cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS
ISSN : -     EISSN : 25483587     DOI : -
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, Multimedia Application, IT/IS Audit dan Sistem Penunjang Keputusan. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember). E-ISSN: 2548-3587
Arjuna Subject : -
Articles 60 Documents
Pengujian Black Box Menggunakan Metode Cause Effect Relationship Testing Safitri, Nadya; Pramudita, Rully
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pengujian merupakan sebuah tahapan yang dilakukan oleh tester untuk menemukan kesalahan yang ada di suatu perangkat lunak. Salah satu teknik testing yang sering digunakan yaitu black box  testing. Pada penelitian ini akan dicoba menerapkan teknik black box  testing. Teknik black box  testing terdiri dari beberapa cara, yaitu Equivalence Partitioning, Boundary Value Analysis / Limit Testing, Comparison Testing, Sample Testing, Robustness Testing, Behavior Testing, Requirement Testing, Performance Testing, Endurance Testing, Cause-Effect Relationship Testing.Cause Effect Relationship merupakan cara pengujian dengan melakukan ujicoba yang dilakukan berdasarkan kondisi logikal dan aksi yang berhubungan. Hasil pengujian ini memberikan kesimpulan mengenai kebenaran fungsi dari aplikasi yang diuji serta apa saja kesalahan yang masih terdapat didalamnya.   Kata kunci: Aplikasi, Black Box, Cause, Effect, Pengujian   Abstract:  Testing is the stage carried out by the tester to find errors that exist in the software. One testing technique that is often used is black box  testing. In this study we will try to apply the black box  testing technique. Black box  testing techniques consist of several ways, namely Equivalence Partitioning, Boundary Value Analysis / Boundary Testing, Comparative Testing, Sample Testing, Robustness Testing, Behavioral Testing, Needs Testing, Performance Testing, Durability Testing, Testing of Cause and Effect Relations. how to test by conducting tests based on logical conditions and related actions. The results of this test provide conclusions about the functions of the applications that support and what is still in it.   Keywords: Application, Black box, Cause, Effect,Testing
Strategi Knowledge Management Untuk Meningkatkan Pengetahuan Berdasarkan Knowledge-Based Organizational Model Rakhmah, Syifa Nur
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Strategi manajemen pengetahuan sangat dibutuhkan saat ini, disebabkan tingginyapersaingan pada perusahaan telekomunikasi membuat perusahaan harus meningkatkan asetperusahaan salah satunya adalah sumber daya manusia. Dalam studi sebelumnya telahdisampaikan pada Strategic Knowledge Management: In Search Of A Knowledge-BasedOrganizational Model, dengan studi kasus pada salah satu perusahaan besar di negara Brazil.Strategi knowledge management dibutuhkan tidak hanya selama pembangunan knowledgemanagement, tetapi juga saat knowledge management telah diterapkan. Hal ini dikarenakanperkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat dan signifikan. Strategi yang dibuat10 tahun lalu berbeda dengan perencanaan strategi 10 tahun kedepan. Dalam penelitian iniknowledge-based organizational model digunakan sebagai pencarian solusi dalam penerapanstrategi knowledge management supaya menyelesaikan permasalahan yang dihadapi karyawansaat ini. Sebelum mengimplementasikan knowledge-based organizational model makadiperlukan pengukuran terlebih dahulu berkaitan dengan mutu maupun kualitas sumber dayamanusia yang ada pada PT Telekomunikasi Indonesia Indonesia Jakarta menggunakan skalalinkert dan pengujian mutu management sumber daya manusia dengan penggabunganpendekatan knowledge management serta ISO 9000 dan EFQM Kata Kunci: knowledge-based, manajemen pengetahuan, strategi manajemen pengetahuan Abstract: Knowledge management strategy is needed at this time, due to the high competitionin the telecommunications company made the company should be increase the assets of thecompany one of them is human resources. In a previous study was submitted to the StrategicKnowledge Management: In Search Of A Knowledge-Based Organizational Model, with a casestudy on one of the major companies in the country of Brazil. Knowledge managementstrategies are needed not only for the development of knowledge management, but also whenknowledge management have been applied. This is because the development of technology iscurrently growing very fast and significant. The strategy were made 10 years ago is differentfrom 10 years of strategic planning. In this study, knowledge-based organization model is used as the search for solutions in the application of knowledge management strategies in order toresolve the problems facing today's employees. Before implementing knowledge-basedorganizational model of the measurement required in advance related to the quality and thequality of human resources at PT Telekomunikasi Indonesia Indonesia Jakarta using linkertscale and quality testing management of human resources with the incorporation approachknowledge management as well as ISO 9000 and EFQM Keywords : knowledge-based, knowledge management, knowledge management strategy.
Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perpustakaan Umum Jakarta Timur Retnoningsih, Endang
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 1 No 1 (2016): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2016)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perpustakaan umum merupakan bagian dalam meningkatkan taraf kecerdasan masyarakat terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengetahuan lainnya. Sejalan dengan fungsi dalam memberikan pelayanan kepada anggota dan pengunjung maka pengelola perpustakaan dihadapkan pada berbagai masalah administrasi pengelolaan data anggota, pengelolaan data buku, data peminjaman dan pengembalian buku sampai penyajian laporan dari tiap kegiatan. Proses administrasi yang tidak dengan komputerisasi terasa kurang memadai dalam menentukan optimalitas pelayanan perpustakaan. Pendekatan penelitian dan pengembangan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) untuk pengembangan sistem aplikasi perpustakaan. Aplikasi sistem informasi perpustakaan membantu administrasi perpustakaan dalam meningkatkan optimalitas pelayanan kepada anggota dan pengunjung serta mengikuti kecepatan perkembangan eksistensi perpustakaan dalam menjalankan perannya menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum. Kata kunci: pengetahuan, perpustakaan, SDLC, sistem informasi Abstract: The public library is a part in improving the intelligence community to the advancement of science and technology and other knowledge. In line with the functions in providing services to members and visitors of the library managers faced with various problems managing member data administration, data management book, Data borrowing and returning books to the presentation of reports from each activity. Administrative process is not computerized feels inadequate in determining the optimality of library services. Approach to research and development using the System Development Life Cycle (SDLC) for system development applications library. Library information system helps in improving optimality library administration services to members and visitors as well as keep pace with the development of the library's existence in their role to spread knowledge to the general public. Keywords: information systems, knowledge, library, SDLC
Kualitas Layanan Website E-Commerce Lazada.co.id Menggunakan Teknik Pengukuran WebQual Agustina, Nani
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 1 No 1 (2016): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2016)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: E-commerce di Indonesia berkembang pesat, dengan kondisi seperti ini menandakan mulai meningkatnya pemanfaatan teknologi informasi. Kualitas dari website e-commerce dapat berpengaruh pada banyaknya pelanggan yang memutuskan untuk berbelanja online pada e-commerce tersebut, untuk mengetahui tinggi dan rendahnya kualitas sebuah website ditentukan pada sebuah standart dengan metode webqual. Pada penelitian ini membahas dari 4 (empat) aspek yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi, kualitas interaksi, dan kepuasan pelanggan terhadap website lazada.co.id. Jumlah responden yang diambil sebanyak 34 responden, dimana pengolahan data untuk mengetahui hasil dari kepuasan layanan terhadap website lazada.co.id dengan menggunakan SPSS, dan untuk mengetahui persepsi dan harapan dari responden menggunakan IPA (Importance Performance Analysis). Diduga terdapat hubungan yang positif terhadap layanan yang telah diberikan website lazada.co.id tehadap variable kegunaan (usability), variable kualitas informasi, variable kualitas interaksi, dan variable kepuasan pelanggan. Kata kunci: Kepuasan Layanan, Kualitas Website, Webqual Abstract: E-commerce in Indonesia is growing rapidly, with this condition indicates an upswing in the use of information technology. The quality of e-commerce website can affect the number of customers who decided to shop online on the e-commerce, to determine the high and the low quality of a website is determined on a standard method WebQual. In this research study of four (4) aspects of usability (usability), quality of information, interaction quality, and customer satisfaction lazada.co.id website. The number of respondents who were taken as many as 34 respondents, where processing the data to determine the result of the website lazada.co.id service satisfaction by using SPSS, and to find out the perceptions and expectations of respondents using IPA (Importance Performance Analysis). Allegedly there is a positive relationship to the services that have been given variable tehadap lazada.co.id website usability (usability), variable quality of information, variable quality of interaction, and variable customer satisfaction.. Keywords: Service Satisfaction, Website Quality, WebQual
Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Irnawati, Oky
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ikut berperan dalam meningkatkan mutu serta pelayanan setiap instansi, termasuk instansi yang bergerak dalam bidang koperasi simpan pinjam. Pengolahan data dalam jumlah besar yang dilakukan secara terkomputerisasi dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin bisa terjadi akibat human error dan mempersingkat waktu pengolahan melebihi kecepatan manusia. Sistem pengolahan data simpan pinjam pada Koperasi yang masih dilakukan secara manual sering kali menimbulkan beberapa kendala diantaranya kesalahan dalam pencatatan transaksi simpan pinjam, lambatnya proses pencarian data dan pengolahan data transaksi simpan pinjam, adanya duplikasi data, serta penyediaan laporan memerlukan waktu yang cukup lama. Sistem manual membuat data tidak akurat, tidak efektif dan efisien. Sistem komputerisasi diharapkan menjadi solusi untuk permasalahan-permasalahan yang terjadi. Waterfall digunakan sebagai metode penelitian untuk menjelaskan alur hidup sistem. Penulis menggunakan bahasa pemrograman java untuk merancang program koperasi simpan pinjam serta mysql untuk mengelola databasenya. Hasil dari penelitian berupa rancang bangun program berbasis desktop dengan menggunakan software netbeans IDE 1.8.   Kata kunci: koperasi simpan pinjam, sistem informasi.   Abstract: Development of information technologies that accelerate played a role in improving the quality of every agency of services, Including agency engaged in savings and loans cooperative. Data processing in large numbers conducted in computerized able to minimize the wrong may happen due to human error And processing shorten time over human speed . System data processing savings and loan in cooperatives that is still done manually often causes a number of problems of them error in recording transactions savings and loan, searching the data and the data processing savings and loan transactions , the presence of duplicating data , and the provision of the report calls for a long time. Manual system make data inaccurate , was not very effective and efficient . A computerized system is expected to be the solution for the problems that occur. Waterfall used as the methodology to explain the live system . The writers use java programming language to designing programs loan and save cooperative and mysql format to manage the databases .The results of the study in the form of engineering desktop based programs as using software netbeans 1.8 IDE.   Keywords: information system, savings and loans cooperative.
Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien Untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method Ridwansyah, Ridwansyah
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Masalah antrian sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari seperti pada antrian pasien rumah sakit, pasien yang datang memiliki pola kedatangan dengan disiplin antrian yang daftar pertama akan dilayani pertama (First In First Out). Meningkatnya jumlah pasien yang ada pada saat ini akan membuat antrian yang panjang dalam proses pendaftaran maupun pemeriksaan dan akan menyebabkan kejenuhan pasien yang nantinya akan membatalkan pendaftaran atau pemeriksaan. Oleh Karena itu untuk mempercepat proses antrian pasien dibutuhkan suatu aplikasi untuk dapat mengatasi antrian panjang, Dengan adanya aplikasi pendaftaran dan pemeriksaan pasien berdasarkan dari hasil waiting line method tidak ada lagi antrian panjang dan memakan waktu yang lama. Kata kunci: antrian, pelayanan, peningkatan kinerja, waiting line.   Abstract: Problems a queue often the case in daily activities as on queue hospital patients, Patients attending having a pattern the arrival of With discipline a queue one who lists first be served first. An increase in the number of patients that existing at the present time will make queue forever a long in the process of registration and examination and will cause surfeit patients which will be cancel registration or examination. Hence to speed up the process a queue patients is required a application to solve long queues, With available application the registration and examination patients based on from the waiting line method No more long queues and feed on a long time. Keywords: performance improvement, queue, service, waiting line.
Pemodelan Knowledge Management Berbasis Web Studi Kasus Budidaya Lele ARRA FARM Sansprayada, Arfan
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 1 No 1 (2016): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2016)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Budidaya lele ARRA FARM adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pelatihan, penjualan bibit dan lele konsumsi sangkuriang. Penerapan knowledge management tersebut nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada khususnya para pembudidaya lele. Knowledge management merupakan usaha untuk meningkatkan knowledge yang berguna dalam organisasi. Knowledge management tidak hanya merupakan pengaturan akan knowledge, namun lebih pada manajemen suatu organisasi dengan fokus khusus terhadap knowledge. Penerapan knowledge management dengan sebuah sistem berbasiskan web, diharapkan dapat menjadi solusi dari kebutuhan aliran knowledge yang tidak dihalangi oleh batasan waktu dan tempat. Penelitian ini akan mengembangkan model knowledge management system dan merancang prototype dari model yang dikembangkan. Metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan analisis faktor kontingensi untuk mendapatkan model knowledge management system tersebut. Model knowledge management system yang dihasilkan mendukung proses Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi, Internalisasi (SECI). Knowledge management system ini dikembangkan sebagai sarana knowledge sharing pada budidaya lele ARRA FARM. Kata kunci : Knowledge, Knowledge Management, Knowledge Management System, Knowledge Sharing. Abstract: Farmers catfish is an organization that specializes in training, seed sales and consumption of catfish sangkuriang. Implementation of Knowledge Management seems to have become a fundamental requirement for improving the quality of human resources available, especially the catfish farmers. Knowledge Management is an attempt to increase useful knowledge within the organization. Knowledge Management is an arrangement will not only knowledge, but rather on the management of an organization with a special focus on knowledge. Application of Knowledge Management with a web-based system, is expected to be the solution of the flow of knowledge needs that are not hindered by constraints of time and place. This research will develop a model of Knowledge Management System and designing a prototype of the model developed. The methodology used is to do a contingency factor analysis to obtain the model of Knowledge Management System. Model of Knowledge Management System generated to support the process of Socialization, Externalization, Combination, Internalisation (SECI). Knowledge Management System was developed as a means of knowledge sharing in the fish farmers. Keywords : Knowledge, Knowledge Management, Knowledge Management System, Knowledge Sharing.
Prediksi Website Pemancing Informasi Penting Phising Menggunakan Support Vector Machine (SVM) Halim, Zuhri
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet berdampak pada semua sektor kehidupan manusia tidak terkecuali dengan sektor perbankan dan keuangan. Selain memberikan dampak positif dengan dipermudahnya pelanggan dalam proses transaksi yang dapat dilakukan kapanpun dan  di  manapun  tanpa  dibatasi  oleh  ruang  dan  waktu  menggunakan  media internet, juga membawa potensi besar terhadap pihak-pihak yang tak bertanggungjawab untuk melakukan pencurian data dan informasi penting, salah satunya  dengan  teknik  phishing,  sehingga  metode  untuk  mendeteksi  serangan situs phishing memerlukan perhatian serius. Dalam penelitian ini penulis telah melakukan memberikan gambaran metode yang paling akurat untuk mendeteksi website phishing dengan membandingkan tiga metode antara lain Support Vector Machine, Naïve Bayes, dan Decision Tree menggunakan dataset publik dari UCI Machine Learning Repository (www.uci.edu) yang dioptimasi dengan feature selection dan diolah menggunakan program RapidMiner. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Decision Tree mempunyai tingkat akurasi sebesar 91,84%,  metode  Naïve  Bayes  sebesar  74,07%  dan  Support  Vector  Machine sebesar 92,34%.  Hal  ini  menunjukan  bahwa metode  Support  Vector  Machine mempunyai tingkat akurasi yang paling tinggi..   Kata Kunci: Decision Tree, Naïve Bayes, Phishing, Support Vector Machine   Abstract: The development of information and communication technologies, especially the Internet, have an impact in all sectors of human life with exception in the banking and financial sectors in addition to a positive impact to make essier customer in the transaction process that can do anytime and anywhere without being limited by space and time using the internet, it also brings great potential against parties not responsible for the theft of critical data and information, one of them  with  phishing  techniques,  so  the  method  for  detecting  a  phishing  site requires serious attention. In this study the authors try to give an overview of the most accurate methods to detect phishing websites to compare three methods such as Support Vector Machine, Naïve Bayes, and Decision Tree using public datasets from  the  UCI  Machine  Learning  Repository  (www.uci.edu)  optimized  with feature selection and processed using RapidMiner program that showed Decision Tree has a accuracy rate of 91.84%, Naïve Bayes method amounted to 74.07% and  Support  Vector  Machine  by 92.34%. Hereby declare  that  the  method  of Support Vector Machine has the highest degree of accuracy.   Keyword: Decision Tree, Naïve Bayes, Phishing, Support Vector Machine
Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle Dalam Pembelajaran Online Retnoningsih, Endang
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Abstrak: E-learning adalah proses belajar yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. E-learning dapat mengakomodasi sistem pembelajaran yang mengatur peran pengajar, siswa, pemanfaatan sumber belajar, pengelolaan pembelajaran, sistem evaluasi dan monitoring pembelajaran.  Suatu sistem pengelolaan pembelajaran online terintegrasi yaitu Learning Management System (LMS). Dengan Edmodo akan lebih mudah memonitor interkasi siswa dalam Edmodo Learning Environtment. Edmodo dirancang untuk membuat siswa bersemangat belajar dilingkungan yang lebih akrab. Moodle adalah sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam "ruang kelas" digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Edmodo dan Moodle merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online karena terdapat banyak fitur-fitur yang ditawarkan dalam hal mengoptimalkan pembelajaran juga mempermudah kegiatan belajar mengajar antara pengajar dan siswa.   Kata kunci: edmodo, e-learning, learning management system, moodle   Abstract: E-learning is a learning process that is facilitated and supported through the utilization of Information and Communication Technology. E-learning can accommodate learning systems that regulate the roles of teachers, students, use of learning resources, learning management, evaluation systems and monitoring of learning. Learning Management System (LMS). With Edmodo it will be easier to monitor student interactions in Edmodo Learning Environtment. Edmodo is designed to make students eager to learn in a more familiar environment. Moodle is an application program that can transform a learning medium in web form. This application allows students to enter digital "classroom" to access learning materials. Edmodo and Moodle is an excellent choice to use as an online learning medium because there are many features offered in terms of optimizing learning as well as teaching and learning activities between teachers and students.   Keywords: edmodo,e-learning, learning management system, moodle
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Peralatan Kantor Pada Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Sepdiantara, Yudista Cahyadi; Haryanti, Tuti
INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Strategi manajemen pengetahuan sangat dibutuhkan saat ini, disebabkan tingginya persaingan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar merupakan Instansi Pemerintahan yang bergerak di bidang pendidikan dibawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar sendiri terbagi menjadi 5 Sub Direktorat terdiri dari Sub Direktorat Program dan Evaluasi, Sub Direktorat Kelembagaan dan Peserta Didik, Sub Direktorat Sarana dan Prasarana, Sub Direktorat Kurikulum dan Sub Bagian Tata Usaha yang dalam hal ini penulis melakukan penelitian di Sub Direktorat Program dan Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dalam pemilihan supplier terbaik sesuai kriteria yang ditentukan dan diharapkan supplier yang terbaik dapat konsisten dalam mempertahankan kriteria yang ditentukan supaya tidak mengecewakan. Sistem pendukung keputusan digunakan untuk merancang seluruh tahap pengambilan keputusan mulai dari mengidentifikasikan masalah, pengumpulan data yang relevan dan menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan sampai mengevaluasi pemilihan alternatif-alternatif yang ada. Sistem Pendukung keputusan ini menggunakan metode AHP  dalam pemilihan supplier, Metode AHP  (Analytic Hierarchy Process) ini dibantu dengan Aplikasi Expert Choice 2000 .   Kata kunci: : Pemilihan Supplier, Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process, Expert Choice 2000   Abstract: Directorate of Primary School is a Government agency which is engaged in the field of education under the auspices of the Directorate General of Primary and Secondary Education, Ministry of Education and Culture. Directorate of Primary School itself is divided into five sub-directorate is composed of Sub Directorate of Program and Evaluation, Sub Directorate of Institutional and Students, Sub Directorate of Infrastructures, Sub Directorate of Curriculum and Sub-Division of Administration that in this case the author conducted research in Sub Directorate of Program and Evaluation. This study aims to assist the Directorate of Primary Schools in suppliers selection according to the criteria specified and expected supplier that can best be consistent in maintaining the specified criteria so as not to disappoint. Decision support systems used to design all stages of decision making ranging from identifying issues, gathering relevant data and determine the approach used in the decision making process to evaluate the selected alternatives exist. This decision support system using AHP in supplier selection, AHP method (Analytic Hierarchy Process) is assisted by 2000 Applications Expert Choice.   Keywords: Supplier Selection, Decision Support Systems, Analytical Hierarchy Process, Expert Choice 2000