cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS
ISSN : 25483331     EISSN : 25483331     DOI : -
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, Multimedia Application dan Sistem Penunjang Keputusan. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)" : 10 Documents clear
Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada PAUD Ath – Thoyyibah Bekasi Selatan Amarullah, Dicki Rizki; Adam, Adam; Herlawati, Herlawati
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesatnya dengan didukungnya sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai, diharapkan mampu membuat sistem yang dapat membantu sekolah terutama dalam mengelolah data penerimaan siswa baru. Sistem Penerimaan Siswa Baru pada PAUD Ath – Thoyyibah Bekasi Selatan masih menggunakan sistem yang manual. Hal ini menyebabkan sulitnya untuk merekam data siswa baru pada tahun ajaran baru membuat operator sekolah bingung untuk membuat laporan yang akurat. Penelitian ini memiliki tujuan utama agar terbangunnya sistem informasi yang dapat digunakan dalam sistem Penerimaan Siswa Baru. Metode yang digunakan adalah waterfall dengan model pengembangan SDLC yang mampu membuat sistem secara bertahap. Diharapkan dengan adanya sistem ini hasil yang didapat menjadi lebih baik untuk sekolah dan bisa memaksimalkan kinerja petugas dalam melakukan penerimaan siswa baru serta informasi yang didapat lebih efektif dan efisien.   Kata kunci: Pendaftaran, SDLC, Sistem Informasi, Siswa Baru   Abstract: The rapid development of technology and science with the support of qualified and adequate human resources, is expected to create a system that can help schools, especially in managing new student admissions data. New Student Admission System at PAUD Ath - Thoyyibah Bekasi Selatan still using manual system. This led to the difficulty of recording new student data in the new school year making school operators confused to make accurate reports. This study has the main purpose for the establishment of information systems that can be used in the New Student Admission system. The method used is waterfall with SDLC development model that is able to make the system gradually. It is hoped that with this system, the results will be better for the school and can maximize the performance of officers in the acceptance of new students and the information obtained more effective and efficient.   Keywords: Information Systems, New Student, Registration, SDLC
Optimasi Particle Swarm Optimization Pada Naive Bayes Untuk Sentiment Analysis Furniture Aulianita, Rizki; Rifai, Achmad
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memfokuskan pada peningkatan akurasi produk furniture dengan menggunakan algoritma Naive Bayes yang dioptimasi PSO. Fungsi dari penerapan metode algoritma tersebut dalam mengklasifikasikan review positif dan negatif yaitu untuk memudahkan pembeli mendapatkan informasi secara mudah sebelum memilih produk yang tepat untuk dibeli. Pengolahan data uji training menggunakan 100 data review furniture positif dan 100 data review furniture negatif. Hasil eksperimen pada Naive Bayes optimasi Particle Swarm Optimization (PSO) sebesar 93,50% sehingga dapat disimpulkan bahwa Naive Bayes merupakan metode klasifikasi teks yang sederhana dan PSO salah satu teknik optimasi yang berfungsi untuk meningkatkan pembobotan atribut (atribute weight).   Kata kunci: text mining, sentiment analisis, Naive Bayes, Naive Bayes optimasi PSO   Abstract: This study focuses on improving the accuracy of furniture products using the Naive Bayes algorithm optimized by PSO. The function of the application of the algorithm method is to classify positive and negative reviews that is to make it easier for buyers to get information easily before choosing the right product to buy. The training test data processing uses 100 positive furniture review data and 100 negative furniture review data. The experimental results on Naive Bayes Particle Swarm Optimization (PSO) optimization were 93.50% so that it can be concluded that Naive Bayes is a simple text classification method and PSO is one of the optimization techniques that serves to increase attribute weighting.   Keywords: text mining,sentiment analysis, Naive Bayes, PSO Optimization Naive Bayes
Metode Analitycal Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Ahmad, Arsyan Syaina; Sikumbang, Erma Delima
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Saat ini, segala jenis kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan lebih mudah untuk dikerjakan hanya dengan menggunakan sebuah alat yang disebut laptop. Selain itu, laptop juga sangat praktis dibawa kemana-mana. Sekarang ini laptop sudah menjadi kebutuhan dasar untuk pendidikan, bisnis maupun hanya untuk bermain game. Memilih laptop sesuai anggaran dan kemauan setiap konsumen bukan hal yang mudah karena banyaknya perbandingan harga laptop pada berbagai merk yang memiliki spesifikasi fitur-fitur berbeda. Banyaknya pilihan laptop tersebut menambah kebingungan setiap individu untuk memilihnya. Tidak setiap orang mengerti komponen-komponen yang ada pada bagian laptop dan ketidaktahuan itu membuat konsumen memilih laptop yang mahal untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak membutuhkan spesifikasi besar dan akhirnya akan memilih laptop yang overbudget. Tujuan dari penelitian ini mempermudah Konsumen dalam pemilihan laptop yang terbaik sesuai keinginan, kegunaan dan anggaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analytical Hierarchy Process meliputi merk laptop Asus, Lenovo, Dell, dan Hewlett Packard dengan kriteria harga laptop, Merk laptop, Jenis Processor, Kapasitas RAM, dan Jenis VGA. Hasil dari penelitian ini adalah laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dari aspek harga, processor, kapasitas RAM, dan jenis VGA adalah laptop Lenovo Ideapad 310 dengan nilai tertinggi 0.03130492 sebagai laptop yang terbaik, sedangkan laptop Hewlett Packard Notebook AC144TX adalah laptop terendah dari aspek harga, processor, kapasitas RAM, dan jenis VGA dengan nilai 0.00441792.   Kata kunci: Pemilihan Laptop, Analytical Hierarchy Process, Sistem Pendukung Keputusan   Abstract: At this time, all types of activities can be done quickly and are easier to do just by using a device called a laptop. In addition, laptops are also very practical to carry everywhere. Nowadays laptops have become a basic need for education, business or just to play games. Choosing a laptop according to the budget and the desire of each consumer is not easy because of the many price comparisons of laptops on various brands that have different features specifications. The large selection of laptops adds to the confusion of each individual to choose it. Not everyone understands the components in the laptop and ignorance makes consumers choose laptops that are expensive for the needs and actually do not require large specifications and will eventually choose a laptop that is over budget. The purpose of this study makes it easier for consumers to choose the best laptop according to their desires, uses and budget. The method used in this study is the Analytical Hierarchy Process method covering Asus laptop brands, Lenovo, Dell, and Hewlett Packard with laptop price criteria, laptop brand, Processor type, RAM capacity, and VGA type. The results of this study are the best laptops that suit the needs of the aspect of price, processor, RAM capacity, and type of VGA is the highest rated, Lenovo ideapad 310 laptop 0.03130492 as the best laptop, while the Hewlett Packard  Notebook AC144TX laptop is the lowest value laptop in terms of price, processor, capacity RAM, and VGA type with a value of 0.00441792.   Keywords: Laptop Selection, Analytical Hierarchy Process, Decision Support System
Zahir Accounting Dalam Laporan Keuangan Pada Apotek Asih Kota Bogor Taufik, Khofiyatun Nida; Widianto, Kudiantoro
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Akuntansi merupakan suatu proses mencatat data, mengklasifikasikan data, meringkas data, melaporkan data, dan menganalisa data keuangan perusahaan yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan serta mengevaluasi kegiatan yang sudah terjadi. Banyaknya data transaksi yang ada serta pengolahan data yang masih manual memungkinkan pada saat proses pencatatan terjadi kesalahan hitung, penyediaan laporan keuangan yang cukup lama, sulit memantau data terbaru ketersediaan obat, dan menghabiskan waktu yang lama untuk membuat dan mencari data keuangan. Namun, data yang dihasilkan pun belum tentu sesuai dengan aslinya. Sehingga, suatu perusahaan perlu menggunakan aplikasi akuntansi untuk mengolah data keuangannya. Begitupun pada Apotek Asih yang merupakan perusahaan dibidang perdagangan umum yaitu menjual obat-obatan. Dengan penggunaan aplikasi akuntansi diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Oleh karena itu, penulis ingin menerapkan aplikasi akuntansi pada Apotek Asih yaitu software Zahir Accounting 5.1 yang merupakan solusi terbaik untuk pembuatan laporan keuangan secara cepat dan tepat. Dengan hanya meng-input data perusahaan dan data transaksi menghasilkan jurnal dan laporan keuangan secara otomatis karena memang Zahir Accounting 5.1 dibuat sesederhana mungkin guna membantu penggunanya dalam mengolah dan menyajikan data keuangan.   Kata Kunci: Akuntansi, Laporan Keuangan, Penerapan Aplikasi Zahir.   Abstract: Accounting is a process of data records, classifies data, summarizing data, reporting data, and analyze financial data company that can be used to make decisions and to evaluate activities that have already taken place. The number of data transactions and data processing which is still manual allows the logging process by the time the error occurred, the provision of financial reports count quite a long time, it is difficult to monitor the latest data the availability of drugs, and spent time to create and search for financial data. However, any data that is generated is not necessarily in accordance with the original. So, a company needs to use an accounting application for process data the Financials. As well as on which is a Pharmacy Asih company in the field of general trade that is selling drugs. With the use of the accounting, an application is expected to resolve the existing problems. Therefore, the author wants to apply the accounting application on Pharmacy Asih namely software Accounting 5.1 a Zahir is the best solution for the creation of financial reports in a timely and appropriate. By simply updating the input data and the data of transactions generate financial reports and journals automatically because Zahir Accounting 5.1 is made as simple as possible in order to assist users in the process and presents financial data.   Keywords: Accounting, Financial Statements, Application of Zahir.
Sistem Informasi Pengelolahan Data Persediaan Obat Menggunakan Metode Waterfall Murtina, Hidayanti
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pengelolahan data yang berhubungan dengan persediaan obat tentunya harus diperhatikan dengan sangat teliti, mulai dari penerimaannya sampai dengan pemasarannya. Hal ini dikarenakan adanya masa kadaluarsa pada penggunaan obat, salah menjual obat yang kadaluarsa tentunya akan berdampak buruk bagi konsumen sedangkan salah menerima obat yang mendekati kadaluarsa tentunya akan berdampak pada kerugian perusahaan. Apotek Salwa sama seperti apotek lain yang melakukan penyetokan obat untuk dijual, akan tetapi pengelolahan data persediaan yang obat yang dilakukan melalui pencatatan membuat pekerjaan yang dilakukan untuk mengontrol obat kadaluarsa di tempat penyimpanan obat menjadi cukup sulit dan lama dikarenakan setiap obat harus di cek secara satu persatu tanggal kadaluarsanya. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi berbasis desktop menggunakan VB 6.0 dengan database mysql yang dapat digunakan untuk mengontrol tidak hanya stok obat yang ada di penyimpanan tetapi juga mengontrol tanggal kadaluarsa obat yang tersimpan. Selain dapat memudahkan pengecekan obat, aplikasi ini juga dapat mempermudah pemilik mendapatkan laporan mengenai ketersediaan obat yang ada di tempat penyimpanan.   Kata kunci: Metode Waterfall, Persediaan Obat   Abstract: Management of data related to drug supplies must be considered very carefully, starting from the receipt to the marketing. This is because there is a period of expiration in the use of drugs, incorrectly selling drugs that are out of date will certainly have a negative impact on consumers while misapplying drugs that are approaching expiration will certainly have an impact on the company's losses. Salwa pharmacies are the same as other pharmacies that make medication for sale, but the management of drug inventory data that is carried out through recording makes the work done to control expired drugs in drug storage become quite difficult and long because each drug must be checked individually expiration date. For this reason, we need an application that can be used to control not only the drug stock in storage but also control the expiration date of the stored drug. Besides being able to facilitate checking drugs, this application can also make it easier for owners to get reports about the availability of drugs in storage.   Keywords: Waterfall Method, Drug Supplies
Algoritma Pengurutan Data (Sorting) Dengan Metode Insertion Sort dan Selection Sort Retnoningsih, Endang
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pengurutan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia komputer. Adanya kebutuhan terhadap proses pengurutan memunculkan bermacam-macam metode pengurutan yang bertujuan untuk memperoleh metode pengurutan yang optimal. Dengan menggunakan algoritma yang baik dapat menghasilkan program yang efisien dari segi waktu dan hasil yang dicapai. Data terkadang berada dalam bentuk yang tidak berpola ataupun dengan pola tertentu yang diinginkan. Secara umum ada dua jenis pengurutan data yaitu model urut naik (ascending) yang mengurutkan data dari yang mempunyai nilai terkecil sampai terbesar dan model urut turun (descending) yang mengurutkan data dari yang mempunyai nilai terbesar sampai terkecil. Perbandingan pengurutan data (sorting) dalam sebuah array (L) menggunakan dua algoritma dengan prinsip kerja yang berbeda. Pada penelitian ini membandingkan algoritma metode selection sort menggunakan prinsip pertukaran elemen dalam proses sorting, dan metode insertion sort menggunakan prinsip geser dan sisip elemen dalam proses sorting. Tidak ada algoritma terbaik untuk semua keadaan, kadang kala sebuah algoritma sangat efisien ketika jumlah datanya sedikit, namun kinerjanya menjadi berkurang ketika jumlah data ditambahkan atau meningkat. Hasil dari penelitian adalah metode insertion sort lebih unggul pada jumlah data yang sedikit, sedangkan metode selection sort lebih unggul pada jumlah data yang lebih banyak.   Kata kunci: Algoritma, Larik, Insertion Sort, Selection Sort, Visual Basic.   Abstract: Ordering is something that cannot be separated from the computer world. The need for the sorting process gives rise to a variety of sorting methods that aim to obtain the optimal sorting method. Using a good algorithm can produce programs that are efficient in terms of time and results achieved. Data sometimes is in a form that is not patterned or with a certain pattern desired. In general there are two types of sorting data, namely the ascending model which sorts data from the smallest to the largest and the descending sequence model which sorts data from the largest to the smallest. Comparison of sorting in an array (L) uses two algorithms with different working principles. In this study comparing algorithms the selection sort method uses the principle of element exchange in the sorting process, and the insertion sort method uses the principle of sliding and inserting elements in the sorting process. There is no best algorithm for all situations, sometimes an algorithm is very efficient when the amount of data is small, but its performance decreases when the amount of data is added or increased. The results of the study are that the insertion sort method is superior to the small amount of data, while the selection sort method is superior to a larger amount of data.   Keywords: Algorithms, Array, Insertion Sort, Selection Sort, Visual Basic.
Sistem Informasi Pembelian Dengan Metode Waterfall Pada PT. Koyorad Jaya Indonesia Bekasi Safar, Suryani; Achyani, Yuni Eka
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Dalam Era Moderisasi yang sudah berkembang secara cepat , dunia bisnis menuntut kinerja dari semua aspek supaya bekerja secara efisian dan sistematis, sistem dalam sebuah perusahaan bukan hanya seperti sebuah kebutuhan tetapi juga merupakan bagian dari perusahaan itu sendiri. PT Koyorad Jaya Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang cukup perkembang di dunia internasional. Sistem dalam perusahaan ini sudah menggunakan sistem komputerisasi yang baik, tapi system ini belum mencakup semua aspek perusahaan. Maka penulis mencoba untuk membuat tugas akhir ini untuk mengajukan system baru dalam perusahaan ini yang masih menggunakan sistem manual. Pada bagian pembelian PT Koyorad Jaya Indonesia menerapkan dua sistem. Yaitu sistem pembelian secara kredit / tempo dimana sistem membayaran menggunakan invoicing dan yang ke dua adalah sistem pembelian secara tunai / kas bon yang biasanya di butuhkan disaat ada kebutuhan pembelian barang keperluan perusahaan yang bersifat mendesak. Dari dua system pembelian tersebut, sistem pembelian secara tunai pada PT Koyorad Jaya Indonesia masih menggunakan pencatatan manual dalam form kasbon dan pelaporan yang masih terkesan seadanya. Hal ini akan menjadi masalah terutama pada bagian keuangan atau finance. Penulis mengharapkan mampu mengusulkan sebuah program yang akan menyempurnakan kinerja sistem yang terdapat pada PT Koyorad Jaya Indonesia. Sehingga perusahaan ini dapat lebih berkembang dan maju dari sebelumnya.   Kata kunci: Sistem Informasi, Pembelian Barang   Abstract: In Moderisasi Era that has been growing rapidly, the business world demands that the performance of all aspects of fuel-efficient and systematic work, the system in a company is not only a necessity but also a part of the company itself. PT Koyorad Jaya Indonesia is one company that is growing interest in the international community. enterprise system is already using a computerized system that well, but this system does not yet include all aspects of the company. the author tries to make this final task to propose a new system at these companies are still using manual systems. On the purchase of PT Koyorad Jaya Indonesia apply two systems. purchase credit system / tempo in which the provider payment system using the invoice and the second is the system of billing purchases cash / treasury are usually required when purchasing an urgent need consumer goods company. Purchase of two systems, the system of cash purchase in PT Koyorad Jaya Indonesia still use manual recording in the form of cash and reporting still deceptively simple. It will be a problem, especially in finance or finance. The author hopes to propose a program that will improve system performance at PT Koyorad Jaya Indonesia. So that these companies can be more developed and advanced than ever before.   Keywords: Information System, purchase of goods
Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa SDI Salman Alfarisi Bekasi Busthomi, Ahmad; Arifin, Rita Wahyuni
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merancang penerapan pengolahan data nilai siswa sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan dan kebutuhan operasional harian, serta untuk membandingkan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam pengolahan data dan penyajian informasi antara sistem saat ini dan aplikasi yang diusulkan. Penelitian yang dilakukan dalam adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan survei terhadap objek penelitian yaitu di Sekolah Dasar Islam Salman Al-Farisi Bekasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi , wawancara, dan studi pustaka. Aplikasi yang dibuat menggunakan Visual Basic sebagai tools pemrogramannya. Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box yaitu pengujian validasi setiap fungsi dalam aplikasi. Sehingga pengolahan data dan penyajian laporan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistem komputerisasi dalam pengolahan data dan pengumpulan data Nilai siswa lebih efektif dan efisien daripada sistem sebelumnya.   Kata kunci: Waterfall, Pengolahan, Data Nilai, Visual Basic   Abstract: This study aims to design the application of student data processing as a supporter in decision making and daily operational needs, and to compare the level of effectiveness and efficiency in data processing and presentation of information between the current system and the proposed application. The research conducted in this research is a qualitative descriptive study by conducting a survey of the object of research, namely in the Salman Al-Farisi Islamic Primary School in Bekasi using data collection techniques, namely observation, interviews, and literature. Applications made using Visual Basic as programming tools. System testing is done by the Black Box method, namely the validation testing of each function in the application. So that data processing and report presentation are as expected. The results showed that using a computerized system in data processing and data collection The value of students was more effective and efficient than the previous system.   Keywords: Waterfall, Processing, Data Value, Visual Basic  
Sistem Informasi Penjualan Pembelian Dan Laporan Laba Rugi Berbasis Desktop Zulfa, Aditya Ramadhani; Rusmawan, Uus
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi telah berkembang demikian pesat, Informasi apapun dapat kita ketahui dengan cepat dan instan. Para pelaku bisnis memanfaatkan kondisi tersebut untuk kepentingan usahanya. Secara garis besar semua proses bisnis berkisar antara pembelian, penjualan dan laporan hasil usaha. Proses tersebut kini dapat dibuat dengan berbagai macam tools programming.  Metode penelitian yang dilakukan untuk membuat aplikasi ini dengan cara observasi, wawancara dan studi literatur. Proses utama dalam aplikasi ini adalah melakukan transaksi pembelian dan entri biaya yang menyebabkan munculnya beban dan proses entri penjualan yang menyebabkan timbulnya pendapatan, sedangkan formula untuk menghasilkan laba rugi adalah penjualan - (pembelian + biaya). Dengan adanya aplikasi ini maka transaksi pembelian, entri biaya dan transaksi penjualan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, penyimpanan data lebih hemat tempat dan penyajian laporan dapat dilakukan dengan instan sesuai kebutuhan.   Kata kunci : laporan laba rugi, pembelian, penjualan, teknologi informasi   Abstract:  The development of information technology has developed so rapidly, any information we can know quickly and instantly. Business people take advantage of these conditions for the benefit of their business. Broadly speaking, all business processes range from buying, selling and reporting on business results. This process can now be made with a variety of programming tools. The research method is carried out to make this application by means of observation, interviews and literature studies. The main process in this application is to make a purchase transaction and cost entry that causes the appearance of expenses and sales entry process that causes revenue to arise, while the formula for generating profit and loss is sales - (purchase + cost). With this application, the purchase transaction, cost entry and sales transactions can be done quickly and accurately, saving data is more economical and the presentation of reports can be done instantly as needed. Keywords: buyying, information technology, purchase, selling, reporting on business results
Sistem Informasi Pengolahan Data Purchasing Order Reklame Berbasis Web mailasari, Mely
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: PT. Karya Satria Advertising, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang periklanan (Advertising Agency). Banyak konsumen yang ingin mempromosikan produknya melalui Digital Printing baik itu yang berada di Kota Semarang maupun luar Kota Semarang. Digital Printing mencakup pekerjaan seperti : produksi baliho, produksi banner, produksi spanduk, produksi sticker dan sebagainya. Sistem yang ada pada PT. Karya Satria Advertising sering mengalami kesalahan dalam pengolahan data dan juga kesulitan dalam pencarian konsumen yang belum melunasi pembayaran pembuatan iklan karena tidak adanya penggunaan database pada sistemnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem informasi dalam pengolahan data purchasing order berbasis web dengan menggunakan metode waterfall. Tahapan yang ada didalamnya antara lain analisis kebutuhan, desain, pembuatan kode, pengujian dan pendukung. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman php dan database MySql, hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sistem informasi pengolahan data berbasis web yang dapat digunakan oleh PT. Karya Satria Advertising untuk mempermudah proses pengolahan data.   Kata kunci: sistem informasi, pengolahan data, purchasing order, reklame   Abstract: PT. Karya Satria Advertising which is hoped to make that moves in the field of advertising (advertising agency). Many consumers who want to promote their products through digital printing be it the are located in the semarang and outside the city of semarang. Digital printing includes work as banner: production, production banner, production banners, sticker production and so on. The system in PT. Karya Satria Advertising often find fault in data processing and difficulty in search of consumers who has not paid making payments advertising because there is no use a database in the system .Hence required a information systems in data processing purchasing web based order by using the method waterfall .Phases is in it needs include analysis , design , code generation , testing and supporters .This system made use of programming language php and mysql database , the result of this research is the establishment of information systems data processing web based that can be used by pt .The gentlemanly advertising to ease the process of data processing.   Keywords: information system, data processing, purchasing order, ads

Page 1 of 1 | Total Record : 10