cover
Filter by Year
Dialogia
Dialogia merupakan jurnal enam bulanan yang diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo. Dialogia menerima tulisan ilmiah hasil pemikiran konseptual dan hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan, terutama yang berhubungan dengan studi Islam dan sosial. Penyunting berhak melakukan revisi untuk keragaman format, istilah, dan catatan kaki tanpa mengurangi dan mengubah isi dan maksud tulisan. Tulisan yang dimuat akan memperoleh 4 eksemplar hard copy.
Articles
86
Articles
INTERNATIONAL HUMAN RIGHT AND ISLAMIC LAW: Sebuah Upaya ??Menuntaskan? Wacana-Wacana Kemanusiaan

Mukhlis, Febri Hijroh

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Islam offers eternal universal message, namely justice, equality, respect and humanity. This universal message is the holy Sunnah of the Prophet.  Due to the advanced information and technology, the current problems of mankind increasingly appear. The problem can be viewed positively if everyone  understands completely the universal message of prophethood by always stand in the social-humanity. This articleis intended to examine the issue of human rights and Islamic law as an effort to end the dichotomy between Islam and humanitarian problems. It employed descriptive qualitative study that concern with a conceptual disputes. The findings showed that the dichotomy between the concept of human rights and Islamic law must be completed in terms of equality and humanity. Humanitarian affairs are a common action regardless of any interests, religion, politics, culture and even knowledge. If the harmony and understanding between the concept of humanity in the religious or tauhid framework is absence, the understanding of humanity must be freed from all forms of identity interest. Islamic law and human rights are two matters that support each other. Islam respects human rights and vice versa. The religious view must be universal as the views of human rights should also be universal. Each restricted view narrows the relationship.  ?ا? ا?إس?ا? ?ح?? رسا?ة عا???ة ??? ا?عدا?ة ?ا??سا?اة ?ا?احترا? ?ا?إ?سا??ة. ??خص:??ذ? ا?رسا?ة ا?عا???ة ف? ا??ا?ع ?? ا?س?ة ا??ب??ة ا???دسة. ???? ا?آ? ??ا? ?ش??ات ?ت??عة ??اج??ا ا?إ?سا? ف? عصر ا??ع???ات ?ا?ت?????ج?ات. ??ذ? ا??ش??ات ???? أ? ت??? إ?جاب?ة إذا ?ا? ا?إ?سا? ?ف?? ح??? ا?رسا?ة ا??ب??ة ا?عا???ة ا?ت? ت??? دائ?ا إ?? ?جا? ا?اجت?اع?ة-ا?إ?سا??ة. تبحث ?ذا ا?بحث ف? دراسة ?ض?ة ح??? ا?إ?سا? ?ا?شر?عة ا?إس?ا??ة ?ا??حا??ة ?إ??اء ا?ت?ا?ض ب?? ا?شر?عة ?ا?إ?سا??ة. ?ذ? ا???ا?ة ?? ا?بحث ا??ظر? باستخدا? ا?دراسة ا???ع?ة ا??صف?ة. ?خ?اصة ?ذ? ا???ا?ة أ? ??س ??ا? ا?ت?ا?ض ب?? ?ف??? ح??? ا?إ?سا? ?ا?شر?عة ا?إس?ا??ة ?أ? أ?داف?ا ?تسا??ة ??? ا?عدا?ة ?ا??سا?اة ?ا?إ?سا??ة. ??? ا????? ح? ا??ش??ات ا?إ?سا??ة تحت رعا?ة ا?شر?عة ا?إس?ا??ة ?ا?إ?سا??ة بد?? ا??ظر إ?? أ?ة د??? ?س?اسة? ?ث?افة? ??عرفة. ?إذا ?ا? ??ا? ا?ت?ا?ض ب?? ?ف??? ا?إ?سا??ة ?ا?شر?عة ا?إس?ا??ة ف?جب أ? ت?د?? ا?إ?سا??ة براءة ?? أ?ة ع?ا?ة ا????ة. إ? ا?شر?عة ا?إس?ا??ة ?ح??? ا?إ?سا? ف? ا?ح???ة أ?را? ?دع?ا? بعض??ا بعضا. ا?إس?ا? ?حتر? ح??? ا?إ?سا? ??ذ?? ا?ع?س. ??جب أ? ت??? ا?ف?رة ا?د???ة عا???ة ??ذ?? آراء ح??? ا?إ?سا? ف??بغ? أ? ت??? عا???ة أ?ضا. ا?ف?رة ا?ض??ة ??? ???ا ستح?? إ?? ا?ع?ا?ة ا?ض??ة ب???ا. Abstrak: Islam membawa pesan universal yang abadi, yakni, keadilan, persamaan, penghargaan dan kemanusiaan. Pesan universal inilah sebenarnya Sunnah Nabi yang suci. Namun problem terkini umat manusia begitu variatif, degan semakin majunya informasi dan teknologi. Problem tersebut bisa menjadi positif jika semua orang benar-benar memahami pesan universal kenabian dengan selalu memihak kepada sosial-kemanusiaan. Artikel ini berupaya mengkaji problem HAM dan hukum Islam sebagai salah satu upaya untuk mengakhiri dikotomi antara Islam dan problem kemanusiaan. Artikel ini merupakan kajian konseptual, dengan jenis kajian kualitatif deskriptif. Kesimpulan dari kajian ini yaitu, dikotomi antara konsep HAM dan hukum Islam haruslah dituntaskan, kedunya pada satu ujung tujuan, yakni keadilan, kesetaraan dan kemanusiaan. Urusan kemanusiaan adalah urusan bersama tanpa memandang kepentingan apapun, baik agama, politik, budaya, bahkan pengetahuan. Jika tidak adanya keharmonisan dan kesepahaman antara konsep kemanusiaan dalam bingkai keagamaan atau tauhid maka pemahaman tentang kemanusiaan haruslah dibebaskan dari segala bentuk kepentingan identitas. Hukum Islam dan HAM adalah dua hal yang saling mendukung. Islam menghargai HAM begitupun sebaliknya. Pandangan agama haruslah bersifat universal sebagaimana pandangan mengenai HAM juga sebaiknya bersifat universal. Pandangan masing-masing yang sempit akan menyempitkan hubungan keduanya pula. Keywords: international human right, Islamic law, humanity  

PENAFSIRAN PANCASILA DALAM PERSPEKTIF ISLAM: PETA KONSEP INTEGRASI

Ridwan, MK

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Indonesia as a pluralism nation-state has established Pancasila as the state ideology. Pancasila is the result of the conceptualization and history of the struggle of the Indonesian. It contains the noble values and keeps the spirit of the nations struggle. Due to the failures of the government in developing the country, radical groups appeared for replacing Pancasila ideology into Islamic Sharia. They claims that Pancasila along with three other pillars as the ideology of "taghut". This paper aims to construct meaning and understanding of the relationship between Islam and Pancasila in the framework of national philosophy. It further offerssome alternatives concept and interpretation of the theological-philosophical basis of the process in the integration of Islam and Pancasila. Pancasila is not only the state ideology but it also represents a theological-philosophical construction encompassing Islamic principles. It signifies vision of Islam, which provides the understanding that the formulation of Pancasila idea is in fact inspired by Islamic concepts and values. It comprises the vision of Islam in its treatise. However, both concepts existentially have autonomous rights. It imply that Islam is a religion and Pancasila is ideology. Pancasila will not be a religion and religion will not be an ideology. ??خص:ا?د???س?ا ?د??ة ?ط??ة ?ع ?ج?د ا?تعدد?ة ?د ?ررت ا??بادئ ا?خ?سة (با?جاش??ا) ?أ?د????ج?ة ا?د??ة. ??ا? با?جاش??ا ?ص?ر ?ت?جة ا?ف?رة ?ا?تار?خ ا?ط??? ?? ?فاح س?ا? ا?إ?د???س?ا. ف?? تحت?? ع?? ا???? ا??ب??ة ??أ?ة ?تحافظ ع?? ر?ح ?فاح ا?أ?ة. ???? ح???ا حدث ا?عد?د ?? فش? ا?ح???ة ف? إدارة ا?ب?اد ف??ا? بعض ا?ج?اعات ا??تطرفة ا?ت? ترغب ف? تغ??ر با?جاش??ا با?شر?عة ا?إس?ا??ة? ب? ?ا?ت ?ذ? ا?ج?اعة دع? أ? با?جاش??ا ?ث?اثة ?بادئ أخر? بأ?د????ج?ة طاغ?ت. ?ت?دف ?ذ? ا???ا?ة ب?اء ?ع?? جد?د ??ع?ا?ة ?ا?ت?ا?? ب?? ا?إس?ا? ?با?جاش??ا ف? إطار ا?ف?سفة ا??ط??ة. ?ف? ?فس ا???ت ?حا?? ا??اتب ?ت?د?? ا?ف?ر ا?جد?د ?ا?تفس?ر ع? ا?أساس ا??ا??ت? ?ا?ف?سف? ?ع???ة ا?ا?د?اج ب?? ا?إس?ا? ?با?جاش??ا. ???ذا? ???? أخذ ا?است?تاج أ? با?جاش??ا ?? أ?سع ?? ?جرد ب?اء ا?أ?د????ج?ة ??د??ة ا??ط??ة? ?????ا تص?ر أ?ضا ع? ا?ب?اء ا?ف?سف? ا??ا??ت? ا?ذ? ?حت?? ع?? ا??بادئ ا?إس?ا??ة. ?حت? ?ا?ت با?جاش??ا تتض?? ع?? ج??ع رؤ?ة ا?إس?ا? ا?ت? تعط? ع?? ف?رة با?جاش??ا ا?ت? ?صدر?ا ?? ا??فا??? ا?إس?ا??ة ?????ا. إذ? ?? ?ا احت?? ف? با?جاش??ا ??اسبة برؤ?ة ا?إس?ا?. ???? ??? ????ا ح???ا ?ست??ة? ??ذا ?ع?? أ? ا?إس?ا? د?? ?با?جاش??ا أ?د????ج?ة ??? ت??? با?جاش??ا د??ا ??ذ?? ا?د?? ?? ???? إ?د????ج?ا. Abstrak: Indonesia sebagai negara-bangsa dengan segala komposisi pluralitas di dalamnya, telah menetapkan Pancasila sebagai ideologi negara. Pancasila adalah hasil konseptualisasi dan sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia. Di dalamnya memuat nilai-nilai bangsa yang luhur dan menyimpan spirit perjuangan bangsa. Namun, seiring dengan banyaknya kegagalan pemerintah dalam membangun negara, terdapat kelompok-kelompok ekstremis yang ingin mengubah Pancasila dengan Syariat Islam. Bahkan kelompok tersebut menyebut Pancasila beserta tiga pilar lainnya sebagai ideologi ??taghut?. Tulisan ini bermaksud membangun makna dan pemahaman baru atas relasi maupun integrasi antara Islam dengan Pancasila dalam kerangka falsafah kebangsaan. Sekaligus berusaha menawarkan alternatif pemikiran dan interpretasi mengenai basis teologis-filosofis proses integrasi Islam dan Pancasila. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Pancasila lebih dari sekadar bangunan ideologi negara-bangsa, tetapi juga merepresentasikan suatu konstruk teologis-filosofis yang memuat prinsip-prinsip keislaman. Bahkan apa yang diusung oleh Pancasila secara keseluruhan termasuk visi Islam, yang memberikan pemahaman bahwa perumusan ide Pancasila sejatinya diilhami oleh konsep dan nilai-nilai keislaman. apa yang diusung oleh Pancasila secara keseluruhan menjadi visi Islam dalam risalahnya. Hanya saja keduanya secara eksistensial memiliki hak otonomi tersendiri. Artinya bahwa Islam adalah agama dan Pancasila adalah ideologi. Pancasila tidak akan menjadi agama dan agama tidak akan menjadi ideologi. Keywords: Integrated, Pancasila, Islam, The State Ideology  

PERAN KIAI MUHAMMAD HASAN DALAM PROSES PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI DESA KARANGGEBANG

Fitriawan, Fuad

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: This paper examined the history of the development of Islam in Karanggebang Village founded by Kyai Muhammad Hasan. He is a descendant of Kyai Nur Sodiq. Karanggebang Village Ponorogo has its own uniqueness. This village still keep evidences of the history of Islamic civilization since the 18th century. The historical evidences is in the form of the mosque, the tomb, the heirloom, the ancient house, and other artifacts that are the heritage of Islams history and development. In addition, as a historical heritage of Islamic education is existed in terms of relics of school buildings called PGA (Teacher Religious Education). Research of history and Islamic culture proved that the development of Islam in Java influence the various aspects of life. It is occurred due to the methods applied by the Ulama and Kyai in spreading Islam in the land of Java, especially in the village Karanggebang Jetis district Ponorogo district that appreciate the culture of Java. This kind of method is appropriate to the character of Ponorogo residents who tend to moderate and prioritize the harmony in life. It is in line with the concept of Frans Magnis Suseno who claims that Javanese has a respectful and friendly characteristics. ??خص:تبحث ?ذ? ا???ا?ة ف? تار?خ تط?ر ا?إس?ا? ف? ?ر?ة ?ارا?ج ج?با?ج ا?ت? أسس?ا أستاذ ?ح?د حس?. ??? س??? أستاذ ??ر صد??. ?ر?ة ?ارا?ج ج?با?ج ف? ب???ر?غ? ?? ا??ر?ة ا?أ???ة. ?ذ? ا??ر?ة ت?فر ا??ث?ر ?? ا?أثار ا?تار?خ?ة ??حضارة ا?إس?ا??ة ا?ت? ?ا تزا? ??ج?دة حت? ا????. ?ا? ?ج?ئ ا?إس?ا? ف? ?ر?ة ?ارا?ج ج?با?ج ?ب? ا??ر? 18 ???اد?ا. ا?آثار ا?تار?خ?ة ف? ?ر?ة ?ارا?ج ج?با?ج ا?ت? تد? ع?? ذ?? ?? ا??سجد? ?ا???برة? ?ا?تراث? ?ا???از? ا??د??ة? ?ا?آثار ا?ف??ة. ?بجا?ب ذ?? ??ا? آثار تار?خ?ة ف? ?جا? ا?ترب?ة ا?إس?ا??ة ??? ب?اء ا??درسة ا?خاصة ???ع?? د?? ا?إس?ا?. أثبت ا??ؤرخ?? أ? تط?ر ا?إس?ا? ف? جز?رة جا?ة ?ا?ؤد? إ?? ا?صراع ف? ج?ا?ب ا?ح?اة ا?اجت?اع?ة. ??ذا ?ا ?ف? ?? ا?طر??ة ا?ت? ?ستخد??ا ا?ع??اء ف? ?شر ا?إس?ا? ف? جز?رة جا?ة? ?خاصة ف? ?ر?ة ?ارا?ج ج?با?ج ا?ت? ت?د? ا?دع?ة ا????ة ا???اسبة ?طب?عة ا?س?ا? ?ارا?ج ج?با?ج ا?ذ? ???? إ?? ا?تسا?ح ?ا?ح?اة ا?س???ة. ??ذا ??اسب ب??? فرا?س ?اغ??س س?س??? إ? س?ا? جز?رة جا?ة ??? ??فت?ح. Abstrak: Tulisan ini akan mengkaji bagaimana sejarah perkembangan Agama Islam di Desa Karanggebang yang didirikan oleh Kiai Muhammad Hasan. Kiai Muhammad Hasan adalah keturunan dari Kiai Nur Sodiq. Desa Karanggebang Ponorogo memiliki keunikan tersendiri. Desa Karanggebang merupakan desa yang di dalamnya masih menyimpan banyak bukti-bukti sejarah peradaban Islam yang masih ada hingga saat ini. Islam di Desa Karanggebang sudah ada sejak sebelum abad 18 M. Bukti??bukti sejarah di Desa Karanggebang yang masih ada hingga detik ini adalah masjid, makam, pusaka, rumah kuno, dan artefak lainnya yang merupakan peninggalan sejarah dan perkembangan Islam di desa Karanggebang. Selain itu sebagai peninggalan sejarah desa ini, perkembangan di bidang pendidikan Islam juga menjadi bukti sejarah perkembangan Islam di Desa Karanggebang, dengan ditandai peninggalan bangunan gedung sekolah bernama PGA (Pendidikan Guru Agama). Penelitian sejarah dan kebudayaan Islam yang telah dilakukan oleh Para ahli membuktikan bahwa perkembangan Islam di tanah Jawa tidak banyak menimbulkan goncangan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat. Hal ini tidak lepas dari metode yang digunakan oleh para Ulama dan Kiai dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa khususnya di desa Karanggebang kecamatan Jetis kabupaten Ponorogo yang bersikap toleran terhadap budaya lama tanah Jawa. Pendekatan semacam ini sangat sesuai dengan watak penduduk Ponorogo yang cenderung moderat serta mengutamakan keselarasan dalam hidupnya. Hal ini sejalan dengan pendapat Frans Magnis Suseno yang menyatakan bahwa Jawa memiliki ciri khas yang lentur dan terbuka. Kata kunci : Perkembangan Islam, Kiai Muhammad Hasan, Karanggebang  

RELIGIUSITAS GAYA BARU (Kajian atas Fenomena Kebangkitan Sufisme Kelas Menengah Perkotaan di Yogyakarta)

Ardiyaningrum, Martalia

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Recently, the urban middle-class Sufism has become a phenomenon that successfully transforms the look of Islam into its own distinctive appeal with other forms of da??wah. This study focused on the implementation of Sufi preaching, which shows new strength in several places including Indonesia. For instance, da??wah carried out by the three Kyai, namely, Hamdani Bakran Adz-Dzakiy, Gus Miftah and Gus Muwafikin Yogyakarta. This study employed qualitative research approach and case study was the research design. The setting of this research was in 3 modern Islamic Boarding School in Yogyakarta. The findings showed that that the pattern of Sufism occurring in the middle class in Yogyakarta is a modern Sufi form. It is not tied to a particular stream of tarkat but it further develops the flow of the existing line. Also, there is no extremelystrict relationship between Kyai and jamaah. The model of communication employed by Kyai to jamaah is in the form of dhikr, prayer, shalawat as well as entrepreneurship and leadership training that introduce the values of Sufism. The middle-class Sufism model in Yogyakarta is a prototype of todays Sufism model. Brilliant idea in handling preaching by inviting artists becomes the stimulus for the community to join preaching and dhikr. ??خص:أصبحت ا?طب?ة ا??سط? ?? ا?ص?ف?ة ا??د??ة ظا?رة تح??? ?ج? ا?إس?ا? ف? ?جا? ا?دع?ة.  ?تر?ز ?ذ? ا?دراسة ع?? ت?ف?ذ ا?دع?ة ا?ص?ف?ة ا?ت? أصبحت ??ة جد?دة ف? ا?عد?د ?? ا?أ?ا?? ف? إ?د???س?ا. ??ثا? ذ?? ا?دع?ة ا?ت? ?ا? ب?ا ث?اثة أسات?ذ ??? ح?دا? ب?را? ا?ذ??? ?أستاذ ?فتاح? ?أستاذ ??اف?? ??ا??ا ف? ??ط?ة ??ج?ا?رتا. ????ج ?ذا ا?بحث ?? ا?بحث ا???ع?? باستخدا? دراسة ا?حا?ة. ???ع ?ذا ا?بحث ا???ع? ف? ث?اث ?عا?د ا?إس?ا??ة ا?حد?ثة ب??ج?ا?رتا. ?است?تجت ا?باحثة أ? ??ط ا?طر??ة ا?ص?ف?ة ا?ذ? حدث أث?اء ا?طب?ة ا??سط? ف? ??ج?ا?ارتا ?? ش?? ?? أش?ا? ا?طر??ة ا?ص?ف?ة ا?حد?ثة ا?ت? ?ا ترتبط بطر??ة ص?ف?ة خاصة ب? ?تط??ر ا?طر??ة ا???ج?دة? ??ا?ت ا?ع?ا?ة ب?? ا??رشد ?ا?ج?اعة غ?ر ???ة. ??ا? ش?? ا?اتصا? ب?? ا??رشد ?ا?ج?اعة ف? ج?اعة ا?ذ?ر? ?ا?دعاء? ?ا?ص?اة. ??ذ?? تدر?بات ?ر?ادة ا?أع?ا? ?ا?ر?اسة ا?ت? تغرس ف??ا ا???? ا?ص?ف?ة. ا?طر??ة ا?ص?ف?ة ?? ا?طب?ة ا??سط? ف? ??ج?ا?ارتا ?? ???ذج ا?طر??ة ا?ص?ف?ة ا?ت? ?حب?ا ا??ث?ر ?? ا??اس. براعة ا??رشد ف? دع?ة ا?ذ?ر? ب?ا ف? ذ?? ا?دع?ة إ?? ا?ف?ا??? ??حض?ر ف? ا??ج?س? ?? ?? ا?سبب ف? أ? ?شار? ا??جت?ع ف? ?ج?س ا?ذ?ر. Abstrak: Belakangan ini, sufi kelas menengah perkotaan telah menjadi fenomena yang berhasil mengubah wajah Islam menjadi distinc tersendiri di banding dengan bentuk dakwah lainya. Kajian ini menfokuskan pada pelaksanaan dakwah sufi, yang menunjukkan kekuatan baru di banyak tempat termasuk Indonesia. Sebagai contoh adalah dakwah yang dilaksanakan oleh ketiga Kyai, yakni, Hamdani Bakran Adz-Dzakiy, Gus Miftah dan Gus Muwafik yang ketiganya berada di wilayah Yogyakarta. Paradigma penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode studi kasus. Penelitian kualitatif dengan setting 3 Pondok Pesantren modern ini mendapatkan kesimpulan bahwa pola sufisme yang terjadi pada kelas menengah di Yogyakarta ini adalah bentuk sufi modern yang tidak terikat pada satu aliran tarikat tertentu tetapi lebih mengembangkan pada aliran tarikat yang sudah ada dan tidak ada hubungan yang sangat ketat antara Kyai dengan jama??ah. Adapun bentuk komunikasi yang dijalankan antara Kyai dengan jama??ah meliputi dzikir, doa, dan shalawat serta training-training kewirausahaan dan leadership yang menanamkan nilai-nilai sufisme. Model sufi kelas menengah di Yogyakarta adalah prototipe model sufisme masa kini yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Kecanggihan dalam mengemas pengajian para kyai, termasuk mendatangkan artis, adalah alasan tersendiri para masyarakat untuk mengikuti pengajian dan dzikir yang dilakukan. Keywords: Sufi Modern, Kelas Menengah.

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA TUBUH MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH IAIN PONOROGO TAHUN 2016

Nasiha, Nadia Faidatun

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Instagram is one of social media in which photoes and videos can be shared easily. Instagram users will indirectly feel the impact of the use of this  social media. In the psychology, there is a new term called Body Image which is considered as the concept of a person in assessing appearance, perception and attitude in terms of psychological and biological perspective. Instagram is widely used by individuals and groups to present their clothes online and it is easy for a consumer to access the fashion model they intended to. This research is intended to reveal the impact of instagram on the body image of Ushuluddin Adab and Da??wah Faculty of IAIN Ponorogo. The approach of this study was quantitative research and it employed questionnaire asdata collection techniques. Then, it applied simple linear regression analysis for testing hypothesis. The findings showed that 1) The use of social media instagram of Ushuluddin Adab and Dakwah Faculty students  is in moderate category with percentage 59,37%. 2) The level of body image of Ushuluddin Adab and Dakwah Faculty Studens is in moderate category with percentage 65.62%. 3) There is significant  effect of instagram on student body image of Ushuluddin Adab and Dawah of IAIN Ponorogo because F test (9,8550) is higher than F table (significance level 1% = 7,56 and significance level 5% = 4,17). إ??ستاجرا? ??خص:?? ا?تطب?? ا?ذ? بش?? ص?رة ?ف?د?? ا??ث?ر ?ا???تع ??ا?ت?ا? ?س??ة ف? تطب???. س?شعر ?ستخد? إ??ستاجرا? تأث?را ?ست?را ف? استخدا? ?ذ? ا??سائ? ا?إع?ا? ا?اجت?اع?ة. ?ف? ?ظرع?? ا??فس ??ا? ?صط?ح جد?د ?س?? بص?رة ا?جس?? ??? ح???ا رأ? ا?شخص ف? ت???? ا??ظ?ر ?ا???ظ?ر ?? ح?ث ا??فس?ة ?ا?ب????ج?ة. ?ا? إ??ستاجرا? ?ستخد?? ا?أفراد ?ا?ج?اعات ا?ذ?? ?حا???? ت?د?? ??ابس?? ع?? ا?ا?تر?ت? ??ذا ?س?? ع?? ا?زبائ? ا??ص?? إ?? ???ذج ا?أز?اء ا?ت? ?ر?د???ا. ??ذا ا?بحث س??شف ع? تأث?ر إ??ستاجرا? ع?? ص?رة ا?جس? ط?اب ???ة أص?? ا?د?? ?ا?آداب ?ا?دع?ة با?جا?عة ف???ر?ج? ا?إس?ا??ة ا?ح????ة. ا?دراسة ا??ستخد?ة ف? ?ذا ا?بحث ا?دراسة ا????ة? ?أ?ا ت???ات ج?ع ا?ب?ا?ات باستخدا? ???ج ا?استب?ا?. ??اختبار ص?اح?ة ا?ب?ا?ات استخد?ت ا?باحثة ص?غة  ضربة ا?عز?? ?اختبار ا??ث??ة باستخدا? ر?ز سب?ر?ا? بر??. ?ف? تح??? ا?ب?ا?ات استخد?ت ا?باحثة تح??? ا?ا?حدار ا?خط? ا?بس?ط. ?بعد تح??? ا?ب?ا?ات خ?صت ا?باحثة أ? 1) ?ستخد? إ??ستاجرا? ط?اب ???ة أص?? ا?د?? ?ا?آداب ?ا?دع?ة با?جا?عة ف???ر?ج? ا?إس?ا??ة ا?ح????ة ع?? درجة ?ت?سطة ب?سبة 59?37٪. 2) ?ست?? ص?رة ا?جس? ?ط?اب ???ة أص?? ا?د?? ?ا?آداب ?ا?دع?ة با?جا?عة ف???ر?ج? ا?إس?ا??ة ا?ح????ة ع?? درجة ?ت?سطة ب?سبة (65.62٪. 3) ??ا? أثر ب?? ?سائ? ا?اع?ا? ا?اجت?اع?ة إ??ستاجرا?  ع?? ص?رة ا?جس? ط?اب ???ة أص?? ا?د?? ?ا?آداب ?ا?دع?ة با?جا?عة ف???ر?ج? ا?إس?ا??ة ا?ح????ة ??ذا ?أ? F حساب (9.8550) أ?بر ??  F ا?جد?? (?ست?? ا?د?ا?ة 1٪ = 7.56 ??ست?? ا?د?ا?ة 5٪ = 4?17). Abstrak: Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang dikemas menarik dan mudah untuk mengaplikasikanya. Pengguna instagram secara tidak langsung akan merasakan dampak pemakaian berkelanjutan dari media sosial tersebut. Dalam ilmu psikologi ada sebuah istilah baru yang dinamakan Citra Tubuh, yaitu konsep seseorang dalam menilai penampilan, cara pandang maupun sikap dari segi psikologis maupun biologis. Instagram banyak dimanfaatkan oleh individu maupun kelompok yang mencoba mengenalkan pakaian mereka secara online dan hal itu memudahkan seorang konsumen dengan mudah dalam mengakses model fashion  yang mereka inginkan. Penelitian ini akan mengungkap pengaruh instagram terhadap citra tubuh mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Untuk uji validitas menggunakan rumus product momentdan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman brown. Sedangkan pada tahap analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Dari hasil analisa data, peneliti menyimpulkan bahwa 1) Penggunaan media sosial instagram mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo adalah kategori sedang dengan prosentase 59,37%. 2) Tingkat citra tubuh mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan DakwahPonorogo adalah kategori sedang dengan prosentase 65,62%. 3) Terdapat pengaruh antara media sosial instagram terhadap citra tubuh mahasiswa Jurusan  Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo karena Fhitung (9,8550) lebih besar dari Ftabel (taraf signifikansi 1% = 7,56 dan taraf signifikansi 5% = 4,17). Keywords : Media Sosial Instagram, Citra Tubuh

EKO-FUTUROLOGI: Pemikiran Ziauddin Sardar

Assya’bani, Ridhatullah

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Recently, Ziauddin Sardar, a futurologist who is famous in studying the future of civilization and the universal relation of Muslims and Christians in the world. This study essentially showed the contradictory of Sardars ideas related to the environment in particular, and nature in general. It entails thatSardar can be categorized into a proffesional of the future of ecology along with Muslim ecologists, such as Seyyed Hossein Nasr. This study focused on Sardars point of view of Sharia as problem solving, tazkiyyah, hieraki awareness and futurology. The results of this study indicate a new discourse in the ecological discourse of Islam, such as eco-futurology, the perspective on the awareness of  the importance of environment (nature), believing in God and the future. This study is expected that peoplecan do sharing-speace with the surrounding environment. Sardar??s thought is expected to foster mutual consciousness between human and God, human with human and human with nature. It implies that echo-futurology encourage people to live in harmony and behave in accordance with its purpose in the earth, namely to maintain the ecological balance.  ??خص:خ?ا? ?ذا ا???ت ?ا? ض?اء ا?د?? سردار ?ر?ز ف?رت? ع?? ?ست?ب? ا?حضارة ?ا?ع?ا?ة ا?عا???ة ب?? ا??س???? ?ا??س?ح??? ف? ا?عا??. ?تبحث ?ذ? ا?دراسة ف? أف?ار سردار ا??تع??ة با?ب?ئة ع?? ?ج? ا?خص?ص? ?ا?طب?عة بش?? عا?. ??ذا ب?ع?? أ? سردار ف? ا??ا?ع ?ا??ف?ر أ?ضا ع? ?ست?ب? ا?ب?ئة ??? ?دخ? ?? ?بار ع??اء ا?ب?ئة ا??س???? ?ث? س?د حس?? ?صر. أساس ?ذ? ا?دراسة ?? ?ج?ة ?ظر سردار ع? ا?شر?عة ا?ت? ???? استخدا??ا ?ح? ا??شا??? ?ا?تز??ة? ?ا??ع?? ?ا?ف?رة ع? ا??ست?ب?. ??ا?ت ?تائج ?ذ? ا?دراسة ?شأة ا?ف?رة ا?جد?دة ف? ?جا? ع?? ا?ب?ئة ا?إس?ا??ة -ع?? ا?إ?????ج?ة ا??ست?ب?ة- ب?ع?? طر??ة ا??ظر ا??ب??ة ع?? ا??ع?? ?ع?? ا?ا?د?اج ب?? ا??ع? ا?طب?ع? ?ا??ع? ا?إ??? ?ا??ع? ع?? ا??ست?ب?. ??? خ?ا? ?ذ? ا?دراسة ?رج? ع?? ا??اس أ? ?حتر??ا ا?ب?ئة. أ?ا با??سبة إ?? آثار ف?رة سردار ف?رج? أ? ??شأ ا??ع? ?? ا?إ?سا? إ?? رب??? ?ب?? ا?إ?سا? ?ع ا?آخر? ?ب?? ا?إ?سا? ?ع طب?عت?. ??ذ? ?? ا?إ?????ج?ة ا??ست?ب?ة ا?ت? تشجع ا??اس ع?? ا?ع?ش ا?س??? ?ف?ا ?????? ?ا?خ??فة ف? ا?أرض ??? ا?حفظ ع?? ا?ب?ئ?ة. Abstrak: Selama ini, Ziauddin Sardar cenderung diposisikan sebagai futurolog yang mengkaji jika bukan masa depan peradaban, relasi global umat Muslim dan Kristen di dunia. Studi ini justru memperlihatkan adanya percikan gagasan Sardar terkait dengan lingkungan secara khusus, dan alam secara umum. Artinya, Sardar sebenarnya bisa dikategorikan sebagai pemerhati masa depan ekologi di antara deretan ekolog-ekolog Muslim terkemuka, seperti Seyyed Hossein Nasr. Dasar pijak dari studi ini adalah pokok pemikiran Sardar seperti: Syariat sebagai problem solving, tazkiyyah, hieraki kesadaran dan futurologi. Hasil dari studi ini mengindikasikan wacana baru dalam diskursus ekologi Islam, yakni eko-futurologi, cara pandang yang dikonstruk melalui kesadaran, antara kesadaran berlingkungan (alam) dengan kesadaran berketuhanan serta kesadaran akan masa depan. Melalui studi ini diharapkan manusia bisa sharing-speace dengan lingkungan sekitar. Adapun implikasi dari pemikiran Sardar ini adalah diharapkan akan menumbuhkan kesadaran timbal-balik antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam. Artinya, Eko-futurologi mendorong manusia agar hidup selaras dan berprilaku sesuai dengan tujuannya di muka bumi, yakni untuk menjaga keseimbangan ekologis Keywords: Ekologi, Syariat, Hierarki Kesadaran, Futurologi, Eko-Futurologi 

MIGRASI, ADAPTASI DAN TRADISI KOMUNITAS MUSLIM JAWA DI SEMENANJUNG MELAYU

Dwijayanto, Arik

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: The Javanese Muslim community is one of the largest Muslim communities in the Malay Peninsula Land. Its existence has contributed significantly to the religious social life of the Peninsula. This study aims to explore the pattern of migration, adaptation and traditions of Javanese Muslim community in Malaysia especially in carrying out the daily religious life. This research employed qualitative approach and it utilized documentation, observation and interview as data collection technique. The results of this study indicated that the Javanese Muslim community in Malaysia keep the values of local wisdom which is represented through the existing traditions and cultures. The transformation of local wisdom values from generation to generation showed the character of Islamic Nusantara or Islamic moderate. The Javanese Muslim community in Malaysia can be a reference in developing a dignified Islamic society that applied inclusive, moderate, and tolerant Islamic values. The strength of local culture and traditions is not purified but it is integrated to the inclusive, contextual and tolerant values of Islam as it ispracticed by Muslim community of Java in Malaysia. It occurs in the area of Sri Medan and Batu Pahat. They can incorporate local traditions and Islam intimately.  ا??جت?عات ا??س??ة ا?جا??ة ?? أ?بر ا??جت?عات ف? شب? جز?رة ا???ا??. ??خص:??د أس??ت إس?ا?ا ?ب?را ف? ا?ح?اة ا?اجت?اع?ة ا?د???ة ?شب? ?ذ? ا?جز?رة. ?ت?دف ?ذ? ا?دراسة إ?? ا??شف ع? أ??اط ا??جرة ?ا?تأ??? ?ا?ت?ا??د ?? ا??جت?عات ا??س??ة ا?جا??ة ف? ?ا??ز?ا ?خاصة ف? ا?ح?اة ا?د???ة ا?????ة. ?ستخد? ?ذا ا?بحث ا?طر??ة ا???ع?ة ?? ا?ب?ا?ات ا???تب?ة ?ا???دا??ة ?ا???اب?ة. ??تائج ?ذا ا?بحث أ? ا??جت?عات ا??س??ة ا?جا??ة ف? ?ا??ز?ا تحتفظ ع?? ??? ا?تراث ا??ح??ة ا?ت? تتح?? ?? خ?ا? ا?عادات ?ا?ث?افات ا???ج?دة. إ? ا?تح??? ?? ??? ا?تراث ا??ح??ة ?? ا?أج?ا? إ?? أج?ا? ?? ?ب? ا??جت?عات ا??س??ة ا?جا??ة ?د أظ?ر طب?عة ا?إس?ا? ??سا?تارا أ? ا?إس?ا? ا?ذ? ?ب?? ع?? ا?تسا?ح. إ? ا??جت?عات ا??س??ة ا?جا??ة ف? ?ا??ز?ا ???? أ? ت??? ?ثا?ا ف? ب?اء ا??جت?ع ا?إس?ا?? ا?ذ? ?ب?? ع?? ا???? ا?إس?ا??ة ا?شا??ة ?ا??عتد?ة ?ا??تسا?حة. ??ا تختف? ??? ا?تراث ا??ح??ة ?عادات?ا تحت ??? ?تطرفة ???? ?? ا????? تراث ا??جت?عات ا?إس?ا??ة ا?جا??ة ??ا? ?ص??ر ع?? ا???? ا?إس?ا??ة ا?شا??ة? ?ا?س?ا??ة? ?ا??تسا?حة. ??ذ? ?? ا?ث?افة ا?إس?ا??ة ?? ا??جت?عات ا??س??ة ا?جا??ة ف? ??ط?ة سر? ??دا? ?بات? ب?ات. ??د حص?ت ا??جت?عات ا??س??ة ع?? ا?ج?ع ب?? ا?ث?افة ا??ح??ة ?ا?إس?ا? بش?? ?ث??. Abstrak: Komunitas muslim keturunan Jawa merupakan salah satu komunitas Muslim terbesar di Semenanjung Tanah Melayu. Keberadaannya telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kehidupan sosial keagamaan di Semenanjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola migrasi, adaptasi dan tradisi masyarakat Muslim keturunan Jawa di Malaysia khususnya dalam menjalankan keseharian kehidupan keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data perpustakaan, lapangan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan fakta bahwa komunitas Muslim keturunan Jawa di Malaysia tetap memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal yang teraktualisasikan melalui tradisi dan budaya yang ada. Pentransformasian nilai kearifan lokal dari generasi ke generasi oleh komunitas Muslim Jawa telah menampilkan wajah dan karakter Islam Nusantara atau Islam moderat. Komunitas Muslim Jawa di Malaysia dapat menjadi rujukan dalam membangun masyarakat Islam yang bermartabat dengan nilai-nilai Islam yang inklusif, moderat, dan toleran. Kekuatan budaya dan tradisi lokal tidak tenggelam dengan bayang-bayang purifikasi namun justru dapat bersahabat dengan nilai-nilai Islam yang inklusif, kontekstual serta toleran sebagaimana praktik keagaaman masyarakat muslim Jawa di Malaysia. Hal inilah yang dilakukan oleh masyarakat muslim Jawa di kawasan Sri Medan dan Batu Pahat. Mereka dapat menggabungkan tradisi lokal dan keislaman secara intim. Kata Kunci: Migrasi, Adaptasi, Tradisi, Kearifan Lokal

PANDANGAN SH?T{IBĪ TERHADAP GAGASAN MAKNA ??HIR DAN B?T{IN

Hakim, Muhammad Zainul

Dialogia Vol 15, No 2 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: Abu> Isḥāq al-Shāṭibī,  a 14th century Muslim scholar is famous of his idea of maqāṣid shari>ah. He succeeded in formulating fundamental values in the Quran. He is also known to have a different view of the Quran compared to the other uṣūl al-fiqh scholars. This article describes the Shāṭib??s view of the Sufism idea that the Quran conveys ?āhir and bāṭin??s meaning. Shāṭibī concludes that the term zāhir is an understanding of original text as apprehended by the Arabs at the time of the emerge of the Quran. Meanwhile, bāṭin??s meaning is the real purpose of the Quran that Allah intends to. Shāṭibī  believes that leading to the understanding of the meaning of bāṭin can be done through tadabbur, as written by Abū Naṣr al-Sarrāj in al-Lumā. Moreover, Shāṭib applied this idea in formulating the concept of maqāṣid shari>??ah. Although, he acknowledged the validity of interpretation by the meaning of bāṭin, Shāṭibī offers two requirements, namely, first, the meaning of bāṭin is conveyed in accordance to the ?āhir text and it is not deviated from the rules of arabic language. Second, the conveyed meaning is supported by another verse clearly indicating the real meaning of bāṭin. Both requirements reflect the principles of the originality of Qurán and the absolute verses containing al-uṣūl al-kulliyyah. ?ا? أب? ??خص:إسحا? ا?شاطب? ?ف?را ?س??ا ف? ا??ر? ا?رابع عشر? ??عرف حت? ا???? بف?رت? ع? ??اصد ا?شر?عة. ?حص? ا?شاطب? ع?? ص?اغة ا???? ا?أساس?ة ف? ا??رآ? ا??ر??. ??? ا??عر?ف أ?ضا أ? ?د?? ?ج?ة ?ظر ع? ا??رآ? ا?ت? تخت?ف ع? ?عظ? ا?ف??اء ا?آخر??. ? ف? ?ذ? ا???ا?ة شرح ا?شاطب? ع? ا?ف?رة ا?ص?ف?ة بأ? ا??رآ? ?? ?ع?? باط? ??ع?? ظا?ر. ?است?تج ا?شاطب? إ?? أ? ?صط?ح ?ع?? ا?ظا?ر ?? ف?? ا??ص ا?خا?ص? ??ذا ??ا ?ف??? ا?عرب ف? ??ت ?ز???. ?أ?ا ا??ع?? ا?باط? ?? ا??دف ا?ح???? ???رآ? ا?ذ? أراد? ا???. ?است?تج ا?باحث أ? ا?شاطب? ?اف? ع?? ?ذ? ا?ف?رة. ?ا?طر??ة ا?ت? ???? أ? ?ؤد? إ?? ف?? ?ع?? ا?باط? ?? طر??ة ا?تدب?ر? ??ذا ??ا ?تب? أب? ?صر ا?سراج ف? ا???ع. ?أشار أ?? ?اف? ب?ذ? ا?طر??ة ?أ?? ?د استخد??ا ?ص?اغة ?ف??? ??اصد ا?شر?عة. ??? ??د? شرط?? ف? استخدا? ?ذ? ا?طر??ة. أ??ا? أ? ???? إ?تاج ا??ع?? ا?باط? ?ف?ا ?ظا?ر ا??ص ??ا ??حرف ع? ??اعد ا??غة ا?عرب?ة. ثا??ا? ا??ع?? ا???تج ??اسب بآ?ة أخر? ا?ت? تش?ر إ?? صحة ا??ع?? ا?باط? ا?ذ? ت? حص???. ?? ?? ?ذ? ا?شر?ط تص?ر ع? ا??بادئ ا?ت? حص??ا ا?شاطب? ع?? أ? ا??رآ? ا??ر?? عرب? ?إط?ا? ا?آ?ات ا?ت? تحت?? ع?? ا?أص?? ا????ة. Abstrak: Abu> Isḥāq al-Shāṭibī, sarjana Muslim abad ke-14 dikenal hingga kini dengan gagasan maqāṣid sharī??ah. Ia berhasil merumuskan nilai-nilai fundamental dalam al-Qur??an. Ia juga dikenal memiliki pandangan terhadap al-Qur??an yang berbeda dengan kebanyakan ulama uṣūl fiqh lain. Dalam tulisan ini dijelaskan pandangan Shāṭibī mengenai gagasan kaum sufi bahwa al-Qur??an memiliki makna ?āhir dan makna bāṭin. Mengenai konsep makna ?āhir dan bāṭin, Shāṭibī menyimpulkan bahwa yang dimaksud ?āhir adalah pemahaman terhadap teks murni sebagaimana yang dipahami orang Arab pada masa turunnya al-Qur??an. Sementara itu, yang dimaksud bāṭin adalah maksud al-Qur??an sebenarnya yang dikehendaki Allah. Setelah dilakukan penelitian, disimpulkan bahwa Shāṭibī setuju dengan gagasan ini. Adapun metode yang diakui Shāṭibī dapat mengantar menuju pemahaman makna bāṭin adalah dengan tadabbur, sebagaimana yang ditulis oleh Abū Naṣr al-Sarrāj dalam al-Lumāʻ. Penerimaan Shāṭibī terhadap metode ini tidak lepas dari fakta bahwa ia juga menggunakan metode yang sama untuk merumuskan konsep maqāṣid sharīʻah. Meski mengakui keabsahan penafsiran dengan makna bāṭin, Shāṭibī mengajukan dua syarat. Pertama, makna bāṭin yang dihasilkan sesuai dengan kondisi teks secara ?āhir dan tidak melenceng dari kaidah-kaidah bahasa arab. Kedua, makna yang dihasilkan didukung oleh ayat lain secara jelas yang menunjukkan kebenaran makna bāṭin yang diperoleh. Kedua syarat ini mencerminkan prinsip yang dibangunnya yakni kearaban al-Qur??an dan mutlaknya ayat-ayat yang berisi al-uṣūl al-kulliyyah. Keywords: Hermeneutika, Tafsir Sufi, Maqāṣid Sharīʻah, Makna ?āhir dan bāṭin. 

STUDI PERBANDINGAN MODEL ILMU D{ARURI< DALAM NALAR BAYA>NI DAN NALAR BURHA

Lutfi, Ahmad

Dialogia Vol 15, No 1 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: The notion of the epistem in the logical Arabic terminologyis devided by Muh}ammad Abid al-Ja>biri> into three kinds, namely, baya>ni>, burha>ni>, and  irfa>ni>. The distinction of these is made on the basis of its epistemic distinction. Another logical aspect that rarely to be discussed is the type of knowledge d}aru>ri> it. In this category, people assumed that d>aru>ri> is single and there can be agreement about it, bit is not in certain case. The view of knowledge d}aru>ri>  according to baya>n dan burha>n is relatively contradicted. Departing from this contradiction, the writer is intended to analyze it by formulating the problems in the following (1) how is the concept of d}aru>ri> knowledge in each perspective  in regard to the necessary of truths, which should be mutually supportive but the facts are contradictory; (2) how is the difference between d}aru>ri> knowledge in the view of burha>ni> and baya>ni>? By comparing these two perspectives, the objectives of this article is (1) to reveal the form of d}aru>ri> knowledge from both views and (2) to analyze the differences of constitute that form it. ??خص:?س?? عابد ا?جابر? ?ف??? ?ظر?ة ا??عرف?ة ف? ت???? ا?ع?? ا?عرب? ع??  ث?اث أ?سا?? ??? ا?ب?ا? ?ا?بر?ا? ?ا?عرفا?. ?ا?فر? ب?? ?ذ? ا?ث?اثة ب?اء ع?? ?عرف?ت?ا. ??? ا?فر?? ا?ساب?ة ???? أ? ?أخذ ج?ا?ب أخر? س?? ?ض?ة ا??عرف?ة. ??ذا ا?جا?ب ?? ??ع ا?ع?? ا?ضر?ر?. ?ا? ا??اس ?عت?د?? أ? ا?ع?? ا?ضر?ر? ?? ?احد ????? أ? ???? ??ا? اتفا? ح?? ?ذا ا???ض?ع. ???? ف? ا?ح???ة ??س ??ث? ذ??. تتعارض ضر?ر?ة ا?ع?? ف? ا???ط? ا?ب?ا?? ?ا?بر?ا??. ?ب?اء ع?? ?ذ? ا??سأ?ة أر?د أ? أبحث ف? ??ع?? ?? ا?ع?? ا?ضر?ر?? ?أسئ?ة ?ذا ا?بحث أ??ا? ??ف ??ا?ة ا?ع?? ا?ضر?ر? ف? ?? ?? ?ذا ا?ع?? ا?ذ? ??بغ? أ? ت??? ?طاب?ة ???? ف? ا?ح???ة ?? ?ت?ا?ضة. ثا??ا? ??ف ا?فر? ب?? ا?ع?? ا?ضر?ر? ف? ا?ع?? ا?بر?ا?? ?ا?ب?ا??? ??ا?ت أ?داف ?ذا ا?بحث ???شف ع? ش?? ا?ع?? ا?ضر?ر? ?? ج?ة ا?ع?? ا?ب?ا?? ?ا?بر?ا?? ?ا??شف ع? أسباب ا?اخت?افات ا?ت? ?ب?? ع???ا. Abstrak: Pemikiran epistem dalam kancah nalar Arab dipetakan oleh Muh}ammad ??Abid al-Ja>biri> dalam tiga nalar, yakni nalar baya>ni>, burha>ni>, dan??irfa>ni>. Pembedaan tiga kategori nalar ini dibuat berdasarkan perbedaan epistemnya. Dari perbedaan itu ada aspek yang menarik untuk dibuat sebuah kategori baru dalam hal pembedaan nalar selain persoalan epistem, yang selama ini masih jarang dilakukan. Aspek yang menarik selain kategori epistem tersebut adalah kategori jenis ilmu d}aru>ri>nya. Dalam kategori ilmu ini, selama ini orang menyangka bahwa ilmu d}aru>ri> itu tunggal dan bisa terjadi kesepakatan tentangnya. Namun dalam masalah ini ternyata tidak demikian. Ked}aru>riahan ilmu dalam nalar baya>n dan burha>n bahkan terjadi pertentangan yang cukup tajam. Berangkat dari pertentangan ilmu dloruri dalam dua nalar ini, kami ingin menelusuri dua bentuk ilmu d}aru>ri> dalam kedua nalar tersebut, yang rumusan masalahnya adalah pertama, bagaimana sejatinya ilmu d}aru>ri> pada masing-masing nalar ini dalam menganggap kebenaran yang berfaedah niscaya, yang seharusnya saling mendukung tapi kenyataanya saling bertentangan?. Kedua, bagaimana perbedaan antara ilmu d}aru>ri>i dalam dalam nalar burha>ni> dan nalar baya>ni>? Dengan membandingkan kedua hal ini maka tujuan yang akan dicapai dari pembahasan pertama adalah mengungkap bentuk ilmu d}aru>ri> dari kedua nalar dan dari masalah yang kedua tujuannya adalah menelusuri perbedaan yang menjadi pembentuknya. Kata kunci: Nalar Baya>ni>, Burha>ni>, ??Irfa>ni>, dan Ilmu D}aru>ri>

SEMIOTIKA AL-QUR??AN: REPRESENTASI MAKNA VERBA REFLEKTIF PERILAKU MANUSIA DALAM SURAT Al-M???ŪN DAN BIAS SOSIAL KEAGAMAAN

Hanafi, Wahyu

Dialogia Vol 15, No 1 (2017): Dialogia jurnal Studi Islam dan Sosial
Publisher : STAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract: This study aims to scientifically revealed the signs and symbols of human behavior reflective verbs in the surah al-Māūn based on the discourse of semiotics of the Quran and convey its meaning in religious social bias. The research employed interpretative-qualitative design. The social and religious bias is asserted in the Quran of Surat al-Māūn. In describes the characteristics of people who deceive the religion. Semiotics as one of approach to the study of the Quran deals with constructing the meaning of the language of the Quran by a sign system. The findings showed that the characteristics of those who deceived religion in Surat al-Māūn are in the following: (1) people who do not provide donations to orphans for the sake of their survival life (2) people who do not encourage others to donate their wealth to the poor;(3) the person who neglect his prayers, such as postponing prayer until the time is over, praying without fulfilling its necessity (4) people who like to show off (riya>) in terms of worship and muamalah in order to be appreciated more by others and (5) people who are reluctant to provide assistance to others both physically and non physically for certain reasons. ??خص: ?ا?ت أ?داف ?ذ? ا?دراسة تح??? ا?ع?ا?ات ?ا?ر?ا?ز ?? ا?أفعا? ا?ت? تص?ر س??? ا?إ?سا? ف? س?رة ا??اع?? با?دراسة ا?س???ائ?ة ف? ا??رآ? ?شرح ?عا???ا ف? ا?تح?ز ا?اجت?اع? ا?د???. ?ا?طر??ة ا??ستخد?ة ?? ??ع?ة- تفس?ر?ة. ا?تح?ز ا?اجت?اع? ?ا?د??? ?د ?تب ف? ا??رآ? ا??ر?? ف? س?رة ا??اع??. ب??ت ?ذ? ا?س?رة خصائص ا??اس ا?ذ?? ??ذب?? با?د??. ا?س???ائ?ة ????ج دراسة ا??رآ? تسع? إ?? ب?اء ?ع?? أ?فاظ ا??رآ? ب?ظا? ا?ر??ز. ????ج تفس?ر ا?ر?ا?ز با?تضافر  ب?? ا?ر?ز ?ا??ر??ز حت? ظ?رت ا??عا?? ا?جد?دة. ?است?ادا إ?? ا?دراسة ا?س???ائ?ة فإ? خصائص ا?ذ?? ?ذب?ا با?د?? ف? س?رة ا??اع?? ??: أ??ا? ا??اس ا?ذ?? ?ا ??د??? أ?? ش?ء إ?? ا??تا?? ??ضاء ?تط?بات ح?ات??. ثا??ا? ا??اس ا?ذ?? ?ا ?شجع?? ??رشد?? ا?آخر?? ع?? ت?د?? ا?تبر?ع ?ا?أغذ?ة ???سا???. ثا?ثا? ا??اس ا?ذ?? ?????? ص?ات?? ??ذا ??? ?ؤخ?ر ا?ص?اة حت? فات ??ت?ا? ??? ?ؤد?? ا?ص?اة ???? بعد? أداء شر?ط?ا ?أر?ا??ا? أ?ا?ذ? ?ا ?خشع ف? ص?ات?. رابعا? ا??اس ا?ذ?? ?راء?? ف? ا?عبادة ?ا??عا??ة أ?ا? ا?آخر??. خا?سا? ا??اس ا?ذ?? ?ا?ساعد?? ا?آخر?? جسد?ا أ?غ?ر جسد? ?سبب ?ا.  Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara ilmiah tanda-tanda dan lambang-lambang verba reflektif perilaku manusia dalam surat al-Mā??ūn berdasarkan wacana semiotika al-Qur??an serta mendeskripsikan maknanya dalam bias sosial keagamaan. Metode yang digunakan adalah kualitatif-interpretatif. Bias sosial dan keagamaan telah tercatat dalam al-Qur??an surat al-Mā??ūn. Dalam surat tersebut dijelaskan mengenai ciri-ciri orang yang mendustakan agama. Semiotika sebagai salah satu pendekatan studi al-Qur??an berupaya untuk mengkonstruksi makna bahasa al-Qur??an dengan sistem tanda. Metode interpretasi tanda adalah dengan mensinergikan antara petanda dan penanda sehingga melahirkan representasi makna yang baru. Berdasarkan pembacaan semiotika, ciri-ciri orang yang mendustakan agama dalam surat al-Mā??ūn adalah pertama, orang yang tidak memberikan santunan berupa apapun kepada anak-anak yatim demi keberlangsungan hidup selamanya. Kedua, orang yang tidak memberi dorongan dan anjuran kepada orang lain untuk memberi santunan dan makanan kepada orang-orang miskin yang membutuhkan. Ketiga, orang yang lalai dalam salatnya, seperti menunda-nunda mengerjakan shalat sehingga waktunya habis, melaksanakan salat dengan tidak memenuhi syarat dan rukunnya, atau tidak khusyu?? dalam salat. Keempat, orang yang suka pamer (riya>??) dalam hal ibadah dan muamalah agar dinilai lebih oleh orang lain. Kelima, orang yang enggan memberikan bantuan baik secara fisik maupun non fisik kepada orang lain karena sebab tertentu. Kata Kunci; Semiotika, al-Mā??ūn, Sosial, Agama.