PRISMA
ISSN : 20893604     EISSN : 26144611
Journal of PRISMA is published by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. The PRISMA journal appeared in June and December. The PRISMA journal will publish scientific texts within its scope and focus on mathematics and its application to education.
Articles
42
Articles
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE DEMONTRASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Turiman, Turiman

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.701 KB)

Abstract

Hasil belajar matematika sampai saat ini masih tergolong rendah, hal ini terjadi karena guru dalam menyampaikan materi pelajaran hanya mengejar untuk target bisa mengerjakan ujian dan juga guru dalam menyampaikan pembelajaran memilih metode yang monoton, solusi salah satu metode pembelajaran adalah metode demontrasi dengan metode tersebut siswa bisa langsung praktek menggunakan alat peraga untuk mempermudah cara belajar. Untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar matematika diantaranya adalah kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematik karena kedua kemampuan tersebut mampu mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, melalui pembelajaran dengan pendekatan Metode Demontrasi kemampuan berpikir kreatif dan koneksi siswa lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya dengan konvensional. Kesulitan yang dialami siswa adalah waktu yang tidak cukup, mengubah soal cerita kedalam model matematika. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Koneksi Matematik, Metode Demontrasi

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Monariska, Erma

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.783 KB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa SMK yang masih rendah. Dengan melihat dari berbagai model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan penalaran matematis siswa SMK; untuk mengetahui aktivitas siswa SMK selama pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT; dan untuk mengetahui sikap siswa SMK terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan dan perbaikan pembelajaran. Prosedur PTK dimulai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (AP) SMK PGRI 2 Cianjur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, non tes (skala sikap, jurnal, lembar observasi) dan instrumen untuk membantu pelaksanaan tindakan (silabus, RPP, LKS). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan penalaran matematis siswa. Ini sejalan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Kemampuan Penalaran Matematis

KONSEPSI SISWA PADA SUATU BENTUK BANGUN RUANG TERKAIT DENGAN RUSUK DAN DIAGONAL SISI

Rosilawati, Rosilawati, Alghadari, Fiki

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.371 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi siswa pada bentuk bangun ruang limas terkait dengan panjang semua rusuk yang sama dan memiliki diagonal sisi. Penelitian ini merupakan survei kualitatif. Sampelnya adalah siswa kelas XII-IPS di satu Sekolah Menengah Atas Kabupaten Belitung tahun pelajaran 2018/2019. Siswa menyampaikan konsepsinya dengan cara menjawab pertanyaan survei. Analisis konsepsi siswa difokuskan pada pemahaman konsep dan objek mental bangun ruang yang ada dalam pikirannya. Hasil analisis dari respon siswa menemukan ada tiga tipe konsepsi yang teridentifikasi, yaitu konsepsi siswa yang menunjukkan kesiapan intelektual, konsepsi yang mengarah pada hambatan epistemologis, dan konsepsi yang menunjukan miskonsepsi. Pemahaman pada konsep dasar dan keluasan jaringan informasi konsep menjadi syarat untuk mempelajari konsep lanjutan suatu materi matematika, agar siswa terhindar dari miskonsepsi, sehingga pembelajaran mampu menghadirkan pengalaman konseptual dan perseptual.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Simarmata, Angela Marentina

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.894 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematik dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan problem based learning dengan menggunakan pembelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP 9 Cimahi dan sebagai sampel dipilih dua kelas untuk dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematik dan skala motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematik dan motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasaKata kunci : Koneksi Matematik, Motivasi Belajar, Pendekatan Problem Based Learning

PROBLEMATIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA

Sa'adah, Noviani

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.661 KB)

Abstract

Salah satu hakikat belajar adalah terjadinya sebuah perubahan. Proses pembelajaran terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika merupakan salah satu pusat perhatian di dunia pendidikan, yang menjadi fokus utama adalah prolematika yang muncul dilapangan, yakni problematika pada kompetensi pendidik dan menurunnya kualitas proses dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika. Sehingga tujuan penulisan ini untuk mengetahui solusi dari problematika pendidik dan peserta didik pada pelajaran matematika. Kata kunci:  matematika, problematika, solusi.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING

Rusyani Zain, Ella Nurlatifah

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.302 KB)

Abstract

This research is based on facts in the field indicating that the mathematical connection ability of self-efficacy of students has not been in accordance with expectations. This study aims to improve the ability of mathematical connections and self-efficacy of students using the Brain Based Learning approach. This research method is an experimental method with the population of all SMPN students in Cianjur District and a sample of two classes of students SMPN 2 Cipanas randomly selected class. Instruments used are test instruments and non-test. The result of the research shows that the improvement of mathematical connection ability and self-efficacy of students using Brain Based Learning approach is better than using ordinary learning. this study has an association for both variables with moderate criteria. Keywords: Brain Based Learning, Mathematical Connection, Self-Efficacy. 

INDUCTIVE APPROACH IMPLEMENTATION TO IMPROVE THE MATHEMATICHAL REASONING, PROBLEM-SOLVING, AND SELF-CONCEPT OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN KARAWANG DISTRICT

Mulyasari, Yuli

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.441 KB)

Abstract

Inductive Approach is an alternative that is offered to overcome the problem of low mathematical reasoning ability, problem-solving, and self-concept of students. The population in this study is all students of state SMP in Karawang district. The selected sample is for the students of class VIII SMP Negeri 2 Pangkalan, Karawang district in the academic year 2017-2018. Sampling was done by sampling technique, in random sampling was taken 1 experiment class and 1 control class. The result of the research shows improvement of reasoning ability and mathematical problem solving of students who gain learning with the inductive approach is better than students who get regular learning. The self-concept of students acquiring learning with an inductive approach is smaller or equal to that of students who acquire regular learning. The association between reasoning ability and mathematical problem solving is in the moderate category. The association between reasoning ability and student self-concept is in a low category. The association between problem-solving ability and student self-concept is in a low category. The description of the learning process with the Inductive Approach is already in line with the syntax of learning with the Inductive Approach. As for the students' difficulties in working on problems of reasoning and problem solving, among others, the difficulty of identifying the interrelationships between concepts, the difficulty of identifying strategies that can be taken, carrying out calculations, and careless in re-examining the solutions obtained. Keywords: inductive approach, mathematical reasoning, mathematical problem-solving, self-concept. 

Membangun Matematika Sosial di era Digital

Sugilar, Hamdan, Farlina, Ehda, Ariany, Riva Lesta, Cipta, Eliva Sukma

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.825 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pola komunikasi matematika melalui matematika sosial pada era revolusi industri 4.0. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika semester lima UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sedangkan instrumen penelitian ini adalah wawancara, angket dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa matematika sosial mengikis asumsi bahwa matematika itu kaku dan sulit berkomunikasi, melalui pola komunikasi dan proses pembelajaran yang menuntut siswa berkomunikasi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dengan baik.

LEARNING TRAJECTORIES BASED INQUIRY UNTUK MEMBANGUN MATHEMATICAL KNOWLEDGE FOR TEACHING GURU ANAK USIA DINI

Novianty, Merry

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.188 KB)

Abstract

Guru mempunyai peran penting dalam meningkatkan kemampuan matematika anak. Oleh karena itu, Mathematical Knowledge for Teaching (MKT) harus dibangun dan ditingkatkan agar dapat melakukan kegiatan pengembangan dengan baik.  Untuk meningkatkan kualitasnya, para guru diharapkan terlibat dalam pengembangan profesional atau Professional Development Program (PDP). PDP merupakan sarana untuk menigkatkan dan mempertahankan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan kehidupan profesional guru. Dalam pengembangan program tersebut, diperlukan sebuah model pembelajaran sebagai pedoman pelaksanaannya. Model tersebut diharapkan dapat memancing logika dan pengetahuan guru dalam mengajar matematika. Learning Trajectories Based Inquiry (LTBI) merupakan lintasan belajar dengan menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Dalam hal ini, pengetahuan dibangun melalui proses pencarian, serta proses berpikir kritis dan analitis untuk merumuskan kesimpulan. Makalah ini akan membahas apa yang dimaksud dengan Learning Trajectories Based Inquiry (LTBI), bagaimana merancang model LTBI dalam pelaksanaan Professional Development Program (PDP). Serta bagaimana pelaksanaan PDP dengan model LTBI dapat membangun MKT. Keywords:  Learning Trajectories Based Inquiry, Mathematical Knowledge for Teaching, Professional Development Program 

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD ) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI I CUGENANG

Sunarya, Cahya

PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : PRISMA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.372 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dan meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri I Cugenang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika SMP Negeri I Cugenang, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data melalui (1) mereduksi data (2) menyajikan data (3) menarik kesimpulan. keabshan data dilakukan dengan pemperpanjang waktu penelitian. Triangulasi data, dan member checking. Data dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) supervisi akademik meliputi perencanaan pembelajaran; (b) prinsip-prinsip supervisi akademik meliputi; praktis, objektif, kooperatif dan komprehensif. Model pembelajaran yang digunakan yaitu Cooperative Learning tipe STAD. model Cooperative Learning muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temanya. Siswa secara rutin  bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah yang kompleks. Tipe STAD ini merupakan salah satu tipe dari model Cooperative Learning dengan mengunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara hieterogin.Kata Kunci; Hasil Belajar, Matematika Model Cooperative Learning Tipe Student  Team Achievement Division (STAD)