cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Bina Insani ICT Journal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal" : 25 Documents clear
Alat Ayunan Bayi Otomastis Berbasis Mikrokontroler ATMega1 dengan PIR Motion Detector dan Servo Pratyo, Fius; Mufida, Elly
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.946 KB)

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk menciptakan berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk memudahkan hidupnya. Setiap alat yang dibuat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut diharapkan mempunyai nilai lebih daripada hanya untuk meringankan kerja manusia. Seorang ibu rumah tangga yang memiliki begitu banyak perkerjaan di rumahnya, membutuhkan akan hadirnya inovasi alat yang dapat bekerja secara otomatis dalam menimang dan menidurkan anak bayi-nya. Alat Ayunan bayi otomatis ini dirancang dengan menggunakan sensor gerak dan dikendalikan oleh mikrokontroler Atmega 16. Cara kerja alat ini cukup sederhana yaitu, selama bayi bergerak atau terbangun, maka sensor gerak akan mengirim sinyal ke mikrokontroler. Melalui pemrograman, input dari sensor gerak ini oleh mikrokontroler digunakan untuk mengendalikan gerakan motor servo dan buzzer. Suara dari buzzer diharapkan dapat membantu ibu untuk mengetahui kondisi bayi-nya jika terbangun. Kata kunci: ayunan bayi otomatis, mikrokontroler atmega 16, motor servo sensor gerak Abstract: Technological developments allow humans to create a wide range of equipment that can be used to simplify life. Each tool made by utilizing the technological advances are expected to have more value than just to ease human labor. A housewife who had so many jobs at home, will require the presence of innovative tools that can work automatically in a fondling and lull her infant son. Automatic baby swing tool is designed using motion sensors and is controlled by a microcontroller Atmega 16. The way the device works is simple enough that, as long as the baby moves or wakes, the motion sensor will send a signal, we to the microcontroller. Through programming, input from this motion sensor by the microcontroller used to control the movement of servo motors and buzzer. The sound of the buzzer is expected to help the mother to determine the condition of her baby if awakened. Keyword: baby swing automatic, mikrocontroller atmega16, motion sensor motor servo
Pemilihan Laboran Berprestasi Menggunakan Fuzzy Multi-Attribute Decision Making Simple Additive Weighting Rahmawati, Rahmawati; Misriati, Titik
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.926 KB)

Abstract

Abstrak: Laboratorium merupakan suatu ruangan terbuka atau tertutup yang dikelola untuk kegiatan praktikum, pengujian, kalibrasi menggunakan peralatan dan metode keilmuan tertentu. Fungsi Laboratorium sangat penting untuk pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan atau pengabdian kepada masyarakat. Agar fungsinya dapat dijalankan secara optimal, maka diperlukan SDM yang kompeten untuk mengelola laboratorium dengan baik. Karena peran dan fungsinya sangat penting bagi kemajuan akademik Perguruan Tinggi, Kementerian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi memberikan penghargaan bagi laboran yang berprestasi dalam mengelola laboratoriumnya. Setiap Universitas dapat memilih laboran yang terbaik sebagai wakil Perguruan Tinggi untuk bersaing di tingkat nasional. Dalam menentukan laboran terbaik, diperlukan suatu metode yang tepat untuk mengambil keputusan. Fuzzy MADM (Multi-Attribute Decision Making) dengan Simple Additive Weighting adalah metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh nilai bobot dan mencari jumlah tertimbang dari kinerja alternatif setiap atribut. Penulis mencoba menerapkan metode ini berdasarkan kriteria pendidikan, masa kerja, integritas dan kepribadian, prestasi serta dokumen kelengkapan. Masing-masing kriteria diberikan bobot, dilakukan perhitungan matrik ternormalisasi dan bobot vector untuk menghasilkan perangkingan. Meskipun memiliki nilai awal yang sama, dengan menerapkan Fuzzy MADM mampu membedakan nilai pada hasil akhir dengan skor nilai 3 untuk nilai tertinggi. Kata kunci: fuzzy MADM, laboran berprestasi, simple additive weighting Abstract: The Laboratory is an open or closed space managed for practicing activities, testing, calibration using specific equipment and the scientific method. The Laboratory function is very important for the implementation of education, research, or community service. So that its functions can be run optimally, it needs competent human resources to manage the laboratory well. Because of the role and function is very important for the academic progress of Higher Education, The Ministry of Research and Technology College awarded for the laboratory staff who have achievement in managing laboratory. Each university can choose the best laboratory as vice College to compete at the national level. In determining the best laboratory, we need a method that is appropriate to take a decision. Fuzzy MADM (Multi-Attribute Decision Making) with Simple Additive weighting is a method used to find the optimal alternative based on criteria determined by the weight values and looking for the weighted sum of the alternate performance of each attribute. The author tries to apply this method is based on the criteria of education, length of service, integrity and personality, achievement and completeness of the document. Each criterion is given weight, calculated the normalized matrix and weight vector to produce on ranking. Despite of having the same initial value, applying the Fuzzy MADM able to distinguish the value of the final result with a score of 3 for the highest value. Keywords: fuzzy MADM, high achieving laboratory staff, simple additive weighting
Sistem Informasi Pengolahan Nilai Sekolah Secara Online Berbasis Lingkungan (Adiwiyata) Di Kementerian Lingkungan Hidup Nurhaeni, Rina; Hermaliani, Eni Heni; Merdekawati, Agustiena
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1114.362 KB)

Abstract

Abstrak: Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup, dalam pengolahan datanya nilai sekolah masih dilakukan secara manual dan tersimpan dalam file yang terpisah. Hal ini mengakibatkan proses pengolahan data tidak efektif. Penelitian ini menggunakan metode survey (observasi, wawancara, studi literature dari penelitian terdahulu) yang dipadukan dengan model pembangunan sistem (waterfall). Pembuatan sistem informasi online ini untuk memberikan penyelesaian permasalahan dalam sistem pengolahan data nilai. Berdasarkan hasil penelitian perlu adanya sistem informasi pengolahan nilai secara online agar mempermudah kegiatan operasional olah data untuk nilai sekolah dan dapat dimanfaatkan kedepannya oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Kata kunci: berbasis lingkungan (adiwiyata), online, pengolahan nilai , sistem informasi Abstract: Adiwiyata is a program of the Ministry of Environment, in data processing school grades are still done manually and stored in a separate file. In this case resulted in the data processing is not effective. This study used survey method (observation, interview, literature studies from previous research) that is integrated with system development model (waterfall). Making an online information system to provide settlement of problems in the data processing system of values. Based on the research necessary to information system of the value processing online in order to facilitate the operations of data processing for the value of the school and can be used in the future by the Ministry of Environment. Keywords: based environment (adiwiyata), information system, processing value, online
Komparasi Algoritma Klasifikasi Data Mining untuk Evaluasi Pemberian Kredit Masripah, Siti
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.161 KB)

Abstract

Abstrak: Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga, pada koperasi permasalahan kredit merupakan permasalahan manajemen, dimana jika banyak nasabah yang menunggak dalam pembayaran maka akan mengganggu system keuangan yang ada, untuk itulah penelitian ini menerapkan proses analisa kredit nasabah terlebih dahulu sebelum diambil sebuah keputusan pemberian kredit, analisa keputusan memberikan kredit menggunakan algoritma klasifikasi C4.5 dan Naïve Bayes dimana kedua algoritma tersebut dilakukan penilaian, mana algoritma yang paling akurat dalam menganalisa kemampuan nasabah dalam membayar kredit, analisa berdasarkan data history. Hasil yang didapatkan dari perbandingan kedua algoritma tersebut, bahwa tingkat akurasi yang lebih baik adalah menganalisa menggunaka algoritma klasifikasi C4.5 yaitu 88.90 % sedangkan untuk tingkat akurasi menggunakan algortima klasifikasi Naïve Bayes yaitu 80.00%. Kata kunci: c4.5, klasifikasi, naïve bayes Abstract: Credit is the provision of cash or the equivalent, based on the agreement between bank lending and other parties who require the borrower to pay off debts after a certain period of time with interest, of the cooperative credit problems are management problems, whereby if a lot of customers in arrears payment it will disrupt the existing financial system, for why this study apply customer credit analysis process before taken a decision to grant credit, provide credit decision analysis using the algorithm C4.5 and Naïve Bayes classification where the algorithms are done votes, where the algorithm the most accurate in analyzing the ability of customers to pay for the credit, an analysis based on the data history. Results obtained from the comparison of the two algorithms are, that level of accuracy is even better is to analyze menggunaka C4.5 classification algorithm that is 88.90% while the level of accuracy using Naïve Bayes classification algorithm is 80.00%. Keywords: clasification, c4.5, naïve bayes
Implementasi Remote Site Pada Virtual Private Network Berbasis Mikrotik Supendar, Hendra
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.051 KB)

Abstract

Abstrak : Penggunaan flashdisk dan email untuk pertukaran data memang sangat dibutuhkan untuk kegiatan bisnis, namun penggunaan email dan pertukaran flashdisk cenderung lemah dalam mengantisipasi tingkat keamanan jaringan tersebut. Teknologi Virtual Private Network (VPN) merupakan teknik pengamanan jaringan yang bekerja dengan cara membuat suatu tunnel sehingga jaringan yang terpercaya dapat terhubung dengan jaringan yang ada di luar melalui internet. Teknologi ini menggunakan protokol Point to Point Tunneling Protokol (PPTP) dengan cara remote site merupakan solusi yang dapat di implementasikan pada kegiatan bisnis yang dapat menyediakan sarana transfer data dan jaringan yang lebih aman. Dari hasil pengujian ini dapat dibuktikan bahwa dengan dengan menggunakan jaringan VPN, walaupun mempunyai packet loss dari lebih banyak namun mempunyai round trip yang kecil dan dapat mendownload data lebih cepat kemudian secara keamanan menunjukkan bahwa mengunakan jaringan VPN terbukti lebih aman. Kata kunci : virtual private network, remote site, packet loss, round trip Abstract: The use of flash and email to exchange data is greatly needed for business activities, but the use of email and flash exchanges are generally weak in anticipation of the level of network security. Virtual Private Network (VPN) is a network security technique that works by creating a tunnel to a trusted network can be connected to the existing network outside via the Internet. The technology uses a protocol Point to Point Tunneling Protocol (PPTP) by means of a remote site is a solution that can be implemented on the business activities that can provide a means of data transfer and more secure network. From the test results can be proved that by using a VPN network, despite having packet loss of more but has a small round trip and can download data faster then security shows that using a VPN network proved to be more secure. Keywords : packet loss, remote sites , round trip, virtual private network
Optimasi Neural Network Dengan Algoritma Genetika Untuk Prediksi Hasil Pemilukada Badrul, Mohammad
Bina Insani ICT Journal Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Bina Insani ICT Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.862 KB)

Abstract

Abstrak : Indonesia merupakan salah satu negara demokratis di dunia ini. Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa kepulauan melahirkan berbagai macam suku dan budaya. Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa kepulauan dibagi menjadi 33 provinsi. Negara Indonesia merupakan Negara demokratis. Pemilu yang diselenggarakan di Indonesia adalah untuk memilih pimpinan baik Presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPRD, dan DPD. Penelitian yang berhubungan dengan pemilu sudah pernah dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode decision tree atau dengan menggunakan neural network Dalam penelitian ini dibuatkan model algoritma neural network dan model algoritma neural network berbasis algoritma genetika. Setelah dilakukan pengujian dengan dua model yaitu algoritma neural network dan algoritma genetika maka hasil yang didapat adalah algoritma neural network menghasilkan nilai akurasi sebesar 98,50 % dan nilai AUC sebesar 0,982, namun setelah dilakukan penambahan yaitu algoritma neural network berbasis algoritma genetika nilai akurasi sebesar 93.03 % dan nilai AUC sebesar 0,971. Kata kunci : algoritma genetika, akurasi, pemilu, neural network Abstract : Indonesia is one of the democratic countries in the world. State of Indonesia which consists of several islands spawned various tribes and cultures. State of Indonesia which consists of several islands divided into 33 provinces. Indonesia is a democratic country. Elections were held in Indonesia is to choose the heads of both the president and vice president, members of Parliament, Parliament and Council. Research relating to the election had been conducted by researchers is using decision tree method or by using a neural network In this study created a model neural network algorithms and neural network algorithm model based on genetic algorithms. After testing the two models of neural network algorithms and genetic algorithms then the results obtained is a neural network algorithm produces a value of 98.50% accuracy and AUC value of 0.982, but after the addition of a neural network algorithm that is based on a genetic algorithm accuracy value of 93.03 % and AUC value of 0.971. Keyword: accuracy, elections, genetic algoritm, neural network algorithm
Analisis Strategi Aplikasi Penagihan dengan Metode SWOT Rusdiansyah, Rusdiansyah
Bina Insani ICT Journal Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Bina Insani ICT Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.808 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal yang dihadapi oleh sebuah perusahaan sebagai dasar untuk menetukan alternative strategi yang tepat untuk perusahaan. Kondisi internal termasuk kekuatan dan kelemahaan perusahaan. Sementara kondisi eksternal meliputi peluang dan ancaman perusahaan. Informasi diperoleh dengan menggunkan matriks IFE, matriks EFE, Matriks IE, dan Matriks SWOT. Dari hasil penelitian EFE dan IFE, Matriks EFE perusahaan memiliki total skor 0,3985 sementara Matriks IFE perusahaan memiliki total skor 0,4891. Posisi di IE Kuadran matriks ditentukan dari skor total Matriks IFE sebagai sumbu x dan total skor Matriks EFE sebagai sumbu y. Dari hasil penelitian ini adalah perusahaan berada pada kuadran 1, posisi ini menunjukkan perusahaan dalam posisi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Kata kunci: analisis SWOT, implementasi strategi, perumusan strategi Abstract: This study aims to determine the internal and external conditions faced by Perusahaan , as the basis for determining the appropriate alternative strategy for the company. Internal conditions, including the strengths and weaknesses of the company. While external conditions including opportunities and threats of the company. Information obtained by using IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, and SWOT Matrix. From the research EFE and IFE, EFE Matrix Perusahaan has a total score of 0.3985 while the IFE Matrix Perusahaan has a total score of 0.4891. IE quadrant position in the matrix is determined from the total score matrix IFE as the x-axis and the total score of Matrix EFE as the y-axis. From the results of this study are Perusahaan is in quadrant 1, shows the position of Perusahaan in a very advantageous position. The company has the opportunity and the power that can take advantage of existing opportunities. The strategy should be applied in these circumstances is to support aggressive growth policy (growth-oriented strategy). Keywords: strategy formulation, strategy implementation, SWOT analysis
E-Learning Robotika Untuk Level Intermediate Pada Lembaga Cyber Robot Bekasi Santoso, Fajar; Leidiyana, Henny
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.239 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan robot saat ini sudah mencakup sebagian besar pekerjaan manusia. Teknologi dan otomatisasi industri mendorong manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cepat, tepat, dan efisien sehingga dikembangkan teknologi robot untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia di masa yang akan datang. Ilmu robotika tidaklah mudah, untuk saat ini masih banyak anak-anak yang cenderung buta terhadap teknologi ini. Salah satu lembaga pendidikan yang bergerak di bidang rob¬¬otik di bekasi yaitu Cyber Robot Bekasi. Setelah melakukan riset, penulis menemukan ada sistem yang kurang efektif pada lembaga Cyber Robot Bekasi melalui riset di lembaga tersebut yakni sistem pembelajaran yang terkesan kurang efisien dalam menanggapi pemanasan global saat ini yaitu tentang penggunaan modul yang kurang maksimal menggunakan kertas dengan mesin cetak dan menjilidnya secara manual. Dengan lahirnya perkembangan teknologi internet yang semakin cepat, terutama sistem e-Learning pada website, penulis berharap bisa mempermudah pembelajaran siswa - siswi robotik level intermediate agar dapat mengikuti seluruh materi yang diberikan oleh para pengajar robotik cyber robot bekasi dengan mudah, praktis, dan efisien. Kata kunci: otomatisasi, e-learning, level intermediate Abstract: The use of robots has now covered the entire side and human everyday tasks, technology and industrial automation is rapidly increasing, sophisticated and modern encourage people to meet their needs quickly, accurately, and efficiently so that the developed robotic technology to assist and facilitate the work of human beings in the future come. The science of robotics is not easy, for there are still many children who tend to be blind to this technology. One of the educational institutions working in the field of robotics in bekasi namely Cyber Robot Bekasi. The authors assess the existing system is less effective in Bekasi Robot Cyber institutions through research at the institute namely learning system seem less efficient in responding to global warming today is about the use of modules that are less than the maximum use of paper with the printing press and bind manually. With the birth of the development of internet technology are getting faster, especially e-Learning on the website, the author hopes to facilitate the learning of students - student robotics intermediate level in order to follow all the material provided by the teachers robotic cyber robot bekasi with easy, practical, and efficient. Keywords: automationi, e-learning, level intermediate
Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction (CBI) Retnoningsih, Endang
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.759 KB)

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran dikelas diperlukan kemampuan guru dalam menguasai materi dan metode pembelajaran yang tepat sehingga tidak menimbulkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan perangkat pembelajaran menggunakan media interaktif. Computer Based Instruction (CBI) merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar menggunakan software yang dibuat secara terprogram sebagai sarana memberikan kemudahan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran mengamati dan mempelajari secara langsung. Tujuan dari penelitian untuk mendesain media interaktif pembelajaran dan menerapkan pembelajaran berbasis Computer Based Instruction untuk mata pelajaran IPA tentang pengenalan tata surya. Pembelajaran berbasis Computer Based Instruction diterapkan secara bertahap, latihan soal, simulasi dan model instructional. Tahapan penelitian yaitu pengembangan aplikasi dan evaluasi. Pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall serta pengujian perangkat lunak meliputi pengujian white box dan black box. Desain menggunakan Adobe Flash CS6 dan Adobe Photoshop CS6. Hasil evaluasi penerapan media interaktif pembelajaran berbasis CBI dari kuisioner terlihat bahwa sebagian besar siswa setuju media pembelajaran interaktif membantu memahami lebih dalam tentang tata surya. Sehingga pembelajaran berbasis Computer Based Intetruction dapat meningkatkan belajar dan siswa lebih tertarik serta pembelajaran menjadi efektif. Kata kunci: animasi, computer based instruction, media belajar, multimedia interaktif Abstract: Learning process required class teachers ability to master the material and appropriate learning methods so as to avoid boredom and burnout of students in the learning process. It required a learning tool using interactive media. Computer Based Instruction (CBI) is a learning program that is used in the process of learning to use software created programmatically as a means of giving the ease of students in the learning process directly observe and study. The purpose of the study to design and implement a learning interactive media-based learning Computer Based Instruction for science subjects on the introduction of the solar system. Computer Based Instruction based learning is applied gradually, exercises, simulations and instructional models. Stages of research is the development and evaluation of applications. Application development as well as the waterfall method of software testing includes testing white box and black box. Design using Adobe Flash CS6 and Adobe Photoshop CS6. The results of the evaluation of the application of interactive media-based learning CBI from the questionnaire shows that most students agreed media interactive learning help understand more about the solar system. So the Computer Based Intetruction based learning can improve learning and students are more interested and learning to be effective. Keywords: animation, computer based instruction, interactive multimedia, learning media
Sistem Informasi Rekapitulasi Data Penduduk Sebagai Pendukung Ketertiban Administrasi Penduduk Satria, Satria; Husin, Ishak; Primadina, Primadina
Bina Insani ICT Journal (OLD) Vol 3 No 1 (2016): Bina Insani ICT Journal
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.429 KB)

Abstract

Abstrak: Desa Setia Mekar adalah salah satu desa di wilayah Bekasi Timur yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi dengan perpindahan penduduk yang cukup tinggi pula. Pada saat ini metode perekaman dan penyimpanan data kependudukan yang digunakan pada Desa Setia Mekar adalah metode pemberkasan. Metode pemberkasan yang di lakukan adalah dengan cara mencatat data penduduk pada sebuah buku arsip kependudukan, metode ini kurang efektif dan efisien dalam pencarian data penduduk dan penentuan jumlah pertumbuhan penduduk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masalah yang timbul di Desa Setia Mekar adalah belum tertibnya administrasi kependudukan yang mengakibatkan kurang efektif dan efisiennya pelayanan kependudukan dan sulitnya membangun informasi yang teratur terutama masalah rekap data penduduk. Oleh karena itu, penulis mencoba membuat rancangan sistem informasi yang bersifat komputerise tentang Sistem Informasi Rekapitulasi Data Penduduk sebagai Pendukung Ketertiban Administrasi Penduduk Pada Desa Setia Mekar Kec. Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, di harapkan bisa dijadikan model penerapan registrasi penduduk , bukan saja di tahap pendaftaran dan pelaporan tetapi juga dalam pengembangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang bisa menghasilkan database kependudukan yang lengkap, akurat, dan mutakhir. Kata kunci : mutasi penduduk, rekapitulasi, sistem informasi Abstract: Setia Mekar village is one of the villages in East Bekasi area which has a population density that is high enough to transfer high population anyway. At this time recording method and storage population data used in Desa Setia Mekar is a method of filing. Method of filing is done is by recording the data resident on a book archive of population, these methods are less effective and efficient in the search data on population and determination of the amount of population growth. It can be concluded that the problems arising in Desa Setia Mekar is not orderly population administration that resulted in less effective and efficient service of the population and the difficulty of building the information regularly, especially problems recap population data. Therefore, the authors tried to make the design of information systems that are komputerise Information System Summary of Data Population Population Administration as Support Order On Setia Mekar Village district. South Tambun Bekasi, is expected to model the population registration application and not just at the stage of registration and reporting but also in the development of Information Systems Administration (SIAK) that can generate population database that is complete, accurate, and current . Keywords: information systems, population movements, recapitulation

Page 1 of 3 | Total Record : 25