cover
Filter by Year
Jurnal Pilar Nusa Mandiri
Published by PPPM Nusa Mandiri
Jurnal PILAR Nusa Mandiri, merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (PPPM) STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, berawal diperuntukan menampung paper-paper ilmiah yang dibuat oleh dosen-dosen program studi Teknik Informatika.
Articles
170
Articles
SISTEM INFORMASI MODEL PROTOTYPE ARSIP ELEKTRONIK SURAT PERJANJIAN KERJASAMA PADA BUSINESS SUPPORT DEPARTEMENT

Rusdiansyah, Rusdiansyah Rusdiansyah

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 2 (2018): PILAR Periode September
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Good and fast information is needed for every organization or company, in order to help the efficiency and effectivity of work. Nowadays, the usage of internet was so develop. Internet is used looking for information and business process support, so that encourage the company be more competitive. On the Business Support Department of Consumer Cards Group in Bank Mandiri, currently is less effective at management archives to keep the memorandum of understanding between Bank Mandiri and Partner. On the chance of could simplify these process in Business Support Department, Hopefully the system can optimize the process as well as present the internal information, such as to filing the memorandum of understanding report with computerization system based on web application, to maximize the effectiveness of works, to keep and access data quickly and efficiency. Finally, the information result will be fast and.

PENGGUNAAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN JURUSAN SMK

Susliansyah, Susliansyah

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 2 (2018): PILAR Periode September
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sebagian besar siswa lulusan SMP berkeinginan untuk melanjutkan keinginannya khususnya ke SMK, hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa lulusan SMP yang mengikuti ujian masuk ke SMK. Hal yang patut disayangkan adalah kurang matangnya mereka memilih jurusan yang ada di sekolah kejuruan yang dituju. Situasi semacam ini berdampak pada biaya pendidikan yang terlanjur di keluarkan, baik pada orang tua siswa maupun  pemerintah  yang  mensubsidi  sekolah  menjadi  tidak  bermanfaat  karna  siswa  tersebut  tidak  memiliki kemampuan yang memadai untuk jurusan yang sudah dipilihnya, akibat negatif lainya adalah para siswa yang drop out. SMK  lebih  mengedepankan  pembentukan  siswa  yang  siap  memasuki  lapangan  kerja  serta mengembangkan sikap profesional yang terdiri dari berbagai macam jurusan. Banyaknya jurusan pada tingkat SMK membuat calon siswa kesulitan menentukan jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, oleh karena itu  dibutuhkan  sebuah  sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan jurusan sesuai dengan nilai, minat  dan  kemampuan  calon  siswa.  Penelitian  ini  menerapkan  logika  fuzzy  dengan  metode  Simple Additive Weighting (SAW) guna mempermudah penentuan jurusan SMK.

PREDIKSI HARGA CRYPTOCURRENCY DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOURS

Fatah, Haerul, Subekti, Agus

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 2 (2018): PILAR Periode September
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Uang elektronik menjadi pilihan yang mulai ramai digunakan oleh banyak orang, terutama para pengusaha, pebisnis dan investor, karena menganggap bahwa uang elektronik akan menggantikan uang fisik dimasa depan. Cryptocurrency muncul sebagai jawaban atas kendala uang eletronik yang sangat bergantung kepada pihak ketiga. Salah satu jenis Cryptocurrency yaitu Bitcoin. Analogi keuangan Bitcoin sama dengan analogi pasar saham, yakni fluktuasi harga tidak tentu setiap detik. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu melakukan prediksi harga Cryptocurrency dengan menggunakan metode KNN (K-Nearest Neighbours). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa model KNN yang paling baik dalam memprediksi harga Cryptocurrency adalah KNN dengan parameter nilai K=3 dan Nearest Neighbour Search Algorithm : Linear NN Search. Dengan nilai Mean Absolute Error (MAE) sebesar 0.0018 dan Root Mean Squared Error (RMSE) sebesar 0.0089.

KLASIFIKASI SELEKSI ATRIBUT PADA SERANGAN SPAM MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA DECISION TREE

Sudibyo, Aji, Asra, Taufik, Rifai, Bakhtiar

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 2 (2018): PILAR Periode September
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

internet sangat biasa untuk sekarang ini, penggunaaan internetnya tak lepas dari penggunaan email, salah satu ancaman yang terjadi ketika menggunakan email adalah spam, spam  merupakan pesan atau email yang tidak diinginkan oleh penerimanya dan dikirimkan secara massa.        Penelitian tentang serangan spam didapat dari dataset spam sebanyak 4601 record yang terdiri 1813 record dianggap spam dan 278 data bukan spam dengan atribut awal sebanyak 57 atribute dengan 1 atribute class, pada ekperimen yang dilakukan menggunakan select attribute dengan decision tree menjadi 15 atribute dengan 1 atribute class dilakukan 3 percobaan pengujian dengan persentase atribute 30%, 50% dan 70% select atribute didapat hasil fitur select atribute sebesar 70% didapat hasil lebih baik dari 30% ataupun 50% dengan nilai accuracy sebesar 92.469%.

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MODUL PENERIMAAN NEGARA GENERASI KEDUA (MPN G2) TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)

Hannie, Hannie

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 2 (2018): PILAR Periode September
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Modul penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN G2) adalah sistem penerimaan negara yang menggunakan surat setoran elektronik. Dimana saat ini Wajib Pajak dapat lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas elektronik yang telah disediakan Direktorat Jenderal Pajak berbasis online. Untuk mengetahui tingkat kepuasan wajib pajak terhadap atribut-atribut MPN G2 diperlukan proses pengukuran kepuasan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil pengukuran CSI dapat dijadikan sebagai bahan masukkan agar dapat meningkatkan system Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN G2). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sample yaitu metode Non Probability Sampling, sedangkan jenis Non Probability sampling yang digunakan adalah Purpose Sampling. Hasil perhitungan CSI untuk atribut kualitas pelayanan  pada MPN G2 adalah sebesar 90,61 persen. Hal ini berarti tingkat kepuasan total diantara selang 81 % - 100 % yang berarti wajib pajak sangat puas terhadap kinerja atribut kualitas pelayanan MPN G2.

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN PERANGKAT DEMO VIDEO CONFERENCE BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL

Christian, Ade, Ariani, Fattya

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer    yang   merupakan    peralatan    yang   diciptakan    untuk mempermudah  pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware  maupun  software.  PT.  Aliansi Sakti  membutukan  sekali  adanya  suatu system database yang menunjang dan memberikan kemudahan dalam  mendata perangkat demo unit. Dikarenakan masih dilakukan pendataan barang demo secara manual, sehingga sering terjadi penataan perangkat demo yang masih berantakan. Hal ini dipicu karena banyaknya perangkat demo unit milik PT. Aliansi Sakti. Dan saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang   diperlukan. Perancangan sistem database ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada. Serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien.

PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP PELANGGAN PADA BISNIS RITEL

Apriana, Veti

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Bisnis ritel merupakan mata rantai terakhir dalam proses distribusi barang, dengan semakin banyaknya usaha ritel membuat persaingan antar usaha ritel semakin ketat. Hal ini membuat para pemilik usaha ritel harus kreatif dan inovatif dalam menarik pelanggan untuk dapat terus berlangganan pada usaha ritel tersebut. Produk yang dijual pada usaha ritel,  merupakan produk yang sudah mempunyai nilai tambah yang dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu strateginya adalah dengan menggadakan reward untuk para pelanggan. Untuk menentukan pemberian reward pada penelitian ini, menggunakan metode profile matching. Pada metode Profile Matching, penilaian dan perhitungan  nilai GAP berdasarkan loyalitas pelanggan, intesitas pelanggan, lama berlangganan, banyaknya pembelian, waktu pembelian. Langkah terakhir dari metode profile matching berupa perangking-an yang  menunjukan bahwa semakin tinggi hasil rangking yang dihasilkan , maka semakin besar pula kemungkinan untuk pelanggan dapat menerima reward. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode profile matching dapat diimplementasi dalam sebuah sistem pendukung keputusan untuk mementukan pemberian reward terhadap pelanggan. Kata Kunci: ritel, pelanggan, reward, profile matching.

PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT INSOMNIA

Amin, Ruhul, Pitriani, Pipit

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sekolah swasta di kota-kota besar, bebera diantaranya melaksanakan kegiatan utama pada siang hari, hal ini disebabkan keterbatasan sarana dan prasana yang dimiliki oleh sekolah. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada siang hari akan berdampak pada pola tidur pada siswa-siswi. Sekolah SMK PGRI Pinang di Tangerang melaksanankan kegiatan belajar mengajar pada siang hari. Pola tidur akan mempengaruhi kesehatan seseorang, pola tidur yang baik menjaga badan kita tetap sehat, sebaliknya kekuragan tidur akan menyebabkan daya tahan tubuh  kita berkurang sehingga mudah terserang penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan mendiagnosa penyakit insomnia berdasarkan gejala-gejala yang dimiliki oleh siswa SMK PGRI Pinang Tangerang. Penelitian ini menggunakan forward chaining mendapatkan sebuah kesimpulan dari gejala-gejala Insomnia yang dimiliki oleh pasien. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan tentang  seorang siswa yang terkena penyakit Insomnia, selain itu sistem pakar juga memberikan solusi untuk penyembuhan dari pasien, sehingga hal ini bisa menjadi acuan seoarang siswa sebelum konsultasi lebih lanjut ke dokter.

PENERAPAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTMIZATION UNTUK PREDIKSI HASIL LAYANAN KEMUDAHAN DONASI ZAKAT DAN PROGRAM

Lutfiyana, Nur

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Layanan Cashless adalah Layanan kemudahan donasi yang diberikan kepada donatur dengan menggunakan layanan donasi non tunai melalui perbankan atau channeling lainnya. Kemudahan adalah bagian dari komitmen layanan dari lembaga RZ sebagai sarana untuk donatur atau mitra yang ingin berdonasi. Upaya untuk mengembangkan organisasi ke arah yang lebih baik dalam meningkatkan kepuasan para donatur terhadap proses pelayanan yang diberikan merupakan suatu keharusan, oleh karena itu dibutuhkan pengenalan dalam prediksi terhadap transaksi donatur yang loyal dan tidak loyal, agar bisa diketahui akses kemudahan donasi yang telah di terapkan. Dengan demikian, peneliti menggunakan dua model perbandingan yaitu: model algoritma C4.5 dan model algoritma C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization (PSO). Setelah dilakukan pengujian nilai akurasi yang di dapatkan untuk model algoritma klasifikasi C4.5 sebesar 83,91 % dan algoritma C4.5 berbasis PSO  (Particle  Swarm  Optimization)  menghasilkan  nilai  AUC 0.889  dari nilai akurasi algoritma klasifikasi C4.5 berbasis PSO, dengan  nilai diagnosa Good Classification.

IMPLEMENTASI MODEL INFORMATION RETRIEVAL UNTUK PENCARIAN KONTEN PADA KUHP BERDASARKAN TINGKATAN HUKUMAN TERBERAT DI INDONESIA

Permana, Rifky, Indrajit, Richardus Eko, Aryanti, Riska, Yanto, Andika Bayu Hasta

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

KUHP adalah kitab undang-undang hukum yang berlaku sebagai dasar hukum di Indonesia. KUHP selalu mengalami perubahan sesuai dengan dinamika perkembangan jaman. Banyaknya pasal di dalam KUHP cukup membuat kesulitan dalam pencarian data untuk menentukan pasal yang tepat bagi para pemangku kepentingan hukum pidana. Dengan menggunakan metoda information retrieval query wildcard dan pohon biner yang diterapkan di dalam program pencarian akan mempermudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, khususnya dalam hal pencarian pasal KUHP berdasarkan tingkat hukuman. Tulisan ini memperlihatkan model konseptual yang dipergunakan dalam mengembangkan prototipa program komputer berbasis information retrieval