cover
Filter by Year
Al-Ta'dib
Published by IAIN Kendari
Al-Ta'dib journal is a forum for publishing original articles related to research-based education or Islamic education. This journal is for professionals and scholars whose work focuses on curriculum, teaching methodology, learning activity, teaching media, learning approaches, learning outcome comparison, character education, evaluation in education and the relationship between Islam and education by lecturers and or students as the research subject.
Articles
111
Articles
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMAI ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT

Hajaryanti, Hajaryanti, Kuraedah, St

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan apakah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan objek penelitian kelas X IPS 5 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar yang dianalisi secara kualitatif  dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar PAI siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kendari melalui model pembelajaran Cooperative Script meningkat pada kategori baik, pada siklus I 59,44% meningkat menjadi 82,39% pada siklus II, dan hasil aktivitas guru pada siklus I 77,65% meningkat menjadi 85,42% pada siklus II. Hasil belajar PAI siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata prasiklus mencapai 68,55, dengan ketuntasan belajar mencapai 52,77% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 63,88% dengan nilai rata-rata 72,22. Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 83,33% dengan nilai rata-rata 79,23. Secara menyeluruh peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus II sebesar 57,91% Kata Kunci :Model Pembelajaran; Cooperative Script; Aktivitas belajar;  Hasil Belajar PAI.

OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBERDAYA PENDIDIK (USTAD) PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN LEDOKOMBO JEMBER

Huda, Hairul

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran serta manajemen sumber daya pendidik melalui Perencanaan SDM, Rekrukmen, seleksi, orientasi, dan penilaian kinerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil Penelitian ini mengungkap tentang pengelolaan manajemen sumber daya pendidik mengarah kepada Profesional dan kualitas kelembagaan, dengan indicator; 1. Pengelolaan perencanaan Sumber daya pendidik telah dirancang dan disusun secara sistematis berdasarkan kebutuhan dan musyawarah bersama, 2. Pola rekrutmen dilakukan dengan terbuka dengan melihat tiga sumber yaitu internal, eksternal dan pesantren mitra, 3. Pelaksanaan seleksi dinilai mendekati profesional karena melalui tiga tahap yaitu tes administrasi serta tes wawancara dan tes psikologi, 4. Orientasi tidak dilakukan secara formal, serta memberi pembekalan kepada ustad baru, 5. Penilaian kinerja dilakukan dengan cara pertama, kepala pesantren melihat langsung pembelajaran. Kedua, catatan perilaku ustad. Ketiga, penilaian program ustad berdasarkan musyawarah. Kata Kunci: Manajemen; Sumber daya Pendidik; Pondok Pesantren.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Telaah Surat Luqman Ayat 13-19 dalam Tafsir al-Misbah Karangan M. Quraish Shihab)

Syofrianisda, Syofrianisda, Suardi, Moh.

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhlak masyarakat yang terjadi pada zaman sekarang ini yang penulis lihat tidak lagi mencerminkan akhlak yang Allah SWT ajarkan dalam kitab suci Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an (Telaah Surat Luqman Ayat 13-19 Dalam Tafsir al-Misbah Karangan M. Quraish Shihab). Pertanyaan utama yang dijawab melalui penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Pendidikan Akhlak  keimanan yang terdapat dalam kitab tafsir al-Misbah karangan M. Quraish Shihab. 2. Bagaimana pendidikan Akhlak tentang berbakti kepada kedua orang tua yang terdapat dalam kitab tafsir al-Misbah karangan M. Quraish Shihab. 3. Pendidikan Akhlak tentang intelektual menurut M. Quraish Shihab yang terdapat dalam kitab tafsir al-Misbah. 4. Pendidikan Akhlak tentang perintah melaksanakan shalat dalam kitab tafsir al-Misbah karangan M. Quraish Shihab. 5. Pendidikan Akhlak tentang perintah Amal Ma’ruf dan Nahi Mungkar dalam kitab al-Misbah karangan M. Quraish Shihab. 6. Pendidikan Akhlak tentang larangan Takabbur/ Sombong dalam kitab al-Misbah karangan M. Quraish Shihab. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak; Perspektif Al-Qur’an; Tafsir al-Misbah.

PENGARUH METODE GUIDED INQUIRY DAN PENGETAHUAN OPERASI DASAR MATEMATIKA DALAM PRAKTIKUM FISIKA DASAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Ikbal, Muh. Syihab, Nurhayati, Nurhayati, Ahmad, Y.

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran (guided inquiry dan konvensional) dengan pengetahuan operasi dasar matematika (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar pemahaman konsep fisika pada mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah factorial design dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2013 yang memprogramkan mata kuliah Fisika Dasar berjumlah 128 orang yang terbagi atas 4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 60 orang terdiri atas dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara: (1) mahasiswa yang mengikuti praktikum dengan metode guided inquiry dan secara konvensional; (2) mahasiswa yang memiliki pengetahuan operasi dasar matematika yang tinggi dan rendah; (3) mahasiswa dengan pengetahuan operasi dasar matematika tinggi yang mengikuti praktikum dengan metode guided inquiry dan secara konvensional; (4) mahasiswa dengan pengetahuan operasi dasar matematika rendah yang mengikuti praktikum dengan metode guided inquiry dan secara konvensional; dan (5) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran (guided inquiry dan konvensional) dengan pengetahuan operasi dasar matematika (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar pemahaman konsep fisika pada mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar.Kata Kunci: Metode Guided Inquiry; Pengetahuan Operasi Dasar Matematika; Pemahaman Konsep Fisika.

DESKRIPSI KEMAMPUAN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI DALAM MENGANALISIS DATA STATISTIKA

Sangila, Muhammad Syarwa, Jufri, Luthfiah

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat explanatory dengan tujuan untuk memberikan gambaran kemampuan mahasiswa dalam menganalisis data statistik dan mengetahui dan mengkaji kesulitan-kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam belajar statistika. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa yang merupakan seluruh mahasiswa Program Studi Tadris MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang masih aktif dan telah memprogramkan mata Kuliah Statistika. Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan bahwa; (1) Rata-rata nilai kemampuan analisis data statistik secara keseluruhan adalah 46,85. sedangkan standar deviasi perolehan mahasiswa secara keseluruhan adalah sebesar 9,99. (2) Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam belajar Statistika meliputi: Kesibukan Dosen yang mengakibatkan pembelajaran dikelas kurang berjalan baik; terdapat perbedaan antara rumus yang terdapat dibuku pegangan dengan yang diajarkan dosen, sedangkan Dosen tidak dapat menjelaskan mengapa perberbedaan tersebut terjadi; materi yang diajarkan sama dengan materi yang diajarkan di SMA sehingga saat mengambil matakuliah lanjutan merasa kesulitan (Materi tidak tuntas); penggunaan pengujian data dalam Statistika termasuk penggunaan aplikasi statistiknya; kendala dalam mengingat rumus dan kurangnya pemahaman mengenai konsep Statistika. Kata Kunci : Analisis Data Statistik; Kesulitan Belajar Statistika.

MODEL PENILAIAN KINERJA GURU

Muslim, Abdul Qadir, Wekke, Ismail Suardi

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi model-model penilaian kinerja guru untuk dapat dirumuskan satu model yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis sumber-sumber pustaka terkait dengan penilaian kinerja guru. Dilihat dari analisis datanya penelitian ini menggunakan analisis isi (library research) untuk mengkaji pustaka-pustaka terkait dengan penilaian kinerja guru. Penelitian ini dilakukan terhadap hasil-hasil penelitian, buku-buku pustaka, dokumen-dokumen maupun informasi-informasi yang terdapat dalam internet. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan memperhatikan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Pada dasarnya terdapat persamaan kriteria yang digunakan berbagai institusi dalam penilaian kinerja. Kriteria-kriteria tersebut meliputi aspek pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, manajemen kelas, lingkungan belajar dan asesmen), komunikasi dan pengembangan profesionalisme, (b) Dilihat dari cara penilaian kinerja, pada dasarnya hampir semua negara menggunakan paduan dari berbagai metode seperti pengamatan, dokumentasi maupun isian dan test, (c) Pemaknaan terhadap hasil penilaian kinerja guru (scoring) juga menunjukkan variasi yang beragam, namun demikian apabila dicermati pada dasarnya semua negara menggunakan empat kriteria yang meliputi kategori: istimewa, tinggi, butuh pengembangan dan tidak memuaskan (tidak lulus). Kata Kunci:  Kinerja guru; model; penilaian.

MENGGALI AJARAN KEDAMAIAN DALAM ISLAM

Rahem, Zaitur

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kebersamaan dan kedamaian merupakan komponen paling esensi dalam kehidupan. Semua agama mengajarkan tentang konsep kebersamaan dan kedamaian tersebut. Islam, sebagai sebagai agama yang komplek dengan seperangkat ajaran dan nilai-nilai, menjadi salah satu lokomotor perdamaian. Dalam konteks keindonesiaan, perdamaian dan kebersamaan menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dewasa ini. Penting membangun kebersamaan itu melalui ragam cara, pelajaran, cara komunikasi, dan bernalar. Ajaran-ajaran kedamaian dan kebersamaan yang ada dalam ajaran agama menuntut untuk dibumikan menjadi sebuah perilaku dalam berkehidupan. Kata Kunci : Islam; Perdamaian; Agama

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIA SMPN 1 KALAENA KECAMATAN KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR

Susilowati, Susilowati, Aswad A, Muhammad Hajarul, Hasri, Hasri

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIA SMPN 1 Kalaena Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Model pengembangan yang digunakan adalah mengadopsi model 4D Thiagarajan Sammel yang terdiri dari 4 tahap yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Karena keterbatasan waktu penelitian, maka tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap Develop. Pengumpulan data dilakukan kepada 33 orang siswa di kelas VIIA SMPN 1 Kalaena dengan mengujicobakan LKS. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa LKS, lembar observasi aktivitas siswa, dan penyebaran angket terkait respon siswa. Berdasarkan hasil analisis valdiitas diperoleh bahwa LKS dinyatakan valid. Berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa, LKS juga dinyatakan efektif untuk diterapkan. Hasil angket mengenai respon siswa menyebutkan bahwa 81,39% siswa setuju dengan penerapan LKS dalam pembelajaran di kelas. Kreativitas siswa juga mengalami peningkatan dari 6,7% - 15,15% menjadi 15,15% - 45,46%. Penelitian ini menemukan bahwa LKS yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dan efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIA SMPN 1 Kalaena Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Kata Kunci: Kreativitas Belajar; Matematika; Pengembangan LKS.

STUDENTS’ ABILITY IN IMPLEMENTING SCIENTIFIC APPROACH IN WRITING COURSE DESIGN

Afriyanti, Rika

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This research deals with the student’s ability in implementing Scientific Approach Steps in Curriculum Subject. Some students think that writing course design based on The Curriculum 2013 are not easy, because the course design involve five stages of teaching activities, they are observing, questioning, experimenting, associating, and communicating. Therefore, the researcher wants to know the students’ ability in implementing those steps in writing course design for curriculum subject. To get the answer, the researcher conducted qualitative research and collected the students’ course design as the data. There were 25 course designs used as the data and then, the researcher classified the students’ ability in implementing those steps into four categories. They are very good implementation, good implementation, poor implementation and very poor implementation. After analyzing the data the researcher found that 12 students belong to good ability in implementing the Scientific steps, 8 students belong to poor implementation and 5 students belong to very poor implementation. Meanwhile no students belong to very good implementation. This result means that the 12 students have understood about the format, but they still have little bit problem in developing each of the step. Meanwhile, 8 students understood about the format, but they were difficult to develop the content and 5 students did not understand the format and also how to develop the content. Shortly, 13 students still need information and direction about implementing the scientific approach based on The Curriculum 2013.Keywords: Students’ Ability, Scientific Approcah, Course Design.

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMPN 1 KONTUKOWUNA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA

Halmuniati, Halmuniati

Al-Tadib Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model Problem Based Learning(PBL) berbantuan multimedia pada materi usaha dan energi  yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Kontukowuna pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode  eksperimen dengan sampel siswa kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol, masing-masing diberi tes awal dan tes akhir. Data pemahaman konsep diperoleh dengan menggunakan tes pemahaman konsep dengan nilai reliabilitas 0,90. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata gain yang dinormalisasi pemahaman konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 0,51 dan 0,42 dengan nilai thit= 1,77 > ttab=1,67 pada α = 0,05.Semua data pemahaman konsep siswa pada kedua kelas tergolong kategori sedang. Hasil uji-t satu pihak diperoleh bahwa secara signifikan rata-rata gain ternormalisasi untuk pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan Hasil ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan multimediadapat lebih meningkatkan pemahaman konsep siswa dibanding dengan model konvensional. Kata Kunci : Multimedia; Problem Based Learning; Pemahaman Konsep.