cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pilar Nusa Mandiri
Published by PPPM Nusa Mandiri
ISSN : 19781946     EISSN : 25276514     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Pilar merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi sistem informasi STMIK Nusa Mandiri. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah yang bertemakan: Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Pakar, Sistem Penunjang, Keputusan, Perancangan Sistem Informasi, Data Mining, Pengolahan Citra.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015" : 8 Documents clear
PREDIKSI HASIL PEMILU LEGISLATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR Badrul, Mohammad
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1184.274 KB)

Abstract

Pemilihan Umum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dari periode Pemilu ke periode Pemilu yang lain. Selama pemilu Orde Baru, kita mengenal sistem pemilu proporsional dengan daftar tertutup. Keterpilihan calon legislatif bukan ditentukan pemilih, melainkan menjadi kewenangan elite partai politik sesuai dengan susunan daftar caleg beserta nomor urut. Dalam sistem demikian, kedudukan parpol menjadi sangat kuat terhadap kadernya di parlemen. Namun di satu sisi, basis sosial dan relasi politik para wakil rakyat dengan konstituen menjadi lemah. Inilah yang menyebabkan kedudukan caleg terpilih mereka menjadi ”jauh” dalam hubungannya dengan konstituen. Semangat memilih langsung wakil rakyat baru mulai diakomodasi pada Pemilu 2004 melalui UU No. 12 Tahun 2003, dengan menggunakan sistem proporsional dengan daftar calon terbuka. Pemilih tidak hanya memilih tanda gambar parpol, tetapi juga diberi kesempatan memilih caleg.Penelitian yang berhubungan dengan pemilu sudah pernah dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode decision tree dan classification tree dan estimator bayesian. Pada penelitian ini peneliti akan menggunakan metode K-Nearest Neighbor. algoritma K-Nearest Neighbor telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam prediksi untuk data time-series dibandingkan dengan pendekatan tradisional sehingga hasil prediksi pemilu legislatif DKI Jakarta lebih akurat.
PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI LSD AIR FREIGHT CARGO DENGAN METODE UTAUT Susafaati, Susafaati
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1308.825 KB)

Abstract

PT. LSD telah menerapkan Aplikasi LSD Air Freight Cargo untuk menunjang pelayanan kepada customer dalam melakukan transaksi pengiriman barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) yang sudah dimodifikasi. Uji statistik ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang akan dianalisis dengan menggunakan software AMOS, sehingga diharapkan dengan penelitian ini, PT. Lancar Semesta Dirgantara mendapatkan informasi terkait dengan faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku para pengguna aplikasi. Dari hasil analisis SEM diperoleh bahwa model tidak fit. Oleh karena itu, digunakan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan dan penerapan aplikasi cukup baik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah Effort expectancy, dan social influence karena dapat menjelaskan 52,2% dari varian.
PERBANDINGAN AKURASI PENERAPAN ANFIS DALAM PENILAIAN APARTEMEN ANTARA MANAGER DAN STAFF MARKETING PADA PERUSAHAAN KONSULTAN PROPERTI Nilawati, Lala
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1216.289 KB)

Abstract

Penilaian apartemen adalah salah satu elemen penting bagi sebuah perusahaan jasa konsultan properti. Hasil dari penilaian akan mencerminkan citra dari apartemen yang ditawarkan kepada klien. Dalam penelitian ini, penilaian apartemen menggunakan model Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS). Penilaian awal yang dilakukan adalah dengan melakukan penilaian terhadap facility yang dimiliki oleh apartemen, dengan parameter masukan furnishing, bedroom, bathroom, dan maid bedroom. Setelah didapat hasil dari penilaian facility, kemudian barulah dilakukan penilaian apartemen dengan parameter masukan yang dipertimbangkan adalah place, price, size, dan facility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ANFIS pada data training dan data testing, memiliki kemampuan yang baik untuk memprediksi penilaian apartemen. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan empat fungsi keanggotaan, untuk menghasilkan tingkat dugaan yang paling dekat dengan kondisi riil. Dengan menggunakan metode hybrid menghasilkan RMSE terendah, dibandingkan metode backpropagation dengan fungsi keanggotaan trimf dan trapmf.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER STUDI KASUS PT. BANK CENTRAL ASIA TBK CABANG KALIMALANG Ariyanti, Ariyanti; Nurmalasari, Nurmalasari
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1408.938 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh internet banking yaitu kualitas pelayanan untuk kepuasan pelanggan dari KlikBCA. Pada penelitian ini penulis menggunakan kuesioner sebagai cara untuk mengumpulkan informasi dari responden. Ada 100 responden. Metode accidental sampling digunakan untuk memilih responden. Alat uji yang digunakan adalah regresi linier sederhana . Hasilnya adalah bahwa kualitas layanan internet banking KlikBCA dimensi yang terdiri dari efisiensi, pemenuhan, kehandalan, dan privasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil tes menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan 60,9 % dapat dijelaskan oleh variabel layanan KlikBCA berkualitas dengan dimensi efisiensi, pemenuhan, kehandalan, dan privasi, yang berarti bahwa 39,1 % dipengaruhi oleh variabel lain  yang tidak dalam lingkup penelitian penulis.
TEKNIK PENYELEKSIAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHICAL PROCESS PADA PROYEK PORTOFOLIO Akmaludin, Akmaludin
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1340.338 KB)

Abstract

Penyelesaian pengambilan keputusan dalam penggunaan metode Analytic Hierarchy Proses (AHP) menuai berbagai perbedaan pemikiran, sehingga lahir banyak pendekatan-pendekatan. Pendekatan yang timbul mulai dari pengolahan dan pemahaman data yang dimasukan kedalam matriks berpasangan (pairwise matrix). Pemahaman dasar tentang perbandingan yang ada pada interdisipliner keilmuan inilah yang menciptakan timbul banyak pemikiran-pemikiran baru. Diantaranya ada yang menciptakan proses logis secara matematis melahirkan sebuah pendekatan baru yang dinamakan Multycriteria Analysis (MCA) dimana lebih menekankan pada proses nilai numerical yang dihasilkan dan hubungannya secara transitive. Dengan semakin banyak pemikiran pendekatan MCA yang mana hanya menekankan pada proses perolehan nilai numeric kemudian berkembang digunakan untuk pengambilan keputusan dalam setiap permasalahan atas seleksi setiap fenomena, sehingga lahirlah pendekatan baru yang dikenal dengan nama Multycriteria Decision Analysis (MCDA). Dari berbagai persoalan yang timbul dengan konsep MCDA ternyata, terlihat perbedaan yang sangat mendasar yaitu bagaimana perolehan pemikiran yang dipakai dalam pendekatan MCDA terhadap perolehan data yang diolah, melihat proses pengolahan data ternyata ada olahan data yang bersifat tunggal dan ada pengolahan data yang bersifat jamak. Dari sisi ini ternyata terdapat perbedaan yang jelas atas pendekatan yang jauh berbeda dengan pendekatan Multy Criteria Decision Making (MCDM). Pendekatan MCDM ternyata dapat mewakili atas olahan data baik yang bersifat data tunggal ataupun data majemuk. Metode AHP dengan pendekatan MCDM diselaraskan dan dikhususkan dengan aplikasi yang dinamakan Expert Choice. Dengan metode yang berbeda memberikan keputusn yang sama, tetapi value yang dihasilkan memiliki perbedaan besaran bobot nilai keputusan.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYAWAN BERBASIS WEB Puspitasari, Diah
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1119.124 KB)

Abstract

Karyawan dari lembaga yang bekerjasama pada lingkungan perusahaan. Berbagai macam produk yang ditawarkan oleh koperasi kepada anggotanya, yang digunakan salah satunya adalah rekening tabungan dan jasa pinjaman. Proses pengelolaan data saat ini masih menggunakan tabungan petunjuk bahwa anggota harus datang dan belajar tabungan dan informasi koperasi kredit dan sulitnya pendaftaran anggota yang tidak tersedia secara online. Data yang dihasilkan dalam proses manajemen kurang efisien dan efektif dalam studi kolaboratif employees. Bertujuan untuk memudahkan proses pendaftaran anggota dan pengajuan simpan pinjam. Membantu kinerja operasional anggota pengolahan data koperasi dan koperasi simpan pinjam dan informasi koperasi Sistem Site designin. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus pengembangan sistem (SDLC) model waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya informasi berbasis web dana sistem untuk memudahkan bagi karyawan untuk mendapatkan informasi tentang layanan koperasi dan simpan pinjam yang dimiliki dan membantu manajer dalam memantau kegiatan jasa tabungan koperasi dan arus kas dan pinjaman lebih cepat dan akurat.
PENERAPAN PROFILE MATCHING UNTUK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) Kristiana, Titin
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1108.267 KB)

Abstract

Badan Litbang ESDM selalu memberikan penghargaan kepada pegawainya yang memiliki kinerja yang baik. Kinerja pegawai yang baik itu sangat penting agar kegiatan pada suatu instansi atau perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Kita dapat mengetahui kinerja pegawai dengan cara melakukan pemberian penghargaan kepada pegawai berprestasi. Untuk mengetahui pegawai yang berprestasi perlu diadakan penilaian terhadap kinerja pegawai. Melakukan suatu penilaian dalam pemberian penghargaan untuk pegawai berprestasi diantaranya menggunakan sistem pendukung keputusan dalam membantu pemecahan suatu masalah. Metode yang digunakan dalam melakukan pemberian penghargaan untuk pegawai berprestasi yaitu metode profile matching. Kriteria atau aspek yang digunakan pada sistem pendukung keputusan penghargaan PNS (Pegawai Negeri Sipil) berprestasi ini adalah disiplin, integritas, komitmen organisasi, kepemimpinan, kerjasama, prestasi kerja dan berorientasi pada pelayanan. Dengan adanya kriteria penilaian kinerja diharapkan ESDM mampu memberikan penilaian kepada pegawai secara objektif serta mengurangi kesenjangan sosial pada pegawai di lingkungan Badan Litbang.
PENERIMAAN TEKNOLOGI PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTACE MODEL Agustina, Nani
Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 11 No 2 (2015): PILAR Periode September 2015
Publisher : PPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1149.901 KB)

Abstract

Sistem informasi simpan pinjam adalah suatu sistem alat teknik yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan lingkup kegiatan yang ada pada koperasi. Kendala-kendala yang dihadapi selama ini data-data yang tidak tersusun dengan rapih, pencarian data yang cukup lama, proses pendaftaran anggota yang membutuhkan waktu lama dan proses kegiatan simpan pinjam yang sering terjadi kesalahan. Permasalahan yang terkait dengan di atas diharapkan dapat menjawab pertanyaan di atas adalah dengan membuat sistem informasi koperasi. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey ke koperasi untuk mengetahui kegiatan dan masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penggunaan model TAM didasarkan kenyataan bahwa sejauh ini TAM merupakan sebuah konsep yang dianggap paling baik dalam menjelaskan perilaku user terhadap teknologi informasi baru. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas koperasi dan anggota koperasi. Analisa dilakukan dengan SEM (Structural Equation Modelling) dengan software AMOS (Analysis of Moment Structures) versi 6.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel laten Perperceived Easy Of Use (PEOU) berpengaruh terhadap variabel Intention To Use (ITU). Variabel Intention To Use(ITU) berpengaruh terhadap variabel Attitude Toward Using (ATU) dan variabel Attitude Toward Using (ATU) mempengaruhi Actual Usage Behavior(AUB). Sehingga niat untuk menggunakan sistem informasi simpan pinjam koperasi dipengaruhi oleh kegunaan dari sistem tersebut, dan manfaat adanya sistem informasi itu adalah mudahnya pengoperasian sistem tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 8