cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23555785     EISSN : 25500325     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2016): Maret" : 10 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MA ABNAUL AMIR MONCOBALANG Zam Zam, Sitti; Kusyairy, Umy
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3280

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika yang diajar menggunakan strategi peer lesson dan yang tidak diajar menggunakan strategi peer lesson serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan strategi peer lesson dengan siswa yang tidak diajar dengan strategi peer lesson. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika, perangkat pembelajaran dan lembar observasi pelaksanaan strategi peer lesson. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 70,33 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 62,4. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitung < ttabel sehingga tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Strategi peer lesson dengan siswa yang tidak diajar dengan strategi peer lesson pada kelas X MA Abnaul Amir Moncobalang.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BAKULIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI I BAJENG BARAT Febriani, Febriani; Jamilah, Jamilah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3286

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran bakulikan dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran bakulikan dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika, perangkat pembelajaran dan lembar observasi pelaksanaan strategi pembelajaran bakulikan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 52,4 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 44,6. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Strategi pembelajaran bakulikan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri I Bajeng Barat.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MA AL-URWATUL WUTSQAA Sriwahyuni, Eka Sriwahyuni; Qaddafi, Muhammad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3259

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran simulasi pada kelas X MA Al-Urwatul Wutsqaa, untuk mendeskripsikan pemahaman hasil belajar peserta didik yang tanpa diajar dengan model pembelajaran simulasi atau yang diajar dengan model pembelajran direct instruction pada kelas X MA Al-Urwatul Wutsqaa, dan untuk menguji perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran simulasi dan diajar tanpa model pembelajaran simulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MA Al-Urwatul Wutsqaa dengan jumlah 78 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas X.2 dan X.3 dengan jumlah 40 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif gain menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 33,61 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 21,25, untuk hasil analisis inferensial pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t 2 sampel independen diperoleh thitung= 4,85 dan ttabel= 2,02. Berdasarkan ketentua, dimana thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung>ttabel), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik Kelas X.2 dan Kelas X.3.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR Nurfauzia, Nurfauzia; Rafiqah, Rafiqah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas dengan perlakuan Guided Inquiry dan kelas dengan perlakuan Discovery Learning serta mengetahui perbandingan kedua model pembelajaran yang digunakan pada setiap kelas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Counterbalance Design, desain yang menyamakan kelompok eksperimen dan perbandingan. Instrument yang digunakan tes hasil belajar fisika dengan subjek kelas XI IPA. Tes hasil belajar terdiri atas soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskripsif dan inferensial dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa kelas XI IPA 1 lebih unggul dari kelas XI IPA 2, hal ini dilihat dari nilai hasil belajar pada proses penelitian. Sehingga dari keenam rumusan masalah, hanya hipotesis pertama tidak ada perbedaan hasil belajar, selanjutnya dihipotesis kedua sampai keenam terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Model Guided Inquiry lebih unggul dibanding Model Discovery Learning.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE SIKLUS BELAJAR KARPLUS Mukrima, Mukrima; Dani, Ali Umar
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3260

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan melalui pendekatan Konstruktivisme dengam metode siklus belajar karplus, Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika dengan menerapkan pendekatan Konstruktivisme dengam metode siklus belajar karplus. Jenis penelitian tindakan kelas dan instrumen dalam penelitian adalah lembar observasi, tes tertulis, kuisioner respon siswa dan dokumentasi. Menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II pada kategori baik sekali. Respon siswa terhadap pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan melalui pendekatan Konstruktivisme dengam metode siklus belajar karplus pada mata pelajaran fisika dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 37,83% meningkat 94,59% pada siklus II.
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SAMPAGA Subhan, Muh; Halimah, Andi
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3283

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar fisika sebelum dan setelah penerapan kombinasi metode pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer, serta mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan kombinasi metode pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer siswa kelas VIII SMPN 1 Sampaga Kab. Sampaga. Pemilihan sampel melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini yaitu tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan kombinasi model pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer berada pada kategori rendah, setelah penerapan model pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer berada kategori tinggi, sedangkan hasil inferensial yaitu sehingga terdapat peningkatan hasil belajar setelah penerapan kombinasi metode pembelajaran complete sentence dengan giving question and getting answer siswa kelas VIII SMPN 1 Sampaga Kab. Mamuju.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR Nurfausiah, Nurfausiah; Suhardiman, Suhardiman
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3275

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri terbimbing,untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri mandiri serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan inkuiri terbimbing dan yang menggunakan inkuiri mandiri pada kelas IX MTs Madani Alauddin Pao-pao. Pemilihan sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika melalui soal yang terdiri atas 10 soal PG (Pilihan Ganda) dan 3 soal Essai, penerapan model pembelajaran melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu t-dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum penerapan kedua model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada kategori sangat tinggi, sedangkan hasil inferensial yaitu thitung>ttabel sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fisika.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS SMA KELAS XI Hadijah, Hadijah; Anggereni, Santih
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif dan untuk mengetahui kualitas instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA kelas XI semester I. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran akan tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan instrumen tes pada kelas XI SMA Negeri Khusus Jeneponto dengan jumlah 4 soal pilihan ganda, 4 soal menjodohkan, 4 soal benar salah, 4 soal isian dan 4 soal esai dengan total soal keseluruhan yaitu 20 soal sudah baik dan layak digunakan. Berdasarkan dari hasil uji ahli menunjukan penilaian sebesar 3,88 untuk semua aspek yang ditanyakan dengan kriteria sangat valid.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DIPADU DENGAN TEKNIK MINUTES PAPER DITINJAU DARI KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) Hasnah, Sitti; Ikbal, Muh. Syihab
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran (strategi Active Knowledge Sharing dipadu teknik Minute Paper dan tanpa teknik Minute Paper) dengan kecerdasan intelektual ( tinggi–rendah) dalam pencapaian hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN WAJO. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain faktorial. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN WAJO yang berjumlah 46 orang yang terbagi atas 2 kelas yakni XI IPA1 dan XI IPA2. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dari dua kelas masing-masing terdiri dari 15 orang dalam satu kelas yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (Active Knowledge Sharing dipadu dengan teknik Minute Paper dan tanpa teknik Minute Paper) dan kecerdasan intelektual (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA MAN WAJO.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN EVIDENCE BASED LEARNING DALAM PELAKSANAAN GUIDED INQUIRY Abriani, Ayu; Nursalam, Nursalam
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 4, No 1 (2016): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v4i1.3285

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran evidence based learning dalam pelaksanaan guided inquiry siswa kelas X8 SMAN 1 Polombangkeng Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian adalah lembar observasi, tes tertulis, lembar angket( kuisioner respon siswa) dan dokumenasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh rata-rata nilai fisika pada siklus I sebesar 63,92 sedangkan siklus II sebesar 76,00. Hasil obseravsi aktivitas peserta didik masing-masing pada siklus I sebesar 53,25% termasuk kategori cukup dan siklus II sebesar 68,49% termasuk kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman konsep mata pelajaran fisika siswa kelas X8 mengalami peningkatan setelah diterapkan model evidence based learning dalam pelaksanaan guided inquiry dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 35,71% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II.

Page 1 of 1 | Total Record : 10