cover
Contact Name
Muiszudin
Contact Email
muiszudin2004@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
iszoe_khat@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
ISSN : 20851596     EISSN : 24075310     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik manajemen
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)" : 8 Documents clear
MANAJEMEN KINERJA, KEADILAN DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUNPRIMA NUSANTARA PEMBIAYAAN (COLUMBIA FINANCE) PONTIANAK Rinaldi, Udin; Diana, Tri; Dewi, Andini Triana
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.594 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.542

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menginvestigasi manajemen kinerja, keadilan dan kinerja karyawan pada PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (Coumbia Finance) Pontianak. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan bentuk Explanatory Research. Populasi sebanyak 82 orang (penelitian sensus) yang datanya dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis menggunakan model penyelesaian analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menjawab hipotesis bahwa terdapat pengaruh signifikan antara manajemen kinerja terhadap keadilan, adanya pengaruh signifikan antara manajemen kinerja terhadap kinerja karyawan, adanya pengaruh signifikan antara keadilan terhadap kinerja karyawan. Keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model analisis jalur adalah sebesar 96,4% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model dan error.Kata kunci : manajemen kinerja, keadilan, kinerja karyawan
IDENTIFIKASI MANAJEMEN ASET DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN PROPERTI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Batubara, Santy Mayda
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.628 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.540

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh manajemen aset dan kinerja keuangan berpengaruh terhadap nilai pasar pada perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Rancangan penelitian ini menggunakan data sekunder, dengan teknik purposive sampling, yaitu perusahaan sektor properti, dengan sub sektor properti dan real estate dan konstruksi bangunan, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sebanyak 72 pengamatan. Operasional variabel penelitian ini adalah Manajemen Aset diukur berdasarkan Fixed Asset Turnover (FAT) dan Inventory Turnover (IT); dan Kinerja Keuangan diukur berdasarkan Return On Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) terhadap Nilai Pasar yang diukur berdasarkan Harga Saham Penutupan (HSP). Analisis penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu (1) Manajemen Aset dan Kinerja Keuangan berdasarkan uji Simultan menyatakan bahwa secara bersama-sama atau serempak berpengaruh positif dan signifikan terdapat Nilai Pasar, (2) Namun berdasarkan uji parsial menyatakan bahwa yang berpengaruh positif dan signifikan adalah IT, sementara FAT, ROA dan ROE tidak berpengaruh positif dan signifikan, (3) Berdasarkan koefisien Determinasi menyatakan bahwa Manajemen Keuangan dan Kinerja Keuangan memiliki hubungan yang cukup erat terhadap Nilai Pasar dan memiliki peningkatan sebesar 11,4%.Kata kunci:  Fixed Asset Turnover, Inventory Turnover, Return on Asset dan Return on Equity dan Harga Saham Penutupan
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL HONDA PADA HONDA DAYA MOTOR DI KOTA PONTIANAK Sumiyati, Sumiyati; Jakaria, Jakaria
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.671 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.562

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran yang dilakukan oleh Honda Daya Motor terhadap keputusan konsumen membeli mobil Honda pada Honda Daya Motor di Kota Pontianak. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeli mobil di Honda Daya Motor dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji kelayakan model.Hasil uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas menunjukkan bahwa data sudah memenuhi persyaratan valid, reliabel dan normal. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 3,240 + 0,250 X. Hasil koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,243 yang menunjukkan bahwa bauran pemasaran mempunyai hubungan yang positif namun rendah terhadap keputusan konsumen membeli mobil Honda di Honda Daya Motor. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,59 yang berarti bahwa 5,9% keputusan konsumen membeli mobil Honda di Honda Daya Motor dipengaruhi oleh bauran pemasaran dan sisanya sebesar 94,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji kelayakan model nilai F hitung sebesar 6,159 > F tabel 3,94, dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,015 (lebih kecil dari 0,05), menunjukkan bahwa model regresi linear sederhana dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen membeli mobil Honda yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.Kata kunci:  Bauran pemasaran, keputusan konsumen, honda daya motor
PENGARUH PDRB, PENDIDIKAN DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI KABUPATEN SAMBAS Novita, Uray Dian; Istiqamah, Nur
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.24 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.539

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu keadaan yang tidak hanya di alami oleh negara yang berkembang, namun juga bagi negara maju yang telah memiliki kekayaan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang memadai. Begitu juga halnya yang terjadi di Kabupaten Sambas yang mana jumlah penduduk miskinnya bisa di katakan cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh PDRB, Pendidikan dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di Kabupaten Sambas. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji koefisien signifikansi. Dari hasil penelitian didapat PDRB tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan yang terjadi di Kabupaten Sambas. Dengan hasil t hitung 3,181 > t tabel 1,746 menunjukkan bahwa semakin tinggi PDRB maka tingkat kemiskinan tidak berkurang secara signifikan. Pendidikan berpengaruh negatif sangat nyata terhadap tingkat kemiskinan yang terjadi di Kabupaten Sambas. Dengan nilai t hitung (-1.343) < t tabel maka pendidikan mempengaruhi kemiskinan di Kabupaten Sambas. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan semakin rendah kemiskinan yang terjadi. Pengangguran juga mempengaruhi kemiskinan yang ada di Kabupaten Sambas. Dengan t hitung 1,634 < t tabel maka semakin tinggi pengangguran maka semakin tinggi pula kemiskinan yang terjadi dan sebaliknya semakin rendah pengangguran maka semakin rendah pula kemiskinan.Kata kunci:  Kemiskinan, kabupaten sambas
PENGARUH STRESS KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PENJAGA DAN TEKNISI SARANA BANTU NAVIGASI PELAYARAN PADA KANTOR DISTRIK NAVIGASI KELAS III PONTIANAK Yasmin, Devi; Prasetiyo, Alfian Yuda
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.417 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.563

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stress kerja terhadap kinerja pegawai penjaga dan teknisi sarana bantu navigasi pelayaran pada Kantor Distrik Navigasi Kelas III Pontianak. Sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu dengan memilih langsung semua pegawai sebanyak 47 orang. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana, koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi dan uji F dengan bantuan software SPSS 19.0 for windows.Hasil penelitian menunjukan persamaan regresi linear sederhana Y=88,669+0,022 X yang artinya jika stress kerja (X) sama dengan nol maka kinerja (Y) sebesar 88,669 satuan dan setiap kenaikan satu satuan stress kerja maka kinerja akan naik sebesar 0,022 satuan. Hasil Koefisien Korelasi Sederhana nilai korelasi antara stress kerja dan kinerja sebesar 0,488 yang berarti memiliki korelasi linear positif yang rendah. Hasil Koefisien Determinasi/R square sebesar 0,238. Dengan demikian variasi perubahan kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel stress kerja sebesar 23,8%, sedangkan sisanya 76,2% diterangkan oleh variabel di luar model persamaan regresi dalam penelitian ini. Hasil uji f pada pengujian hipotesis ini H1 diterima yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas  sig. < 0,05.  Hal ini menunjukkan bahwa model regresi linier sederhana dapat digunakan dalam memprediksi hubungan stress kerja dan kinerja pegawai.Kata kunci:  Stress kerja dan kinerja karyawan
PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERIKANAN POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK Samsuddin, Samsuddin; Setiyaningsih, Endang
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.963 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.564

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi  terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Budidaya Perikanan Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak. Sampel yang dipilih sebanyak 100 orang responden dari Program Studi Budidaya Perikanan Tahun Akademik 2015/2016 dengan teknik Proporsional Stratified Random Sampling.Hasil dari persamaan regresi Y= 3.667+0.545X, persamaan regresi linier sederhana dalam penelitian ini apabila promosi tetap atau tidak dilakukan peningkatan, maka nilai keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan adalah sebesar 3.667. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar 0,422, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara advertising, publisity, sales promotion, dan direct marketing terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak adalah sedang karena pada rentang 0,40-0,599. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,178, sedangkan uji model (Uji F) dapat disimpulkan bahwa model regresi linier sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak yang dipengaruhi oleh promosi.Kata kunci: Promosi, keputusan mahasiswa, budidaya perikanan
FAKTOR PERTIMBANGAN MASYARAKAT MEMILIH DAFTAR EFEK SYARIAH Supriadi, Fenni; Hariyanto, Dedi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.132 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.509

Abstract

Masih sedikitnya jumlah investor yang berinvestasi pada efek syariah menjadi dasar pertimbangan untuk melakukan penelitian guna mengetahui faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi minat investor dalam berinvestasi pada efek syariah di pasar modal selain faktor return. Adapun faktor-faktor yang menjadi indikator dalam penelitian ini antara lain pengetahuan dan pemahaman mengenai investasi di pasar modal, jenis efek yang diminati (saham, obligasi, sukuk, reksadana), return yang ditawarkan atas investasi tersebut, serta karakteristik investasinya (konvensional dan syariah).Penelitian secara kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Software yang digunakan untuk membantu dalam analisis data adalah Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 19. Analisis dan interpretasi lebih lanjut juga dilakukan atas faktor-faktor yang paling signifkan mempengaruhi minat investor terhadap efek syariah.Sebagian besar investor tidak berminat untuk berinvestasi pada efek syariah. Faktor yang Paling menentukan tidak berminatnya investor individu pada efek syariah tersebut adalah kurangnya edukasi dan sosialisasi mengenai efek syariah di pasar modal. Bagi investor yang berminat pada efek syariah, terdapat 2 (dua) faktor yang paling mempengaruhi minat pada efek syariah. Pertama adalah adanya kesan positif terhadap efek syariah sebagai investasi yang beretika dan bermoral. Kedua adalah kondisi ekonomi, di mana efek syariah dianggap lebih bisa bertahan pada saat krisis.Kata kunci: Faktor keputusan investasi syariah
PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY DAN EARNING PER SHARE TERHADAP RETURN SAHAM PEMBENTUK INDEKS KOMPAS 100 Hariyanto, Dedi; Abdurrahman, Abdurrahman
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.119 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan perusahaan yang difokuskan pada Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) terhadap return saham Pembentuk Indeks Kompas 100. Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah 100 perusahaan yang terdapat dalam Indeks Kompas 100, dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 71 perusahaan.Hasil Koefisien Korelasi Berganda (r) variabel Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) menunjukkan hubungan yang sangat lemah terhadap Return Saham. Hasil Koefisien Determinasi sebesar 14,7% return saham dipengaruhi oleh variabel ROA, ROE dan EPS. Pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa ROA, ROE dan EPS secara bersama- sama berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan untuk pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa hanya variabel ROE yang memiliki pengaruh terhadap return saham. Sementara ROA dan EPS tidak berpengaruh terhadap return saham.Kata kunci: Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS), Return Saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 8