima artinya ada hubungan secara signifikansi antara motivasi dengan hasil belajar, nilai koefisien korelasi sebesar 0,306 dengan kategori lemah, arah hubungannya adalah positif karena nilai korelasi positif.  Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial maka dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar (3) ada hubungan antara motivasi dengan hasil belajar pada materi sistem koloid dengan penerapan model pebelajaran kooperatif.

Pengembangan Model Bimbingan Belajar Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

Abdullatif, Ariqah

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.287 KB)

Abstract

bstract: This research is research of Development of Quantum Learning Guidance Model, to remind Student Independence Student in SMAN 3 Polewali aimed at: (1) To know the description of the students needs on the development of Quantum Learning guidance model in SMA Negeri 3 Polewali. (2) To know the description of feasibility test and acceptance of learning guidance model of Quantum Learning in SMA Negeri 3 polewali (3) To know the description of Quantum Learning guidance model developed by the researcher. While the method used is the procedure research and development (research and development). Which is based on research stages by Borg and Gall. Data analysis uses qualitative and quantitative data analysis. The results showed that: (1) Development of guidance model Learning quantum learning to improve self-reliance Learning Students get high scoring scale from experts and the response Very good from teachers counseling guidance and students that is acceptable and feasible For use in SMA Negeri 3 Polewali (2) Product development in the form of model of learning guidance of quantum learning to improve students learning independence has made it easier for teachers to implement the program because it has been arranged systematically. 

Karakter Kebangsaan Pada Buku Siswa Kelas 4 Tema “Pahlawanku”: Sebuah Implementasi

Riyana, Tyas Ani ( Sebelas Maret University )

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.364 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan yang dibuat guru kelas dalam mengimplementasikan nilai karakter kebangsaan, mengetahui implementasi nilai karakter kebangsaan pada proses pelaksanaan pembelajaran, mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat  dalam mengimplementasikan karakter kebangsaan dalam kegiatan pembelajaran , mengetahui upaya-upaya guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai karakter kebangsaan pada tema “Pahlawanku” di SD Negeri Sidorejo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bahwa peneliti ingin memahami implementasi nilai karakter kebangsaan dalam pembelajaran tema “Pahlawanku” di SD Negeri Sidorejo 01. Sumber data primer diperoleh dari buku tematik siswa kelas 4 terbitan Kemendiknas, guru kelas dan siswa kelas 4. Sumber sekunder diperoleh dari RPP dan silabus pelaksanaan pembelajaran tema “Pahlawanku”. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi nilai karakter kebangsaan pada proses pembelajaran sudah baik, melalui beberapa factor penunjang yang ada mampu menutupi beberapa factor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya.

Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah

Herman, Herman ( universitas negeri makassar ) , Rusmayadi, Rusmayadi ( Universitas Negeri Makassar )

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.937 KB)

Abstract

The research problem is 1. How cognitive abilities of children grouped B2 TK Aisyiyah Middle Maccini of Makassar before and after the treatment methods of the project? Cognitive abilities before being given treatment methods of the project can be seen that the children are not able to connect, assess, and expensive. After the child is given treatment methods of the project children are able to connect, assess, and mempertimbangakan something he was doing. 2. Is there any influence tehadap project method cognitive abilities of children grouped B2 TK Aisyiyah Middle Maccini Makassar City? the purpose of this study was to determine the effect of the methods of the project on childrens cognitive abilities grouped B2 TK Aisyiyah Middle Maccini Makassar. Activity methods of the projects is Grouping geometric shapes, sorting numbers 1-20, construct beam patterns. The approach used in this study is the quantitative approach. This type of research is a simple experiment. There are two variables that will be examined in this study is the independent variable and the dependent variable. One study design with GroupPretest-posttest design. Operational definitions of variables. Population and sample in this study amounted to 16 children. The technique of collecting data through observation and documentation. Data collection procedures done through the planning, provision of pretest, giving treatment, posttest administration and analysis of results. Data analysis technique used is different Wilcoxon test. The results showed that the cognitive abilities of children increased acquisition value than before the treatment. From the research carried out showed that the cognitive abilities of children increased acquisition value than before given treatment to the value T count (136)> T table (30) and Z count (3:51)> Z table (1.645), so that the hypothesis is accepted , It can be concluded that there is influence of the methods of the project on childrens cognitive abilities grouped B2 TK Aisyiyah Middle Maccini Makassar

Pengaruh Gaya Belajar Peserta Didik Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Depok

Ahmad, Deni Nasir

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.503 KB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar manakah diantara  auditori, visual dan kinestetik yang lebih baik terhadap pemahaman konsep yang dimiliki oleh peserta didik pada materi pembelajaran sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik pengambilan data dengan pemberian angket untuk mengkelompokkan gaya belajar peserta didik dan tes prestasi belajar digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia yang dibuat oleh peneliti untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia. Dari data analisis uji hipotesis penelitian menghasilkan x2Hitung < x2Tabel berarti H0 diterima yakni 1,407 < 5,991 maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar siswa secara audiotori, visual dan kinestetik tidak ada perbedaan terhadap pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masing-masing gaya belajar sangatlah kuat memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia, hal ini terlihat bahwa skor rata-rata masing-masing gaya belajar tidak terlampau jauh antar gaya belajar satu dengan yang lainnya.Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia

Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas

Dewi, Erni Ratna ( STKIP Andi Matappa Pangkep )

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.071 KB)

Abstract

Mengembangkan metode pembelajaran modern dan komnvensional dibutuhkan adanya metode resistensi yaitu ada kemampuan guru “mendengarkan” siswa mampu berbicara, membaca, mempraktekkan dan melakukan tindakan pembelajaran secara tentatif dan konstruktif, agar mampu menciptakan nuansa pembelajaran yang lebih hidup, mudah dan cermat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan opinion survey yang mengamati 21 SMA Negeri di Kota Makassar. Penentuan informan dilakukan dengan metode representatif melalui wawancara kepada Kepala Dinas Pendidikan dan stafnya yang menerima laporan tentang perkembangan penerapan metode pembelajaran di SMA. Analisis data yamg digunakan menganalisa grafik perkembangan metode pembelajaran untuk mengetahui efektivitas, efisiensi dan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menemukan bahwa model yang representatif berkembang diterapkan oleh guru adalah model pembelajaran kooperatif (model 2) dibandingkan dengan model pendekatan CTL (model 6) serta model lainnya. Model pembelajaran yang diterima oleh siswa SMA dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran matematika realistik (model 7) dibandingkan dengan model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (model 4) serta model lainnya. Metode pembelajaran yang representatif berkembang diterapkan oleh guru SMA adalah metode demonstrasi (metode 2) dibandingkan dengan metode simulasi (metode 5) serta metode lainnya. Metode pembelajaran yang representatif diterapkan guru SMA dan diterima oleh siswa adalah metode diskusi panel dan debat (metode 3) dibandingkan dengan metode bermain peran (metode 4) serta metode lainnya. Hasil metode pembelajaran modern dan konvensional yang diterapkan oleh guru SMA dan diterima oleh siswa sudah bisa dikatakan efisien, efektif dan berkualitas dalam penerapannya mulai tahun 2013 – 2017.

Kolase Barang Bekas untuk Kreativitas Anak (Taman Kanak-kanak Nurul Taqwa Makassar)

Anwar, Citra Rosalyn ( Univeritas Negeri Makassar ) , Jayadi, Karta ( Universitas Negeri Makassar ) , Manggau, Arifin ( Universitas Negeri Makassar )

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.913 KB)

Abstract

Kreativitas sangat dibutuhkan karena banyak permasalahan serta tantangan hidup yang menuntut kemampuan adaptasi secara kreatif dan kepiawaian dalam mencari pemecahan masalah yang imajinatif.Anak kreatif dan cerdas tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan perlu pengarahan salah satunya dengan memberi kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas anak.Kemampuan kreativitas anak menjadi salah satu hal yang dikembangkan di pendidikan usia dini. Salah satu kegiatan yang menarik dan dapat mengembangkan kreativitas anak yaitu melalui pembuatan kolase dari barang bekasKegiatan kolase yang merupakan kegiatan berseni rupa  yang  diwujudkan  dengan  teknik  menempel  dan  menyusun  bahan  yang  disediakan. Pemilihan kegiatan  kolase  untuk  meningkatkan  kreativitas  anak  karena  dengan kegiatan  ini  anak dapat berkreasi sesuai dengan minat  masing-masing dan    menarik  bagi  anak, selain itu murah dan mudah  karena bahan-bahan tidak membutuhkan banyak  biaya, sebab  menggunakan  barang-barang  bekas yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar.  Tulisan ini merupakan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di salah satu taman kanak-kanak di kota Makassar juga mengacu pada kajian terhadap berbagai literature, hasil penelitian yang berupa data-data serta berbagai teori  yang dihimpun. Data yang dihimpun dalam artikel ini berasal dari penelitian dan berbagai sumber yang ditelusuri dengan metode ilmiah kualitatifKata Kunci:         Kolase,Pendidikan anak usia dini,kreativitas,barang bekas

Peran Guru BK dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Layanan BK Kelompok

wati, misra

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.388 KB)

Abstract

Abstract : The existence of guidance and counseling teachers in schools have an important role to shape the character of students, helping any problems experienced by the students, and have the task of developing psychological and social aspects of students. Character is the nature or character of oneself that is unique to everyone as a result of a pattern of behavior, norms and morals that formed positively. In the aspect of character education, all that does is actually located on the affective and psychomotor contact with the character education. Improved guidance and counseling services in schools in this group bk services is one form of educational activities for the achievement of national education goals.

Development of Application Program Model Couseling to Improve Teacher Counseling Performance at Junior High School in Takalar

Kurniati, Kurniati

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober 2017
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.154 KB)

Abstract

Abstrack :  The aims of research are : (1) to describe saving BK information service at SMP In Takalar, (2) to produce  program aplication model of guindance counseling, This research is developing research. Subjects of research are di SMP Negeri 1 POLUT, SMP Negeri 2 POLUT, SMP Negeri 3 POLUT, SMP Negeri 4 POLUT, SMP Negeri 5 POLUT, SMP Negeri 1 Takalar, SMP Negeri 2 Takalar dan SMP Negeri 3 Marbo. To collecting the data used scoring scale system of BK program aplication and it was anlyzed quantitative descriptive. Result of reseacrh shown that (1) describe saving BK information service at SMP In Takalar, (2) to produce  program aplication model of guindance counseling and this product which has been developed based on BK teacher’s needs in school,