BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya
Articles
29
Articles
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK AUTIS MELALUI DONGENG

Sumarti, Endang

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.722 KB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri menuju hidup yang lebih baik. Pendidikan karakter dibutuhkan anak autis sebagai bekal dalam hidupnya sehingga siap menghadapi segala tantangan di dunia yang penuh persaingan dengan penuh percaya diri. Salah satu cara penanaman nilai pendidikan karakter anak autis dilakukan melalui dongeng. Dongeng merupakan media efektif untuk menanamkan nilai pendidikan karakter kepada anak autis.

ARGUMENTASI DALAM TEKS TAJUK RENCANA HARIAN SUARA MERDEKA

Pertiwi, Lupita Bunga, Dawud, Dawud

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.978 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan argumentasi dalam teks tajuk rencana harian Suara Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan, yaitu (1) teknik argumentasi terdiri atas rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, penggantian, proyeksi, (2) pola argumentasi dapat berbentuk pola rasionalisasi, identifikasi, sugesti, konformitas, kompensasi, penggantian, proyeksi.

MODEL PEMBELAJARAN CIPRO (CITIZEN PROSEDUR) SEBAGAI ALTERNATIF PENGAJARAN TEKS PROSEDUR DALAM MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA

Kusuma, Emy Rizta

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.085 KB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu kegiatan pembelajaran. Dengan pengunaan model pembelajaran yang tepat, peserta didik tidak hanya berhasil dalam memahami materi yang diajarkan, tetapi minat belajar mereka juga secara tidak langsung akan meningkat. Jika minat belajar pserta didik meningkat, tentunya juga akan terwujudkan situasi belajar yang menyenangkan. CIPRO atau Citizen Prosedur merupakan salah satu model pembelajaran yang dikembangkan dari metode Partisiatori. Metode Partisiatori merupakan metode pembelajaran yang melatih peserta untuk berpikir mandiri, sedangkan model CIPRO yang dikembangkan melatih peserta didik untuk berpikir mandiri dan percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, model ini berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik pada pengajaran teks prosedur. Selain itu, model ini juga mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terkait pengajaran teks prosedur.

PERGESERAN DAN PEMERTAHANAN BAHASA ALUNE DESA MURNATEN KECAMATAN TANIWEL KABUPATENSERAM BAGIAN BARAT AMBON

Hukubun, Yohanis

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.985 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pergeseran dan pemertahanan bahasa Alune desa Murnaten Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat Ambon, Provinsi Maluku. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan desktriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) pola penggunaan bahasa Alune, (2) pergeseran bahasa Alune,(3) faktor pendorong pergeseran bahasa Alune,(4)tipe pemertahanan bahasa Alune,(5)faktor pemertahanan Bahasa Alune,dan (6) strategi pemertahanan bahasa Alune di desa Murnaten Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat Ambon.

TRILOGI NOVEL SANG PEMBAHARU: PERJUANGAN DAN AJARAN SYAIKH SITI JENAR (KAJIAN POSTMODERN JEAN FRANCOUIS LYOTARD)

Kholifatu, Arisni

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.146 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mendeskripsikan (1) delegitimasi (2) permainan Bahasa (3) fragmentasi (4) paralogi (5) instabilitas dalam novel Sang Pembaharu Perjuangan dan Ajaran Syaikh Siti Jenar karya Agus Sunyoto. Metode penelitian kualitatif  dengan teknik analisis deskriptif berdasarkan pengungkapan atau penafsiran atas rujukan atau sumber data. Hasilnya ditemukan tiga hal yaitu: pertama, delegitimasi penolakan keputusan pemimpin atau penguasa. kedua, Permaianan bahasa merupakan sebuah ikatan sosial yang mempersatukan masyarakat dalam berkomunikasi. Ketiga, fragmentasi merujuk pada ketiadaan atau tidak berkembangnya koneksi di antara masyarakat dan pengelompokan masyarakat berdasarkan semua aspek. keempat, Paralogi kesepakatan guna perbaikan sebuah tatanan aturan yang berlaku. Kelima, Instabilitas berupa ketidakmapanan akan sesuatu kondisi tertentu.

KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII

Putri, Gustiana, Priyatni, Endah Tri, Harsiati, Titik

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.725 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  kualitas soal ujian akhir semester  I  Mata  Pelajaran  Bahasa  Indonesia  kelas  XII  dari  segi  validitas  isi, validitas konstruk, dan  ketepatan berdasarkan kaidah penulisan soal pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan  pendekatan  evaluatif. Data penelitian  berupa kisi-kisi soal dan soal ujian akhir semester  I Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia  kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa soal ujian akhir semester I Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas  XII  memiliki   kualitas   lumayan   tinggi  dari  segi  validitas   isi,  validitas konstruk, dan  ketepatan berdasarkan kaidah penulisan soal pilihan ganda.

KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MINANGKABAU DALAM UNGKAPAN KEPERCAYAAN RAKYAT

Andheska, Harry

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.914 KB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang bentuk, kategori, makna dan fungsi dari ungkapan kepercayaan rakyat di masyarakat Minangkabau. Penggunaan metode deskriptip kualitatif diberlakukan terhadap tiga informan selaku sumber data yang layak untuk dikaji. Hasilnya adalah kearifan lokal masyarakat Minangkabau ditemukan struktur, makna dan fungsi yang merepresentasikan kebudayaan yang diwarisinya.

RECALL MEMORY PADA DONGENG KARANGAN SISWA KELAS VII SMP

Nurcahyani, Nani

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.653 KB)

Abstract

Memori  merupakan salah satu bagian integral dari eksistensi manusia. Aktivitas belajartidak lepas dari  proses mengingat. Kemampuan siswa dalam menulis bergantung pada input, storage, dan output. Proses mengingat input yang disimpan dalam otak dengan recall memory. Penelitian  ini bertujuan mendeskripsikan proposisi bentuk dan makna asosiatif pada dongeng karangan siswa SMP. Pendekatan  penelitian  ini  adalah  kualitatif  deskriptif. Metode pengumpulan dan penganalisisan data adalah intertekstualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proposisi bentuk didominasi bentuk majemuk-majemuk – delisi karena siswa kelas VII mencapai daya ingat paling besar dan mampu meniru  proposisi bentuk majemuk ke majemuk;dan  (2)  makna asosiatif didominasi makna reflektif-reflektif karena cara pandang siswa menemukan makna potensial bahasa dalam dongeng karangannya dan mengomparasi antara hipogram dan teks transformasi. Oleh karena itu,   untuk meningkatkan kemampuan memori dan menulis perlu latihan dan motivasi.

KECENDERUNGAN PENOKOHAN DAN PENGALURAN CERPEN KARYA MAHASISWA UM DALAM MAJALAH KOMUNIKASI TAHUN TERBIT 2011-2017

Ernawati, Mimin, Suwignyo, Heri, Roekhan, Roekhan

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.82 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kecenderungan penokohan dan pengaluran cerpen karya mahasiswa UM. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen utama peneliti sendiri dan instrumen pembantu berupa tabel pedoman analisis. Temuan  penelitian  adalah: (1)  cerpen  dengan teknik penokohan secara langsung; (2) cerpen dengan teknik penokohan secara tidak langsung; (3) cerpen dengan teknik penokohan campuran; (4) cerpen dengan struktur alur lengkap dan cerpen dengan struktur alur tidak lengkap; (5) cerpen dengan alur progresif dan cerpen dengan alur sorot balik; (6) cerpen dengan alur tunggal dan cerpen dengan alur paralel; (7) cerpen dengan alur padat dan cerpen dengan alur longgar; dan (8) cerpen dengan alur peruntungan, cerpen dengan alur tokohan, dan cerpen dengan alur pemikiran.

RELASI MUATAN ILOKUTIF DA NKESANTUNAN BERBAHASA PADA WACANA DISKUSI

Andriana, Ine Erna

BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Sastra Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.253 KB)

Abstract

Penelitian  ini   bertujuan  mendeskripsikan  muatan  ilokutif,  kesantunan berbahasa, dan relasi  muatan ilokutif dan kesantunan berbahasa pada wacana diskusi  siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa (1) muatan ilokutif pada  wacana  diskusi siswa  terdiri   atasmuatan  ilokutif  ekspresif,  direktif, representatif,komisif,dandeklaratif;(2)wacana diskusi siswa prinsip kesantunan berbahasa maksim kearifan, kedermawanan, kesepakatan, pujian,    kerendahhatian, dan simpati daripada pelanggaran, dan (3) Relasi muatan ilokutif dan  kesantunan  berbahasa teraktualisasi pada ekspresif santun, direktif santun, representatif santun, dan  komisif santun.