cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23555785     EISSN : 25500325     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2015): Maret" : 22 Documents clear
PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DAN KARAKTER BELAJAR ANTARA SISWA SMAN 1 KELARA DAN MA RAHMATULLAH KABUPATEN JENEPONTO Qaddafi, Muhammad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4097

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan dan Karakter belajar siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan dan karakter belajar siswa SMAN 1 kelara dan MA Rahmatullah Kabupaten Jeneponto.Jenis penelitian ini tergolong expost facto dengan pendekatan penelitian melalui metode angket skala likert. Angket didistribusikan kepada Siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah Kelas XII.IPA Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil pengolahan data angket yang terdistribusi pada skala 20 – 79, maka diperoleh Kedisiplinan Siswa SMAN 1 Kelara berada pada kategori tingg dengan nilai rata-rata  67,16. Untuk Karakter Belajar,  berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 58.3. Sedangkan  Kedisiplinan MA Rahmatullah  berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 60,5. Untuk Karakter Belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 49.8 Melalui analisis inferensial maka terdapat perbedaan yang signifikan antara Kedisiplinan  Fhitung 4.01 > FTabel 2.00. Demikian pula halnya terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter Belajar SMAN 1 Kelara  dengan MA Rahmatullah dengan Fhitung 4.77 > FTabel 2.00.Hasil penelitian ini diharapkanpkan dapat dijadikan referensi bagi jurusan untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan Kedisiplinan dan Karakter  Belajar Siswa dalam upaya memperkuat nilai-nilai social dan disiplin dalam proses pembelajaran dikelas.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PESERTA DIDIK KELAS VII/F SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA Nasarullah, Nasarullah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4088

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika dengan pendekatan scientific pada peserta didik kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah  peserta didik kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 40 orang. Pengumpulan data hasil belajar terdiri dari  lembar observasi dan tes akhir belajar pada akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang tuntas belajarnya pada siklus I adalah 9 orang atau 22,50 % dan siklus II adalah 32 orang atau 80,00 %. Sedangkan nilai rerata diperoleh pada siklus I adalah 58,25 (kategori sedang), dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 74,87 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa melalui pendekatan scientific mengalami peningkatan.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY Riska, Riska; Safei, Safei; Afiif, Ahmad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan  kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik melalui  penerapan  model kooperatif tipe Thing Pair Share dan model kooperatif tipe two Stay Two Stray  pada  mata pelajaran Fisika kelas VII  MTs Negeri Balang-Balang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-experimental Design. Sampel dari penelitian tersebut adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Balang-balang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala psikologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial.Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share siswa adalah 62,93 dan 62,21, berada pada kategori tinggi dan skor rata-rata kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray siswa adalah 57, 69 dan 58,33 berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial kemampuan kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share siswa menunjukkan nilai thitung 1,10 sedangkan tTabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,01. Dengan demikian, nilai thitung lebih kecil dari pada nilai tTabel maka Ho di terima, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifakan. Sedangkan hasil analisis inferensial kemampuan kerjasama dan berpikir kreatif peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray peserta didik menunjukkan nilai thitung 1,00 sedangkan tTabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,01. Dengan demikian, nilai thitung lebih kecil dari pada nilai tTabel maka Ho di terima, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MENGGUNAKANSTRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRYLEARNING Said, Hasnita; Umar Dani, Ali
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4093

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis menggunakan strategi pembelajaran Discovery Learning dengan strategi pembelajaran Inquiry Learning peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kajuara Kab. Bone, sekaligus untuk mengetahui terdapatnya perbandingan kemampuan berfikir kritis menggunakan strategi pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan strategi pembelajaran Inquiry Learning. Penentuan sampel  melalui teknik random class. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji t dua pihak. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata tingkat kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan strategi pembelajaran Discovery Learning berada pada kategori tinggi dan menggunakan startegi pembelajaran Inquiry Learning berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil inferensial yaitu Fhitung<Ftabel sehingga tidak terdapat perbandingan kemampuan berfikir kritis menggunakan startegi pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan strategi pembelajaran Inquiry Learning peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kajuara Kab. Bone.
MENINGKATKAN HASIL BELJAR SISWA MELALUI METODEl PEMBELJARAN DISCOVERY Sap’Ari, Sap’Ari; Suprapta, Suprapta
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4098

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery yang ditujulan pada siswa kelas x.a SMAN 1 Liukang Tangaya Kab. Pangkep,. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas x.a. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Terdiri dari dua siklus tindakan, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan tindakan dan observasi, refleksi. Instrument yang digunakan antara lain lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran discovery di SMAN 1 Lk. Tangaya pada materi suhu dan kalor dilaksanakan dengan penalaran, menjelaskan, memecahkan masalah dan praktikum. 2),Kegiatan belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran discovery yang dipadukan dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas X.a SMAN 2 Lk. Tangaya dilihat dari meningkatnya hasil dari siklus 1 yaitu rata-rata 80% dan meningkat pada siklus ke 2 yaitu dengan nilai 90% yang dilihat dari hasil persentase KKM. Dengan demikian metode pembelajaran discovery dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Liukang Tangaya
APLIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH UNTUK MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA MATERI BUNYI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MADANI ALAUDDIN PAOPAO Anniswati, Anniswati; Thamrin, Thamrin
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4089

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar dan penguasaan konsep fisika antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak berbasis masalah pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao pada materi bunyi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Desain.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan instrumen tes.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t” Independent. Hasil penelitian untuk minat belajar pada kelas VIIIA yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis masalah berada pada kategori sangat baik dan kelas VIIIB yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah  berada pada kategori baik. Dengan demikian terdapat perbedaan minat belajar peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Sedangkan untuk penguasaan konsep pada kelas VIIIA yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis masalah memiliki kategori sangat baik dan kelas VIIIB diajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah memiliki kategori baik. Terdapat perbedaan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar secara  konvesional pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao.
KOMPARASI HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DAN ASSIGNMENT AND RECITATION Mutmainna, Mutmainna; Jafar, Andi Ferawati
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bajeng menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation yang sesuai dengan standar KKM,  sekaligus untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dan assignment and recitation. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Equivalent Time Sampel Desain. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tesdanobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasilbelajar denganmengguunakan metode discovery learningberadadalamkategoribaikdanhasilbelajar denganmenggunakan metode assignment and recitationinijugaberadadalamkategoribaik. Sedangkan hasil inferensial yaitu T tabel˂ Thitungsehingga terdapat  perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode discovery learning dengan peserta didik yang menggunakan  metodeassignment and recitation.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING RESOURCES BY DESIGN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN DAN KESADARAN SISWA DALAM BELAJAR FISIKA Hijrana, Hijrana
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiseberapabesarpenguasaanmateripelajarandankesadaransiswadalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangsebelummenggunakan media pembelajaran learning resources by design kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Model Makassar, dan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatanpenguasaanmateripelajarandalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangsetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design  kelasVIII (MTs) Negeri  Model Makassar.Metode penelitian ini tergolong pre-experimental dengandesainpenelitian one group pre-tes-post-test dengansampelpeneitianiniadalahkelas VIII4 MTs Negeri Model Makassar yang berjumlah 40 orang.Penelitimenggunakaninstrumenpenelitianberupates, angketdanobservasi.Untukmemperoleh data penguasaanmaterisiswamenggunakantesdankesadaransiswadenganmenggunakanangketsertamenggunakanlembarobservasisebagaipendukungdalampenggunaan media pembelajaran yang penelitigunakan.Teknikanalisis data yang digunakanyaitustatistikdeskriptifdanstatistikkinferensialuntukujihipotesis.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisis data denganmenggunakanstatistikdeskriptif, padasaat pre-test  untukpenguasaanmaterisebelummenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 38 dengankategorikurang. Pada post-test diperoleh data penguassanmaterisetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 67,25 dengan kategori baik, danuntukkesadaransiswasetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 63,7. Dari hasilpengujianhipotesisdiperolehnilai t hitungsebesar 21,98. Jikadibandingkandengan t tabelsebesar 2,02makadapatdinyatakanbahwa 21,98 > 2,02. Hal inimenunjukkanbahwa  Hapadapenelitianiniditerima. Dari hasilinidapatdisimpulkanpenguasanmateripelajarandankesadaransiswadalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangkelas VIII4 MTs Negeri Model Makassar mengalamipeningkatan.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan penguasaanmateripelajarandankesadaransiswadalamdalamupayamemperkuatnilai-nilaisosialdandisiplin proses pembelajarandikelas.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEDUKTIF DAN PEMBELAJARAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA POKOK BAHASAN PEMUAIAN KELAS VII SMP NEGERI 21 MAKASSAR S, Ammase; Hidayat, Muhammad Yusuf; Jusriana, Andi
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4085

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan keterampilan bertanya peserta didik antara penerapan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan bertanya peserta didik sebelum dan setelah penerapan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif pada peserta didik kelas VII SMPN.21 Makassar pada pokok pemuaian.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dimana peneliti membandingkan 2 kelas sampel yang berbeda yaitu kelas VII K yang berjumlah 32 orang dengan pendekatan deduktif  dan kelas VII L yang berjumlah 26 orang dengan menggunakan pendekatan induktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata preobservasion untuk penerapan pendekatan deduktif sebesar 0.92 dan postobservasion sebesar 2.10.Sedangkan nilai rata preobservasion untuk pendekatan pembelajaran induktif sebesar 0.47 dan postobservasion sebesar 2.80.Untuk hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 9.09 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 1.67.Dengan demikian, thitung> dari ttabelatau9.09> 1.67 maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pendekatan pembelajaran deduktif dengan pembelajaran induktif terhadap keterampilan bertanya peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Makassar.Manfaat dalam penelitian ini yaitu agar peserta didik dapat meningkatkan keterampilan bertanya setelah diterapkan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif, dan bagi tenaga pendidik memberikan motivasi agar tenaga pendidik memahami pendekatan yang dapat meningkatkan keterampilan bertanya peserta didik, serta manfaat bagi sekolah yaitu dapat memperbaiki dan  meningkatkan mutu pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika.
PENGARUH BELAJAR DENGAN TEKNIK HAFALAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL FISIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR Marfuatun, Marfuatun; Rafiqah, Rafiqah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4099

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahmengetahui pengaruh belajar dengan teknik hafalan  terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika ditinjau dari tingkat kejenuhan belajar mata pelajaran fisika pada materi energi dan transformasi energi pada siswa kelas VII MTs Negeri Model Makassar. Jenis sampel penelitian yang digunakan adalah simple random  sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tertulis dan dan skala psikologidengan menggunakan sklai likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji regresi linier  berganda. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata belajar dengan teknik hafalan berada pada kategori sangat baik dan kemampuan menyelesaikan soal fisika berada pada kategori baik serta tingkat kejenuhan belajarnya berada pada kategori sangat tingggi. Sedangkan hasil inferensial yaitu Fhitunh ˃ Ftabel sehingga terdapat pengaruh belajar dengan teknik hafalan terhadap kemampuan menyelesaikan soal fisika ditinjau dari tingkat kejenuhan belajar mata pelajaran fisika pada materi energi dan transformasi energi pada siswa kelas VII MTs Negeri Model Makassar

Page 1 of 3 | Total Record : 22