cover
Contact Name
Muiszudin
Contact Email
muiszudin2004@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
iszoe_khat@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
ISSN : 20851596     EISSN : 24075310     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik manajemen
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI" : 9 Documents clear
Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Bingka Al-Fajar Di Kota Pontianak 01, Samsuddin; 01, Fathurrozi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.126 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.448

Abstract

 Permasalahan dalam penulisan ini adalah “Bagaimana pengaruh produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 100 orang  konsumen dari keseluruh pelanggan yang membeli kue Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak.Hasil uji validitas, baik variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan validitas. Karena pada uji validitas variabel X maupun variabel Y nilai korelasi antara semua item (pertanyaan) dengan skor totalnya (rxy) menunjukkan hasil yang lebih besar dari r tabel dengan tingkat signifikan 1%. Hasil uji reliabilitas, baik variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan reliabilitas. Karena memiliki koefisien cronbach’s alpha sama dengan 0,60 atau lebih. Hasil uji regresi linier berganda yang telah dilakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Persamaan atau estimasi regresi yang dapat dituliskan berdasarkan hasil pengolahan data dapat dituliskan: Ŷ = 0,324 + 0,155X1 + (0,044X2) + 0,492X3 + 0,340X4. Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan tempat) dengan keputusan konsumen. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,476. Uji hipotesis pengaruh simultan (uji F) menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Uji hipotesis pengaruh parsial (uji t) menunjukkan bahwa produk, promosi dan tempat secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan harga secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Tempat Dan Keputusan Konsumen.
Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Orangtua Murid Memilih Jasa Pendidikan Di TK Bina Mulia Pontianak Hariyanto, Dedi; 01, Fahmi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.971 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.443

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh brand image terhadap keputusan orangtua murid memilih jasa pendidikan di TK Bina Mulia Pontianak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah seberapa besar pengaruh brand image terhadap keputusan orangtua murid dalam memilihkan jasa pendidikan di TK Bina Mulia dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional (Correlational Study). Penelitian ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara brand image terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pendidikan. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan kuisioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen yang merupakan orangtua siswa dan dipilih berdasarkan metode Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dilakukan dengan dua acara, yaitu; analisis kuantitatif dan analisis kualitatif, dengan pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang besar antara brand image terhadap keputusan orangtua murid TK. Keywords: Brand Image, Keputusan Pembelian, Jasa Pendidikan
EfektivitasPembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan KonvensionalTerhadap Tingkat KeberhasilanBelajarMahasiswa (StudiKasusMahasiswa Program StudiManajemenFakultasEkonomiUniversitasMuhammadiyah Pontianak Supriadi, Fenni
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.063 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis web pada matakuliah e-commerce terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah Mahasiswa yang mengambil matakuliah e-commerce pada Program Studi Manajemen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran media e-learning berbasis web terhadap tingkat keberhasilan belajar mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang mengikuti perkuliahan e-commerce di kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan di kelas kontrol yang menggunakan media pembelajarankonvensional (84,04 > 74,28) Kata kunci : Media pembelajaran, E-Learning, Konvensional, Hasil belajar
Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pelaksana Di Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak yasmin, devi; Wahyudi, Tio Pirdo
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.049 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pelaksana Di Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya atau persoalan-persoalan dari suatu fenomena. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pelaksana di Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak yaitu sebanyak 174 orang, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode pengumpulan sampel secara sengaja (purposive sampling).Hasil Uji Regresi Linear Sederhana menunjukkan hal-hal sebagai berikut: persamaan atau estimasi regresi menerangkan bahwa apabila motivasi tidak ada atau sebesar 0 (nol) maka kinerja karyawan pelaksana di Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak sebesar 60,888. Perhitungan koefisien determinasi (R²) menunjukkan  bahwa sebanyak 92% kinerja karyawan pelaksana di Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak dipengaruhi oleh variabel motivasi dan sisanya sebanyak 8% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain di luar penelitian ini dan hasil uji secara uji hipotesis (uji kelayakan regresi sederhana) menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pelaksana di Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak. Keyword: Motivasi, Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak
Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Taksi Pada Arjuna Travel Rute Pontianak-Sanggau Nurjannah, Ismilah Kurnia
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.063 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.450

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengukur kepuasan pelangan terhadap pelayanan jasa transportas itaksi Arjuna Travel rute Pontianak-Sanggau. Untuk keperluan penelitian ini digunakan sebanyak 100 responden yang diambil dari pengguna jasa taksi dan digunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Kepuasan pelanggan diukur menggunakan analisis SERVQUAL, yaitu selisih antara skor persepsi dengan skor harapan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Arjuna Travel Pontianak-Sanggau yang diberikan kepada konsumen masih belum optimal artinya tidak memuaskan pengguna jasa transportasi taksi. Hal ini dapat dilihat dari skor Servqual (gap) yang diperoleh (-0,296) yang berarti persepsi lebih rendah dari harapan pengguna jasa taksi sehingga pelayanan yang diberikan tidak memuaskan. Skor Servqual (gap) negatif tertinggi yaitu (-0,77). Hal ini berarti dimensi jaminan memiliki tingkat ketidakpuasan paling tinggi, sehingga dimensi ini dinilai oleh pengguna jasa taksi memiliki kualitas pelayanan paling rendah dibanding dimensi lainnya. Keywords: Kepuasan Pelanggan, Jasa Transportasi, Travel.
Kualitas Pelayanan Terhadap Peserta Jamkesmas Pada Puskesmas Serasan Timur Di Kabupaten Natuna Suryadi, Edy; Dawani, Vetheras
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.662 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.446

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui  kualitas pelayanan  terhadap  peserta JAMKESMAS pada PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna. Penelitian ini menggunakan  metode  survei  dengan  kuesioner  sebagai  alat  pengumpulan  data  yang pokok. Kuesioner disebarkan kepada 100 peserta JAMKESMAS yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis SERVQUAL dan angka indeks (Q). Jika skor persepsi lebih kecil daripada skor harapan, maka kualitas pelayanan tidak baik. Jika skor kualitas (Q) < 1, maka kualitas pelayanan dikatakan tidak baik.Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  skor  SERVQUAL  bernilai  -0,80  yang berarti kualitas pelayanan yang diberikan oleh PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna kepada peserta JAMKESMAS dikatakan tidak baik. Demikian pula jika dilihat  dari dari besaran  indeks  kualitas (Q), yaitu sebesar 0,83. Dengan angka indeks lebih kecil dari 1 (0,83< 1), maka kualitas pelayanan yang diberikan oleh PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna kepada peserta  JAMKESMAS masih rendah. Skor SERVQUAL kelima dimensi kualitas pelayanan bernilai negatif yang  berarti kelima dimensi kualitas pelayanan PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna masih rendah. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Peserta JAMKESMAS,  PUSKESEMAS, danAnalisis SERVQUAL
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merk Honda Di PT. Nusantara Surya Sakti Pontianak 01, Japari
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.875 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.451

Abstract

Penjualan motor merk Honda mengalami fluktuasi setiap tahun. Tahun 2012 penjualan merk Honda di Kota Pontianak mengalami penurunan penjualan yang mengikuti trend penurunan penjualan pada seluruh merk kendaraan bermotor, Tahun 2013 penjualan merk Honda kembali mengalami peningkatan jumlah penjualan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Honda di PT. Nusantara Surya Sakti Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; Nilai konstanta regresi linier sederhana yang diperoleh adalah sebesar 0,079, artinya jika unsur-unsur bauran pemasaran, seperti produk, harga, promosi, tempat/saluran ditribusi, orang, bukti fisik, dan proses bernilai 0 (nol), maka keputusan pembelian konsumen sepeda motor merk Honda di PT Nusantara Surya Sakti akan bernilai 0,079. Nilai koefisien regresi sederhana variable bauran pemasaran yang diperoleh sebesar 0,964, artinya jika bauran pemasaran di tingkatkan sebesar satu satuan dengan asumsi unsur-unsur lain tidak mengalami perubahan atau tetap, maka keputusan pembelian konsumen pada pembelian sepeda motor merk Honda di PT. Nusantara Surya Sakti Pontianak akan meningkat sebesar 0,964 satuan. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Merk Honda. PT. Nusantara Surya Sakti
Pengaruh Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Distribusi Pada PT. PLN (Persero) Area Sanggau Fachri, Helman; Maulana, Wahyu
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.988 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.447

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Distribusi pada PT. PLN (Persero) Area Sanggau. Penelitian dilakukan pada seluruh Karyawan Bagian Distribusi PT. PLN (Persero) Area Sanggau yang berjumlah 50 orang karyawan. Metode analisis yang digunakan adalah uji Chi-Square dengan dua kategori. Berdasarkan hasil analisa Chi-Square, maka dapat diketahui bahwa pelatihan berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hitung Chi-Square sebesar 8,916 yang lebih besar dari nilai tabel Chi-Square sebesar 3,841 dan nilai probabilitas sebesar 0,003 yang lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Jumlah Pelatihan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Distribusi pada PT. PLN (Persero) Area Sanggau. Kata Kunci :  Pelatihan dan Produktivitas Kerja
Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak 01, Muiszudin; 01, boldi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.881 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.442

Abstract

Penelitian ini ditujukkan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak.Penelitian ini menggunakan metode survey yang menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Pontianak dan dipilih sebanyak 100 orang sebagai sampel dengan teknik tidak acak (non rendom sampling). Variabel penelitian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), empati (Emphaty) dan bukti fisik (Tangible) yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Hasil analisis tingkat kepentingan dan kualitas pelayanan memperlihatkan bahwa   respondentidak            puasdengankinerjapelayananyangdiberikan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Ketidakpuasan ini tercermin dari nilai peringkat kepentingan (Y) rata-rata sebesar 4,39 dan peringkat kepuasan (X) rata-rata sebesar 3,21. Artinya, bahwa kinerja pelayanan yang diberikan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepentingan (harapan) responden, sehingga responden tidak puas dengan pelayanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Atribut-atribut (kuadran A: prioritas rendah)yang menyebabkan responden tidak puas antara lain petugas selalu bersedia membantu pengunjung perpustakaan menemukan koleksi yang dicari dan petugas pelayanan selalu merespon terhadap keluhan pengunjung perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak.Kata kunci : keandalan, daya tanggap,jaminan, empati, dan bukti fisik

Page 1 of 1 | Total Record : 9