EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Jurnal ini terbit setiap bulan Mei dan November. Artikel yang dimuat berisi karya ilmiah hasil penelitian dan hasil telaah buku dalam bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.
Articles
21
Articles
‚Äč
MENERAPKAN BLOOMíS TAXONOMY REVISION PADA TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM RANAH KOGNITIF KAJIAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Setiawan, David Firna

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menerapkan revision Bloomís taxonomy (RBT) pada tujuan pembelajaran umum ranah kognitif. Penerapan dilakukan tershadap kajian persamaan dasar akuntansi. Metode yang digunakan adalah melalui pengklasifikasian tujuan pembelajaran menggunakan RBT. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan RBT pada tujuan pembelajaran umum ranah kognitif dapat dilakukan melalui dua cara yaitu (1) pengembangan tujuan pembelajaran umum, serta (2) penempatan tujuan pembelajaran pada dimensi proses berpikir dan dimensi pengetahuan. Kajian persamaan dasar akuntansi dapat dikembangkan menjadi tiga tujuan pembelajaran umum. Tujuan pembelajaran tersebut ditempatkan pada dimensi proses berpikir memahami, mencipta serta menerapkan. Pada dimensi pengetahuan, tujuan pembelajaran tersebut ditempatkan pada dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural.†Kata Kunci: revision Bloomís taxonomy, tujuan pembelajaran umum, persamaan dasar akuntansi

ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII MTsN 1 KOTIM

Winartiningsih, Wahyu Endang, Halimah, Siti, Mahmu√ʬĬôddin, Mahmu√ʬĬôddin

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Belajar mandiri telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 158 Tahun 2014. Dalam hal ini peran guru sebagai fasilitator. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari siswa sekolah menengah pertama adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Namun pada kenyataannya, masih ada siswa yang belum memiliki kemandirian belajar. Pada saat observasi awal di MTsN 1 KOTIM[a1]  peneliti menemui permasalahan yang terletak pada kemandirian belajar siswa. Sebagian siswa belum melakukan inisiatif belajar sendiri. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara guru mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian  belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTsN 1 KOTIM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 KOTIM tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 292 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik simple random sampling[a2] . Peneliti memilih sampel sebanyak 75 siswa. Peneliti menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa cenderung cukup baik pada setiap indikator kemandirian belajar IPS yaitu pada indikator percaya diri , pada indikator disiplin ,  pada indikator inisiatif  dan pada indikator tanggung jawab  Secara umum  siswa memiliki kemandirian belajar cukup baik dalam belajar IPS. Kata Kunci: Kemandirian belajar, mata pelajaran IPSKemandirian belajar, mata pelajaran IPS

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA

Nawangwulan, Sri

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian melalui metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Toroh dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Toroh semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa diduga melalui penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS 1 semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari data empiris diperoleh fakta bahwa melalui penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian dari kondisi awal  nilai rata-rata 77.2 dengan ketuntasan 52.7% ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 87.6 dengan ketuntasan 100% pada siswa kelas XI IPS 1 semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Motivasi, hasil belajar, metode tutor sebaya.

PERAN ANTECEDENT GREEN PURCHASE INTENTION TERHADAP GREEN PURCHASE BEHAVIOR

Mulyono, Kemal Budi

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Secara garis besar penelitian ini bertujuan melihat hubungan kausalitasPerceived Consumer Effectiveness(PCE) dan Green University Advertising (GUA) serta Green Purchase Intention (GPI) terhadapGreen purchase Behavior(GPB). Penelitian ini melakukan eksplorasi penelitian berbasis partial least square (PLS). Satuan unit analisis adalah seluruh Warga UNNES dengan metode pengumpulan data angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PCE dan GUA secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap GPI dan GPB, sementara GPI secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap GPB. Hal ini berimplikasi untuk meningkatkan green purchase intention membutuhkan pembentukan intention yang kuat melalui peningkatan iklan dan manfaat pembelian produk hijau.

STRATEGI PEMBERDAYAAN KEUANGAN ANAK JALANAN DI KOTA SEMARANG

Istiyaningsih, Rumiyatun, Hadi, Dwi Prastiyo

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.826 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mencari model pemberdayaan keuangan anak jalanan merupakan usaha   untuk membuat anak jalanan menjadi berdaya melalui upaya pembelajaran sehingga mereka mampu untuk mengelola dan bertanggung jawab atas keuangan dari anak jalanan. Anak jalanan bertahan hidup dengan melakukan aktivitas di sektor informal, seperti mengamen, menjual koran, menjadi pemulung barang-barang bekas. Kondisi yang memprihatinkan, anak seharusnya menikmati masa anak-anak dengan bermain dengan teman sebaya dan memperoleh pendidikan formal, tetapi anak harus turun ke jalan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Mereka tidak memiliki bekal keahlian dan pengetahuan, sehingga mereka sering kesulitan dalam melakukan pengelolaan keuangan. Mereka  sering menyalah gunakan uang mereka miliki untuk hal-hal negatif. Pengetahuan mereka yang minim, sehingga tidak mengetahui bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian ini adalah lima tahapan dari pemberdayaan keuangan anak jalanan yaitu (1) Perencanaan, (2) Penggunaan, (3) Pencatatan, (4) Pelaporan, (5) Penginvestasian.  Kesimpulan penelitian ini adalah anak jalanan memerlukan pengelolaan keuangan untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka, pendapatan yang tidak pasti dan bantuan dari pemerintah yang belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan. Kata Kunci: Pemberdayaan, keuangan anak jalanan

UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DI SMKN 3 PURWOKERTO

Khotimah, Sofiatul, Mayasari, Viviana, Perwita, Dyah

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat beriwrausaha di SMKN 3 Purwokerto. Prioritas masalah yang diatasi dalam pengabdian ini adalah masih rendahnya pemahaman tentang manajamen pemasaran, dengan mengadakan pelatihan manajemen pemasaran dapat menumbuhkan minat berwirausaha di SMKN 3 Purwokerto. Metode yang dipakai dalam pengabdian ini adalah metode pelatihan dan pendampingan. Setelah pelatihan ini dilaksanakan siswa mempunyai minat berwirausaha dengan kemampuan yang dimiliki tentang pelatihan manajemen.  Kata Kunci: minat berwirausaha, pelatihan manajemen pemasaran 

PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Drifanda, Valdyan

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi UPGRIS; dan (2) pengaruh variabel teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi UPGRIS. Populasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif program studi pendidikan ekonomi UPGRIS angkatan masuk semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 91 mahasiswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 74 mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda teknik modeling statistik yang bersifat cross-sectional. Hasil Penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan positif variable literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi UPGRIS; (2) terdapat hubungan positif variable teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi UPGRIS.

IDENTIFIKASI MINAT BERWIRAUSAHA DAN KEMAMPUAN MEMBACA SEGMENTASI PASAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Bambang, Bambang

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.257 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi minat berwirausaha dan kemampuan membaca segmentasi pasar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dan penelitian tindakan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil penelitian ini menemukan bahwa semua peserta menyatakan bahwa tertarik dalam berwirausaha meski sebagian kecil yang sudah mencoba berwirausaha. Kondisi ini didorong oleh latar belakang orang tua siswa yang kebanyakan bekerja pada bidang yang bersentuhan dengan wirausaha. Penelitian tindakan ini juga mendukung kemampuan peserta dalam membaca segmentasi pasar dari produk yang ditawarkan. Pengetahuan wirausaha peserta yang masih kurang yang diharapkan akan direspon oleh pihak sekolah dan pemerintah untuk mendorong siswa agar dapat berwirausaha. Kata Kunci: wirausaha, segmentasi pasar

PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN SOFTWARE FLIPBOOKMAKER UNTUK PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN DI STEKOM SEMARANG

Kholifah, Siti, Hartanto, Paulus, Koerniawan, Iwan

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.206 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk e-book untuk pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model 4D menjadi 3D dengan tahap define  (pendefinisian), design (perencanaan), dan development (pengembangan). E-book dengan software flopbookmaker terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan juga angket tanggapan mahasiswa. Diperoleh rata-rata penilaian validasi ahli materi 85,2%, validasi ahli media 89,2%, penilaian tanggapan mahasiswa 85,2%, Jadi media E-book layak digunakan dengan kategori sangat baik.   Kata Kunci: Pengembangan, e-book, akuntansi keuangan  

GO-JEK SEBAGAI SIMBOL PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI DI KOTA TEGAL

Yunus, Mahmud

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.882 KB)

Abstract

Abstrak Go-Jek merupakan salah satu perusahaan transportasi ojek online di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2010, Kehadiran Go-Jek telah mengundang banyak pro dan kontra dimasyarakat, mulai saat berdiri hingga saat ini menimbulkan banyak perdebatan diberbagai kalangan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk meneliti dampak Go-Jek terhadap perubahan sosial dan ekonomi di Kota Tegal baik dari sisi driver Go-Jek, konsumen maupun transportasi konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan wawancara secara mendalam. Total responden dalam penelitian ini sebanyak 15 responden, dengan rincian 5 responden dari driver Go-Jek, 5 responden dari konsumen dan 5 responden dari transportasi konvensional. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menerangkan bahwa : (1) Terjadi perubahan perilaku sosial dan ekonomi yang positif pada driver Go-Jek (2) Terjadi perubahan perilaku sosial dan ekonomi yang positif pada konsumen Go-Jek (3) Terjadi perubahan sosial dan ekonomi yang negatif terhadap transportasi konvensional pesaing Go-Jek Kata Kunci: Transportasi Online, Go-Jek, Perubahan Sosial, Perubahan Ekonomi