cover
Contact Name
Hamdan Sugilar
Contact Email
Hamdan Sugilar
Phone
-
Journal Mail Official
pmtk@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Analisa
ISSN : 25495135     EISSN : 25495143     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, Psychology of Mathematics Learning, Didactical Mathematics , Thinking Process and Development of Mathematics, History / Philosophy of Mathematics and Other Mathematics Education. Journal Analysa is published twice a year in June and December with 5 articles per number or 10 articles per year. Copyright Department of Mathematics Education UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Arjuna Subject : -
Articles 59 Documents
Pembelajaran dengan Pendekatan Explicit Intruction dengan Teknik Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Concept Siswa Komala, Elsa
Jurnal Analisa Vol 3, No 1 (2017): Volume 3 Nomor 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.108 KB) | DOI: 10.15575/ja.v3i1.1500

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menelaah pembelajaran dengan pendekatan explicit intruction teknik scaffolding serta dampaknya terhadap kemampuan representasi matematis dan self-concept siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Cibadak dengan sampel dipilih dengan teknik  purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pendekatan explicit intruction dengan teknik scaffolding lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil angket menunjukkan bahwa self-concep siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan explicit intruction dengan teknik scaffolding cenderung positif artinya siswa merespon baik terhadap pembelajaran explicit intruction dengan teknik scaffolding.
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MATEMATIKA DALAM MEMBUAT BAHAN AJAR DENGAN PERANGKAT LUNAK GEOGEBRA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK Ramdhani, Sendi
Jurnal Analisa Vol 2, No 3 (2016): Volume 2 Nomor 3 Terbit Bulan September Tahun 2016
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.005 KB) | DOI: 10.15575/ja.v2i3.1222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa program studi matematika dalam membuat bahan ajar dengan perangkat lunak geogebra melalui pembelajaran berbasis proyek. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif yang mendeskripsikan kemampuan mahasiswa program studi matematika dalam membuat bahan ajar dengan perangkat lunak geogebra melalui pembelajaran berbasis proyek. Rangkaian kegiatan penelitian ini adalah observasi langsung dan catatan faktual perihal proses pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan mahasiswa dalam membuat bahan ajar dengan perangkat lunak Geogebra berdasarkan penilaian dosen dan guru. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika sebagai calon guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan 1) penilaian dosen dan 2)  penilaian guru. Hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa Kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam membuat bahan ajar dengan perangkat lunak Geogebra melalui pembelajaran berbasis proyek   nilai 78 dan mengindikasikan bahwa Kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam membuat bahan ajar dengan perangkat lunak Geogebra pada kategori tinggi. Kata kunci : pembelajaran berbasis proyek, bahan ajar, geogebra 
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional Khoirunisa, Liza; Hartati, Leny
Jurnal Analisa Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2017
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.295 KB) | DOI: 10.15575/ja.v3i2.2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 2) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; 3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survei korelasional dengan teknik analisis data yaitu korelasi dan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 136 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa dengan teknik pengambilan simpel random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket, untuk mengukur kreativitas dan kecerdasan emosional serta instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian dapat disimpulkan, yaitu : pertama, terdapat pengaruh signifikan kreativitas dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; kedua, terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa Wanti, Nopia; Juariah, Juariah; Farlina, Ehda; Kariadinata, Rahayu; Sugilar, Hamdan
Jurnal Analisa Vol 3, No 1 (2017): Volume 3 Nomor 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.726 KB) | DOI: 10.15575/ja.v3i1.1497

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Triyasa yang masih perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma, (b) kemampuan penalaran matematis, (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D, E, dan F SMP Triyasa Bandung yang menggunakan desain Penelitian KuasiEksperimen pada pokok bahasan Segiempat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) Gambaran proses pelaksanaan pembelajaran melalui gambaran aktivitas siswa dan aktivitas guru berdasarkan pengamatan observer secara umum terlaksana dengan cukup baik; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba, pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut terdapat antara model pembelajaran induktif Taba dengan pembelajaran konvensional dan antara pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model induktif Taba dan induktif Sharan-Sharma menunjukkan sikap negatif.
Analisis Perbandingan Penalaran Kreatif Soal Ujian Nasional Matematika Tahun 2016 Tingkat Sekolah Lanjutan Atas Haqi, Rozadira; Susilawati, Wati; Juariah, Juariah
Jurnal Analisa Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2017
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.778 KB) | DOI: 10.15575/ja.v3i2.2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kandungan penalaran kreatif berdasarkan kerangka kerja penalaran Johan Lithner dalam soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA jurusan MIPA Tahun Ajaran 2015/2016, implementasinya terhadap siswa kelas 11 MIPA MAN 2 Bandung dan SMAN 26 Bandung, serta kendala dan hambatan guru dan siswa dalam menghadapi soal penalaran kreatif. Data yang diperoleh berasal dari instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil  penelitian diperoleh: Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA jurusan MIPA Tahun Ajaran 2015/2016 mengandung sebagian kecil soal penalaran  kreatif;  Kemampuan penalaran  kreatif  siswa kelas 11 MIPA MAN 2 Bandung dan SMAN 26 Bandung  masih kurang;  Kendala  utama guru dalam memberikan  pembelajaran dengan menggunakan soal penalaran kreatif adalah kurangnya waktu untuk memenuhi materi yang harus dikuasai siswa; Kendala utama siswa dalam mengerjakan soal penalaran kreatif adalah kurangnya kepercayaan diri mereka dalam mengerjakan soal
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI STRATEGI PREVIEW-QUESTION-READ-REFLECT-RECITE-REVIEW Mulyati, Mulyati
Jurnal Analisa Vol 2, No 3 (2016): Volume 2 Nomor 3 Terbit Bulan September Tahun 2016
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.313 KB) | DOI: 10.15575/ja.v2i3.1223

Abstract

The study based on a lack of mathematical comprehension and representation. To overcome this, do research using preview-question-read-reflect-recite-review (PQ4R) strategy learning. This study looks at the enhancement of mathematical comprehension and representation ability among students who study mathematics with PQ4R strategy learning and conventional learning in terms of overall and category knowledge of prior mathematics students (high, medium, low). This study was quasi-experimental. The study design used was Nonequivalent Control Group Design using purposive sampling technique. The population in this study were senior high school students in Indramayu Academic Year 2012/2013. Research samples were senior students of class X. Instruments used in the study in the form of tests prior knowledge of mathematics, mathematical comprehension ability test, mathematical representation ability test, observations and questionnaires. The data were analyzed quantitatively and qualitatively. The quantitative analysis performed using independent sample t-test, and Two Way Anova test. The results showed that, (1) enhancement the mathematical comprehension dan representation ability PQ4R strategy learning students get better than students who received conventional learning in terms of overall and category knowledge of prior mathematics students; (2) there is significant interaction between learning and mathematical prior knowledge toward student’s mathematical comprehension and mathematical representation ability.
Sifat Lapangan pada Bilangan Kompleks Nuraida, Ida
Jurnal Analisa Vol 3, No 1 (2017): Volume 3 Nomor 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.233 KB) | DOI: 10.15575/ja.v3i1.1498

Abstract

Dalam teori gelanggang dibahas sifat-sifat lapangan (field)  pada suatu sistem bilangan. Suatu gelanggang komutatif L disebut lapangan jika untuk setiap a∈L dan a≠0 terdapat a^(-1)∈L, sehingga aa^(-1)=a^(-1) a=1. Diantaranya adalah sifat lapangan pada sistem bilangan kompleks. Bilangan kompleks adalah bilangan yang berbentuk a + bi atau a + ib, a dan b bilangan real dan i^2= –1. Notasi bilangan kompleks dinyatakan dengan huruf C. Dapat dibuktikan bahwa bilangan kompleks memiliki sifat-sifat lapangan yang memenuhi 10 sifat,  yaitu sifat tertutup penjumlahan dan perkalian, komutatif penjumlahan dan perkalian, assosiatif penjumlahan dan perkalian, memiliki identitas penjumlahan dan perkalian, memiliki balikan (invers) penjumlahan dan balikan perkalian.
Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Susilawati, E; Syaf, Agus Hikmat; Susilawati, Wati
Jurnal Analisa Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2017
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.196 KB) | DOI: 10.15575/ja.v3i2.2015

Abstract

. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan PAM. Data diperoleh melalui instrumen tes dan nontest yang diberikan kepada 74 siswa SMP kelas VIII yang terdiri dari 37 siswa pada kelas eksperimen, dan 37 siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional secara keseluruhan berdasarkan PAM (pandai, cukup, lemah). Aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran dengan pendekatan eksplorasi berbasis intuisi telah terlaksana dengan baik. Pendekatan eksplorasi berbasis intuisi dapat memfasilitasi proses intuisi, penemuan konsep, dan aplikasi konsep sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. 
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PETA KONSEP Jihad, Asep
Jurnal Analisa Vol 2, No 3 (2016): Volume 2 Nomor 3 Terbit Bulan September Tahun 2016
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.466 KB) | DOI: 10.15575/ja.v2i3.1220

Abstract

Generally in lecturing execution in Prodi Mathematics in Tarbiyah and Teachership Faculty UIN Bandung, dosen use the method of drill and practice, student hear and note the discourse dosen later finish the practice problem. Condition that way result the passive student, result of lecturing and ability of trouble-shooting of student mathematics is not optimal, in consequence require to develop the lecturing which can push the active student one of them is with the approach of concept map.  This Experiment research aim to to analyse the make-up of ability of trouble-shooting of student mathematics Prodi Mathematics in Tarbiyah and Teachership Faculty UIN Bandung  passing  approach of concept map. Data collected by  tes Problem solving matematka and attitude scale. Result of research of approach of concept map can improve the ability of problem solving student  in subjek mater Elementary Mathematics.Key word: concept, map, Mathematics 
Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Lestari, Witri
Jurnal Analisa Vol 3, No 1 (2017): Volume 3 Nomor 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.601 KB) | DOI: 10.15575/ja.v3i1.1499

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) pengaruh interaksi kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan mengambil responden sebanyak 99 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 41, SMP Negeri 218 dan SMP Negeri 227 Jakarta. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SPSS 15.0 for windows pada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan utama, yaitu; pertama, terdapat pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; kedua terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; ketiga terdapat pengaruh interaksi kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik