cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23555785     EISSN : 25500325     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): September" : 5 Documents clear
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR FISIKA TERHADAP KECAKAPAN VOKASIONAL DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA Purwanti, Ayu Indah; Dani, Ali Umar
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 2 (2014): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i2.5468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh bimbingan belajar fisika terhadap kecakapan vokasional dan kecakapan sosial siswa kelas XII IPA SMA Negeri 21 Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif regresional. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar fisika  terhadap kecakapan vokasional dan kecakapan sosial siswa kelas XII IPA SMA Negeri 21 Makassar. Penelitian ini bermanfaat secara teoritis dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang pendidikan
PERBANDINGAN SELF DISCLOSURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR AND SHARE Ramlah, Ramlah; Hidayat, Muhammmad Yusuf
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 2 (2014): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i2.5320

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan self disclosure peserta didik yang menggunakan model pembelajaran group investigation dan think pair share pada kelas XI IPA  SMA Negeri 1 Mangarabombang.Hasil analisis inferensial yang menggunakan uji t dengan rumus polled varians menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t table (2,991˃2,009) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara self disclosure peserta didik yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran group investigation di mana model pembelajaran group investigation memiliki dampak yang lebih besar dalam mempengaruhi keadaan self disclosure peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mangarabombang daripada model pembelajaran think pair share.Hal ini disebabkan oleh latar belakang kultur peserta didik yang erat dengan semangat kegotongroyongan.
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIBRATOR GELOMBANG AC Anggereni, Santih Anggereni; Rais, Muhammmad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 2 (2014): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i2.5322

Abstract

pembuatan vibraor gelombang AC serta untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan penguasaan konsep peserta didik kelas XII IPA MAN Majene. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk kreativitas dan penguasaan konsep sebelum pelatihan berada pada kategori rendah dan setelah pelatihan kreativitas dan penguasaan konsep berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh adanya peningkatan yang signifikan kreativitas dan penguasaan konsep melalui pelatihan pembuatan vibrator gelombang AC peserta didik kelas XII IPA MAN Majene
UJI COBA ALAT EKSPERIMEN HUKUM HOOKE PADAPENENTUAN KONSTANTA PEGAS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA Iswandi, Ruslan; Qaddafi, Muhammad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 2 (2014): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i2.5325

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kreativitas siswa melalui pembuatan perangkat Melde kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan.Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Hukum Hooke sebagai variabel bebas dan peningkatan kreativitas siswa sebagai variabel terikat.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak 41 orang. Kemudian sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak 21 orang. Pedoman observasi merupakan bentuk instrumen yang dikembangkan oleh peneliti. Dengan menggunakan teknik analisa statistik deskriptif dan statistik inferensial (analisa uji t).Berdasarkan hasil penelitian dengan analisa deskriptif untuk instrumen dalam bentuk lembar observasi tanpa perlakuan menggunakan alat eksperimen Hukum Hooke diperoleh skor rata-rata 42,35, sedangkan skor rata-rata setelah diberikan perlakuan menggunakan alat eksperimen Hukum Hooke adalah 90,38. Adapun analisa inferensial untuk instrument dalam bentuk lembar observasi menunjukkan nilai thitung 46,67, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% berturut-turut 2,09 dan 2,84. Dengan demikian, nilai thitung jauh lebih besar daripada ttabel dan hipotesis nihil ditolak, artinya terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kreativitas siswa setelah diberikan perlakuan melalui penggunaan alat eksperimen Hukum Hooke pada penentuan konstanta pegas kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan Selayar.
PENGARUH SIFAT KEMANJAAN DAN TIDAK PERCAYA DIRI TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA Mawaningsi, Tri; Halimah, Andi
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 2 (2014): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i2.5467

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara sifat kemanjaan dan tidak percaya diri terhadap perilaku sosial peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Adapun pengambilan sampel secara representative dimana peneliti mengambil 25% dari populasi yang ada yaitu 130 peserta didik dari 520 peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa dan peneliti menggunakan teknik Proporsional Random Sampling yaitu pengambilan dengan proporsi tiap kelas sehingga diperoleh 10 orang tiap kelas yang masing-masing akan diambil secara acak. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata 62,94 dengan katagori bahwa sifat kemanjaan peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa termasuk kategori cukup. Tidak percaya diri peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa diperoleh nilai rata-rata 65,28 dan termasuk kategori tinggi. Serta untuk perilaku sosial peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa diperoleh nilai rata-rata  85,00 dan termasuk kategori tinggi. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 2204,35 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,07. Dengan demikian, Fhitung>Ftabel hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara sifat kemanjaan dan tidak percaya diri terhadap perilaku sosial peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa

Page 1 of 1 | Total Record : 5