KARIMAN: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
ISSN : 2303338X     EISSN : 25498487
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman" : 10 Documents clear
DINAMIKA MONEY POLITIC DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA Musayyidi, Musayyidi
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.946 KB)

Abstract

Spirit demokrasi terangkum dalam nilai-nilai persamaan dan kebebasan. Prinsip tersebut tidak dapat dipisahkan dan menjadi ciri penting sebuah negara demokratis (Cholisin, 2007: 83). Oleh karenanya selama prinsip tersebut masih tetap dipertahankan maka sampai kapanpun demokrasi akan bergerak dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Harapan yang besar terhadap demokrasi desa melalui Pilkades yang didasari oleh konsepsi politik das sollen, secara faktual menemui tantangan yang luar biasa. Beberapa Pilkades yang dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia sarat dengan permasalahan. Salah satu tantangan besar demokratisasi dalam lingkup desa adalah merebaknya politik uang (money politics) dalam Pilkades. Tidak berbeda jauh dengan Pemilihan Kepala Daerah yang sarat dengan permainan uang untuk mengegolkan dukungan kepada calon yang diajukan partai politik, Pilkades juga disinyalir sarat dengan praktek-praktek penggunaan uang untuk memobilisasi dukungan terhadap calon-calon yang bersaing memperebutkan jabatan puncak dalam pemerintahan desa.
PEMANFAATAN TEKHNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Hairiyah, Siti
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.758 KB)

Abstract

Tekhnologi informasi tentu sangatlah penting untuk dimanfaatkan dalam segala aspek kehidupan manusia melihat keadaan zaman sekarang ini yang semakin canggih. Pemanfaatan tekhnologi informasi dalam pembelajaran diharapkan akan lebih mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran khususnya pendidikan agama islam. Mengingat alokasi waktu yang ada untuk pendidikan agama islam sangat sedikit maka penerapan tekhnologi dalam pembelajaran akan banyak membantu baik terhadap guru atau siswa. Apabila guru agama hanya menguasai ilmu agama saja maka tidak menutup kemungkinan guru tersebut akan mengalami kemunduran atau tidak berkembang. Untuk mengatasi kemunduran tersebut maka guru agama harus menguasai sains dan teknologi yang nantiya dapat direalisasikan dalam proses pembelajaran.  
ETIKA ISLAM Wijaya, Nur Rahmad Yahya
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.33 KB)

Abstract

Tulisan ini merupakan penelusuran terhadap ukuran etis bagi perbuatan moral yang dicari lewat berbagai kajian, baik dari Barat, maupun dari Islam sendiri. Pertanyaannya adalah apa ukuran yang paling tepat bagi perbuatan moral? Dan, apakah penjelasannya dapat ditelusuri hanya melalui akal saja, ataukah juga memerlukan penjelasan dari wahyu? Kajian Etika Islam ini bukan hanya menguraikan perdebatan di dalam wacana Filsafat Barat, tetapi juga Filsafat Islam; bukan hanya di dalam Etika Barat, tetapi juga di dalam bidang Etika Islam klasik yang termuat di dalam perdebatan teologis Ilm al-Kalam dan Filsafat Islam Abad Pertengahan. Selanjutnya, kaidah kedaruratan Usul al-Fiqh dan Etika Teleologis dapat memberikan penjelasan bagaimana kasus-kasus pelik dan dilematis di dalam realitas pengalaman empiris dapat diselesaikan. Kajian Etika Islam ini disebut multidisipliner karena menggunakan berbagai pendekatan melalui berbagai disiplin keilmuan, dan disebut sintesis karena mengambil ide-ide terbaik yang ditawarkan di dalam pemikiran-pemikiran etika yang dibahas di dalam tulisan ini, dan menggabungkannya menjadi suatu kesatuan yang utuh dan padu.
PERAN LEMBAGA PAUD BAGI KESIAPAN SISWA UNTUK MEMASUKI SEKOLAH DASAR Kutsiyyah, Kutsiyyah
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.794 KB)

Abstract

Lembaga pendidikan anak usia dini merupakan lembaga pra sekolah yang bertujuan membina, menstimulasi & menyiapkan anak untuk lebih bisa mandiri serta membantu menumbuhkembangkan potensi-potensi yang mereka miliki. Lembaga PAUD sudah mulai banyak diselenggaran bahkan di desa-desa. Hal ini seiring waktu dapat memunculkan kesadaran bersama akan pentingnya pendidikan anak usia dini untuk menyiapkan mereka pada jenjang berikutnya secara khusus dan menyiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan secara umum untukm enjadi generasi yang unnggul. Beberapa mungkin terdapat hambatan-hambatan dapam pendidikan anak usia dini, namun melalui kerjasam atau kemitraan oleh beberapa elemen masyarakat, hal tersebut dapat diminimalisir bahkan bisa membantu lembaga-lembaga PAUD menjadi lebih baik serta memberi kesadaran akan pentingnya pendidikan untuk generasi sejak belia.
KONSEP MA’RIFAT Al-GHZALI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM Mukhlis, Mukhlis
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.831 KB)

Abstract

Makrifat adalah untuk mengetahui terhadap rahasia-rahasia Tuhan dengan menggunakan hati sanubari. Dengan demikian tujuan yang ingin dicapai oleh makrifat ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang rahasia-rahasia yang terdapat dalam diri Tuhan. Di kalangan para sufi ada perbedaan pendapat mengenai kedudukan makrifat. Al-Ghazali misalnya berpendapat bahwa makrifat adalah untuk mengetahui rahasia Allah dan mengetahui peraturan-peraturan Tuhan tentang segala yang ada. Alat untuk memperoleh makrifat bersandar pada sir-qolb dan roh. Dalam kaitannya terhadap pendidikan islam Al-Ghazali mempunyai pandangan berbeda dengan kebanyakan ahli filsafat pendidikan Islam mengenai tujuan pendidikan. Beliau menekankan tugas pendidikan adalah mengarah pada realisasi tujuan keagamaan dan akhlaq, dimana fadlilah (keutamaan) dan taqorrub kepada Allah merupakan tujuan yang paling penting dalam pendidikan.  
ANALISIS PROBLEMATIKA OTONOMI PENDIDIKAN Amiruddin, Amiruddin
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.206 KB)

Abstract

Tulisan ini merupakan analisis dampak dari penerapan otonomi pendidikana. Dalam beberapa hal, otonomi pendidikan memang berdampak baik karena pendidikan dapat dijalankan berdasarkan kearifan lokal (local wisdom). Tetapi sisi yang lain justru berdampak buruk terhadap lembaga pendidikan dan juga masyarakat. Dampak buruk itu antara lain: terjadinya kastanisasi pendidikan dan akan berdampak bagi integrasi bangsa. Kastanisasi pendidikan dapat terjadi karena lembaga pendidikan diberikan keleluasaan dalam mengelola pendidikan. Sehingga lembaga pendidikan akan terkotak-kotakkan menjadi sekolah unggul dan tidak unggul, sekolah orang kaya dan miskin. Selain itu, otonomi juga akan menyuburkan praktik pendidikan pendidikan yang tidak sesuai dengan ruh pendidikan nasional yang berpijak pada pancasila dan undang-undang. Otonomi pendidikan akan menyuburkan ideologi yang berseberangan dengan ideologi bangsa.
ANALISA KESIAPAN KOGNITIF SISWA SD/MI Hikmawati, Nisrina
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.806 KB)

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia SD/MI menurut teori Piaget merupakan operasional konkret. Tahap ini merupakan tahap peralihan atau transisi dari pra-operasional menuju operasional formal. Idealnya siswa pada usia ini harus berada pada level operasional konkret awal-operasional konkret akhir-operasional formal awal. Rentang pendidikan pada masa ini cukup panjang (6 tahun) sehingga menjadi moment optimal untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan juga kemampuan yang lain. Penelitian ini bersifat library research yang bertujuan untuk memberikan konsep karakteristik perkembangan kognitif anak usia SD/MI, factor-faktor yang mempengaruhinya dan bagaimana cara mengukurnya. Hasilnya diperoleh konsep dan teori perkembangan kognitif anak yang paling banyak diadopsi oleh system pendidikan yaitu Teori Piaget dan sebagai revisi digunakan juga Teory Vygitsky serta muncul persepsi baru tentang teori pemrosesan informasi. Ketiganya dimodifikasi dan berusaha diterapkan dalam pendidikan era ini. Perkembangan kognitif dapat diukur dengan beberapa metode yaitu Tes Intelegensi (Tes IQ), NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test), dan Test of Piaget’s Logical Operation (TLO). Ketiga metode tes tersebut dapat di terapkan pada anak usia SD/MI dengan modifikasi untuk mengetahui bahwa siswa berada di level ideal.  
PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PESANTREN AL-IN’AM BANJAR TIMUR GAPURA SUMENEP Syaiful, Ach
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.146 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, obserbvasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui pendekatan kualitatif dimana lebih menekankan analisisnya pada proses induktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mutu pendidikan di SMA Pesantren Al-In’am Banjar Timur Gapura Sumenep sudah tepat. Dan implementasi kurikulum terpadu menggunakan kurikulum terpadu semi korelasi normatif. Berdasarkan analisis data, selain mengintegrasikan ketiga kurikulum antara kurikulum pondok, kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge dalam penerapannya juga menekankan hubungan antara dua atau lebih mata pelajaran dengan berdasarkan prinsip moral, sosial dan etika serta tanpa menghilangkan batas-batas setiap mata pelajaran. Sedangkan peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi kurikulum terpadu, yaitu dengan menerapkan sistem Droup Out (DO), training untuk guru dan pemberian reward pada siswanya yang berprestasi.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN MACOPAT Musleh, Musleh
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.546 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Kesenian Macopat yang berlangsung dalam masyarakat, mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kesenian Macopat serta mengetahui bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian Macopat dengan penyelenggaraan pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian fenomenologis yang didekati dengan  etnografi. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari metode ini, kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data atau informasi. Subjek penelitian ini diambil dari 1 orang seniman Macopat, 3 orang masyarakat, dan 1 orang tokoh masyarakat serta penelusuran kepustakaan terhadap data-data yang terkait seperti dari buku dan jurnal. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan dua jalan yaitu triangilasi sunber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tembang Macopat bisanya dilaksanakan pada bulan-bulan tertentu dan pada acara-acara tertentu saja diantaranya seperti: Rojabiyah, 1 Muharram, Maulid Nabi Muhammad SAW, nazar, arisan, pernikahan, Selamatan rumah, sunnatan, tujuh bulanan dan lain-lain. Dan dalam kesenian Macopat terdapat nilai-nilai untuk mencintai dan menuntut segala ilmu pengetahuan, nilai-nilai keimanan, nilai-nilai penghambaan, nilai-nilai untuk memiliki akhlaq yang baik, nilai-nilai sosialisasi dan kepedulian terhadap sesama manusia. Dengan demikian nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian-macopat sangatlah berhubungan dalam penyelenggaraan pendidikan Islam saat ini, Karena pendidikan Islam yang berlangsung saat ini merupakan hasil adopsi dari pendidikan Islam sebelumnya.
SUSUNAN REDAKSI DAN DAFTAR ISI admin, admin
Jurnal Kariman Vol 6 No 1 (2018): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.993 KB)

Abstract

Susunan Redaksi dan Daftar isi

Page 1 of 1 | Total Record : 10