cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS
ISSN : 25483331     EISSN : 25483331     DOI : -
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, Multimedia Application dan Sistem Penunjang Keputusan. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)" : 16 Documents clear
Sentimen Etika Posting Pada Media Sosial Menggunakan Performa Terbaik Ridwansyah, Ridwansyah; Aji, Sopian
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Analisis  sentimen  berisikan dataset berbentuk teks yang bersifat positif, negatif atau netral dengan  mengungkapkan kata-kata dalam media sosial haruslah berhati-hati dan jangan ada unsur menghina atau melakukan pelanggaran hukum dapat mengakibatkan terkena pidana bagi mereka yang melakukan pelanggaran hukum terkait postingan di media sosial. Metode klasifikasi seperti Naive  Bayes(NB) diusulkan  oleh  banyak peneliti untuk digunakan pada analisis sentimen teks. Dari  metode naive bayes, akan diuji dengan tiga masukan yaitu menggunakan Tokenize (menghilangkan tanda baca), Transform Cases (merubah huruf besar menjadi huruf kecil) dan Stopwords (menghilangkan kata negatif) dari komentar bersifat positif (100 komentar teks) dan bersifat negatif (100 komentar teks). Dari hasil penelitian dengan menggunakan Naive Bayes didapat nilai AUC: 0.484 +/- 0.107 (mikro: 0.484) (positive class: Positif) dengan hasil akurasi 72,50, maka metode Naive Bayes dapat menghasilkan klasifikasi yang cukup untuk analisis sentimen etika posting pada media sosial. .   Kata kunci: Etika Posting, Naïve Bayes, Media Sosial.   Abstract: Sentiment analysis with a unique dataset shaped text is positive, negative or neutral with expressing words in media social shall be careful and follow the insult or done can result in exposed for those who commit criminal law violations related to post on social media. A method of classification as naive bayes(nb) proposed by many researchers for use in the analysis sentiment text. Of the bayes naive, will be tested with three input that is using tokenize (remove) punctuation, the cases transform instead (change and a small type) stopwords (took the word negative) (100 of commentary is positive and negative comments text) (100) text commentary. The research using bayes naive obtained the auc: 0.484 + / - 0.107 micro (:0.484) (:class it with the positive) 72,50 accuracy , hence a method bayes can produce classifications naive enough to analysis.   Keywords: Ethics post, Naïve Bayes, Social Media.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Istri Sholihah Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Hadirotussoliha, Hadirotussoliha; Setiyadi, Didik; Khasanah, Fata Nidaul
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Memilih calon istri, berarti memilih seseorang yang diharapkan dapat menjadi teman hidup, seseorang yang dapat menjadi rekan untuk menjadi seorang ibu dari anak anak kelak. Pemilihan seorang istri yang dilakukan oleh laki laki, biasanya didasari dengan memilih calon yang dapat mensyukuri segala kelebihan dan menerima setiap kekurangan, berdasarkan suatu pemikiran bahwa seorang laki laki akan memilih pasangan yang dapat melengkapi kebutuhan yang diperlukan. Saat ini belum ada tolak ukur dalam memilih calon istri sholihah sehingga sulit untuk menentukan kriteria calon istri sholihah. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang nantinya akan membantu pihak yang bersangkutan dalam menentukan pasangan hidup, sehingga memperoleh hasil yang efektif dan efisien. Dalam perancangan sistem pendukung keputusan dibutuhkan sebuah metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan nilai nilai kriteria yang diinginkan. Metode yang akan dipakai dalam sistem ini adalah metode Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa sistem memberikan kemudahan bagi user untuk  memilih calon istri sholihah, dan sistem ini mampu membantu user untuk menentukan kriteria calon istri sholihah. Untuk pengujian metode TOPSIS menunjukkan bahwa dari 10 sample yang ada, nilai ranking yang tertinggi Basmah Nur Habibah dengan nilai 0,8683 menggunakan metode TOPSIS.   Kata kunci: calon istri, pemilihan istri, sistem pendukung keputusan, TOPSIS   Abstract:  Choose the candidate's wife, means choosing someone who is expected to become a friend of life, someone who can be associates to become a mother of a child in the future. The selection of a wife who undertaken by the male, usually defined by choosing a candidate who can be thanks to all and accept any deficiencies, based on an idea that a male would choose a spouse who can complete the necessary requirements. There is currently no benchmark in selecting prospective wife sholihah making it difficult to determine the criteria for prospective wife sholihah. Therefore, it needed a decision support system that would later help parties concerned in determining the spouse, so the results are effective and efficient. In the design of decision support system required a method used for calculating the value of the value of the desired criteria. The methods that will be used in this system is a method of Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Based on the research that has been done by the author, shows that the system provides convenience for the user to choose a prospective wife sholihah, and this system is capable of helping the user to specify criteria for the candidate's wife sholihah. TOPSIS method for testing showed that of the 10 samples, the highest ranking value Basmah Nur Habibah 0.8683 value using TOPSIS method.     Keywords: the candidate's wife, wife's election, decision support system, TOPSIS
Penerapan Knowledge Management System Berbasis Smartphone Android Serli, Rosi Kusuma; Rahmayu, Mulia
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penerapan knowledge management di perusahaan nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi saat ini. Kemampuan perusahaan mengelola knowledge management yang ada merupakan kekuatan yang diperlukan untuk tetap bertahan, hal ini juga berlaku pada PT Nutrifood Indonesia. Knowledge management merupakan salah satu cara untuk mengidentifikasi, memilih, mengatur dan menyebarkan informasi serta keahlian penting di dalam suatu organisasi sebagai upaya untuk mengembangkan produktivitas dan prestasi kerja sehingga mampu meningkatkan daya saing organisasi tersebut. selain itu knowledge management dapat dimanfaatkan sebagai cara dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia dalam organisasi. PT Nutrifood Indonesia merupakan perusahaan dengan tingkat turn over sumber daya manusia yang cukup tinggi, khususnya pada departemen audit. Sehingga diperlukan knowledge management untuk menjaga pendistribusian pengetahuan yang baik kepada penggantinya. Penerapan knowledge management sistem yang baik adalah tidak terhalang batasan waktu, lokasi geografis dan mampu mendistribusikan hasil training seorang karyawan sebagai proses pengembangan atau peningkatan keilmuan, pengetahuan, kemampuan dan kepribadian kepada seluruh karyawan. Untuk itulah dalam penelitian ini akan dibuat aplikasi untuk membantu penerapan knowledge management dengan berbasis pada android. Dan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pembuatan KMS android dapat meningkatkan efektifitas dan totalitas bekerja. Nilai rata – rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 3,25 yang berada pada interval 2,60 – 3,39 yang berarti Baik.   Kata kunci: Aplikasi Android,  Knowledge Management System   Abstract: Application of knowledge management in the company is becoming a basic necessity in this era of globalization. The company's ability to manage the existing knowledge management is the strength required to stay afloat, it also applies to PT Nutrifood Indonesia. Knowledge management is one way to identify, select, organize and disseminate important information and expertise within an organization in order to develop productivity and job performance so as to improve the competitiveness of the organization. Knowledge management also can be utilized as a way to develop the potential of human resources in the organization. PT Nutrifood Indonesia is a company with a turnover rate of human resources which is quite high, especially in the audit department. So that knowledge management is required to maintain a good distribution of knowledge to his successo. Thus the new employee is not difficult to continue or know the history and previous employment status of the employee. Knowledge management can minimize the gap of knowledge between employees. The best application of knowledge management systems is not blocked time constraints, geographical location and were able to distribute an employee as a result of training or improvement of scientific development process , knowledge , abilities and personality to all employees. For that reason in this study will be made an application to assist with the implementation of knowledge management based on android. And based on the research that has been conducted by making android KMS can improve the effectiveness and the totality of work. Value - average of 3.25 of the overall statement that is in the interval 2.60 to 3.39, which means good.   Keyword: Android Aplication, Knowledge Management System
Penerapan Knowledge Management System Berbasis Smartphone Android
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penerapan knowledge management di perusahaan nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi saat ini. Kemampuan perusahaan mengelola knowledge management yang ada merupakan kekuatan yang diperlukan untuk tetap bertahan, hal ini juga berlaku pada PT Nutrifood Indonesia. Knowledge management merupakan salah satu cara untuk mengidentifikasi, memilih, mengatur dan menyebarkan informasi serta keahlian penting di dalam suatu organisasi sebagai upaya untuk mengembangkan produktivitas dan prestasi kerja sehingga mampu meningkatkan daya saing organisasi tersebut. selain itu knowledge management dapat dimanfaatkan sebagai cara dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia dalam organisasi. PT Nutrifood Indonesia merupakan perusahaan dengan tingkat turn over sumber daya manusia yang cukup tinggi, khususnya pada departemen audit. Sehingga diperlukan knowledge management untuk menjaga pendistribusian pengetahuan yang baik kepada penggantinya. Penerapan knowledge management sistem yang baik adalah tidak terhalang batasan waktu, lokasi geografis dan mampu mendistribusikan hasil training seorang karyawan sebagai proses pengembangan atau peningkatan keilmuan, pengetahuan, kemampuan dan kepribadian kepada seluruh karyawan. Untuk itulah dalam penelitian ini akan dibuat aplikasi untuk membantu penerapan knowledge management dengan berbasis pada android. Dan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pembuatan KMS android dapat meningkatkan efektifitas dan totalitas bekerja. Nilai rata – rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 3,25 yang berada pada interval 2,60 – 3,39 yang berarti Baik.   Kata kunci: Aplikasi Android,  Knowledge Management System   Abstract: Application of knowledge management in the company is becoming a basic necessity in this era of globalization. The company's ability to manage the existing knowledge management is the strength required to stay afloat, it also applies to PT Nutrifood Indonesia. Knowledge management is one way to identify, select, organize and disseminate important information and expertise within an organization in order to develop productivity and job performance so as to improve the competitiveness of the organization. Knowledge management also can be utilized as a way to develop the potential of human resources in the organization. PT Nutrifood Indonesia is a company with a turnover rate of human resources which is quite high, especially in the audit department. So that knowledge management is required to maintain a good distribution of knowledge to his successo. Thus the new employee is not difficult to continue or know the history and previous employment status of the employee. Knowledge management can minimize the gap of knowledge between employees. The best application of knowledge management systems is not blocked time constraints, geographical location and were able to distribute an employee as a result of training or improvement of scientific development process , knowledge , abilities and personality to all employees. For that reason in this study will be made an application to assist with the implementation of knowledge management based on android. And based on the research that has been conducted by making android KMS can improve the effectiveness and the totality of work. Value - average of 3.25 of the overall statement that is in the interval 2.60 to 3.39, which means good.   Keyword: Android Aplication, Knowledge Management System
Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing Salamah, Umi; Khasanah, Fata Nidaul
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: E-Commerce merupakan proses transaksi jual beli menggunakan media elektronik atau secara online melalui jaringan internet dimana penjual dan pembeli dipertemukan dalam dunia maya. Dengan adanya penjualan secara elektronik maka sebuah percetakan dalam memasarkan produk menjadi lebih luas serta membuat sistem penjualan berjalan optimal. Penjualan undangan pernikahan yang berlangsung selama ini mengalami pemasalahan dalam proses pemasaran, penjualan masih menggunakan sistem penjualan berupa katalog berbentuk buku, persaingan yang sangat ketat, lokasi yang berdekatan dengan percetakan lainnya, serta masalah dari jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi pemesanan undangan di percetakan. Hal tersebut membuat penjualan menjadi kurang menghemat biaya, tenaga dan waktu karena sistem yang digunakan masih secara manual. Metode yang digunakan pada perancangan sistem ini adalah metode Waterfall. Hasil pengujian sistem menggunakan black box testing menunjukkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Selain uji black box, pengujian sistem menggunakan uji beta menunjukkan bahwa sistem memperoleh nilai rata-rata 81%.   Kata kunci: e-commerce, black box, pengujian, uji beta   Abstract: E-Commerce is the process of buying and selling using electronic media or online through the internet where buyer and seller reunited in the virtual world. With the sale electronically then a printing press in marketing the product becomes more widespread, and create sales system runs optimally. Sales of wedding invitations that took place during this experience pemasalahan in the process of marketing, sales are still using the sales system in the form of catalogs, books shaped a very tight competition, location adjacent to the printing the other, as well as the problems of distance and time to get booking information invitation in printing. It makes the sale became less save the cost, effort and time because the system used still manually. The methods used in the design of this system is the Waterfall method. The results of the testing system using black box testing shows that the system has been running in accordance with the expected results. In addition to testing, black box testing system using the beta test shows that the system earns an average rating of 81%.   Keywords: e-commerce, black box, testing, beta testing
Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: E-Commerce merupakan proses transaksi jual beli menggunakan media elektronik atau secara online melalui jaringan internet dimana penjual dan pembeli dipertemukan dalam dunia maya. Dengan adanya penjualan secara elektronik maka sebuah percetakan dalam memasarkan produk menjadi lebih luas serta membuat sistem penjualan berjalan optimal. Penjualan undangan pernikahan yang berlangsung selama ini mengalami pemasalahan dalam proses pemasaran, penjualan masih menggunakan sistem penjualan berupa katalog berbentuk buku, persaingan yang sangat ketat, lokasi yang berdekatan dengan percetakan lainnya, serta masalah dari jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi pemesanan undangan di percetakan. Hal tersebut membuat penjualan menjadi kurang menghemat biaya, tenaga dan waktu karena sistem yang digunakan masih secara manual. Metode yang digunakan pada perancangan sistem ini adalah metode Waterfall. Hasil pengujian sistem menggunakan black box testing menunjukkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Selain uji black box, pengujian sistem menggunakan uji beta menunjukkan bahwa sistem memperoleh nilai rata-rata 81%.   Kata kunci: e-commerce, black box, pengujian, uji beta   Abstract: E-Commerce is the process of buying and selling using electronic media or online through the internet where buyer and seller reunited in the virtual world. With the sale electronically then a printing press in marketing the product becomes more widespread, and create sales system runs optimally. Sales of wedding invitations that took place during this experience pemasalahan in the process of marketing, sales are still using the sales system in the form of catalogs, books shaped a very tight competition, location adjacent to the printing the other, as well as the problems of distance and time to get booking information invitation in printing. It makes the sale became less save the cost, effort and time because the system used still manually. The methods used in the design of this system is the Waterfall method. The results of the testing system using black box testing shows that the system has been running in accordance with the expected results. In addition to testing, black box testing system using the beta test shows that the system earns an average rating of 81%.   Keywords: e-commerce, black box, testing, beta testing
Pengukuran Maturity Level Pelayanan Sistem Informasi Pada PT. Gramedia Asri Media Yulianto, Agus; Rofiah, Syahbaniar
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Teknologi Informasi saat ini sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, semakin baik teknologi informasi yang dimiliki maka menambah nilai positif dan berdampak perubahan besar terhadap perusahaan tersebut. Berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin berubah membuat perusahaan berinovasi kearah yang lebih baik terhadap kinerja individu maupun perusahaan. Oleh karena itu untuk mengetahui seberapa besar teknologi tersebut digunakan pada perusahaan maka audit merupakan salah satu alternatif untuk mengevaluasinya. COBIT 4.1 adalah kerangka kerja untuk tata kelola TI yang terdiri dari kumpulan proses praktik terbaik TI, yang dapat diterapkan di semua tingkat organisasi untuk memperbaiki tata kelola dan pengelolaan TI. Kerangka kerja ini adalah alat yang komprehensif untuk menciptakan tata kelola TI. Pilihan praktik yang terbaik mencakup seluruh proses bisnis sebuah organisasi dan menghadapkannya dalam struktur logis yang dapat dikelola dan dikendalikan secara efektif adalah COBIT 4.1. [Tambotoh and Latuperissa, 2014] Tingkat kemantangan pada masing-masing sub domain Delivery and Support ( DS1 Define and manage service levels dan DS 4 Ensure Continue Service) berada pada domain level 3 untuk DS1 dengan nilai 3,217 sedangkan DS4 dengan nilai 2,944.   Kata kunci: COBIT 4.1, Maturity Level, Sistem Informasi. Abstract: Information technology is currently very influential on the performance of the company, the better the information technology owned then add positive value and impact big changes to the company. The development of technology is increasingly changing day to make the company to innovate towards the better performance of individuals and companies. Therefore, to find out how big the technology is used in the company then the audit is one alternative to evaluate it. COBIT 4.1 is a framework for IT governance that comprises a set of IT best practices processes, which can be implemented at all levels of the organization to improve governance and IT management. This framework is a comprehensive tool for creating IT governance. COBIT 4.1 provides a best practice reference that covers the entire business process of an organization and exposes it in a logical structure that can be managed and controlled effectively. [Tambotoh and Latuperissa, 2014] The level of kemantangan on each sub domain Delivery and Support (DS1 Define and manage service levels and DS 4 Ensure Continue Service) is at the level 3 domain for DS1 with value 3,217 while DS4 with value 2,944.   Keywords: COBIT 4.1, Maturity Level, Information System.
Pengukuran Maturity Level Pelayanan Sistem Informasi Pada PT. Gramedia Asri Media
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Teknologi Informasi saat ini sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, semakin baik teknologi informasi yang dimiliki maka menambah nilai positif dan berdampak perubahan besar terhadap perusahaan tersebut. Berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin berubah membuat perusahaan berinovasi kearah yang lebih baik terhadap kinerja individu maupun perusahaan. Oleh karena itu untuk mengetahui seberapa besar teknologi tersebut digunakan pada perusahaan maka audit merupakan salah satu alternatif untuk mengevaluasinya. COBIT 4.1 adalah kerangka kerja untuk tata kelola TI yang terdiri dari kumpulan proses praktik terbaik TI, yang dapat diterapkan di semua tingkat organisasi untuk memperbaiki tata kelola dan pengelolaan TI. Kerangka kerja ini adalah alat yang komprehensif untuk menciptakan tata kelola TI. Pilihan praktik yang terbaik mencakup seluruh proses bisnis sebuah organisasi dan menghadapkannya dalam struktur logis yang dapat dikelola dan dikendalikan secara efektif adalah COBIT 4.1. [Tambotoh and Latuperissa, 2014] Tingkat kemantangan pada masing-masing sub domain Delivery and Support ( DS1 Define and manage service levels dan DS 4 Ensure Continue Service) berada pada domain level 3 untuk DS1 dengan nilai 3,217 sedangkan DS4 dengan nilai 2,944.   Kata kunci: COBIT 4.1, Maturity Level, Sistem Informasi. Abstract: Information technology is currently very influential on the performance of the company, the better the information technology owned then add positive value and impact big changes to the company. The development of technology is increasingly changing day to make the company to innovate towards the better performance of individuals and companies. Therefore, to find out how big the technology is used in the company then the audit is one alternative to evaluate it. COBIT 4.1 is a framework for IT governance that comprises a set of IT best practices processes, which can be implemented at all levels of the organization to improve governance and IT management. This framework is a comprehensive tool for creating IT governance. COBIT 4.1 provides a best practice reference that covers the entire business process of an organization and exposes it in a logical structure that can be managed and controlled effectively. [Tambotoh and Latuperissa, 2014] The level of kemantangan on each sub domain Delivery and Support (DS1 Define and manage service levels and DS 4 Ensure Continue Service) is at the level 3 domain for DS1 with value 3,217 while DS4 with value 2,944.   Keywords: COBIT 4.1, Maturity Level, Information System.
Melatih Kecerdasan Linguistik & Spasial Anak Berbasis Animasi Interaktif Aji, Sopian; Warjiyono, Warjiyono; Ardiansyah, Angga
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran yang hanya mengandalkan alat-alat tulis seperti buku, kertas, pensil atau pena dalam proses belajar-mengajar menyebabkan terjadinya ketidak- lancaran komunikasi antara orang tua atau guru dengan anak atau siswa. Huruf hijaiyah merupakan huruf yang terdapat dalam Al-qur’an dan ditulis menggunakan huruf Arab. Dalam hal ini media pembelajaran harus lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran guna meningkatkan minat belajar pada usia balita khususnya belajar membaca untuk anak balita guna pembekalan ilmu sebelum melanjutkan ke pendidikan yang lebih lanjut.  Dengan adanya aplikasi animasi interaktif ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi anak-anak kita. Media pembelajaran yang disajikan tentu saja belajar sambil bermain dengan tujuan menumbuhan minat belajar dan memperkenalkan teknologi informasi pada anak usia balita.   Kata Kunci: Animasi Interaktif, Kecerdasan, Balita   Abstract: the Media learning that rely solely on writing tools such as books, paper, pencil or pen in the teaching-learning process led to the lack of communication between the lancaran parents or teachers with children or students. The letter Alif is a letter of the qur'an and is written using the Arabic alphabet. In this case the media learning must be more creative in applying learning methods in order to increase interest in learning at the age of toddlers especially learning to read to toddlers in order to supply the science before proceeding to further education. With the application of interactive animation is expected to benefit our children. Learning media presented certainly learn while playing with the aim of menumbuhan interest to learn and introduce information technology in the toddler-aged children.   Keywords: Interactive Animation, Wit, Toddlers  
Melatih Kecerdasan Linguistik & Spasial Anak Berbasis Animasi Interaktif
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran yang hanya mengandalkan alat-alat tulis seperti buku, kertas, pensil atau pena dalam proses belajar-mengajar menyebabkan terjadinya ketidak- lancaran komunikasi antara orang tua atau guru dengan anak atau siswa. Huruf hijaiyah merupakan huruf yang terdapat dalam Al-qur’an dan ditulis menggunakan huruf Arab. Dalam hal ini media pembelajaran harus lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran guna meningkatkan minat belajar pada usia balita khususnya belajar membaca untuk anak balita guna pembekalan ilmu sebelum melanjutkan ke pendidikan yang lebih lanjut.  Dengan adanya aplikasi animasi interaktif ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi anak-anak kita. Media pembelajaran yang disajikan tentu saja belajar sambil bermain dengan tujuan menumbuhan minat belajar dan memperkenalkan teknologi informasi pada anak usia balita.   Kata Kunci: Animasi Interaktif, Kecerdasan, Balita   Abstract: the Media learning that rely solely on writing tools such as books, paper, pencil or pen in the teaching-learning process led to the lack of communication between the lancaran parents or teachers with children or students. The letter Alif is a letter of the qur'an and is written using the Arabic alphabet. In this case the media learning must be more creative in applying learning methods in order to increase interest in learning at the age of toddlers especially learning to read to toddlers in order to supply the science before proceeding to further education. With the application of interactive animation is expected to benefit our children. Learning media presented certainly learn while playing with the aim of menumbuhan interest to learn and introduce information technology in the toddler-aged children.   Keywords: Interactive Animation, Wit, Toddlers  

Page 1 of 2 | Total Record : 16