cover
Contact Name
Muiszudin
Contact Email
muiszudin2004@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
iszoe_khat@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
ISSN : 20851596     EISSN : 24075310     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik manajemen
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI" : 8 Documents clear
Analisis Proses Keputusan Pembelian Online dan Implementasi Costumer Interface 7C Pada PT.Datacom Digital (Studi Kasus Pada www.datacomdigital.com tahun 2016 Supriadi, Fenni
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.494 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses keputusan pembelian online dan implementasi customer interface 7C pada www.datacomdigital.com sebagai toko komputer online terlengkap di Pontianak.Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal dengan teknik convienience sampling. Objek penelitian adalah pengunjung datacom digital online di Pontianak. Pengumpulan Data Kuesioner diolah secara kuantitatif dan disajikan secara kualitatif  dengan jumlah 50 orang responden yang merupakan konsumen yang tergabung melalui akun facebook group facebook/fanspage datacomdigital.com. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi customer interface 7C pada www.datacomdigital.com adalah baik, dimana 6 (enam) dari 7 (tujuh) sub variabel berada pada kategori baik dan 1 (satu) sub variabel sangat baik dengan persentase 83%. Proses keputusan pembelian online juga berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 73%. Hal ini berarti, bahwa proses keputusan pembelian online pada www.datacomdigital.com di Pontianak sudah berjalan dengan baik. Kata kunci : Customer Interface, Pembelian Online, Data comdigital
Identifikasi Pengukuran Kinerja Keuangan Berdasarkan Value Added Intellectual Coefisient (Vaictm) Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Batubara, Santy Mayda
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.946 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.454

Abstract

The existence of a large difference between the market value and the reported values would make the financial statements are useless for decision making for investors who will invest in the company. The purpose of this study is as a source of information for investors to conduct analysis and investment decisions in the stock market, especially manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange. The design of this research is done using secondary data and purposive sampling techniques, the overall manufacturing company in the consumer goods industry sector, listed on the Stock Exchange, from 2011 up to 2014. The research model using multiple linear regression, which was conducted to determine the effect of free variables, Value Added Intellectual Coeffisient (VAIC TM), consisting of: VACA (X1), VAHU (X2), STVA (X3) on the dependent variable is financial performance, which consists of: Ratio on Assets (ROA) (Y1) and Market Value (Y2). The conclusion of this study are: (1) simultaneously (test F), Value Added Intellectual Coefisient (VAICTM) effect on financial performance consisting of ratios Return on Assets (ROA) is 15.078> 2.69; 0.000 <0.05 and Market Value, is 12.047> 2.69; 0.000 <0.05; (2) partially (t test), Value Added Intellectual Coefisient (VAICTM) effect on the financial performance, the ROA is Physical Capital and Structural Capital, namely 0.000 <0.05, and the Market Value of variables, namely Structural Capital course , namely 0.000 <0.05, and 3) in the coefficient of determination R Square or the amount of Value Added Intellectual Coefisient (VAICTM) has a fairly close relationship to the Financial performance Ratio for the variable on Assets (ROA), is 0.558 and Market Value, is 0.515 Keywords: Physical Capital, Human Capital, Structural Capital Ratio on Assets and Market Value
Kepuasan Terhadap Pelayanan Pasien Di Puskesmas Kapuas Kabupaten Sanggau 01, Wahyuni
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.559 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.461

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sanggau Tahun 2014 di Kabupaten Sanggau.Penelitian ini menggunakan metode survey, yang menggunakan data observasi, wawancara, dan kuesioner Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah berobat di Puskesmas Kapuas.Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 60 orang yang  telah berobat minimal 2 kali. Variabel penelitian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Keandalan (Realibility), Kesigapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Nyata (Tangibles) yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Pernyataan dalam skala likert tersebut berhubungan dengan tingkat kepentingan (harapan) dan kinerja pelayanan kesehatan di Puksesmas Kapuas di Kabupaten Sanggau. Teknis Analisis data secara Kualitatif diubah ke dalam Kuantitatif melalui diagram Kartesius.Hasil analisis tingkat kepentingan dan kinerja memperlihatkan bahwa responden tidak puas dengan kinerja pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas. Ketidak puasan ini tercermin dari nilai peringkat kepentingan (Y) rata-rata sebesar 4,35% dan peringkat kepuasan (X) rata-rata sebesar 4,26%. Artinya, bahwa kinerja pelayanan yang di berikan di Puskesmas Kapuas lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepentingan (harapan) responden, sehingga responden tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Atribut-atribut yang menyebabkan responden tidak puas (Kuadran A:prioritas rendah) antara lain keramahan pegawai Puskesmas Kapuas; dan kemudahan dalam mengurus administrasi. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Puskemas, Sanggau
Pengaruh Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Distribusi Pada PT. PLN (Persero) Area Sanggau 01, Samsuddin; Widasari, Santi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.913 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.456

Abstract

Penggunaan bahan bakar diperlukan untuk kebutuhan sehari – hari seperti transportasi pada umumnya, baik itu darat, udara dan air. Transportasi darat di Pontianak sudah cukup banyak dilihat dari macetnya jalan – jalan pusat kota. Akibat dari hal tersebut  maka dampak terhadap kebutuhan bahan bakar semakin meningkat. Dalam hal ini, SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) merupakan pihak yang bekerja sama dengan Pertamina dalam mendistribusikan produk yang dihasilkan ke konsumen dan berada di bawah pengawasan Pertamina. Produk BBM yang dijual di SPBU harus terjamin kualitas, kuantitas terhadap stok persediaan bahan bakar serta memilki pelayanan yang baik, cepat, teliti dan akurat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan SPBU 64-781.02. Kota Pontianak. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan diagram kartesius. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah mengisi kendaraan dengan premium di SPBU 64-781.02 Kota Pontianak dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kepuasan yang diberikan oleh SPBU 64-781.02 Kota Pontianak lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepentingan (harapan) responden, masing-masing atribut pelayanan tersebut adalah 10 atribut pelayanan yang termasuk di kuadran A, 8 atribut pelayanan yang termasuk di kuadran B, 4 atribut pelayanan di kuadran C sedangkan di kuadran D terdapat 3 atribut pelayanan.  Kata Kunci: Kepuasan, Konsumen, Pelayanan
Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Indonesia Airline Cabang Pontianak Sulistianingsiha, Wenny Eka
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.588 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.462

Abstract

Tujuan dari penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui  kepuasan  pelanggan  Garuda  Indonesia Airline cabang Pontianak dalam menggunakan jasa transportasi udara.Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Diagram kartesius adalah suatu bangunan yang  terdiri atas 4 (empat) bagian yang dibatasi oleh dua garis yang terpotong tegak lurus pada titik X dan Y. Dimana Titik X merupakan rata-rata dari jumlah rata-rata nilai kepuasan. sedangkan Y merupakan rata-rata dari jumlah rata-rata nilai harapan/ kepentingan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa transportasi udara Garuda Indonesia Airline untuk rute tujuan Pontianak - Jakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian sebanyak 100 responden pada pelanggan  yang menggunakan  jasa transportasi  udara Garuda Indonesia Airline untuk rute tujuan Pontianak - Jakarta pada cabang Pontianak.Hasil diagram kartesius menunjukkan bahwa Kuadran B berada di variabel Reliability (keandalan)  dengan nilai X = kepuasan  sebesar 4,714 dan nilai Y = kepentingannya  sebesar  4,904,  variabel  responsiveness  (ketanggapan)  dengan nilai X = kepuasan sebesar 4,848 dan nilai Y = kepentingannya sebesar 4,90, dan variabel Assurance (Jaminan) dengan nilai X = kepuasan sebesar 4,825 dan nilai Y = kepentingannya sebesar 4,93, serta variabel Emphaty (Empati) dengan nilai X= kepuasan sebesar 4,77 dan nilai Y = kepentingannya sebesar 4,935 yang dapat diartikan   variabel   tersebut   merupakan   variabel   yang  berpengaruh   langsung terhadap kepuasan konsumen, dan pelaksanaannya oleh Garuda Indonesia Airline Cabang  Pontianak  sudah  dianggap  baik  dan  wajib  dipertahankan.  Kuadran  C berada di variabel tangible (bukti fisik) dengan nilai X = kepuasan sebesar 4,439 dan nilai Y = kepentingannya  sebesar 4,776 yang dapat diartikan variabel  yang dianggap  kurang penting bagi konsumen,  sehingga pelaksanaannya  oleh Garuda Indonesia Airline Cabang Pontianak masih belum memuaskan. Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Garuda Indonesia.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Bingka Khatulistiwa Di Kota Pontianak Suryadi, Edy; Saputra, Necky
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.069 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.455

Abstract

Permasalahan dalam penulisan ini adalah apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 100 responden yang diambil secara accidental sampling dari seluruh pelanggan yang membeli Bingka Khatulistiwa di Pontianak. Hasil uji validitas, baik variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan validitas. Hasil uji reliabilitas, baik variabel variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan reliabilitas. Karena memiliki koefisien cronbach’s alpha sama dengan 0,60 atau lebih. Persamaan atau estimasi regresi yang dapat dituliskan berdasarkan hasil pengolahan data dapat dituliskan : Ŷ  =  0,398 + 0,938X. Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang cukup kuat antara bauran pemasaran dengan keputusan konsumen. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,335. Hal ini berarti bahwa 33,5% (1 x 0,335 x 100%) keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 66,5% (1 – 0,335 x 100%) keputusan konsumen membeli Bingka Khatulistiwa di Kota Pontianak dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa uji kelayakan model variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 49,359 > F tabel 2,47 serta memiliki nilai signifikan (sig) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, artinya Model regresi linear sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.. Kata Kunci : Bauran Pemasaran Dan Keputusan Konsumen
Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Rumah Tipe 36 Pada Pt Usratu Busri Kota Pontianak Azizah, Siti
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.543 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap keputusan konsumen membeli rumah tipe 36 pada PT.Usratu Busri Kota Pontianak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode desriptif kuantitatif, Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan kepada 100 orang sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik Accidental Sampling  yaitu Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi (R), analisis koefisien determinasi (R²), uji pengaruh simultan (uji F), dan uji pengaruh parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen membeli rumah tipe 36 pada PT.Usratu Busri Kota Pontianak. Ketiga faktor tersebut memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Produk, harga, dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli rumah tipe 36 pada PT.Usratu Busri Kota Pontianak. Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian Konsumen, dan Perumahan
Pengaruh Economic Value Added (Eva) Dan Market Value Added (Mva) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Diperdagangkan Di Bursa Efek Indonesia 01, Muiszudin; Budiarti, Lina
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.354 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.452

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added (EVA) dan  Market Value Added  (MVA) terhadap  Return  Saham pada perusahaan-perusahaan yang  di perdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan diperoleh jumlah sampel sebanyak 84 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t, secara simultan dengan menggunakan uji  F, dan uji determinasi (R2). Hasil dari penelitian dengan menggunakan secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel EVA dan MVA berpengaruh terhada pvariabel return saham terbukti dari nilai t hitung EVA sebesar 3.710 serta memiliki nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 artinya lebih kecil dari 0.05, dan untuk nilai t hitung MVA sebesar 3.823 serta memiliki nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0.05, sedangkan untuk pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kedua variabel bebas tersebut yaitu EVA dan MVA  secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat (return saham) terbukti dari nilai F hitung sebesar 7,306  serta memiliki nilai signifikansi (sig) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, sedangkan hasil uji determinasi  (R2) diperoleh hasil variabel EVA dan MVA sebesar 0,153. Hal ini berarti bahwa 15,3% berpengaruh terhadap return, sedangkan sisanya yaitu sebesar 84,7% return saham dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Return Saham

Page 1 of 1 | Total Record : 8