cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23555785     EISSN : 25500325     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2014): Maret" : 10 Documents clear
Perbandingan Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika antara Mahasiswa Input SMA dan MA pada Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2012 UIN Alauddin Makassar Lestari, Eka
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3022

Abstract

Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kreativitas  dan hasil belajar mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA, untuk mengetahui adanya perbandingan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kreativitas mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 78,44 dengan kategori Baik, dan kreativitas mahasiswa input MA diperoleh nilai rata-rata 79,44 dengan kategori baik, Untuk hasil belajar mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 3,06 dengan Baik dan hasil belajar mahasiswa input MA diperoleh rata-rata 3,09 dengan kategori Baik. Adapun Statistik inferensial menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas antara mahasiswa input SMA dan MA yaitu thitung>ttabel untuk taraf signifikan 5% (-0,64<2,00), serta tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara mahasiswa input MA dan mahasiswa input SMA yaitu thitung>ttabel untuk taraf signifikan 5% (-1,875<2.00)
Hubungan Antara Self Control (Kontrol Diri) dan Social Interest (Interaksi Sosial) dengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar A, Hijriah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3033

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan kontrol diri, interaksi sosial, dan perilaku soaial mahasiswa jurusan pendidikan fisika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu Hubungan Antara Self Control dan Social Interest dengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas  Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kontrol diri mahasiswa adalah 95.20 dan skor rata-rata interaksi sosial mahasiswa adalah 94.12 serta skor rata-rata perilaku sosial mahasiswa adalah 106,98. Berdasarkan hasil pengujian hpotesis diperoleh bahwa hubungan antara self control dengan perilaku sosial mahasiswa tingkat hubungan sangat kuat. Dan hubungan interaksi sosial dengan perilaku sosial memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat pula. Begitu pula dengan hubungan kontrol diri dengan interaksi sosial memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa kontrol diri dan interaksi soaial fisika sangat kuat hubungannya dengan perilaku sosial mahasiswa itu sendiri, begitupun sebaliknya
Hubungan antara Kemampuan Mengenali Emosi Diri dan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Hajeriati, Hajeriati
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan antara Kemampuan Mengenali Emosi Diri dan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fiska Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini dilaksanakan selama sepuluh hari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan fisika yang masih aktif dalam perkuliahan. Adapun tekhnik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random. Untuk memperoleh data mengenai ketiga Variabel tersebut peneliti menggunakan instrumen angket dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada masing-masing sampel. berdasrakan hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif bahwa Perilaku belajar mahasiswa jurusan pendidikan fisika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar  berada pada kategori tinggi dan statistik inferensial bahwa terdapat Hubungan Yang Positif Dan Signifikan Antara Kemampuan Mengelola Emosi Dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
KOLABORASI RANGKAIAN GAYA GERAK LISTRIK INDUKSI DENGAN HUKUM ORSTED DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA PROVINSI SULAWESI SELATAN Qaddafi, Muhammad; Jusman, Jusman
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3034

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Bulukumpa dengan menggunakan kolaborasi rangkaian gaya gerak listrik induksi dengan hukum orsted. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXc, kelas ini digunakan sebagai sampel karena kelas ini belum pernah diberikan praktikum dan juga prestasi belajar yang rendah.  Model penelitian ini yaitu one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa t tabel lebih kecil daripada t hitung. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah melakukan pelatihan praktikum tentang kolaborasi rangkaian ggl induksi dengan hukum orsted terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar fisika pada kelas IXc
PENGARUH KECAKAPAN AKADEMIK DAN KECAKAPAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL DIRI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR Sofializa, A.Sri
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecakapan akademik dan kecakapan sosial terhadap kemampuan mengenal diri mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kecakapan akademik mahasiswa jurusan pendidikan Fisika terdapat pengaruh kecakapan akademik (X1) dan kecakapan sosial (X2) terhadap kemampuan mengenal diri (Y) mahasiswa jurusan pendidikan fisika UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan teoritis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN DAN KESULITAN BELAJAR FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 DUAPITUE KABUPATEN SIDRAP Kusyairy, Umi
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan kecemasan dan kesulitan belajar fisika dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara Kecemasan dan Kesulitan Belajar fisika dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Adapun sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling dengan wawancara, angket, dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kecemasan siswa dan kesulitan belajar fisika siswa adalah masing-masing berada pada kategori sedang. Serta skor rata-rata hasil belajar fisika siswa berada pada kategori kurang. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Ha diterima. Manfaat dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan kesulitan belajar fisika dengan hasil belajar fisika
Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal dengan Perilaku Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X MAN 2 Model Makassa Majid, Abdul
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal, dan perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MAN 2 Model Makassar, serta hubungan antara kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal dengan perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MAN 2 Model Makassar. P melalui teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data untuk kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal dan perilaku belajar ketiganya menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yait korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata  untuk kepercayaan diri dengan kategori sedang, kecemasan komunikasi interpersonal dengan kategori rendah, dan perilaku belajar siswa dengan kategori sedang, sedangkan hasil inferensial yaitu Fhitung>Ftabel sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan kecemasan komuniksai interpersonal dengan perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MAN 2 Model Makassar.
PENGARUH KEMAMPUAN MENGELOLA DIRI (SELF MANAGEMENT) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KREATIVITAS BERPIKIR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Hasrita, Hasrita
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3031

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh kemampuan mengelola diri terhadap kedisiplinan belajar dan kreativitas berpikir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, analisis deskriptif, dan hasil analisis inferensial terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kemampuan mengelola diri terhadap kedisiplinan belajar dan kreativitas berpikir mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar
HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI IPA SMAN 1 PAMBOANG KABUPATEN MAJENE Arifin, Devi Arnita; Dani, Ali Umar
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan kematangan sosial dan kemandirian belajar dengan perilaku  belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pamboang Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post fakto. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kematangan sosial  dan kemandirian belajar fisika dengan perilaku belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Pamboang kabupaten Majene. Penelitian ini bermanfaat secara teoritis dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang pendidikan
HUBUNGAN KEBUTUHAN PENGHARGAAN (ESTEEM NEEDS) DAN KOMPETISI DALAM BELAJAR (LEARNING OF COMPETITION) DENGAN KREATIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA MTS MADANI ALAUDDIN PAO-PAO KABUPATEN GOWA Kusmawati, Heni
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan kebutuhan penghargaan (esteem needs) dan kompetisi dalam belajar (learning of competition) dengan kreativitas belajar fisika siswa MTs Madani Alauddin Pao-Pao. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan instrumen angket dan pedoman wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada guru fisika masing-masing kelas. Adapun sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling, sehingga diperoleh hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan penghargaan dan kompetisi dalam belajar sangat kuat hubungannya dengan kreativitas belajar siswa.Penelitian ini dilakukan dengan harapan Guru memperhatikan dan menghargai pendapat siswa, memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa serta meningkatkan kinerja dan kompetisi sesuai kemampuan siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10