cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23555785     EISSN : 25500325     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 137 Documents
IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF MURDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA Jafar, Andi Ferawati
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 7, No 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v7i1.5189

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui:1) Seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik yang tidak diajar dengan strategi belajar MURDER kelas XI SMAN 6 WAJO sesuai standar KKM?, 2)Seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan strategi belajar MURDER kelas XI SMAN 6 WAJO sesuai standar KKM?, 3)Apakah ada perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang tidak diajar dan peserta didik yang diajar dengan strategi belajar MURDER kelas XI SMAN 6 WAJO sesuai standar KKM? Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu the matching-only  posttest-only kontrol group  design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMAN 6 Wajo yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 151 peserta didik. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik matching sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 61. Selanjutnya, berdasarkan hasil  analisis  statistik pemahaman konsep fisika menunjukkan  bahwa thitung yang diperoleh sebesar 12,31 dan ttabel sebesar 2,02, Sehingga thitung >  ttabel hal ini menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  pemahaman konsep fisika antara  peserta didik  yang  diajar  dengan  strategi belajar MURDER dan peserta didik yang tidak diajar strategi belajar MURDER XI IPA SMAN 6 Wajo.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AWARENESS TRAINING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA Taufiq, Ainul Uyuni; Tina, Kartina Tina; Djafar, Hamsiah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 7, No 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.705 KB) | DOI: 10.24252/jpf.v7i1a3

Abstract

AbstrakAdapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar fisika peserta didik dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Awareness Training yaitu sebuah penelitian eksperimen dengan menggunakan tekhnik sampel the matching only post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar fisika dengan penunjukan nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Awareness Training sebesar 103,84. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik untuk motivasi belajar menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,42 dan ttabel sebesar 2,024. Sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa subjek penelitian merespon positif sehingga dominan subjek memiliki peningkatan motivasi dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 50% pada kategorisasi motivasi yang telah ditentukan sebelumnya.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL CETAK DAN MODUL ELEKTRONIK PADA SISWA SMA Puspitasari, Anggraini Diah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 7, No 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.325 KB) | DOI: 10.24252/jpf.v7i1.7155

Abstract

Guru sebagai pendidik harus bisa menggunakan media pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan adalah modul. Modul memiliki 2 jenis, yaitu modul cetak dan modul elektronik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari modul cetak dan modul elektronik, serta melihat keefektifan dari masing-masing jenis modul tersebut. Metode penelitian yang dilakukan yaitu studi literatur (tinjauan pustaka) mengacu tahapan Machi & McEvoy (2009). Berdasarkan studi literatur didapat hasilnya bahwa penggunaan modul cetak dan modul elektronik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kemudian penggunaan modul cetak efektif untuk diterapkan dalam menunjang keterampilan abad 21. Selain itu, modul cetak juga dapat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan penggunaan modul elektronik sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, disamping itu efektif juga untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Fisika; Modul Cetak; Modul Elektronik
ANALISIS SPEKTRUM ABSORBSI PIGMEN ANTOSIANIN DARI TANAMAN PURING DAN POTENSINYA SEBAGAI LAPISAN DYE PADA SEL SURYA Haqiqi, Arghob Khofya; Rianti, Galuh Ayu
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 7, No 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.404 KB) | DOI: 10.24252/jpf.v7i1a2

Abstract

Pigmen antosianin dari daun puring telah dihasilkan dengan cara merendamkan pada larutan 50ml HCL 1 M. Variabel bebas penelitian menggunakan massa daun dari 5 gram hinga 30 gram yang direndam pada larutan HCL, kemudian dianalisis absorbansinya. Pigmen yang dihasilkan pada larutan ini berwarna merah. Absorbansi pigmen di dalam penelitian ini diukur menggunakan UV-Vis-Near. Daerah yang diabsorb cahaya tampak pada pigmen antosianin berkisar dari 20-550 nm. Absorbansi pigmen saat panjang gelombang yang dekat jaraknya pada spektrum tampak ketika dipicu oleh sumber energi dari luar, memberikan harapan pigmen daun puring sebagai absorbansi yang baik. Berdasarkan kurva absorbansi yang dihasilkan, spektrum absorbansi semakin melebar dengan pengaruh massa sehingga baik digunakan sebagai lapisan dye pada sel surya.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LINGKUNGAN Suprato, Suprapto; Muzakkir, Muzakkir; Dermawati, Nursyamsi
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 7, No 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v7i1a6

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas LKPD berbasis lingkungan dilihat dari penilaian ahli pada kriteria konstruk, isi, dan bahasa. Bagaimanakah tingkat efektifitas LKPD berbasis Lingkungan dilihat dari kuesioner respon peserta didik.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian LKPD ini dilaksanakan di MA AL-Ikhlas Ujung Bone dan subjeknya adalah siswa kelas X IPA 5dengan jumlah peserta didik 20 orang, pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan lembar kerja peserta didik, dan kuesioner respon peserta didik terhadap LKPD. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan efektifitas. Keseluruhan komponen LKPD dinyatakan valid sehingga hanya perlu melakukan revisi kecil. Dan instrumen yang digunakan dinyatakan valid dengan revisi kecil. Respon peserta didik sangat baik terhadap LKPD karena memperoleh respon peserta didik sebesar 95%.
PENERAPAN METODE MOTIVASI BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DASAR Hardi, Suhardiman; Haryadi, Rafiqah
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 7, No 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v7i1a5

Abstract

Tujuannya mengetahui penerapan metode motivasi behavioristik dalam pembelajaran fisika serta hambatannya pada Mahasiswa. lokasi penelitian di Program Studi Pendidikan Fisika, informannya Dosen fisika dan  Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dokumentasi, video. Hasil penelitiannya metode yang diterapkan Dosen yaitu pujian, penghargaan, penghapusan kewajiban. Kalimat pujian berupa “wah bagus”, “pekerjaanmu baik”, diberikan saat Mahasiswa mengerjakan soal dengan baik. Penghargaan yaitu tepuk tangan, diberikan ketika Mahasiswa menjawab soal dengan baik, memperhatikan penjelasan Dosen.Penghapusan kewajiban yaitu bebas tes, diberikan Dosen saat Mahasiswa memperoleh akumulasi nilai harian tinggi atau nilai ulangan harian tinggi. Pengakuan sosial dan hak istimewa tidak diterapkan karena menimbulkan diskriminasi Mahasiswa. Metode tersebut mampu menambah semangat belajar Mahasiswa, dilihat dari Mahasiswa mengerjakan soal dan memperhatikan pelajaran dalam kelas. Kendalanya tidak semua Mahasiswa menyukai mata pelajaran fisika. Upayanya yaitu melakukan praktikum dan mengaitkan pembelajaran dengan kegiatan sehari hari.
PERANCANGAN KONTROL PROPORTIOAL INTEGRAL(PI) PADA SISTEM PENGATURAN DEBIT AIR DALAM TANGKI TERHUBUNG UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN PROJEK Fitriyanti, Nurwulan; Iskandar, Reza Fauzi; Wardati, Indah; Farizi, Mohammad Rakha; Taufan, Imam Maulana; Ventiano, Ventiano
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 7, No 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.871 KB) | DOI: 10.24252/jpf.v7i1.7411

Abstract

Kontrol otomatik merupakan bidang ilmu yang multidisiplin, sehingga dibutuhkan kemampuan matematis dan nalar yang bagus dalam memahami konsep, akan tetapi salah satu kendala yang dihadapi yaitu karakteristik materi yang abstrak dan kemampuan dasar mahasiswa yang masih kurang. Oleh karena itu salah satu cara memperbaiki hal tersebut, dilakukan suatu inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan membuat suatu prototype sederhana sebagai media pembelajaran dalam memahami kontrol otomatik. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pengembangan keterampilan mahasiswa, terutama dalam desain kontrol untuk sistem debit air. Sistem ini dirancang terdiri dari tiga tangki, sensor flowmeter, pompa air, mikrokontroller, dan servo yang terhubung dengan valve sebagai actuator. Sistem merupakan loop terbuka dengan perkiraan merupakan orde 1 dan memiliki konstanta waktu sekitar 15 detik. Skema kontrol dirancang dengan menggunakan strategi proportional integral (PI). Hasil pengujian alat menunjukkan  nilai yang mendekati  rise time (Tr) 66.17 detik, settling time (Ts) 70.32 detik dan steady state error sekitar 7.85% relatif terhadap nilai set point
Perbandingan Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika antara Mahasiswa Input SMA dan MA pada Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2012 UIN Alauddin Makassar Lestari, Eka
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 2, No 1 (2014): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jpf.v2i1.3022

Abstract

Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kreativitas  dan hasil belajar mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA, untuk mengetahui adanya perbandingan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kreativitas mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 78,44 dengan kategori Baik, dan kreativitas mahasiswa input MA diperoleh nilai rata-rata 79,44 dengan kategori baik, Untuk hasil belajar mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 3,06 dengan Baik dan hasil belajar mahasiswa input MA diperoleh rata-rata 3,09 dengan kategori Baik. Adapun Statistik inferensial menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas antara mahasiswa input SMA dan MA yaitu thitung>ttabel untuk taraf signifikan 5% (-0,64<2,00), serta tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara mahasiswa input MA dan mahasiswa input SMA yaitu thitung>ttabel untuk taraf signifikan 5% (-1,875<2.00)
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 28 BULUKUMBA Badawi, Andi Ilham; Qaddafi, Muhammad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 2 (2015): September
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.38 KB) | DOI: 10.24252/jpf.v3i2.3716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik Kelas VII A SMP Negeri 28 Bulukumba setelah diajar menggunakan modul berbasis lingkungan dan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan penggunaan modul berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 28 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah peserta didik 77, sampel sebanyak 24 sampel yang bertempat di kelas VII A. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen respon peserta didik terhadap modul dan instrumen tes hasil belajar. Skala yang digunakan untuk respon peserta didik terhadap modul yaitu skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil belajar peserta didik dengan modul fisika berbasis kontekstual mencapai nilai rata-rata 81,25. Rata-rata hasil belajar peserta didik termasuk kategori tinggi melebihi standar KKM yakni 70. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis lingkungan efektif digunakan karena nilai hasil belajar peserta didik sebanyak 75% mencapai standar KKM.
PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DAN KARAKTER BELAJAR ANTARA SISWA SMAN 1 KELARA DAN MA RAHMATULLAH KABUPATEN JENEPONTO Qaddafi, Muhammad
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol 3, No 1 (2015): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.962 KB) | DOI: 10.24252/jpf.v3i1.4097

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan dan Karakter belajar siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan dan karakter belajar siswa SMAN 1 kelara dan MA Rahmatullah Kabupaten Jeneponto.Jenis penelitian ini tergolong expost facto dengan pendekatan penelitian melalui metode angket skala likert. Angket didistribusikan kepada Siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah Kelas XII.IPA Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil pengolahan data angket yang terdistribusi pada skala 20 – 79, maka diperoleh Kedisiplinan Siswa SMAN 1 Kelara berada pada kategori tingg dengan nilai rata-rata  67,16. Untuk Karakter Belajar,  berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 58.3. Sedangkan  Kedisiplinan MA Rahmatullah  berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 60,5. Untuk Karakter Belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 49.8 Melalui analisis inferensial maka terdapat perbedaan yang signifikan antara Kedisiplinan  Fhitung 4.01 > FTabel 2.00. Demikian pula halnya terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter Belajar SMAN 1 Kelara  dengan MA Rahmatullah dengan Fhitung 4.77 > FTabel 2.00.Hasil penelitian ini diharapkanpkan dapat dijadikan referensi bagi jurusan untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan Kedisiplinan dan Karakter  Belajar Siswa dalam upaya memperkuat nilai-nilai social dan disiplin dalam proses pembelajaran dikelas.

Page 1 of 14 | Total Record : 137