cover
Filter by Year
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik manajemen
Articles
93
Articles
MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014 – 2015

Sutarmin, Achmad

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh penerapan mekanisme good corporate governance terhadap manajemen laba. Mekanisme good corporate governance dalam penelitian ini diproksikan dengan ukuran komite audit, ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional. Manajemen laba dalam penelitian ini diukur dengan conditional revenue model yang dikembangkan oleh Stubben (2010). Penerapan ukuran komite audit, dan kepemilikan manajerial diukur menggunakan variabel dummy. Adapun kepemilikan Institusional diukur menggunakan persentase kepemilikan saham, ukuran dewan komisaris diukur menggunakan indikator jumlah anggota dewan komisaris baik yang berasal dari internal perusahaan maupun jumlah dari eksternal perusahaan, sedangkan dewan komisaris independen diukur dengan membagi jumlah dewan komisaris independen dengan total anggota dewan komisaris. Penelitian ini menggunakan sampel dari seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2015. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus (sampling jenuh) dan diperoleh 151 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Kata kunci: ukuran komite audit, ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen,  kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, manajemen laba. ABSTRACT The purpose of this research is to provide empirical evidence about the influence of mechanisms application of good corporate governance toward profit management. Good corporate governance mechanisms in this research are proxied with audit committee standard, commissioners board standard, independent board of commissioners, managerial ownership and institutional ownership. The profit management in this research is measured by the conditional revenue model developed by Stubben (2010). The Implementation of audit committee standard and managerial ownership is measured by using dummy variables. The institutional ownership is measured by using the percentage of share ownership, the board of commissioners standard is measured by using the total indicators of the board commissioners members , both internal and external, while the independent board commissioner is measured by dividing the number of independent board commissioners with total members of the board of commissioners. This research uses samples from all manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2014-2015. The sampling in this research by using census method (saturated sampling) and obtained 151 companies used as samples. The analysis method in this research using multiple regression analysis.Keywords: audit committee standard, board commissioners standard, independent board of commissioners, managerial ownership, institutional ownership, profit management.

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA PELAYANAN UNIT TOKO/UKM MART KOPERASI PEGAWAI NEGERI (KPN) KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Kurniasari, Fita, Maulini, Ria

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.358 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini untuk menganalisis  kepuasan konsumen pada Unit Toko/ UKM Mart Kantor Gubernur Kalimantan Barat yang beralamat di Jl. Ayani Komplek Perkantoran Gubernur Kalimantan Barat. Penelitian ini mengunakan motede survey, yaitu menggunakan observasi, wawancara, kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data.Variabel  penelitian mengunakan lima dimensi kualitas jasa yang terdiri dari Bukti fisik (Tangible), Keandalan (Reability), Daya Tanggap (Responsiness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) melalui beberapa pertanyaan kuesiner. Teknik analisis data menggunakan diagram kartesius.  Hasil analisis  tingkat harapan (Y) dan kinerja yang dirasakan (X)  memperlihatkan  bahwa pelanggan merasa kurang puas dengan kinerja yang diberikan oleh UKM Mart. Ketidakpuasan ini tercemin dari tingkat  harapan (Y) rata- rata sebesar 4,27 dan nilai Kinerja  (X) rata - rata  sebesar 3,56. Artinya, bahwa nilai kinerja pelayanan yang diberikan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat harapan responden, sehingga pelanggan kurang puas  dengan  pelayanan  yang  diberikan  oleh Unit Toko/ UKM Mart.Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Jasa, Kinerja, Harapan ABSTRACTThis research is to analyze customer satisfaction of UKM Mart at Governor Office of West Kalimantan which located at Jl. Ayani, West Kalimantan, Indonesia. This research uses a survey method, which uses observation, interview and questionnaire as a tool to collect data. The research variables used five service quality dimensions consisting of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy through several questionnaire to measured. Data analysis technique using Cartesian diagram. The results of expectation level analysis (Y) and perceived performance (X) show that customers feel less satisfied with the performance provided by the UKM Mart. This dissatisfaction is reflected from the expectation (Y) average is 4.27 and the value of Performance (X) average is 3.56. The conclusion is the value of service performance provided is lower than the respondents expectation, so that the customer is not satisfied with the service provided by the UKM Mart.Keyword : Customer Satisfaction, Service Quality, Performance, Expectation

KAJIAN PENGEMBANGAN KOMODITAS UNGGULAN BUAH-BUAHAN DI KABUPATEN SAMBAS

Istiqamah, Nur, Novita, Uray Dian

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.563 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menentukan komoditas unggulan buah-buahan yang diprioritaskan untuk dikembangkan di Kabupaten Sambas, merumuskan strategi pengembangan agribisnis komoditas unggulan tanaman buah-buahan di Kabupaten  Sambas dan Menentukan alternatif lokasi pengembangan agribisnis komoditas unggulan tanaman buah-buahan di Kabupaten Sambas. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling yaitu menentukan atau memilih responden dengan sengaja. Responden dipilih karena dianggap memiliki pengetahuan, kemampuan dan pengalaman dalam bidang pengembangan komoditas hortikultura buah-buahan. Alat analisis yang digunakan adalah Location Quotient. Hasil analisis Location Quotient (LQ) rata-rata komoditas buah-buahan adalah 2,68. Buah-buahan ini terdiri dari bermacam buah yang di produksi di Kabupaten Sambas, antara lain: alpukat, belimbing, duku, durian, jambu biji, jambu air, jeruk siam, jeruk besar, mangga, manggis, nangka, nenas, pepaya, pisang, rambutan, salak, sawo, markisa, sirsak dan buah naga. Dari 19 kecamatan yang ada Kecamatan Sajad merupakan kecamatan yang paling banyak komoditas unggulan yaitu sebanyak 12 komoditas buah-buahan. Sedangkan kecamatan Semparuk, Tebas dan Tangaran tidak memiliki komoditas unggulan. Dari hasil analisis ini dapat diketahui bahwa tingkat produksi yang tinggi belum tentu menjadi komoditas unggulan untuk suatu daerah seperti kasus pada kecamatan Tebas yang merupakan penghasil jeruk siam terbesar di Kabupaten Sambas.Kata Kunci : Buah-buahan, Komoditas Unggulan, LQ ABSTRACTThe aim of this study determine superior commodities of priority fruits to be developed in Sambas District, formulate the agribusiness development strategy of superior commodities of fruit plants in Sambas Regency and determine alternative location of agribusiness development of superior commodities of fruit plants in Sambas Regency. This research is descriptive by using survey method. The sampling technique used is purposive sampling that is determining or selecting the respondents intentionally. Respondents were selected because they were considered to have knowledge, skills and experience in the field of horticultural commodities development of fruits. The analytical tool used is Location Quotient. The result of the Location Quotient (LQ) analysis of the average commodity of fruits is 2.68. These fruits consist of various fruits that are produced in Sambas District, among others: avocado, starfruit, duku, durian, guava, cashew nut, siam orange, orange, mango, mangosteen, jackfruit, pineapple, papaya, rambutan, salak, sawo, passion fruit, soursop and dragon fruit. Of the 19 existing sub-district, Sajad subdistrict is the most widely superior commodity that is as many as 12 commodities of fruit. While Semparuk, Tebas and Tangaran subdistricts do not have excellent commodities. From the results of this analysis it can be seen that high production level does not necessarily become a superior commodity for a region such as the case in Tebas sub-district which is the biggest producer of siam orange in Sambas district.Keywords: Fruits, Superior Commodities, LQ

PENGARUH PEMAHAMAN PRODUK (FAMLIARITY) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP NASABAH MENABUNG DI iB HASANAH PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PONTIANAK

Triana, Neni, Mahdi, Fadhil

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.653 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman produk Bank Syariah (familiarity) terhadap keputusan nasabah menabung di iB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan rumusan masalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausal sebagaimana yang dijelaskan oleh Sugiyono. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan karakteristik: responden di dominasi oleh perempuan sebesar 52 %, dan sebagian besar responden baru menjadi nasabah kurang dari 1 tahun (<1 tahun) sebanyak 53 %. Berdasarkan uji koefisien normalitas, uji validitas dan reliabilitas adalah masing-masing data terdistribusi dengan normal (0,717 > 0,05) dan seluruh item pernyataan kuesioner yang mewakili tiga variabel bebas: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3) dan satu variabel terikat keputusan nasabah menabung (Y) dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji determinasi (R2) menunjukkan bahwa terdapat fakotr lain sebesar 48,2 % diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung lebih besar daripada F tabel (31,995 > 2,699 ) berarti masing–masing variabel X (familiarity) secara simultan atau bersama–sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan variabel yang secara parsial paling dominan memengaruhi variabel Y adalah variabel X1 (objective knowledge).Kata Kunci: familiarity,objective knowledge,subjective knowledge,experience, keputusan menabung  ABSTRACTThe aim of this research is to investigate the effect of familiarity of sharia banking product on customers’ decision to deposit in IB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Pontianak branch. Qualitative method and associative research are carried out on an-going basis with causal relationship as explained by Sugiyono. The respondents of the research consisted of 100 people characterized by the domination of women with 52%, and most of the respondents are categorized new customers less than a year (<1 year) of 53%. Based on normality coefficient test, validity and reliability test, the data are respectively distributed normal with (0,727 > 0,05), and the whole items of questionnaire which represent three independent variables: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3), and one dependent variable on customers’ decision to deposit (Y) are stated valid and reliable. The test result of determination (R2) showed that there are other factors out of the scope of this research. The F result test also discovered that F value of 48,2% is bigger than F table (31,995 > 2,6999) which means each X variable (familiarity) has a significant effect on Y variable simultaneously, while parsially dominant variable influences the Y variable which is X1 (objective knowledge) variable. Keywords: familiarity, objective knowledge, subjective knowledge, experience, decisons to deposi

OPTIMALISASI PELAYANAN (SERVICE) PUSKESMAS DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KUBU RAYA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Yulian, Ryani, Yeni, Yeni

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.581 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan kajian optimalisasi pelayanan puskesmas dalam peningkatan layanan meliputi: pengukuran kebutuhan, keinginan, harapan  dan persepsi masyarakat selaku pengguna jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis kualitas dengan pendekatan IKM dan model SERVQUAL (Service Quality), analisis kualitatif menggunakan Diagram Kartesius serta terakhir  analisis optimalisasi dengan pendekatan medan kekuatan (Force Field Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai indeks sebesar 2,65 yang dikonversikan dengan nilai dasar adalah 65,10 secara keseluruhan  kinerja unit pelayanan Puskesmas adalah baik.  Dari atribut pelayanan, ada 10 atribut pelayanan termasuk kategori Baik (B), dan 3 unsur pelayanan yang termasuk kategori Kurang Baik (C). Dari 3 unsur pelayanan yang termasuk ketegori Kurang Baik (C), indeks terendah adalah atribut kecepatan pelayanan (P7). Optimalisasi pelayanan dituangkan dalam matrik dengan skala prioritas melengkapi fasilitas dan ketersediaan obat-obatan yang penting, rasio tenaga  kesehatan, pengembangan sistem pelayanan, dan supporting budget serta melibatkan unsur atau  instansi yang terkait.Kata Kunci: indeks kepuasan masyarakat, pelayanan, puskesmas, kebutuhan, keinginan, harapan, persepsi ABSTRACTThis study reviews the optimization of Community Health Care services in improving public health service that includes the measurement of needs, wants, hopes, and perception of service users. The method of research uses three stages nameky; descriptive method of quality analysis and SERVQUAL model, Cartesian Diagram, and optimization analysis with Force Field Analysis. The findings suggested that score of indexes of community satisfaction of the overall performance of Community Health Care is good with mean score 65,10. Out of the attributes of services, there were 10 attributes of services classified as good, and 3 attributes of services classified as poor. The lowest index of the attributes of services was speed of service The optimization of services is imprinted into matrix with priority scale to complete the facility, the availability of essential medicine, and the ratio of health workers, the development of service system, supporting budget and participation from relevant agencies.Keywords: indexes of community satisfaction, service, community health care, needs, wants, hopes, expectations

MODEL PENYALURAN DANA (FINANCING) DALAM OPTIMALISASI PENGEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN KUBU RAYA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Sumiyati, Sumiyati, Suryadi, Edy

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.095 KB)

Abstract

ABSTRAKPermasalahan yang saat ini dihadapi UMKM adalah seringkali pembiayaan dana komersil dengan cost of capital yang relatif tinggi, persyaratan sangat selektif dan jumlah yang tidak mencukupi serta kadangkala salah sasaran, sehingga program permodalan  tidak dapat memberikan manfaat yang optimal pada pengembangan UMKM.Tujuan penelitian ini untuk merancang model penyaluran dana (financing) dalam optimalisasi pengembangan UMKM, terutama dari sudut pandang pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 (tiga) tahapan, yang pertama yaitu metode deskriptif dengan pendekatan tabulasi, yang kedua yaitu analisis medan kekuatan (Force Field Analysis), serta yang terakhir yaitu The House Model. Hasil penelitian mengindentifikasi permasalahan financing yang dihadapi pelaku UMKM, mengkaji kekuatan pendorong dan kekuatan penghambat pengembangan UMKM, dan mengembangkan rancangan The House Model yaitu model penyaluran dana dalam optimalisasi pengembangan UMKM di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Kata Kunci: Model Penyaluran Dana (Financing), Optimalisasi Pengembangan UMKM, The House Model ABSTRACTThe current Micro small and medium enterprises (MSME) problems nowadays are the financing of commercial fund with cost of capital are frequently relatively high, selective requirements and insufficient number of funds, and misdirected fund, so the financing program cannot effectively give optimal benefit to the development of micro small and medium enterprises. The purpose of this research aims to design the model of fund channeling (financing) in the optimalization of micro small and medium enterprises especially from the perspective of MSME entrepreneurs. The methods of this research consisted of three stages namely descriptive method with tabulation approach, Force Field Analysis, and The House Model. The findings of the research identify the problems of financing faced by the MSME entrepreneurs, examine the driving force and inhibiting power of the development of MSME, and develop The House Model design as model of fund channeling in the optimalization of the development and improvement of micro small and medium enterprises at Kubu Raya Regency Kalimatan Barat Province.Keywords: Model of fund channeling (financing), optimalization of MSME, The House Model

PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA SAHAM PERUSAHAAN INDEKS LQ45

Safitri, Heni, Utami, Maudya Prinanda Dwi

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.033 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan pada perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016 yang berjumlah 45 perusahaan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 27 perusahaan. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap profitabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ45 dengan nilai F hitung sebesar 38,781 serta memiliki nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.Kata Kunci : perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran ABSTRACTThis site of the research used is the LQ45 index companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2013-2016 consisting of 45 companies. The total sample was 27 companies which are determined by purposive sampling method. Technique of data analysis used is multiple linear regression. The result of the research showed the variables of working capital turnover, cash flow, receivable turnover, and inventory turnover have a positive and significant effect simultaneously toward the profitability of the companies listed on LQ45 index with F value of 38,781 and a significant value (sig.) of 0,000 which is smaller than 0,05.Keywords: working capital turnover, cash flow, receivable turn over, inventory turnover, profitability.

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI.

Widodo, Djoko Setyo

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.57 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompensasi, kepemimpinan dan budaya organisasi melalui motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner terhadap pegawai di lingkungan pemerintahan Depok. Penelitian ini menunjukkan hasil yang positif dan siginifikan secara parsial dari pengaruh variabel kompensasi, kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi pada kinerja pegawai. Disisi lain, penelitian ini juga menemukan bahwa budaya organisasi tidak berpengaruh pada motivasi kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa semua hipotesis terdukung kecuali satu hipotesis yang menguji pengaruh budaya organisasi tidak berpengaruh pada motivasi kerja.Kata Kunci: kompensasi, kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi kerja, kinerja pegawai ABSTRACTThis study aimed to examine the effect of compensation, leadership and organizational culture through work motivation on employee performance. This study uses a quantitative method by distributing questionnaires to employees in the Depok Government. This study shows a positive and significant results partially from the effect of variable compensation, leadership, organizational culture and motivation on employee performance. On the other hand, the study also found that organizational culture had no effect on work motivation. Based on the results of this study concluded that all hypothesis are supported but one hypotheses that examine the influence of organizational culture had no effect on work motivation.Keywords: compensation, leadership, organizational culture, work motivation, employee performance

PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERIKANAN POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

Samsuddin, Samsuddin, Setiyaningsih, Endang

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.962 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi  terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Budidaya Perikanan Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak. Sampel yang dipilih sebanyak 100 orang responden dari Program Studi Budidaya Perikanan Tahun Akademik 2015/2016 dengan teknik Proporsional Stratified Random Sampling.Hasil dari persamaan regresi Y= 3.667+0.545X, persamaan regresi linier sederhana dalam penelitian ini apabila promosi tetap atau tidak dilakukan peningkatan, maka nilai keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan adalah sebesar 3.667. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar 0,422, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara advertising, publisity, sales promotion, dan direct marketing terhadap keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak adalah sedang karena pada rentang 0,40-0,599. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,178, sedangkan uji model (Uji F) dapat disimpulkan bahwa model regresi linier sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan mahasiswa memilih Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak yang dipengaruhi oleh promosi.Kata kunci: Promosi, keputusan mahasiswa, budidaya perikanan

PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY DAN EARNING PER SHARE TERHADAP RETURN SAHAM PEMBENTUK INDEKS KOMPAS 100

Hariyanto, Dedi, Abdurrahman, Abdurrahman

JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.118 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan perusahaan yang difokuskan pada Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) terhadap return saham Pembentuk Indeks Kompas 100. Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah 100 perusahaan yang terdapat dalam Indeks Kompas 100, dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 71 perusahaan.Hasil Koefisien Korelasi Berganda (r) variabel Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) menunjukkan hubungan yang sangat lemah terhadap Return Saham. Hasil Koefisien Determinasi sebesar 14,7% return saham dipengaruhi oleh variabel ROA, ROE dan EPS. Pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa ROA, ROE dan EPS secara bersama- sama berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan untuk pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa hanya variabel ROE yang memiliki pengaruh terhadap return saham. Sementara ROA dan EPS tidak berpengaruh terhadap return saham.Kata kunci: Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS), Return Saham.