cover
Filter by Year
EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Jurnal ini terbit setiap bulan Mei dan November. Artikel yang dimuat berisi karya ilmiah hasil penelitian dan hasil telaah buku dalam bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.
Articles
15
Articles
STRATEGI PEMBERDAYAAN KEUANGAN ANAK JALANAN DI KOTA SEMARANG

Istiyaningsih, Rumiyatun, Hadi, Dwi Prastiyo

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mencari model pemberdayaan keuangan anak jalanan merupakan usaha   untuk membuat anak jalanan menjadi berdaya melalui upaya pembelajaran sehingga mereka mampu untuk mengelola dan bertanggung jawab atas keuangan dari anak jalanan. Anak jalanan bertahan hidup dengan melakukan aktivitas di sektor informal, seperti mengamen, menjual koran, menjadi pemulung barang-barang bekas. Kondisi yang memprihatinkan, anak seharusnya menikmati masa anak-anak dengan bermain dengan teman sebaya dan memperoleh pendidikan formal, tetapi anak harus turun ke jalan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Mereka tidak memiliki bekal keahlian dan pengetahuan, sehingga mereka sering kesulitan dalam melakukan pengelolaan keuangan. Mereka  sering menyalah gunakan uang mereka miliki untuk hal-hal negatif. Pengetahuan mereka yang minim, sehingga tidak mengetahui bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian ini adalah lima tahapan dari pemberdayaan keuangan anak jalanan yaitu (1) Perencanaan, (2) Penggunaan, (3) Pencatatan, (4) Pelaporan, (5) Penginvestasian.  Kesimpulan penelitian ini adalah anak jalanan memerlukan pengelolaan keuangan untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka, pendapatan yang tidak pasti dan bantuan dari pemerintah yang belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan. Kata Kunci: Pemberdayaan, keuangan anak jalanan

IDENTIFIKASI MINAT BERWIRAUSAHA DAN KEMAMPUAN MEMBACA SEGMENTASI PASAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Bambang, Bambang

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi minat berwirausaha dan kemampuan membaca segmentasi pasar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dan penelitian tindakan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil penelitian ini menemukan bahwa semua peserta menyatakan bahwa tertarik dalam berwirausaha meski sebagian kecil yang sudah mencoba berwirausaha. Kondisi ini didorong oleh latar belakang orang tua siswa yang kebanyakan bekerja pada bidang yang bersentuhan dengan wirausaha. Penelitian tindakan ini juga mendukung kemampuan peserta dalam membaca segmentasi pasar dari produk yang ditawarkan. Pengetahuan wirausaha peserta yang masih kurang yang diharapkan akan direspon oleh pihak sekolah dan pemerintah untuk mendorong siswa agar dapat berwirausaha. Kata Kunci: wirausaha, segmentasi pasar

PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN SOFTWARE FLIPBOOKMAKER UNTUK PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN DI STEKOM SEMARANG

Kholifah, Siti, Hartanto, Paulus, Koerniawan, Iwan

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk e-book untuk pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model 4D menjadi 3D dengan tahap define  (pendefinisian), design (perencanaan), dan development (pengembangan). E-book dengan software flopbookmaker terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan juga angket tanggapan mahasiswa. Diperoleh rata-rata penilaian validasi ahli materi 85,2%, validasi ahli media 89,2%, penilaian tanggapan mahasiswa 85,2%, Jadi media E-book layak digunakan dengan kategori sangat baik.   Kata Kunci: Pengembangan, e-book, akuntansi keuangan  

GO-JEK SEBAGAI SIMBOL PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI DI KOTA TEGAL

Yunus, Mahmud

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak Go-Jek merupakan salah satu perusahaan transportasi ojek online di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2010, Kehadiran Go-Jek telah mengundang banyak pro dan kontra dimasyarakat, mulai saat berdiri hingga saat ini menimbulkan banyak perdebatan diberbagai kalangan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk meneliti dampak Go-Jek terhadap perubahan sosial dan ekonomi di Kota Tegal baik dari sisi driver Go-Jek, konsumen maupun transportasi konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan wawancara secara mendalam. Total responden dalam penelitian ini sebanyak 15 responden, dengan rincian 5 responden dari driver Go-Jek, 5 responden dari konsumen dan 5 responden dari transportasi konvensional. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menerangkan bahwa : (1) Terjadi perubahan perilaku sosial dan ekonomi yang positif pada driver Go-Jek (2) Terjadi perubahan perilaku sosial dan ekonomi yang positif pada konsumen Go-Jek (3) Terjadi perubahan sosial dan ekonomi yang negatif terhadap transportasi konvensional pesaing Go-Jek Kata Kunci: Transportasi Online, Go-Jek, Perubahan Sosial, Perubahan Ekonomi

PENGARUH ENTREPRENEURSHIP CHARACTERISTIC, DAN SELF EFFICACY TERHADAP ENTREPRENEURSHIP INTENSITY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)

Khotimah, Sofiatul, Mayasari, Viviana, Sunarko, Bambang

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini secara garis besar bertujuan untuk melihat pengaruh entrepreneurship characteristic, adversity intelligence, self efficacy terhadap entrepreneur intention. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) teknik modeling statistik yang bersifat cross-sectional menggunakan analisis jalur (path analysis). Saat ini penelitian yang terkait pengaruh entrepreneurship characteristic, self efficacy  dan entrepreneur intention masih sangatlah  terbatas padahal hal tersebut sangat penting untuk melihat kesiapan personal untuk melakukan kegiatan berwirausaha yang dalam  penelitian ini menggunakan proxy entrepreneurship characteristic, self efficacy  dan entrepreneur intention. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kepribadian entrepreneur kuesioner yang mengacu pada alat ukur Entrepreneurial Charactersitics Questionnaire (ECQ). Hasil Penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan entrepreneurship characteristic terhadap entrepreneurship intensity pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unsoed. Self  efficacy berpengaruh positif signifikan terhadap entrepreneurship intensity. Kata Kunci : entrepreneurship characteristic, self efficacy, dan entrepreneur intention   

DAMPAK PELATIHAN DAN PENGELOLAAN RUMAH KREASI MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Wahyuhastuti, Novika, Setiawan, David Firna, Nugraha, Aryan Eka Prastya

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pendidikan memberikan dampak terhadap pilihan menjadi pengusaha. Salah satu upaya yang dilakukan program studi pendidikan ekonomi universitas PGRI Semarang adalah membentuk rumah kreasi mahasiswa (RKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dampak pelatihan dan pengelolaan RKM terhadap motivasi kewirausahaan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas PGRI Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan motivasi berwirausaha mahasiswa yang telah mendapatkan pelatihan dan ikut terlibat dalam pengelolaan RKM dengan mahasiswa yang tidak mendapat pelatihan dan tidak terlibat dalam pengelolaan RKM. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya RKM dapat menumbuhkan motivasi berwirausaha mahasiswa prodi pendidikan ekonomi universitas PGRI Semarang.

ANALISA PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS, KEPRIBADIAN ENTREPRENEURSHIP DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP INTENSITAS BERWIRAUSAHA (STUDI PADA FEB UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)

Mayasari, Viviana, Perwita, Dyah

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan pengaruh kecerdasan kesengsaraan, kepribadian kewiraswastaan, lokus pengendalian internal terhadap intensitas kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pemodelan statistik Structural Equation Modeling (SEM) yang bersifat cross sectional dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian saat ini terkait dengan kecerdasan dan intensitas kewirausahaan masih sangat terbatas bila sangat penting untuk melihat kesiapan pribadi berwirausaha. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kepribadian pengusaha yang mengacu pada alat ukur Wirausaha Karakteristik Wirausaha (ECQ) yang dikembangkan oleh Frank Bezzina (2010).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kesengsaraan, kewiraswastaan kepribadian dan lokus kontrol internal berpengaruh secara signifikan terhadap intensitas kewirausahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi ilmiah tambahan dan informasi mengenai tingkat intensitas kewiraswastaan, yang dimiliki oleh siswa sehingga dapat memberi masukan pada berbagai program kewirausahaan di FEB Universitas Jenderal Soedirman.

INTERNALISASI PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF SEBAGAI BRIDGING COURSE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Murniawaty, Indri, Murwatiningsih, Murwatiningsih

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

                                     Indonesia  akan menghadapi persaingan dalam semua bidang, antara lain perniagaan, industri dan berbagai bidang lainnya. Untuk itu dibutuhkan peningkatan kualitas sumber daya berkualitas, kreatif dan produktif yang dapat dikembangkan melalui pendidikan. Sekolah memiliki peran strategis dalam menciptakan sumber daya manusia sebagai agen penggerak ekonomi kreatif serta untuk menanamkan jiwa berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan kuantitatif persentase. Populasi penelitian  adalah para guru dan peserta didik pada mata pelajaran Kewirausahaan di  dua sekolah adiwiyata  di kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi pendidikan ekonomi kreatif  baik  ditinjau dari   sisi  guru dan peserta didik tergolong sangat tinggi, artinya sekolah sudah memasukkan nilai-nilai  pendidikan ekonomi kreatif ke dalam pembelajaran; selain itu pembelajaran kewirausahaan baik  dari sisi guru dan peserta didik juga tergolong  sudah tinggi, artinya pembelajaran kewirausahaan baik dari sisi materi, metode dan kemampuan guru sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran kewirausahaan. Kata Kunci:  internalisasi, pendidikan ekonomi kreatif, pembelajaran kewirausahaan

STRATEGI DAN TANTANGAN PENGRAJIN LURIK KEMBANGAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA INDUSTRI LURIK DI YOGYAKARTA

Sari, Wahyu Triana, Bakhri, Syamsul

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract  Lurik Kembangan is a traditional art product of Yogyakarta. Lurik Kembangan which still survive until now made by Non-Machine Weaving Machine. The more days pass, the variety of lurik becoming more diverse and creating more various products from fabric lurik. However, business competition is getting worse because there is only a few young people who willing to work as craftsmen and the impact of industrialization in Yogyakarta resulting the craftsmen’s income decreases. Qualitative research with case study approach aims to find out the strategies and challenges of lurik craftsmen in facing strait industry competition in Yogyakarta. Validity of data obtained by triangulation of data source. The technique of data analysis is done by integrating observation data at the production place of lurik group Maju Mandiri, Interview with craftsmen, Chairman of Maju Mandiri luric group, and documentation from various sources to support information about Lurik Kembangan craftsmenship. The theory used is Karl Marxs Theory of Capitalism and Theory of Glocalization from Robertson. The results showed that the strategy of the artisans of Lurik Kembangan in facing business competition is to create product innovation; maintaining the quality of traditional lurik; and expand the scope of marketing. The challenge of the craftsmen is to maintain the Lurik Kembangan increasingly heavy because the youth choose to work in factories or other sectors; competition in the middle of Yogyakarta industrialization makes the marketing of weaving lurik become increasingly narrow; the impact of the industrialization created the class of capital owners and craftsmen.Keywords: Industry, Lurik, Strategy, Challenge

HEDONISME DAN KONSUMERISME DALAM PERSPEKTIF DRAMATURGI ERVING GOFFMAN

Suciptaningsih, Oktaviani Adhi

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Globalisasi menciptakan berbagai fenomena dalam kehidupan nyata. Termasuk fenomena gaya hidup hedonisme dan konsumerisme di kalangan mahasiswa. Pola interaksi sosial di kalangan mahasiswa dibentuk melalui serangkaian atribut dan simbol yang mencitrakan identitasnya sebagai bagian dari komunitasnya. Hal ini menyebabkan mahasiswa seperti sedang bermain peran ketika berinteraksi sosial agar dapat diterima. Hal ini seperti teori dramaturgi Goffman, yakni bahwa mahasiswa seperti sedang berperan dalam area front stage dan back stage. Front stage mahasiswa ketika melakukan gaya hidup hedonisme adalah gemar bersenang-senang dengan mendatangi tempat-tempat hiburan malam, berbelanja barang mahal di mall, memilih kos dengan tarif sewa yang mahal, menggunakan barang branded, dan suka berfoya-foya. Hal tersebut dilakukan untuk menampilkan kesan mewah, glamour, kekinian, dan ingin menunjukkan kelas sosialnya. Selain itu hal tersebut juga dilakukan agar mereka dapat diterima dalam komunitasnya. Area back stage-nya adalah kehidupan mahasiswa dalam realitas senyatanya serta berbagai cara yang dilakukan untuk memenuhi gaya hidup tersebut. Keywords: Hedonism, Consumerism, Dramaturgy