cover
Filter by Year
Jurnal Pilar Nusa Mandiri
Published by PPPM Nusa Mandiri
Jurnal PILAR Nusa Mandiri, merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (PPPM) STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, berawal diperuntukan menampung paper-paper ilmiah yang dibuat oleh dosen-dosen program studi Teknik Informatika.
Articles
165
Articles
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN PERANGKAT DEMO VIDEO CONFERENCE BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL

Christian, Ade, Ariani, Fattya

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer    yang   merupakan    peralatan    yang   diciptakan    untuk mempermudah  pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware  maupun  software.  PT.  Aliansi Sakti  membutukan  sekali  adanya  suatu system database yang menunjang dan memberikan kemudahan dalam  mendata perangkat demo unit. Dikarenakan masih dilakukan pendataan barang demo secara manual, sehingga sering terjadi penataan perangkat demo yang masih berantakan. Hal ini dipicu karena banyaknya perangkat demo unit milik PT. Aliansi Sakti. Dan saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang   diperlukan. Perancangan sistem database ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada. Serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien.

PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP PELANGGAN PADA BISNIS RITEL

Apriana, Veti

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Bisnis ritel merupakan mata rantai terakhir dalam proses distribusi barang, dengan semakin banyaknya usaha ritel membuat persaingan antar usaha ritel semakin ketat. Hal ini membuat para pemilik usaha ritel harus kreatif dan inovatif dalam menarik pelanggan untuk dapat terus berlangganan pada usaha ritel tersebut. Produk yang dijual pada usaha ritel,  merupakan produk yang sudah mempunyai nilai tambah yang dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu strateginya adalah dengan menggadakan reward untuk para pelanggan. Untuk menentukan pemberian reward pada penelitian ini, menggunakan metode profile matching. Pada metode Profile Matching, penilaian dan perhitungan  nilai GAP berdasarkan loyalitas pelanggan, intesitas pelanggan, lama berlangganan, banyaknya pembelian, waktu pembelian. Langkah terakhir dari metode profile matching berupa perangking-an yang  menunjukan bahwa semakin tinggi hasil rangking yang dihasilkan , maka semakin besar pula kemungkinan untuk pelanggan dapat menerima reward. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode profile matching dapat diimplementasi dalam sebuah sistem pendukung keputusan untuk mementukan pemberian reward terhadap pelanggan. Kata Kunci: ritel, pelanggan, reward, profile matching.

PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT INSOMNIA

Amin, Ruhul, Pitriani, Pipit

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sekolah swasta di kota-kota besar, bebera diantaranya melaksanakan kegiatan utama pada siang hari, hal ini disebabkan keterbatasan sarana dan prasana yang dimiliki oleh sekolah. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada siang hari akan berdampak pada pola tidur pada siswa-siswi. Sekolah SMK PGRI Pinang di Tangerang melaksanankan kegiatan belajar mengajar pada siang hari. Pola tidur akan mempengaruhi kesehatan seseorang, pola tidur yang baik menjaga badan kita tetap sehat, sebaliknya kekuragan tidur akan menyebabkan daya tahan tubuh  kita berkurang sehingga mudah terserang penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan mendiagnosa penyakit insomnia berdasarkan gejala-gejala yang dimiliki oleh siswa SMK PGRI Pinang Tangerang. Penelitian ini menggunakan forward chaining mendapatkan sebuah kesimpulan dari gejala-gejala Insomnia yang dimiliki oleh pasien. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan tentang  seorang siswa yang terkena penyakit Insomnia, selain itu sistem pakar juga memberikan solusi untuk penyembuhan dari pasien, sehingga hal ini bisa menjadi acuan seoarang siswa sebelum konsultasi lebih lanjut ke dokter.

PENERAPAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTMIZATION UNTUK PREDIKSI HASIL LAYANAN KEMUDAHAN DONASI ZAKAT DAN PROGRAM

Lutfiyana, Nur

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Layanan Cashless adalah Layanan kemudahan donasi yang diberikan kepada donatur dengan menggunakan layanan donasi non tunai melalui perbankan atau channeling lainnya. Kemudahan adalah bagian dari komitmen layanan dari lembaga RZ sebagai sarana untuk donatur atau mitra yang ingin berdonasi. Upaya untuk mengembangkan organisasi ke arah yang lebih baik dalam meningkatkan kepuasan para donatur terhadap proses pelayanan yang diberikan merupakan suatu keharusan, oleh karena itu dibutuhkan pengenalan dalam prediksi terhadap transaksi donatur yang loyal dan tidak loyal, agar bisa diketahui akses kemudahan donasi yang telah di terapkan. Dengan demikian, peneliti menggunakan dua model perbandingan yaitu: model algoritma C4.5 dan model algoritma C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization (PSO). Setelah dilakukan pengujian nilai akurasi yang di dapatkan untuk model algoritma klasifikasi C4.5 sebesar 83,91 % dan algoritma C4.5 berbasis PSO  (Particle  Swarm  Optimization)  menghasilkan  nilai  AUC 0.889  dari nilai akurasi algoritma klasifikasi C4.5 berbasis PSO, dengan  nilai diagnosa Good Classification.

IMPLEMENTASI MODEL INFORMATION RETRIEVAL UNTUK PENCARIAN KONTEN PADA KUHP BERDASARKAN TINGKATAN HUKUMAN TERBERAT DI INDONESIA

Permana, Rifky, Indrajit, Richardus Eko, Aryanti, Riska, Yanto, Andika Bayu Hasta

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

KUHP adalah kitab undang-undang hukum yang berlaku sebagai dasar hukum di Indonesia. KUHP selalu mengalami perubahan sesuai dengan dinamika perkembangan jaman. Banyaknya pasal di dalam KUHP cukup membuat kesulitan dalam pencarian data untuk menentukan pasal yang tepat bagi para pemangku kepentingan hukum pidana. Dengan menggunakan metoda information retrieval query wildcard dan pohon biner yang diterapkan di dalam program pencarian akan mempermudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, khususnya dalam hal pencarian pasal KUHP berdasarkan tingkat hukuman. Tulisan ini memperlihatkan model konseptual yang dipergunakan dalam mengembangkan prototipa program komputer berbasis information retrieval

MANAGEMENT WIRELESS ACCESS POINT PADA HOTSPOT SERVER MENGGUNAKAN CONTROLLER ACCESS POINT SYSTEM MANAGEMENT

Rifai, Bakhtiar, Sudibyo, Aji

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Wireless merupakan media yang baik untuk akses internet dan mempunyai jangkuan yang terbatas sehingga diperlukan semua metode untuk dapat mendistibusikan wireless dengan baik merata dan luas serta jangkauan signal, mampu mengelola dengan baik access point serta dibutuhkan keamanan yang baik untuk akses ke dalam wireless yang tersedia permasalahan yang terjadi ialah semakin banyak wireless dan access point serta banyaknya user yang terkoneksi yang tidak dikelola dengan baik dan secara optimal maka akan mengakibatkan kinerja dari access point tersebut akan kurang optimal dan efektif. Controller Access Point System Management (CAPsMAN) merupakan metode yang baik dalam memanajemen access point agar mudah dan dapat di kelol adengan baik dan effesien dan hotspot server diperlukan untuk mengelola banyak user yang terhubung kedalam access point serta dapat menangani ratusan user dalam bersamaan.

PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM KEAHLIAN PADA SMK DAARUL ULUM JAKARTA

Malik, Ahmad Yusuf, Haryanti, Tuti

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program keahlian yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa yang ditinjau dari alasan dasar siswa dalam memilih program keahlian. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana sumber data berasal dari siswa kelas sepuluh serta dokumen atau arsip yang berhubungan dengan sejarah pekembangan SMK Daarul Uluum Jakarta. Sampling diambil berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovin dan analisis dan analisis data menggunakan metode Analytical hierarchy process (AHP). Dengan penelitian ini diharapkan adanya perbaikan tentang cara pandang siswa dalam menentukan jurusan yang akan dipilih siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan hasil perhitungan matematis metode AHP 43,4% dari jawaban responden memilih akuntansi, 32,2% memilih administrasi perkantoran,dan 24,4% memilih teknik komputer jaringan sebagai program keahlian pilihan mereka. Pertimbangan hobby & kesenangan menjadi alasan dasar siswa yang paling diutamakan bila dilihat berdasarkan sasaran secara global dan pertimbangan peluang kerja bila dilihat berdasarkan tingkat pengaruh alasan dasar itu sendiri terhadap program keahlian. Hasil yang diperoleh tersebut diharapkan menjadi suatu perhatian dan dapat disikapi secara positif agar dapat berbuah manis dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari sebagaimana alasan dasar memiliki dampak positif maupun dampak negatif

RANCANG BANGUN PROTOTIPE KNOWLEGDE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG KNOWLEDGE SHARING DENGAN MODEL SECI: STUDI KASUS PT REPUBLIKA MEDIA MANDIRI JAKARTA

Saraswati, Sandra Dewi

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi harus kita manfaatkan agar dapat bersaing dengan organisasi, instansi atau perusahaan. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam sebuah perusahaan, dimana knowledge yang dimiliki setiap sumber daya manusia tersebut merupakan aset bagi perusahaan. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya SDM maka dibutuhkan knowledge management yang baik.  Belum adanya pengembangan berbagi pengetahuan (Knowledge Sharing) antara karyawan pada divisi SDM dan banyaknya turn over karyawan-karyawan di PT Republika Media Mandiri  sehingga menimbulkan permasalahan hilangnya tacit knowledge yang dimiliki oleh karyawan yang sudah lama berpengalaman dalam bekerja. Oleh karena itu sebuah budaya dari Knowledge Management pada divisi SDM yakni knowledge sharing akan dianalisa dan diterapkan knowledge sharing serta strategi apa yang dapat mempengaruhi knowledge sharing PT Republika Media Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung dengan model SECI dalam pembentukan knowledge dan pengujian kualitas perangkat lunak dengan Software Quality Assurance. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan metodologi pengukuran keefektifitasan forum diskusi tersebut dalam menciptakan pengetahuan baru dan akhirnya meningkatkan kreatifitas dan daya inovasi instansi/organisasi. Hasil penelitian ini berdasarkan dari penyebaran kuesioner terhadap penerapan knowledge management system kepada karyawan yaitu pada interval 3.40-4.19, nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 4.00 yaitu diterima dengan baik.

PENERAPAN METODE WAITING LINE UNTUK EVALUASI PELAYANAN PENJUALAN MERCHANDISE KAMPUS PADA PT. COME INDONUSA JAKARTA

Kristiyanti, Dinar Ajeng

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam menjalankan bisnisnya, sebuah perusahaan dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Hal ini merupakan tanggung jawab bagi perusahaan dalam rangka menarik perhatian konsumen agar bisnis yang dijalani terus berkembang. Salah satu tolak ukur pelayanan yang baik adalah ketepatan waktu pelayanan, yang meliputi waktu mengantri dan waktu proses pelayanan. Antrian dapat saja timbul dikarenakan oleh kebutuhan akan layanan yang melebihi kapasitas layanan, sehingga pengguna fasilitas yang tiba tidak dapat segera mendapatkan layanan disebabkan oleh kesibukan layanan. Untuk itu dibutuhkan suatu metode untuk mengelola antrian tersebut sehingga fasilitas layanan yang ditambahkan tidak menimbulkan pengurangan keuntungan perusahaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Waiting Line untuk mengelola antrian pelayanan penjualan merchandise kampus yang masih belum optimal di PT. COME Indonusa Jakarta dengan cara menghitung sistem antrian perusahaan pada saat ini dan mengetahui sistem antrian perusahaan setelah dilakukannya alternatif solusi terpilih. Hasil penelitian menunjukkan dengan membuat sistem penjualan online (e-commerce), menambahkan staf operasional dan penambahan perangkat komputer mampu meminimalkan antrian dan mampu meningkatkan laba perusahaan.

KOMPARASI ALGORITMA KLASIFIKASI TEXT MINING UNTUK ANALISIS SENTIMEN PADA REVIEW RESTORAN

Muthia, Dinda Ayu

Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol 14, No 1 (2018): PILAR Periode Maret
Publisher : STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Situs review online terus bertambah populer karena semakin banyak orang mencari saran dari sesama pengguna mengenai layanan dan produk. Sejumlah penelitian beberapa tahun terakhir juga sudah berkembang dalam bidang analisis sentimen guna menemukan solusi yang tepat dalam membuat sistem yang dapat secara otomatis menganalisis review di intenet dan mengekstrak informasi yang paling relevan bagi pengguna. Dalam penelitian sebelumnya mengenai analisis sentimen pada review restoran, akurasi algoritma Naive Bayes lebih unggul dari Support Vector Machine. Pada penelitian ini digunakan dua algoritma, yakni Naïve Bayes dan Support Vector Machine. Tujuannya adalah untuk menentukan algoritma terbaik yang bisa digunakan untuk data review teks bahasa Indonesia. Dari hasil pengolahan data, algoritma Naïve Bayes lebih unggul dari Support Vector Machine dengan tingkat akurasi sebesar 87%. Sedangkan algoritma Support Vector Machine hanya menghasilkan akurasi 56%. Penulis membuat aplikasi analisis sentiment menggunakan bahasa pemrograman Java sebagai penunjang penelitian.