Chemistry Education Review (CER)
ISSN : -     EISSN : -
Articles 30 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STIKES MEGA REZKY MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK TITRASI ASAM BASA)

Bahar, Hasrawati, -, Sudding, Salempa, Pince

Chemistry Education Review (CER) Volume 2, Nomor 1, September 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.106 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh video praktikum melalui model pembelajaran inkuiriterhadap pemahaman konsepdan hasil belajar mahasiswa Stikes Mega Rezky Makassarpada materi pokok titrasi asam basa. Desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Stikes Mega Rezky Makassar  yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar dan pemahaman konsep sebanyak 10 soal uraian yang terbagi menjadi 2 kode soal yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu deskripsi hasil belajar dan pemahaman konsep serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian diperoleh deskripsi rata-rata hasil belajar belajar dan pemahaman konsepmahasiswa untuk kelas eksperimen adalah 73,13 dan kelas kontrol adalah 65,75 dengan standar deviasi masing-masing 7,9 dan 6,25. Data persentasi rata-rata indikator pemahaman konsep mahasiswa pada kelas eksperimen sebesar 68,51 berada dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol persentasi rata-rata indikator pemahaman konsep mahasiswasebesar 57,00 berada dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh nilai thitung4,29> ttabel 1,666 menunjukkan hipotesis diterima, menyimpulkan bahwaterdapat pengaruh video praktikum melalui model pembelajaran inkuiriterhadap pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa Stikes Mega Rezky Makassar. Kata Kunci: Inkuiri, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep, Video Titrasi Asam Basa  ABSTRACTThe study is quasi experiment which aims at examining the influence of utilizing video for practicum in inquiry learning on conceptual understanding and learning outcomes in Pharmacy Department at Stikes Mega Rezky in Makassar on acid based titration material. The study employed posttest-only control design. The population of the study were all students of the second semester in Pharmacy Department at Stikes Mega Rezky in Makassar which consisted of five classes. The samples were selected randomly and obtained class D as the experiment class and class B as the control class. The data obtained by giving learning test and conceptual understanding with 10 essay tests which divided into 2 codes pf validated tests. Data analysis techniques were the description of learning outcomes and conceptual understanding as well as hypothesis test. The result of the study obtained the description of the average of learning outcomes and conceptual understanding of students in experiment class by 73,47 and the control class by 65,86 with each of deviation standard 8,39 and 5,70 respectively. The percentage data of the average of student conceptual understanding in experiment class is 68,51 which is in high category; whereas, the control class is 57,00 which is in fair category. The result of hypothesis test using One Way ANOVA at the significance level α = 0,05 obtained p value (0,000) < α (0,05) indicated that the hypothesis H0 was rejected and H1 was accepted. Thus, the conclusion of the study is there is influence of utilizing video for practicum in inquiry learning on conceptual understanding and learning outcomes in Pharmacy Department at Stikes Mega Rezky in Makassar. Keywords: inquiry, learning outcomes, conceptual understanding, acid base titration video

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAS MAKASSAR RAYA

Sholihati, Al Maratun, Sulastri, Taty, -, Hasri

Chemistry Education Review (CER) Volume 2, Nomor 1, September 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terintegrasi model pembelajaran generatif terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas X SMAS Makassar Raya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Menggunakan desain Pretest –Postest Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAS Makassar Raya. Sampel diperoleh secara random sampling dan terpilih kelas XA IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB IPA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh deskripsi rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 69,6 dengan standar deviasi 13,24 dan 50,8 dengan standar deviasi 13,1. Rata-rata nilai N-gain indikator keterampilan proses sains sebesar 0,622 dan 0,444 berada pada kategori sedang. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terintegrasi model pembelajaran generatif terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas X SMAS Makassar Raya pada materi  larutan elektrolit dan non elektrolit.Kata kunci: STAD teintegrasi generatif, keterampilan proses sains, hasil belajar, elektrolit dan non elektrolit.ABSTRACTThis study is a study that aims to determine the use of STAD (Student Team Achievement Division) cooperative learning models integrated generative learning models on the process and learning outcomes of students of class X SMAS Makassar Raya on electrolyte and non-electrolyte material Pretest – Post Control research design Group Design. The population in this study were all students of class X SMAS Makassar Raya consisting of 2 classes. sample is done randomly and class XA IPA as the experimental class and class XB IPA as the control class. The results obtained by the description of the average process performance of the experimental class and control class is 69.6 with a standard deviation of 13.24 and  0,622 with standard deviation 13.10. the average N-gain indicator of the process performance 0.622  and 0.444 in the medium category. The agreed matters included the use of STAD (Student Team Achievement Division) cooperative learning models integrated with the generative learning model on the learning process and results of students of class X of SMAS Makassar Raya on electrolyte and non-electrolyte materials.Keywords: STAD integrated generative, process skills, learning outcomes, electrolytes and non-electrolytes

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MANIANGPAJO (STUDI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT)

., Hasrida ( Universitas Negeri Makassar ) , Salempa, Pince ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.049 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan  model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep peserta didik; (2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan  model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik; (3) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas X.2 dan kelas X.3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning  terhadap pemahaman konsep peserta didik; (2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning  terhadap motivai belajar peserta didik; (3) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap motivasi belajar peserta didik.Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar.

ANALISIS RELEVANSI MUATAN KURIKULUM PENDIDIKAN KIMIA DI PERGURUAN TINGGI DENGAN MUATAN KURIKULUM KIMIA BERBASIS K-13 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Risal, Muhammad ( Universitas Negeri Makassar ) , Danial, Muhammad ( Universitas Negeri Makassar ) , ., Ramlawati ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.758 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang relevansi muatan profesional kurikulum pendidikan kimia di Jurusan Kimia FMIPA UNM dengan muatan kurikulum kimia berbasis K-13 di SMAN 17 Makassar dan SMAN 7 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang bertujuan untuk mengkaji muatan kurikulum kimia serta tingkat relevansi  kedua muatan kurikulum kimia tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji muatan kurikulum pendidikan kimia di Perguruan Tinggi dengan muatan kurikulum kimia berbasis K-13 di SMA serta melakukan wawancara kepada civitas akademik Program Studi Pendidika Kimia FMIPA UNM, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan para guru bidang studi kimia SMA. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 20 mata kuliah kimia yang wajib diprogram oleh mahasiswa Pendidikan Kimia dari semester I sampai semester VI serta terdapat 20 materi pokok  mulia dari kelas X sampai kelas XII pada muatan kurikulum Kimia SMA bebasis K-13. Persentase kesesuaian muatan profesional Kurikulum Pendidikan Kimia FMIPA UNM terhadap materi pokok Kimia SMA sebesar 95%, sementara persentase kesinambungan materi pokok Kimia SMA dengan mata kuliah sebesar 100%, Persentase muatan profesional Kurikulum Pendidikan Kimia di Perguruan Tinggi yang tidak masuk dalam muatan Kurikulum Kimia SMA berbasis K-13 adalah sebesar 5%, sehingga bisa disimpulkan bahwa kedua muatan kurikulum kimia tersebut memiliki tingkat kerelevanan dengan kategori sangat tinggi.Kata kunci: Analisis Relevansi, Muatan Kurikulum Kimia Berbasis K-13, Muatan Profesional  Kurikulum PSPK.

PENGARUH MEDIA ANIMASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

., Subhan ( Universitas Negeri Makassar ) , Salempa, Pince ( Universitas Negeri Makassar ) , Danial, Muhammad ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.621 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi dalam  model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar pada materi kesetimbangan kimia. Desain penelitian Post test-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 21 Makassar yang terdiri dari 8 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan berpikir kritis sebanyak 15 soal uraian yang terbagi menjadi 3 kode soal yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu deskripsi dan pengujian hipotesis terhadap keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian diperoleh deskripsi rata-rata keterampilan berpikir kritis dan standar deviasi untuk kelompok eksperimen adalah 81,35%, dan 7,78. Sedangkan rata-rata keterampilan berpikir kritis dan standar deviasi untuk kelompok kontrol adalah 70,53% dan 7,27. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 180,33 dan nilai ttabel =1,67. Dengan membandingkan nilai thitung 180,33 > ttabel 1,668 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media animasi dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar. Kata kunci:      Inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar dan kesetimbangan kimia

PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PRAKTIKUM DASAR-DASAR KIMIA ANALITIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS JURUSAN KIMIA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Nirmala, Wa ( Universitas Negeri Makassar ) , ., Ramlawati ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.052 KB)

Abstract

Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat diukur dengan menggunakan asesmen pembelajaran. Dalam pembelajaran sains (praktikum) dibutuhkan asesmen yang baik dan terencana untuk menilai proses maupun hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, dibutuhkan asesmen praktikum berbasis Keterampilan Proses Sains yang dapat mengukur aspek kognitif, psikomotorik dan sikap mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan memperoleh perangkat asesmen praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) yang valid, relibel dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas SAINTEK UIN Alauddin Makassar dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester tiga sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data melalui: 1) wawancara bebas; 2) pengamatan (observasi) dan asesmen langsung terhadap rancangan perangkat asesmen praktikum berbasis KPS; 3) dokumentasi dan 4) penyebaran angket dan lembar keterlaksanaan perangkat. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis validasi ahli, analisis reliabilitas dan kepraktisan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengembangan dilakukan dalam lima tahap yaitu investigasi awal; perancangan; realisasi; tes, evaluasi dan revisi; dan implementasi serta perangkat asesmen praktikum berbasis KPS yang dikembangkan bersifat valid, reliabel dan praktis Kata kunci: pengembangan plomp, asesmen praktikum, keterampilan proses sains.

ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMK SMAK MAKASSAR

., Asniati ( Universitas Negeri Makassar ) , ., Mansyur ( Universitas Negeri Makassar ) , Gani, Tabrani ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.179 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (i) gambaran pelaksanaan standar kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SMK-SMAK Makassar; (ii) gambaran penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 oleh guru pada proses pembelajaran kimia di SMK-SMAK Makassar. Metode pengumpulan data melalui observasi setiap pertemuan di kelas; wawancara dan dokumentasi berupa catatan kecil dan rekaman video. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (i) gambaran penerapan standar kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran kurikulum 2013 di SMK-SMAK Makassar menunjukan kriteria kompetensi sangat kompeten; pada kriteria kompetensi sangat kompeten dengan mengedepankan aspek-aspek kompetensi guru profesional, sedangkan (ii) gambaran pengamatan implementasi model pembelajaran kurikulum 2013 pada saat proses pembelajaran kimia di SMK-SMAK Makassar menunjukan kategori keterlaksanaan sangat baik.

PENGARUH SIKAP, KONSEP DIRI, DAN KESADARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN DI KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA

Nurdianti Putri, Nuzul Kurnia ( Universitas Negeri Makassar ) , Danial, Muhammad ( Universitas Negeri Makassar ) , Arsyad, Nurdin ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.551 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana gambaran deskriptif sikap peserta didik pada mata pelajaran kimia, konsep diri, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI Mia SMAN di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, apakah ada pengaruh sikap, konsep diri, dan kesadaran metakognitif, secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas, apakah ada pengaruh sikap terhadap hasil belajar kimia, apakah ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar kimia, apakah ada pengaruh kesadaran metakognitif terhadap hasil belajar kimia, apakah ada interaksi sikap peserta didik pada mata pelajaran kimia dan konsep diri dalam mempengaruhi hasil belajar kimia, apakah ada interaksi konsep diri dan kesadaran metakognitif dalam mempengaruhi hasil belajar kimia peserta didik, apakah ada interaksi sikap peserta didik pada mata pelajaran kimia dan kesadaran metakognitif dalam mempengaruhi hasil belajar kimia peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini sejalan dengan rumusan masalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil analisis menunjukkan p – value < 0,05 yang artinya model layak digunakan. Model yang digunakan adalah Y = - 75,003 + 0,171 X1 + 0,611 X­2 + 0,508 X3 + 0,000 X1X2 + 0,000 X1X3 – 0,003 X2X3 . Sikap siswa, konsep diri, dan kesadaran metakognitif siswa berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar kimia baik secara teoritis maupun secara empirik. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa hasil interaksi antar variabel independent tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa, sehingga model terbaik yang dapat digunakan untuk menaksir hasil belajar kimia adalah model tanpa interaksi, yaitu: Y = - 32,875 + 0,113X1 + 0,217X2 + 0,200X3. Kata Kunci: Sikap Siswa, Konsep Diri, Kesadaran metakognitif, Hasil Belajar.

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM SMP NEGERI 1 BULUKUMBA

., Darmaeni ( Universitas Negeri Makassar ) , Arsyad, Nurdin ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.134 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk menghasilkan  perangkat  pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam, basa, garam; (ii) untuk mendeskripsikan kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam, basa, dan garam.  Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah RPP, Buku Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori sangat valid untuk RPP dan BAPD dan kategori valid untuk LKPD serta  dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pada penelitian ini uji coba dilakukan satu kali. Uji coba dilakukan pada kelas VII2 SMP Negeri 1 Bulukumba. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, yaitu: (1) perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing  sudah praktis, (2) perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam, basa, dan garam sudah efektif karena telah memenuhi 3 dari 4 indikator keefektifan, yaitu: ketuntasan klasikal tes hasil belajar telah tercapai,  aktivitas  peserta didik pada setiap pertemuan berada pada rentang batas toleransi , dan respon peserta didik  berada pada kategori positif. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi Asam, Basa, dan Garam  yang   memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Astuti, Sry ( Universitas Negeri Makassar ) , Danial, Muhammad ( Universitas Negeri Makassar ) , Anwar, Muhammad ( Universitas Negeri Makassar )

Chemistry Education Review (CER) Volume 1, Nomor 2, Maret 2018
Publisher : Program Pasca Sarjana UNM

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.97 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan  berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia yang valid, praktis dan efektif digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Hannafin & Peck, yang terdiri dari tahapan penilaian kebutuhan (need assessment), desain (design), dan pengembangan (develop) dan implementasi (implementation). LKPD berbasis PBL yang telah dikembangkan, divalidasi oleh dua orang ahli. Uji coba LKPD dilakukan di SMA Negeri 21 Makassar pada kelas XI-IPA4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Uji  coba ini dilakukan untuk menguji keefektifan dengan memberikan angket respon peserta didik, pengamatan aktivitas peserta didik dan test keterampilan berpikir kritis, kemudian menguji kepraktisan dilakukan pengamatan keterlaksanaan LKPD, angket respon guru dan lembar pengamatan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangkan telah dilakukan validasi, yang dinyatakan sangat valid. LKPD berbasis PBL dikatakan praktis dan efektif, karena pada uji kepraktisan yang berhubungan dengan: (1) keterlaksanaan LKPD, menunjukkan seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (2) guru memberikan respon yang positif terhadap LKPD yang digunakan, dan (3) kesesuaian ativitas guru dengan model pembelajaran berbasis masalah berada pada batas interval toleransi. LKPD ini juga memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) Aktivitas peserta didik berada pada batas interval toleransi; (2) Keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,824 yang termasuk dalam kategori tinggi, dan (3) Peserta didik memberikan respon yang positif terhadap LKPD berbasis PBL yang digunakan. Kata kunci: Pengembangan, LKPD Berbasis PBL, Keterampikan Berpikir Kritis, Kesetimbangan Kimia

Page 1 of 3 | Total Record : 30