JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) adalah jurnal olahraga yang berlandasakan pendidikan. Memberikan informasi dalam berbagai lingkup isu-isu pendidikan jasmani, rekreasi dan olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) diharapkan mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas publikasi ilmiah berdasarkan persfektif teori-teori dan terbarukan di Indonesia.
Articles 86 Documents
Kontribusi Keterampilan Gerak Fundamental terhadap Keterampilan Bermain Small-Sided Handball Games

Fadilah, Mei, Wibowo, Ricky

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 3, No 1 (2018): Empowering all student to active live and healthy through physical education
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1373.892 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v3i1.7667

Abstract

In doing physical activities, elementary school students tend to enjoy various types of games. Game activities consists of various movement skills and games skills that must be mastered by students in order to obtain success during the games. The purpose of this study was to examine the correlation and contribution of fundamental movement skills toward games skills using small-sided handball games in elementary students. The method used was descriptive quantitative method. The subjects of the study were fourty 3rd grade students. The instrument used to measure FMS was by Test of Gross Motor Development - Second Edition (TGMD-2) consisting of locomotor and object control skills. While games skills consisting of games involvement (GI) and Games performance (GP) were measured using the observation format of Game Performance Assessment Instrument (GPAI) by selecting three main components there are  decision making component, skill execution and support on invasion game activity format. The results indicated that the FMS level was significantly correlated with games skills at a moderate levels (r = 0.47 and 0.43 for each GI and GP). Fundamental movement skills contributed 21.8% to GI and 18.6% contributed to GP. The results supported the hypothesis that fundamental movement skills have a significant correlation that is at a moderate level with games skills. ABSTRAKDalam melakukan aktivitas fisik, anak usia sekolah dasar cenderung menyenangi berbagai jenis permainan. Aktivitas permainan terdiri dari berbagai keterampilan gerak dan keterampilan bermain yang harus dikuasai siswa agar memperoleh keberhasilan dalami suatu permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi dan kontribusi keterampilan gerak fundamental terhadap keterampilan bermain permainan small-sided handball pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III  yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur Keterampilan gerak fundamental adalah dengan Test of Gross Motor Development - Second Edition (TGMD-2) terdiri dari subdomain keterampilan lokomotor dan objek kontrol. Sedangkan keterampilan  bermain yang terdiri dari keterlibatan bermain (GI) dan penampilan bermain (GP) diukur menggunakan format observasi Game Performance Assessment Instrument (GPAI) dengan memilih tiga komponen yang disesuaikan  dan support pada format aktivitas permainan invasi. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat keterampilan gerak fundamental secara signifikan berkorelasi dengan keterampilan bermain pada tingkat sedang (r = 0.47 dan 0.43 untuk masing-masing GI dan GP). Keterampilan gerak fundamental berkontribusi sebesar 21.8% terhadap GI dan 18,6% berkontribusi terhadap GP. Hasil penelitian mendukung hipotesis bahwa keterampilan gerak fundamental memiliki korelasi yang signifikan yaitu pada tingkat sedang terhadap keterampilan bermain. 

PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING MELALUI GAYA MENGAJAR GUIDED-DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Stephani, Mesa Rahmi

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 2016
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.979 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i2.10911

Abstract

This article is presented through a study of literature to explain the association of guided-discovery teaching styles with an effort to increase higher-order thinking that can also be said to be the level of critical thinking. In the guided-discovery teaching style, the teacher guides the student into discovery learning situations on movement problem. Movement problem solved is based on discovery results, from the process of knowing, understanding, applying, analyzing, synthesizing, and evaluating.Keywords: Guided-Discovery Teaching Style & Higher-Order Thinking.         ABSTRAKArtikel ini disajikan melalui kajian teoritis yang berupaya memaparkan keterkaitan gaya mengajar guided-discovery dengan upaya peningkatan higher-order thinking yang dapat pula dikatakan tingkat berpikir kritis. Pada gaya mengajar guided-discovery, guru membimbing siswa ke dalam situasi pembelajaran discovery tentang pemecahan masalah gerak. Pemecahan masalah gerak dilakukan berdasarkan hasil discovery, mulai dari proses mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi.Kata kunci: Gaya Mengajar Guided-Discovery & Higher-Order Thinking.          

PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL TERHADAP NILAI DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN PASCA PENDIDIKAN JASMANI

Fath Ermadinoto1, Ummahatul Illiyyin Al Fath

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 2 2016
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.329 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i2.5660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran permainan bola bakar terhadap nilai disiplin siswa pada mata pelajaran pasca pendidikan jasmani kelas VIII di SMP Negeri 2 Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Perlakuan diberikan sebanyak 12 kali pertemuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Subang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 44 siswa kelas VIII B. Instrumen yang digunakan adalah angket dan observasi. Angket yang valid sebanyak 39 butir soal dari 50 butir soal. Untuk uji reliabilitas diperoleh thitung (20,095) ≥ ttabel (2,040), yang berarti bahwa angket dinyatakan reliabel. Dari hasil pengolahan data diperoleh thitung (2,1350) > ttabel (1,68), dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap nilai disiplin siswa pada mata pelajaran pasca pendidikan jasmani melalui pembelajaran permainan bola kecil (permainan bola bakar) di SMP Negeri 2 Subang.

Perbandingan Model Pendekatan Taktis Dan Pendekatan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Permainan Kasti

Willy, Muhamad

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 2016
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.73 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i1.3659

Abstract

 Hasil temuan peneliti dari 40 siswi sebagai objek penelitian di dapat signifikansi sebesar 0,000 presentasi peningkatannya sebesar 23,14%  atau (8,35 ± 1,31 vs 10,70 ± 1,13) untuk pendekatan taktis dan 0,004 untuk pendekatan tradisional presentasi peningkatannya adalah sebesar 15,52% atau (8,05 ± 1,32 vs 9,30 ± 1,26) perbedaan didapat signifikasi sebesar 0,000 presentasi peningkatannya sebesar 88% atau (2,35 ± 0,67 vs 1,25 ± 0,55) dari hasil penelitian tersebut maka didapat hasil pendekatan taktis lebih besar signifikansinya dibandingkan pendekatan tradisional, maka dari itu peneliti merekomendasikan penggunaan pendekatan taktis untuk olahraga permainan.

Keterampilan Renang Gaya Kupu-Kupu melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Akuatik

Sriningsih, Sriningsih

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.27 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i2.8178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan keterampilan renang gaya kupu-kupu pada mahasiswa di STKIP Pasundan Cimahi. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan (Actions Research) dengan pengambilan data kuantitatif, dimana pelaksanaan penelitian ini melibatkan 1 dosen mata kuliah renang dan 2 pelatih renang Kota Cimahi sebagai kolaborator dan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus pertama peneliti mengidentifikasi dan memberikan konsep teknik dasar renang gaya kupu-kupu pada mahasiswa melalui pendekatan bermain. Pada siklus ke dua, penelitian lebih diutamakan teknik nafas dan koordinasi renang gaya kupu-kupu lebih variatif melalui pendekatan bermain seperti permainan kibas tali tiga orang secara statis dan dinamis, kibas tali dua orang statis dan dinamis, serta gerakan tangan bebas kaki kupu-kupu. Melalui pendekatan bermain memberikan suasana berbeda didalam pelaksanaan pembelajaran, mahasiswa lebih aktif secara psikomotor. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan penguasaan renang gaya kupu-kupu.

Gaya Mengajar Otoriter dan Demokratis terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas

Ishak, Muchamad

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.509 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i1.6405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh gaya mengajar otoriter dan gaya mengajar demokratis terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC CicalengkaKabupaten Bandung.   Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota klub renang RYC yang berjumlah 30 orang, dengan teknik total sampling. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu gaya mengajar otoriter dan gaya mengajar demokratis, serta satu variabel terikat yaitu renang gaya bebas. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes renang gaya bebas dengan jarak 25 meter. Metode penelitian adalah metode eksperimen.  Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya mengajar demokratis terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC Cicalengka Kabupaten Bandung. Gaya mengajar demokratis lebih signifikan dibandingkan dengan gaya mengajar otoriter terhadap hasil belajar renang gaya bebas di klub RYC Cicalengka Kabupaten Bandung.

Pengaruh Model Pembelajaran Personal terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Bermain Futsal Siswa

Sumpena, Asep

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 1 2017
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.307 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i1.6395

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran personal terhadap kepercayaan diri siswa dan hasil belajar bermain futsal siswa pada ekstrakurikuler futsal putra SMA Nasional Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Nasional Bandung yang mengikuti ekstrakurikuler futsal sebanyak 20 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen kepercayaan diri menggunakan angket, sedangkan hasil belajar bermain menggunakan GPAI (Game Performance Assesment Instrument).  Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang diperoleh dapat diketahui nilai signifikansinya adalah 2,024 dengan hasil pengujian angket kepercayaan diri 2,512 dan hasil pengujian hasil belajar bermain 3,715. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 2,024 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran personal (personal models) berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar bermain futsal siswa.

Penerapan Model-Model Permainan Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Aktivitas Permainan Rounders

Fikri, Ikbal Kemal

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 1 No 1 2016
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.81 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v1i1.3664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah penerapan model-model permainan pada pembelajaran aktivitas permainan  rounders dalam pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi partisipasi. Semua data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik prosentase, nilai partisipasi siswa pada observasi pra-siklus 19%, kemudian setelah dilakukan penelitian pada siklus 1 nilai partisipasi siswa 53% mengalami kenaikan 34% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 nilai partisipasi siswa 84% mengalami kenaikan 31%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model permainan pada pembelajaran aktivitas permainan  rounders dalam pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan partisipasi siswa.

Implementasi Pembelajaran Basketball Like Games untuk Mengembangkan Pola Gerak Dasar Lempar dan Tangkap pada Pembelajaran Permainan Bola Basket

Mutaqin, Aji Zaenal, Lubay, Lukmanul Hakim

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.444 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i2.8185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah implementasi pembelajaran basketball like games dapat mengembangkan pola gerak dasar lempar dan tangkap pada pembelajaran permainan bolabasket. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V  di SDN Kampung Sawah 02 Kabupaten Bogor. Dengan menggunakan desain penelitian atau langkah-langkah penelitian tindakan yaitu perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, dan refleksi atau reflecting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, GPAI, catatan lapangan, dokumentasi, dan evaluasi. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran basketball like games dapat mengembangkan pola gerak dasar lempar dan tangkap pada pembelajaran permainan bolabasket. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil proses pembelajaran siswa pada pra observasi 47.91%, pada siklus 1 tindakan 1 56,54%, siklus 1 tindakan 2 63,24%, siklus 2 tindakan 1 69,93%, dan pada siklus 2 tindakan 2 77,22%. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan penerapan basketball like games maka pola gerak dasar lempar dan tangkap dalam pembelajaran permainan bolabasket semakin meningkat.

Pembelajaran Pendidikan Kesehatan Berbasis Riset: Ulasan dan Implementasinya di Indonesia

Wijayanti, Kurnia Eka, Wibowo, Ricky

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017
Publisher : Departemen of Physical Education-Indonesian University of Education

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.135 KB) | DOI: 10.17509/jpjo.v2i2.8174

Abstract

pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.  Materi yang diberikan beragam dan diberikan disela-sela pembelajaran pendidikan jasmani di setiap semesternya. Adalah penting untuk menjadikan pendidikan kesehatan di dalam PJOK sebagai media untuk meningkatkan literasi mengenai kesehatan di Indonesia.  Pendidikan kesehatan juga harus bisa menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan kesehatan di Indonesia. Oleh sebab itu, pendidikan kesehatan harus dirancang berbasis riset, baik dari segi materi  maupun metode penyampaiannya. Di Indonesia hal ini dapat dikatakan baru, akan tetapi kita dapat belajar dari profesi lain dan dari negara lain bagaimana mempersiapkan dan memulai pembelajaran pendidikan kesehatan berbasis riset.