cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23555785     EISSN : 25500325     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2015): September" : 12 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 28 BULUKUMBA Badawi, Andi Ilham; Qaddafi, Muhammad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik Kelas VII A SMP Negeri 28 Bulukumba setelah diajar menggunakan modul berbasis lingkungan dan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan penggunaan modul berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 28 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah peserta didik 77, sampel sebanyak 24 sampel yang bertempat di kelas VII A. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen respon peserta didik terhadap modul dan instrumen tes hasil belajar. Skala yang digunakan untuk respon peserta didik terhadap modul yaitu skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil belajar peserta didik dengan modul fisika berbasis kontekstual mencapai nilai rata-rata 81,25. Rata-rata hasil belajar peserta didik termasuk kategori tinggi melebihi standar KKM yakni 70. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis lingkungan efektif digunakan karena nilai hasil belajar peserta didik sebanyak 75% mencapai standar KKM.
Perbandingan Pendekatan Konstruktivisme antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Reception Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMA Negeri 3 Takalar Hasan, Nurhadi Kusuma
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3736

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Takalar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Reception Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design, dengan jumlah populasi yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 3 Takalar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Simple Random Sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Reception Learning. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi dan inferensial. Analisis deskripsi untuk mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Reception Learning serta analisis inferensial untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari rata-rata kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Reception Learning. Berdasarkan hasil penelitian untuk kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai sign (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Reception Learning. Dan untuk hasil belajar diperoleh nilai sign (0,156 > 0,05) maka H0 diterima artinya tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Reception Learning. Penelitian ini diharapkan perlu dilakukan penelitian serupa dengan mengembangkan pendekatan dari variabel yang lain dan dapat dilakukan penelitian yang sama tetapi dengan materi yang lain.
Pengaruh Tata Ruang Kelas dan Media Visual terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao Manara, Erni R; Halimah, Andi
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3732

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh tata ruang kelas dan media visual terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Pao-pao sebanyak 49 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 49 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk penataan ruang kelas dan media visual dan angket untuk minat belajar fisika. Data tersebut kemudian di analisis dengan menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata tata ruang kelas adalah 62 termasuk dalam kategori cukup dan skor rata-rata penggunaan media visual adalah 56 termasuk dalam kategori cukup,serta skor rata-rata minat belajar fisika adalah 61 termasuk dalam kategori tinggi. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 585,9 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,20. Dengan demikian, nilai Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel dan hipotesis nol ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tata ruang kelas dan media visual teradap minat belajar fisika peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS MIA SMAN 1 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG Susianah, Susianah; Hidayat, Muhammad Yusuf
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3737

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar, kedisiplinan serta hasil belajar pada siswa Kelas MIA SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas MIA SMAN 1 Marioriwawo kabupaten Soppeng. Penentuan sampel melalui proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berupa skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji hipotesis regresi ganda. Hasil penelitian analisis deskriptif diperoleh gambaran motivasi belajar kategori sedang dengan rata-rata 93,96, kedisiplinan siswa masuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 96,11, dan hasil belajar masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 80,74. Sedangkan hasil inferensial yaitu Fhitunh ˃ Ftabel sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas MIA SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Macromedia Flash 8 dan Power Point Pada Materi Pokok Asam Basa Zubair, Sakinah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3733

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang dilakukan di Pesantren/Madrasah Aliyah Madani Pao-Pao Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran; (ii) mengetahui kualitas media pembelajaran yang meliputi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu; (i) Menuliskan tujuan pembelajaran umum berupa SK/KD; (ii) Melakukan analisis instruksional; (iii) Mengidentifikasi tingkah laku awal/karakteristik siswa kelas XI IPA; (iv) Merumuskan tujuan instruksional khusus; (v) Menyusun tes acuan patokan; (vi) Menyusun strategi pembelajaran; (vii) Mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi macromedia flash dan power point; (viii) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif berupa validasi media; (ix) Melakukan revisi; (x) Melakukan ujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Proses pengembangan media pembelajaran meliputi beberapa tahap, yaitu: tahap identifikasi, tahap pengembangan media, dan tahap uji coba dan evaluasi; (ii) Kriteria perangkat pembelajaran yang dicapai yaitu: (1) valid berdasarkan penilaian validator, (2) praktis berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori tinggi dan respon siswa, dan (3) efektif berdasarkan ketuntasan klasikal telah tercapai dimana sebesar 85% siswa mengalami ketuntasan dan aktivitas siswa dan guru sudah terlaksana.  
PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE SISWA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA NEGERI 1 SOROMANDI KAB. BIMA Rahim, Rika
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3738

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi Kab. Bima, sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perilkaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan think pair share siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi Kab. Bima. Penentuan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berupa skala likert dan lembar observasi sebagai pendukung penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji t. Hasil penelitian analisis deskriptif diperoleh gambaran perilaku sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation masuk kategori tinggi dengan rata-rata 84,5, dan gambaran perilaku sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share juga masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 82,8. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitunh ˃ ttabel sehingga Terdapat perbedaan perilaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran think pair and share siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI B MA MADANI ALAUDDIN PAOPAO Jamhal, Fardiana; Jusriana, Andi
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3734

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik, gambaran konsentrsi terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik, sekaligus untuk mengetahui apakah penerapan Metode Pembelajaran Discovery dapat  meningkatkan  kedisiplinan dan konsentrasi pada peserta didik kelas XI B MA Madani Alauddin Paopao.Jenis penelitian ini tergolong Pre Eksperimen Design dimana menggunakan  angket skala  likert sebagai alat ukur yang dibagikan kepada seluruh peserta didik kelas XI B MA Madani Alauddin Paopao. Lembar observasi untuk mengamati peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil pengolahan data angket diperoleh nilai rata-rata kedisiplinan terhadap Metode Pembelajaran Discovery pada peserta didik adalah 79,24 dengan persentase 53,84%, nilai rata-rata konsentrasi terhadap Metode Pembelajaran  Discovery  pada  peserta  didik adalah 80,58 dengan persentase 53,84%. Melalui analisis inferensial maka diperoleh data angket kedisiplinan 1,708 < 5,704 dimana Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa dengan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik MA Madani Alauddin Paopao. Sedangkan data angket konsentrasi 7,101 > 1,708 dimana Ho ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa dengan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan konsentrasi peserta didik MA Madani Alauddin Paopao.
HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI DENGAN KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Hasnidar, Hasnidar
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3739

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemandirian, Motivasi dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar serta Hubungan kemandirian, motivasi dan kesiapan belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 88 mahasiswa yaitu seluruh mahasiswa pendidikan fisika yang diambil secara acak dari setiap tingkatan yang aktif dalam kegiatan perkuliahan. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu Proportionate Stratifield Random Sampling. Instrumen pengumpulan data untuk menggambarkan kemandirian, motivasi dan kesiapan belajar yaitu dengan menggunakan angket. Teknikanalisis data menggunakananalisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis korelasi ganda dengan uji-f.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kemandirian diperoleh rata-rata 70,14 dengan kategori bahwa kemandirian mahasiswa bertaraf tinggi, diperoleh nilai terendah 73 dan nilai tertinggi 82 dan motivasi diperoleh nilai rata-rata 114,114 dengan kategori bahwa motivasi mahasiswa termasuk kategori tinggi, diperoleh nilai terendah 96 dan nilai tertinggi 131 serta kesiapan belajar diperoleh rata-rata 74,81 dengan kategori bahwa kesiapan belajar  mahasiswa bertaraf tinggi, diperoleh nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 91 dan terdapat hubungan yang signifikan antar mandirian dan motivasi terhadap tingkat kesiapan belajar mahasiswa jurusan pendidikan fisika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar yaitu Fhitung Ftabel(0,99  0,235).Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi jurusan untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan kinerja dosen dalam upaya memperkuat nilai-nilai sosial dalam proses pembelajaran dikelas.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS IX MTS PONPES AL-IKHSANDDI KANANG Mubarak, Azrar; Dani, Ali Umar
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3717

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dan melakukan eksperimen dengan peserta didik yang diajar tanpa melakukan eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Design – Intact Grouf Comparason. Metode pengumpulan yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data untuk kelas eksperimen 78,9 % berada pada kategori tinggi dan untuk kelas control 37,1 % berada pada kategori rendah. Analisis data menggunakan uji t i t hitung > t tabel (25,8 >1.521), maka nilai t hitung berada pada daerah Ha sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
PENGGUNAAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON KELAS VIII MTs. MADANI ALAUDDIN PAOPAO Said, Gigih Adrian; Jafar, Andi Ferawati
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3735

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menegetahui apakah modul fisika berbasis kontekstual dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran pada kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopoa Kab. Gowa yang berjumlah 95 peserta didik. Dengan menggunakan teknik Random Class diperoleh sampel satu kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif untuk respons peserta didik terhadap modul fisika berbasisis kontekstual menunjukkan bahwa 97% dari jumlah keseluruhan peserta didik memberi respons positif dan sangat positif dengan rerata penilaian berada pada kategori 4,0 (senang). Tes hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 83,55, berada pada kategori tinggi melebihi standar KKM yakni 75. Berdasarkan Hasil uji normalitas data diperoleh nilai signifikan 0,395, sehingga nilai Sig > α (0,05) maka data hasil belajar berasal dari populasi berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,972 dan nilai ttabel = 1,697. Karena nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Dengan demikian, hasil belajar sesudah diajarkan dengan menggunakan modul fisika berbasis kontekstual telah mencapai standar KKM.

Page 1 of 2 | Total Record : 12