cover
Filter by Year

Analysis
EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Jurnal ini terbit setiap bulan Mei dan November. Artikel yang dimuat berisi karya ilmiah hasil penelitian dan hasil telaah buku dalam bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi terapan.
Articles
18
Articles
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA

Nawangwulan, Sri

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian melalui metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Toroh dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Toroh semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa diduga melalui penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI IPS 1 semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari data empiris diperoleh fakta bahwa melalui penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi materi ayat jurnal penyesuaian dari kondisi awal  nilai rata-rata 77.2 dengan ketuntasan 52.7% ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 87.6 dengan ketuntasan 100% pada siswa kelas XI IPS 1 semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Motivasi, hasil belajar, metode tutor sebaya.

PERAN ANTECEDENT GREEN PURCHASE INTENTION TERHADAP GREEN PURCHASE BEHAVIOR

Mulyono, Kemal Budi

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Secara garis besar penelitian ini bertujuan melihat hubungan kausalitasPerceived Consumer Effectiveness(PCE) dan Green University Advertising (GUA) serta Green Purchase Intention (GPI) terhadapGreen purchase Behavior(GPB). Penelitian ini melakukan eksplorasi penelitian berbasis partial least square (PLS). Satuan unit analisis adalah seluruh Warga UNNES dengan metode pengumpulan data angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PCE dan GUA secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap GPI dan GPB, sementara GPI secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap GPB. Hal ini berimplikasi untuk meningkatkan green purchase intention membutuhkan pembentukan intention yang kuat melalui peningkatan iklan dan manfaat pembelian produk hijau.

STRATEGI PEMBERDAYAAN KEUANGAN ANAK JALANAN DI KOTA SEMARANG

Istiyaningsih, Rumiyatun, Hadi, Dwi Prastiyo

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.826 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mencari model pemberdayaan keuangan anak jalanan merupakan usaha   untuk membuat anak jalanan menjadi berdaya melalui upaya pembelajaran sehingga mereka mampu untuk mengelola dan bertanggung jawab atas keuangan dari anak jalanan. Anak jalanan bertahan hidup dengan melakukan aktivitas di sektor informal, seperti mengamen, menjual koran, menjadi pemulung barang-barang bekas. Kondisi yang memprihatinkan, anak seharusnya menikmati masa anak-anak dengan bermain dengan teman sebaya dan memperoleh pendidikan formal, tetapi anak harus turun ke jalan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Mereka tidak memiliki bekal keahlian dan pengetahuan, sehingga mereka sering kesulitan dalam melakukan pengelolaan keuangan. Mereka  sering menyalah gunakan uang mereka miliki untuk hal-hal negatif. Pengetahuan mereka yang minim, sehingga tidak mengetahui bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian ini adalah lima tahapan dari pemberdayaan keuangan anak jalanan yaitu (1) Perencanaan, (2) Penggunaan, (3) Pencatatan, (4) Pelaporan, (5) Penginvestasian.  Kesimpulan penelitian ini adalah anak jalanan memerlukan pengelolaan keuangan untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka, pendapatan yang tidak pasti dan bantuan dari pemerintah yang belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan. Kata Kunci: Pemberdayaan, keuangan anak jalanan

UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DI SMKN 3 PURWOKERTO

Khotimah, Sofiatul, Mayasari, Viviana, Perwita, Dyah

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 1 (2018): Economic Education
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat beriwrausaha di SMKN 3 Purwokerto. Prioritas masalah yang diatasi dalam pengabdian ini adalah masih rendahnya pemahaman tentang manajamen pemasaran, dengan mengadakan pelatihan manajemen pemasaran dapat menumbuhkan minat berwirausaha di SMKN 3 Purwokerto. Metode yang dipakai dalam pengabdian ini adalah metode pelatihan dan pendampingan. Setelah pelatihan ini dilaksanakan siswa mempunyai minat berwirausaha dengan kemampuan yang dimiliki tentang pelatihan manajemen.  Kata Kunci: minat berwirausaha, pelatihan manajemen pemasaran 

IDENTIFIKASI MINAT BERWIRAUSAHA DAN KEMAMPUAN MEMBACA SEGMENTASI PASAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUMAS

Bambang, Bambang

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.257 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi minat berwirausaha dan kemampuan membaca segmentasi pasar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dan penelitian tindakan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil penelitian ini menemukan bahwa semua peserta menyatakan bahwa tertarik dalam berwirausaha meski sebagian kecil yang sudah mencoba berwirausaha. Kondisi ini didorong oleh latar belakang orang tua siswa yang kebanyakan bekerja pada bidang yang bersentuhan dengan wirausaha. Penelitian tindakan ini juga mendukung kemampuan peserta dalam membaca segmentasi pasar dari produk yang ditawarkan. Pengetahuan wirausaha peserta yang masih kurang yang diharapkan akan direspon oleh pihak sekolah dan pemerintah untuk mendorong siswa agar dapat berwirausaha. Kata Kunci: wirausaha, segmentasi pasar

PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN SOFTWARE FLIPBOOKMAKER UNTUK PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN DI STEKOM SEMARANG

Kholifah, Siti, Hartanto, Paulus, Koerniawan, Iwan

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.206 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk e-book untuk pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model 4D menjadi 3D dengan tahap define  (pendefinisian), design (perencanaan), dan development (pengembangan). E-book dengan software flopbookmaker terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan juga angket tanggapan mahasiswa. Diperoleh rata-rata penilaian validasi ahli materi 85,2%, validasi ahli media 89,2%, penilaian tanggapan mahasiswa 85,2%, Jadi media E-book layak digunakan dengan kategori sangat baik.   Kata Kunci: Pengembangan, e-book, akuntansi keuangan  

GO-JEK SEBAGAI SIMBOL PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI DI KOTA TEGAL

Yunus, Mahmud

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.882 KB)

Abstract

Abstrak Go-Jek merupakan salah satu perusahaan transportasi ojek online di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2010, Kehadiran Go-Jek telah mengundang banyak pro dan kontra dimasyarakat, mulai saat berdiri hingga saat ini menimbulkan banyak perdebatan diberbagai kalangan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk meneliti dampak Go-Jek terhadap perubahan sosial dan ekonomi di Kota Tegal baik dari sisi driver Go-Jek, konsumen maupun transportasi konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan wawancara secara mendalam. Total responden dalam penelitian ini sebanyak 15 responden, dengan rincian 5 responden dari driver Go-Jek, 5 responden dari konsumen dan 5 responden dari transportasi konvensional. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menerangkan bahwa : (1) Terjadi perubahan perilaku sosial dan ekonomi yang positif pada driver Go-Jek (2) Terjadi perubahan perilaku sosial dan ekonomi yang positif pada konsumen Go-Jek (3) Terjadi perubahan sosial dan ekonomi yang negatif terhadap transportasi konvensional pesaing Go-Jek Kata Kunci: Transportasi Online, Go-Jek, Perubahan Sosial, Perubahan Ekonomi

PENGARUH ENTREPRENEURSHIP CHARACTERISTIC, DAN SELF EFFICACY TERHADAP ENTREPRENEURSHIP INTENSITY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)

Khotimah, Sofiatul, Mayasari, Viviana, Sunarko, Bambang

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.171 KB)

Abstract

Penelitian ini secara garis besar bertujuan untuk melihat pengaruh entrepreneurship characteristic, adversity intelligence, self efficacy terhadap entrepreneur intention. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) teknik modeling statistik yang bersifat cross-sectional menggunakan analisis jalur (path analysis). Saat ini penelitian yang terkait pengaruh entrepreneurship characteristic, self efficacy  dan entrepreneur intention masih sangatlah  terbatas padahal hal tersebut sangat penting untuk melihat kesiapan personal untuk melakukan kegiatan berwirausaha yang dalam  penelitian ini menggunakan proxy entrepreneurship characteristic, self efficacy  dan entrepreneur intention. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kepribadian entrepreneur kuesioner yang mengacu pada alat ukur Entrepreneurial Charactersitics Questionnaire (ECQ). Hasil Penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan entrepreneurship characteristic terhadap entrepreneurship intensity pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unsoed. Self  efficacy berpengaruh positif signifikan terhadap entrepreneurship intensity. Kata Kunci : entrepreneurship characteristic, self efficacy, dan entrepreneur intention   

DAMPAK PELATIHAN DAN PENGELOLAAN RUMAH KREASI MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Wahyuhastuti, Novika, Setiawan, David Firna, Nugraha, Aryan Eka Prastya

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.608 KB)

Abstract

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pendidikan memberikan dampak terhadap pilihan menjadi pengusaha. Salah satu upaya yang dilakukan program studi pendidikan ekonomi universitas PGRI Semarang adalah membentuk rumah kreasi mahasiswa (RKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dampak pelatihan dan pengelolaan RKM terhadap motivasi kewirausahaan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas PGRI Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan motivasi berwirausaha mahasiswa yang telah mendapatkan pelatihan dan ikut terlibat dalam pengelolaan RKM dengan mahasiswa yang tidak mendapat pelatihan dan tidak terlibat dalam pengelolaan RKM. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya RKM dapat menumbuhkan motivasi berwirausaha mahasiswa prodi pendidikan ekonomi universitas PGRI Semarang.

ANALISA PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS, KEPRIBADIAN ENTREPRENEURSHIP DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP INTENSITAS BERWIRAUSAHA (STUDI PADA FEB UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)

Mayasari, Viviana, Perwita, Dyah

EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2017): Economic
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.183 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan pengaruh kecerdasan kesengsaraan, kepribadian kewiraswastaan, lokus pengendalian internal terhadap intensitas kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pemodelan statistik Structural Equation Modeling (SEM) yang bersifat cross sectional dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian saat ini terkait dengan kecerdasan dan intensitas kewirausahaan masih sangat terbatas bila sangat penting untuk melihat kesiapan pribadi berwirausaha. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kepribadian pengusaha yang mengacu pada alat ukur Wirausaha Karakteristik Wirausaha (ECQ) yang dikembangkan oleh Frank Bezzina (2010).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kesengsaraan, kewiraswastaan kepribadian dan lokus kontrol internal berpengaruh secara signifikan terhadap intensitas kewirausahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi ilmiah tambahan dan informasi mengenai tingkat intensitas kewiraswastaan, yang dimiliki oleh siswa sehingga dapat memberi masukan pada berbagai program kewirausahaan di FEB Universitas Jenderal Soedirman.