cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23555785     EISSN : 25500325     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2016): September" : 9 Documents clear
EFEKVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP GERAK ADAPTIF (KETERAMPILAN) MATA PELAJARAN FISIKA Rizky, Kurnia; Khusyairi, Umi; Yusuf Hidayat, Muh.
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3711

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gerak adaptif (keterampilan)peserta didik mata pelajaran fisika sebelum dan setelah penerapan model pembelajaraninkuiri terbimbing kelas VII SMP Negeri 1 KAHU. Pemilihan sampel melalui teknik purposivesampling. Instrumen pengumpulan data untuk meningkatkan gerak adaptif (keterampilan)peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui lembar observasi jenis partisipan dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu tsatusampel. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptifdiperoleh nilai rata-rata gerak adaptif (keterampilan) peserta didik sebelum penerapan modelpembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori cukup, sedangkan nilai rata-ratagerak adaptif (keterampilan) peserta didik setelah penerapan model pembelajaran inkuiriterbimbing berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis data inferensial yaitu thitung<ttabelsehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan gerak adaptif(keterampilan) peserta didik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing padamata pelajaran fisika
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA CONCEPT MAP TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP Ririn, Ririn; Mania, Siti; Jafar, A. Ferawati
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3707

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelasX SMA Negeri 1 Walenrang yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator andExplaining (2) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelas X SMANegeri 1 Walenrang yang diajar tanpa menggunakan model student fasilitator and explaining (3)Untuk mengetahui model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining efektif untukmeningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dari pada siswa yang tidak diajar dengan modelpembelajaran Student Fasilitator and Explaining kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. Penelitian inimerupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian pretestposttestcontrol group design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dananalisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh Dhitung = 0,56 , dapat disimpulkan bahwapenerapan Model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan MediaConcept Map efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa daripada siswa yang tidakdiajar dengan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan MediaConcept Siswa Kelas X SMAN 1 Walenrang
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA Yuliyati, Yuni; Baharuddin, Baharuddin; Rafiqah, Rafiqah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3713

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tiperotating trio exchange pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1Polongbangkeng Utara, meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisikadengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1Polongbangkeng Utara.. Jenis penelitian tindakan kelas dan instrumen dalam penelitianadalah lembar observasi, tes tertulis, kuisioner respon siswa dan rekaman foto. Menggunakananalisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus Iberada pada kategori cukup dan siklus II pada kategori baik. Respon siswa terhadappembelajaran termasuk kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange meningkatkan hasil belajarpeserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara pada mata pelajaranfisika dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 50,00%meningkat menjadi 78,12% pada siklus II.
HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FISIKA MADRASAH ALIYAH KOTA MAKASSAR Suatrean, Rusna Aqhros
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi Kepribadian dan gambaran kompetensipedagogik guru fisika Madrasah aliyah kota Makassar serta untuk mengetahui hubungan antarakompetensi kepribadian dengan kompetensi pedagogik guru fisika Madrasah aliyah kotaMakassar.Metode penelitian ini yaitu penelitian ex-post facto yaitu penelitian yang dilakukan ketika inginmengetahui kuat atau lemahnya hubungan variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh Madrasah Aliyah Kota Makassar dengan jumlah sampelnya sebanyak 27orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi berupa angket yangberisikan pernyataan-pernyataan. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisisdeskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rhitung lebih besar dari pada rtabel(0,536>0,381), maka pada taraf signitifikansi 5% Ho Ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga terdapatkorelasi yang signitifikan antara kedua kompetensi.Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkankonsep hubungan kompetensi guru di sekolah pada umumnnya, serta dapat memperkuat kompetensi gurufisika pada khususnya.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN FISIKA Rasyidin, Rahmatika; Syihab Ikbal, Muh.; Sulasteri, Sri
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3712

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisikayang signifikan antara : 1) siswa yang menggunakan strategi Jigsaw dan yang menggunakanmetode konvensional pada siswa yang memiliki motivasi tinggi ; 2) siswa yang menggunakanstrategi Jigsaw dan yang menggunakan metode konvensional pada siswa yang memilikimotivasi rendah dan 3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran (Jigsawkonvensional)dengan motivasi siswa (tinggi - rendah) dalam pencapaian hasil belajar siswakelas X SMAN 1 Bontonompo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimendengan desain factorial dan rancangan penelitian yaitu faktorial 2 x 2. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (Jigsaw danKonvensional) dan Motivasi Belajar (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajarfisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo
Penerapan Pendekatan SSI (Socio-Scientifict Issues) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Andryani, Fitrian; Djafar, Hamsiah; Qaddafi, Muhammad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3705

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pendekatan SSI (socio-scientifictissues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyahdan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, mengetahui kemampuanberpikir kritis mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyahdan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan mengetahui perbedaankemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah penerapan pendekatan SSI (socio-scientifictissues) dengan menggunakan media power point mahasiswa baru angkatan 2015 JurusanPendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri AlauddinMakassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dan instrumendalam penelitian dengan tes essay dan observasi langsung. Menggunakan analisis deskriptifdan analisis inferensial. Hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh H1 diterimakarena thitung>ttabel atau 11,28>2,00. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatanyang tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis setelah penerapan pendekatan SSI(Socio-Scientifict Issues) pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan FisikaFakultas tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI SMA NEGERI KHUSUS JENEPONTO KELAS XI SEMESTER I Nurfillaili, Ulfa; Yusuf T, M.; Anggereni, Santih Anggereni
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3709

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen tes hasilbelajar kognitif dan untuk mengetahui kualitas instrumen tes hasil belajar kognitif matapelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA kelas XI semester I. Penelitian inidilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisisan, perancangan,pengembangan, dan penyebaran tapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahappengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasilpenelitian menunjukkan pengembangan instrumen tes pada kelas XI SMA Negeri KhususJeneponto dengan jumlah 4 soal pilihan ganda, 4 soal menjodohkan, 4 soal benar salah, 4 soalisian dan 4 soal esai dengan total soal keseluruhan yaitu 20 soal sudah baik dan layakdigunakan. Berdasarkan dari hasil uji ahli menunjukan penilaian sebesar 3,89 untuk semuaaspek yang ditanyakan dengan kriteria sangat valid.
Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kit Eksperimen Fisika Irmawati, Ade; Ashar, Hasbullakhair
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3706

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui informasi mengenai strategi pembelajaran tutor sebayadalam meningkatkan hasil belajar kit eksperimen fisika kelas IX di SMP Negeri 1 Polumbangkeng Utara.Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data untuk meningkatkanhasilbelajar (Kit eksperimen) peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui lembar observasi, tes, dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitut-satu sampel.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (Pre-Test)peserta didik sebelum penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya berada pada kategori rendah,sedangkan nilai rata-rata (Post-Test) peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran tutor sebayaberada pada kategori sangat baik. Hasil analisis data inferensial yaitu thitung<ttabel sehingga terdapatperbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar (Kit Eksperimen fisika) peserta didik denganpenerapan strategi pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran fisika.
HUBUNGAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP FISIKA KELAS VII SMPN 5 SOROMANDIKABUPATEN BIMA Mutiaraningsih, Yeni; Jusriana, A.
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 2 (2016): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i2.3710

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar, kemampuan memahami konsep Fisika danmengetahui hubungan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan memahami konsep fisika pada pokokbahasan kalor kelas VII SMPN 5 Soromandi Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah EX post Faktodengan menggunakan desain korelasi tunggal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dantes pemahaman konsep fisika. Teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan teknik analisisdeskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas VIISMPN 5 Soromandi Kabupaten Bima dari 37 jumlah peserta didik yang dijadikan sampel termasuk dalamkategori sedang. Kemampuan memahami konsep fisika yaitu rata-rata persentase 3% termasuk kategoritinggi. Berdasarkan hasil perhitungan ampprok sig t di peroleh nilai 4,66 sehingga dapat dikatakan bahwahubungan gaya belajar peserta didik dan kemampuan memahami konsep fisika memiliki hubungan yanglemah dan tidak signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9