cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen)
Published by Universitas Tidar
ISSN : 25808893     EISSN : 26142953     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) managed and published by Management Studies Program, Faculty of Economy, Universitas Tidar. Focus and scopes of this journal are Human Resources Management, Marketing Management, Finance Management, Operation Management, Strategic Management, and Business Management. This journal published twice a year every April and September
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2017)" : 8 Documents clear
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KEBUTUHAN MODAL KERJA DAN NET LIQUID BALANCE: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ramdani, Deni
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.255 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.562

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan modal kerja dan net liquid balance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode 2008-2012. Sampel dari 39perusahaan manufaktur yang dijadikan penelitian. Hasil keseluruhan menunjukan bahwa tobins q, financial leverage, ROA, growth, fluktuasi penjualan tidak berpengaruh pada kebutuhan modal kerja dan net liquid balance. Variabel operating cash flow yang mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kebutuhan modal kerja dan net liquid balance. Output Perusahaan memiliki arus kas tinggi akan memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menghasilkan arus kas internal dan mempunyai implikasi pada tingkat aktiva lancar (cash, receivable, inventory) yang tinggi dikarenakan biaya lebih rendah dari dana yang di investasikan dalam modal kerja dengan peningkatan arus kas operasi. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk literatur tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan modal kerja dan net liquid balance.
PENGARUH FAKTOR SUASANA TOKO PADA PEMBELIAN IMPULSIF DI INDOMARET POINT YOGYAKARTA Rachmandi, Arief
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.334 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.557

Abstract

Perubahan gaya hidup manusia sekarang yang berawal dari kebiasaan berbelanja di pasar tradisional menjadi memilih untuk berbelanja di toko swalayan atau supermarket modern yang jauh lebih nyama, bersih dan tertata rapi menjadi latar belakang kehadiran dan pertumbuhan pesat tentang bisnis pasar swalayan. Jumlah mahasiswa di Yogyakarta yang besar memberikan peluang kepada para peritel terutama Indomaret untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Berdasarkan data BPS (2013) jumlah mahasiswa di Yogyakarta mencapai 69.680 orang. Jumlah mahasiswa yang besar ini akan membuat permintaan kebutuhan sehari-hari seperti shampoo, minyak wangi, sikat gigi, sabun mandi, camilan, minuman dan juga produk-produk kebutuhan sehari-hari lain menjadi meningkat dan menjadi peluang untuk Indomaret sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari masyarakat. Namun, bukan hanya Indomaret yang melihat peluang ini, ritel lainnya pun bermunculan sebagai pesaing seperti Alfamart, Circle K, serta toko ritel lain dalam bentuk kepemilikan pribadi. Oleh karena itu Indomaret harus mampu berinovasi dalam menghadapi kompetitor mereka. Salah satu dari inovasi retail Indomaret adalah Indomaret Point. Dalam penelitian ini target populasi yang akan dicapai adalah seluruh pelanggan Indomaret Point di Yogakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dan metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria konsumen yang berada di dalam Indomaret Point Yogyakarta. Penelitian ini merekomendasikan kepada Indomaret Point Yogyakarta harus selalu memperhatikan suasana yang ada di dalam toko Indomaret Point Yogyakarta, karena suasana toko tersebut memberikan kenyamanan kepada konsumen Indomaret Point ketika berbelanja atau sekedar bersantai di dalam toko Indomaret Point Yogyakarta. 
MEMBANGUN BUDAYA WIRAUSAHA MELALUI PERAN IBU UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH EKONOMI KELUARGA (Studi kasus pada Siswa SMK Negeri 5, Jln Dr Cipto Nomor 121 Semarang) Rahmawati, Shintya Novita
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.813 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.563

Abstract

Permasalahan dan tujuan yang ingin dikaji untuk mengidentifikasi budaya berwirausaha yang didukung peran ibu, baik itu ibu rumah tangga maupun ibu yang bekerja (wanita karir). Selain itu mendiskripsikan faktor pendorong dan faktor penghambat dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak didalam keluarga beserta cara memanfaatkan dan menanggulangi bentuk kegagalan untuk memberikan nilai tambah pada pendapatan ekonomi keluarga. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 yang berlokasi di Jalan Dr Cipto Nomor 121 Semarang. Populasi penelitian adalah Siswa/Siswi Kelas IX. Sampel penelitian adalah 10 siswa, dengan pembagian 5 siswa yang mempunyai Ibu berkarir (ibu yang bekerja), 5 siswa Ibu yang tidak bekerja. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan secara kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan melakukan ceklist kepada responden. Dalam penelitian ini dimulai dengan menganalisis persepsi responden dengan melakukan deep interview. Hasil penelitian menunjukkan peran ibu dalam menumbuhkan mental untuk berwirausaha pada anak didalam keluarga meliputi sugesti ibu, kemandirian, keberanian, kreativitas, tanggung jawab, kejujuran, dan kesabaran. Cara yang dilakukan untuk membangun budaya wirausaha dengan smooth motion melalui nasihat, memberikan contoh dan perintah. Untuk faktor pendorong dan penghambat bisa berasal dari internal maupun eksternal keluarga itu sendiri. Faktor pendorong dioptimalkan keberadaannya sedangkan untuk faktor penghambat ditanggulangi dengan baik agar upaya membangun budaya untuk menumbuhkan kewirausahaan didalam keluarga bisa berjalan dengan baik melalui mekanisme dukungan keluarga dan pihak pendukung lainnya.
HELPFULNESS OF ONLINE REVIEW: A ROLE OF REVIEW VALENCE (CASE STUDY OF AMAZON.COM) Astiarini, Devi
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.835 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.558

Abstract

Penggunakaan media sosial terus meningkat dan konsumen suka membagikan ekspresi mereka, konsumen akan membagikan pengalaman mereka tentang suatu perusahaan atau merek, baik pengalaman positif atau negative melalui platform digital. Karena penggunaan internet mulai menyebar, hal itu merubah bagaimana konsumen membuat keputusan dalam membeli suatu produk. Hal itu mengubah bagaimana orang berinteraksi dengan orang lain, mengubah bagaimana mereka mencari informasi, dan bagaimana mereka berbelanja. Dalam penelitian ini, panjang ulasan akan diukur menggunakan word count. Di mana akan dihitung menggunakan sebuah software bernama AYLIEN. Tingkat keekstriman sebuah ulasan akan dihitung berdasarkan jumlah rating sebuah ulasan. Di situs Amazon, sebuah ulasan mempunya rating 1-5. Mengikuti yang Forman et al. (2008) lakukan dalam penlitian mereka, penulis membuat variabel dummy yang diklasifikasikan ke dalam 2 kelas. Penulis membagi rating 1, 2, 4, 5 sebagai rating ekstrim, dan rating 3 sebagai rating moderat. Efek moderasi dalam penelitian ini juga menandakan bahwa kebutuhan dan keinginan konsumen tidaklah sederhana. Mereka tidak hanya memikirkan panjang sebuah ulasan, namun juga emosi yang terkandung dalam sebuah informasi. Mereka mempertimbangkan banyak hal dalam mencari informasi. Mereka tidak hanya memilih ulasan yang lebih panjang, namun mereka lebih memilih ulasan yang panjang dan positif yang lebih membantu mereka dalam mengambil keputusan. Valensi sebuah ulasan dibuktikan mempunyai pengaruh yang signifkan dalam penelitian ini.
ANALISIS SEGMEN REMAJA BERDASARKAN PERILAKU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL Adhitomo, Febrian Nur
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.945 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.559

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah menganalisis segmen remaja berdasarkan keperilakuannya dalam menggunakan media sosial khususnya remaja di wilayah Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Proses segmentasi untuk mempermudah pemasar dalam mengidentifikasi karakteristik serta aktivitas remaja di media sosial, sehingga pemasar dapat lebih efektif dalam menargetkan segmen remaja.Penelitian ini bersifat eksplorasi dengan metode analisis faktor konfirmatori dan menggunakan analisis klastering untuk mengelompokkan 250 responden remaja pengguna media sosial berdasarkan variabel keperilakuan  remaja pengguna media sosial. Metode penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling.Pendekatan analisis klastering yang digunakan adalah metode K-Means Cluster yang menghasilkan empat klaster optimal. Keempat klaster tersebut adalah klaster positive reaction to online ads dimana remaja senang terhadap iklan yang muncul di media sosial, terutama iklan yang relevan terkait akan dirinya. Klaster ordinary dimana aktivitas remaja tersebar merata dalam menggunakan media sosial, sedangkan klaster gamers adalah remaja yang menginginkan media sosial yang mereka gunakan lebih baik mencantumkan beberapa permainan online dan terakhir adalah klaster watchers dan listeners dimana remaja dengan sedikit aktivitas di media sosial tersebut lebih tertarik pada kegiatan seperti mendengarkan dan mengunduh musik ataupun video. Keempat klaster remaja tersebut mayoritas memiliki 2 media sosial,  sudah  menggunakan media sosial lebih dari 3 tahun dan lama penggunaan untuk satu kali sesi online di media sosial lebih dari 30 menit. Aktivitas yang sering dilakukan oleh remaja pengguna media sosial tersebut adalah mengunduh musik secara online.
RENCANA PEMASARAN HOTEL ARYUKA YOGYAKARTA Nasikh, Hifni Muhammad
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.629 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.560

Abstract

Meningkatnya jumlah wisatawan dan orang-orang yang berkunjung di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menggunakan jasa akomodasi hotel baik yang berasal dari nusantara maupun mancanegara setiap tahunnya menjadi salah satu faktor yang menarik minat banyak jaringan hotel nasional maupun internasional untuk menanamkan modalnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kurun waktu 2008 sampai dengan 2013 rata-rata mengalami peningkatan jumlah pengguna hotel berbintang dan melati sebesar 15,56 persen pertahun. Pembangunan hotel di DIY juga terus mengalami peningkatan. Dalam kurun waktu 2011 sampai 2013 jumlah hotel berbintang meningkat 20,83 persen pertahun sedangkan jumlah kamar meningkat 15,31 persen pertahun. Untuk hotel melati jumlah hotel meningkat 7,71 persen pertahun sedangkan jumlah kamar meningkat 11,01 persen pertahun. Tingkat hunian rata-rata dalam kurun waktu 2010 sampai dengan 2013 hotel bintang dan melati meningkat berkisar antara 1 persen sampai 3 persen pertahun. Hotel Aryuka adalah hotel melati yang berada di Jl. Kaliurang KM 5,8 Pandega Satya No. 12 Ring Road Utara Sleman DIY menawarkan produk meliputi gedung dengan 24 kamar yang terbagi dalam empat macam dan dilengkapi berbagai fasilitas dengan rentang harga Rp. 250.000 - Rp. 650.000. Analisis dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Menurut Cooper dan Schlinder (2011 : 160) penelitian kualitatif adalah rangkaian teknik interpretasi yang akan menjelaskan, menginformasikan, menerjemahkan, dan menjelaskan makna hasil data yang dikumpulkan dari wawancara, observasi, studi kasus, dan riset sehingga mendapatkan kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian ini adalah pemosisian produk terlihat pada harga kamar, desain bangunan, dan pelayanan yang secara garis besar dapat diartikan hotel kelas murah untuk orang-orang masa kini dan dinamis serta dengan pelayanan yang ramah dan menyertakan unsur budaya jogja.
EFEKTIFITAS ONLINE CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI BLOG DI INDUSTRI KOSMETIK INDONESIA Hermawan, Hermawan
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.059 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.561

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah online customer engagement melalui blog di industri kosmetik Indonesia efektif atau tidak. Indikator untuk melihat bahwa online customer engagement efektif atau tidak adalah dengan melihat pengaruhnya terhadap brand awareness dan purchase intention sebagai hasil dari engagement tersebut. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan kosmetik Indonesia yang membaca blog sebagai salah satu referensi sebelum melakukan pembelian kosmetik. Alasan menggunakan populasi adalah untuk mengukur seberapa jauh para pelanggan yang merujuk pada blog dan untuk menentukan sejauh mana hal tersebut akan mempengaruhi variabel brand awareness dan purchase intention.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa online customer engagement melalui blog adalah efektif. Secara umum, hasil menunjukkan bahwa responden memiliki brand awareness dan purchase intention pada merek tertentu setelah merujuk pada blog. Namun, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhitungkan untuk membuat online customer engagement menjadi lebih efektif. Pelanggan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut; perempuan, karyawan atau mahasiswa, memiliki latar belakang pendidikan Sarjana, penghasilan Rp 1.000.000 - 5.000.000 perbulan, jarang dan kadang-kadang melakukan pembelian kosmetik via online dan melakukan perawatan kecantikan lebih merujuk ke blog. Sebagai kesimpulan, para pelanggan dengan karakteristik tersebut memiliki potensial lebih sebagai target pasar untuk mengaplikasikan online customer engagement.
MODEL KONSUMSI IKAN PADA KONSUMEN MUDA Pratisti, Cahyani
Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.071 KB) | DOI: 10.31002/rn.v1i1.556

Abstract

Rendahnya konsumsi ikan pada konsumen muda di Yoyakarta yang merupakan mayoritas penduduk merupakan sebuah ancaman. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mengkonsumsi ikan pada konsumen muda secara signifikan. Kuesioner semi terbuka disebar secara online kepada 350 reponden, terdiri dari 167 orang laki-laki dan 183 orang perempuan. Responden dipilih secara judgment sampling dengan kriteria berusia 18-35 tahun, tidak memiliki alergi terhadap ikan, serta berdomisili di Yogyakarta. Konsumsi ikan dimasa kanakkanak, kesadaran kesehatan, dan tekanan sosial mempengaruhi tingkat konsumsi ikan secara signifikan sedangkan sikap, cara pengolahan dan penyajian, serta harga tidak mempengaruhi. Model penelitian ini berpengaruh sebesar 41% terhadap konsumsi ikan pada konsumen muda. Penambahan variabel-variabel eksternal diperlukan untuk memperkirakan hubungan antar faktor yang lebih kuat. Kata kunci: Perilaku konsumen, Konsumen muda, Konsumsi ikan, Yogyakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 8