cover
Contact Name
Suhartini Syukri
Contact Email
Ukhtt3nee@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalatadib@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Al-Ta'dib
ISSN : 19794908     EISSN : 25983873     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Ta'dib journal is a forum for publishing original articles related to research-based education or Islamic education. This journal is for professionals and scholars whose work focuses on curriculum, teaching methodology, learning activity, teaching media, learning approaches, learning outcome comparison, character education, evaluation in education and the relationship between Islam and education by lecturers and or students as the research subject.
Arjuna Subject : -
Articles 121 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III B MADRASYAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KONAWE SELATAN Usaha, La; Inah, Ety Nur; Kadir, Fatimah
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.42 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.1110

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah  observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Sumber Energi dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 71,42% dan siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I, 70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%. Begitu pula dengan aktifitas siswa dan guru, siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam proses pembelajaran dengan berkelompok. Hal ini terlihat ketika siklus II siswa sudah mulai aktif dengan pencapaian hasil belajar rata-rata memperoleh nilai 78,95 dan untuk guru  senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam proses belajar mengajar.Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan; Pembelajaran; Karakter Peduli Lingkungan  
PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BARUGA KOTA KENDARI Jufri, Jufri; La Fua, Jumarddin; Umi Nurlila, Ratna
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.742 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pendidikan lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari menunjukkan bahwa sekolah dasar sebagian tempat untuk mengajarkan pendidikan  lingkungan pada siswa dalam membentuk sikap dan perilaku cinta lingkungan sangat tepat, dengan mengenalkan sejak awal tentang pendidikan lingkungan pada generasi muda. Pendidikan lingkungan yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri 1 Baruga telah dilaksanakan untuk membentuk karakter peduli lingkungan. Bentuk kegiatan atau program yang dilakukan meliputi integrasi dalam kegiatan pembelajaran melalui pendekatan tematik, program-program ekstrakurikuler yang berbasis pengelolaan lingkungan dan sosialisasi pendidikan lingkungan melalui pesan-pesan teks yang disampaikan kepada siswa yang menegaskan tentang kewajiban untuk memelihara dan menjaga lingkungan.Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan; Pembelajaran; Karakter Peduli Lingkungan 
ANALISIS PENGETAHUAN DASAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KOTA KENDARI Halistin, Halistin
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.526 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara inferensia perbedaan rata-rata Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa di Kota Kendari berdasarkan level sekolah. Level sekolah ditentukan berdasarkan hasil Ujian Nasional. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan dengan two stage random sampling. Data yang diperoleh selanjutnya di analisis dengan menggunakan uji Kruskal Wallis H dan uji beda lanjut Mann-Whitney U. Hasil pengujian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah antar level SMPN di Kendari secara simultan. (2) Terdapat perbedaan Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa yang signifikan antar level sekolah (tinggi, sedang dan rendah) yaitu rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah level tinggi lebih tinggi daripada rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah level sedang dan rendah, rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah level sedang lebih tinggi daripada rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) pada sekolah level rendah.Kata Kunci: Level Sekolah; Pengetahuan Dasar Matematika.
PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK (PENELITIAN EXPOST FACTO PADA PAUD RINTISAN DI KENDARI) Machmud, Hadi
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.562 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.1108

Abstract

Masalah sosial yang sering dihadapi anak adalah rendahnya keterampilan sosial, yang merupakan dasar untuk hidup berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama, mengontrol diri bertukar pikiran. Rendahmya keterampilan sosial mengakibatkan anak kurang mampu menjalin interaksi secara efektif dengan lingkungannya dan memilih tindakan agresif. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis expost facto, yang dilakukan pada 10 PAUD Rintisan di Kendari, dengan permasalahan; (1) apakah terdapat perbedaan keterampil an sosial anak dengan pola asuh demokrasi dan pola asuh otoriter?, (2) apakah terdapat perbedaan keterampil an sosial anak dengan pola asuh  demokrasi dan pola asuh permisif?, (3) apakah terdapat perbedaan keterampi lan sosial anak dengan pola asuh  pola asuh permisif dan pola asuh otoriter? Penelitian menggunakan desain faktor 2x2, dengan hasil analisis bahwa Fh = 48.093 > F0,05 (2;84) = 3,105, dengan hipotesis (H0) diterima. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan/positif  anatara pola asuh baik yang otoriter, permisif maupun demokrasi dengan keterampilan sosial anak. (1) Keterampilan sosial kelompok A2 lebih baik dari pada A1,( 2) Keterampilan sosial (A2) lebih baik dari A3), dan (3) Keterampilan sosial (A3) lebih baik dari (A1).Kata Kunci: Pola Asuh; Keterampilan Sosial; Anak Usia Dini.
DESKRIPSI KEMAMPUAN STATISTIKA DESKRIPTIF MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN KENDARI Nurfaidah, Sitti; Patih, Tandri; Aini, Nur
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.3 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.982

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji secara deskriptif kemampuan statistika deskriptif mahasiswa Tadris Bahasa Inggris IAIN Kendari berdasarkan asal sekolah dan jenis kelamin. Kemampuan statistika deskriptif yang diamati meliputi kemampuan memahami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis data; menjelaskan dan menggunakan Teknik pengambilan sampel; membuat tabel distribusi frekuensi dan grafiknya; menentukan ukuran pemusatan, ukuran letak, ukuran penyimpangan data; serta kemampuan membaca dan menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil analisis kemampuan statistika deskriptif mahasiswa, menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa tadris Bahasa Inggris IAIN Kendari Semester IV Tahun Ajaran 2017/2018 memiliki kemampuan yang tinggi pada aspek kemampuan membuat tabel distribusi frekuensi dan grafiknya serta kemampuan menentukan ukuran pemusatan, yakni menentukan nilai rata-rata, median dan modus baik untuk data tunggal maupun data berkelompok. Sedangkan kemampuan terendah yang diperoleh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris yakni pada aspek kemampuan menjelaskan dan menggunakan teknik pengambilan sampel. Dilihat dari variabel jenis kelamin, mahasiswa laki-laki sama sekali tidak dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teknik pengambilan sampel. Sedangkan jika dilihat dari variabel asal sekolah, hanya mahasiswa yang berasal dari MAS dan SMAN saja yang dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teknik pengambilan sampel.Kata kunci: Kemampuan Statistika Deskriptif; Jenis Kelamin; Asal Sekolah
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP Sani, Lukman
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.058 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.979

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan rata-rata peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM) siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang terdiri dari 7 kelas paralel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan random kelas dan diperoleh kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol.. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji Beda Dua Rata-rata (Uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW adalah 0,3925 (sedang) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 0,2933 (rendah); (2) Secara signifikan rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan  model pembelajaran TTW lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Model Pembelajaran Think Talk Write. 
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR Safaria, Sri Anandari; Sangila, Muhammad Syarwa
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.748 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.986

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN 9 Kendari pada materi bangun ruang. Indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang digunakan adalah kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), elaborasi (elaboration), dan keaslian (originality). Populasi penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis berbentuk tes uraian. Hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN 9 Kendari pada materi bangun datar masih rendah. Dengan melihat presentase kemampuan berpikir kretaif matematis siswa kategori rendah sebesar 85,71%. Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada indikator kelancaran (fluency) sebesar 2.846, indikator kelenturan (flexibility) sebesar 1.514, indikator elaborasi (elaboration) sebesar 1.729, dan yang paling rendah pada indikator keaslian (originality) sebesar 1.041Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Bangun Datar. 
MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGUATAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (MPI) FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI Syamsuddin, Syamsuddin; Samrin, Samrin; Alim, Nur
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.169 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang manajemen strategi prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) IAIN Kendari. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Tahapan pelaksanaan manajemen strategi dalam penguatan program studi MPI, (2) Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan manajemen strategi dalam penguatan program studi MPI, dan (3) Solusi yang ditawarkan terhadap permasalahan pelaksanaan manajemen strategi dalam penguatan program studi MPI. Pendekatan deskriptif kualitatif melalui ilmu manajemen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Tahapan pelaksanaan manajemen strategi dalam penguatan program studi MPI berupa penyusunan strategi, yang terdiri dari perumusan visi dan misi prodi MPI, penyusunan program strategis, pelaksanaan program stategis, Pengawasan pelaksanaan program strategis, dan evaluasi program stategis prodi MPI. (2) Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan manajemen strategi dalam penguatan program studi MPI berupa keterbatasan anggaran, belum adanya rencana strategi (renstra) di tingkat prodi, keterbatasan sarana dan prasarana, dan kesepahaman dan komitmen bersama antar dosen. (3) Rekomendasi solusi dalam mengatasi kendala pelaksanaan manajemen strategi berupa kebijakan postur anggaran berbasis penguatan prodi, penyusunan renstra prodi, penyediaan sarana dan prasarana penunjang, dan membangun komitmen bersama antar Dosen.Kata Kunci: Manajemen Strategi; Penguatan Program Studi.
ANALISIS KUANTITATIF KORELASI PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Prasetiya, Benny; Hadi, Samsul; Khoiriyah, Khoiriyah
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.465 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.1063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pendidikan agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi terhadap Hasil belajar PAI siswa MTs Raudlatul Muta'allimien Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi dengan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Raudlatul Mutaallimien. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa yang diambil secara purporsive sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa ada yang signifikan antara Pendidikan Agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi dengan hail belajar dengan nilai korelasi r hitung sebesar ry3 = 0,448. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pada rumusan hipotesis yang diajukan ada hubungan Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar PAI diterima.Kata Kuci: Pendidikan Islam; Motivasi; Hasil belajar.
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN PROFESIONALISME GURU SD SEKECAMATAN WAWOTOBI KECAMATAN KONAWE Sabania, Siti
Al-Ta'dib Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.371 KB) | DOI: 10.31332/atdb.v0i0.973

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) yang akan membuktikan hubungan kausal antara variabel bebas (independent variable) yaitu variabel motivasi kerja dan variabel terikat (dependent variable) yaitu profesionalisme guru, dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru SD Sekecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru SD sekecamatan Wawotobi kabupaten konawe yang berjumlah 276 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Multystage Random Sampling yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu tahap pemilihan sekolah dan tahap kedua yaitu tahap penarikan unit sampling dipilih secara acak 50 % dari jumlah guru pada masing-masing sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru SD Sekecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe.Besar kontribusi variabel motivasi kerja guru terhadap profesional Guru sebesar 10,30% dengan besar korelasi antara motivasi kerja dan profesionalisme guru sebesar 0,324.Kata Kunci : Motivasi Kerja; Profesionalisme Guru.

Page 1 of 13 | Total Record : 121