cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Signal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Signal diterbitkan oleh Progam Studi Ilmu Komunikasi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon
Arjuna Subject : -
Articles 76 Documents
VIDEO BLOGGING (VLOGGING) SEBAGAI BENTUK PRESENTASI DIRI lestari, aghnia dian
Jurnal Signal Vol 7, No 1 (2019): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.23 KB)

Abstract

Abstrak. Perkembangan media sosial sampai pada dimana kehidupan seseorang sengaja direkam dan diunggah agar menjadi sumber informasi dan hiburan untuk publik yaitu dikenal dengan istilah vlogging yang identik dengan  menggunakan Youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian ini menemukan hasil bahwa Youtube digunakan oleh seorang vlogger sebagai bentuk presentasi diri untuk membentuk citra positif dan ekspetasi publik, hal demikian dilakukan oleh Gita Savitri seorang vlogger muda yang sedang menempuh pendidikan sekaligus tinggal di Jerman. Ia konsisten membuat vlog selama 9 tahun dengan konten daily activity, Beropini, PagiPagi, Tentang Jerman, Covers (music), Hijab Review, Q&A, dan Travel Vlog. Kata Kunci: Vlogging, Youtube, Presentasi Diri  Abstract. The development of social media comes to where one's life purpose is recorded and uploaded in order to be a source of information and entertainment to the public which is known by the term vlogging identical to using Youtube. Methods used in this research is a descriptive study with qualitative. The study found results that Youtube vlogger as used by a form of presentation of self to form positive image and public expectation against him, such is done by Gita Savitri a vlogger young travels education while living in Germany who consistently make a vlog for 9 years with the content of the daily activity, Opined, PagiPagi, Live in Germany, Covers (music), Hijab Review, Q&A, and Travel Vlog. Keywords: Vlogging, Youtube, Self Presentation
IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI YANG BAIK PADA RUMAH SAKIT UMUM BUDI LUHUR (Studi Kasus pada Budaya Organisasi Karyawan Rumah Sakit Umum Budi Luhur) erawati, dedet
Jurnal Signal Vol 7, No 1 (2019): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.688 KB)

Abstract

ABSTRACT. Research on the Implementation of Good Organizational Culture at Budi Luhur Hospital which aims to find out the processes, barriers and organizational culture that ultimately implemented at Budi Luhur General Hospital. The method used is a qualitative research method with a case study approach with key informants (Director of Budi Luhur Hospital and HR Assistant Manager) and 4 executive employees.The results of this study are knowing what is done by management, the organizational culture that is formed and the obstacles in implementing a good Organizational Culture. This is inseparable from the genuine acquisition of the Hospital owned by Budi Luhur Foundation as the ownership of PT. Budi Luhur Bersahaja. Of course the original company did not carry out a good organizational culture with the existence of a new company that made the implementation of positive values at Budi Luhur General Hospital. Keywords: Implementation, Organizational Culture, and Budi Luhur General Hospital.  ABSTRAK. Penelitan tentang Implementasi Budaya Organisasi Yang Baik Pada Rumah Sakit Budi Luhur yang bertujuan untuk mengetahui proses, hambatan dan budaya organisasi yang pada akhirnya di implementasikan di Rumah Sakit Umum Budi Luhur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan key informan (Direktur RSU Budi Luhur dan Asmen SDM) dan 4 karyawan pelaksana.Hasil penelitian ini adalah mengetahui apa yang dilakukan oleh manajemen, budaya organisasi yang terbentuk dan hambatan dalam mengimplementasikan Budaya Organisasi yang baik. Hal tersebut tidak terlepas dari akuisisi yang semulas Rumah Sakit tersebut dimiliki oleh Yayasan Budi Luhur menjadi kepemilikan PT. Budi Luhur Bersahaja. Tentunya yang semula perusahaan tersebut belum menjalankan budaya organisasi yang baik dengan adanya perusahaan yang baru membuat implementasi nilai-nilai positif di Rumah Sakit Umum Budi Luhur. Kata kunci: Implementasi, Budaya Organisasi, dan Rumah Sakit Umum Budi Luhur.
STUDI TENTANG PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TELEPON SELULER DI KALANGAN REMAJA DI DESA CIWARINGIN KECAMATAN CIWARINGIN KABABUPATEN CIREBON Indah, Delima Puspa; Rachman, Arief; Wihayati, Welly
Jurnal Signal Vol 1, No 1 (2013): JURNAL SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.642 KB)

Abstract

Consumer behavior are acts process and social relations by individuals, groups or organizations in the use of a product. The purpose of this paper: 1. To determine the trend of mobile phone users among teenagers; 2. To find older motivation in buying mobile phones, and 3. To determine the presence of a cell phone salesman in shaping consumer behavior, especially the youth. The research method used in this study is a qualitative method, deksiptif approach to research that gives an overview to the reader and reveal a problem, situation, event, and how the facts revealed in detail. As a result, the Village Ciwaringin teenagers tend to buy cell phones because of the advancement of technology and television advertising. Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan proses dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok atau organisasi dalam menggunakan suatu produk. Tujuan dari penulisan ini; 1. Untuk mengetahui kecenderungan pengguna telepon seluler dikalangan remaja; 2. Untuk mengetahui motivasi remaja dalam membeli telepon seluler; dan 3. Untuk mengetahui keberadaan penjual telepon seluler dalam membentuk perilaku konsumen khususnya para remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deksiptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran kepada pembaca dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa, dan bagaimana adanya mengungkapkan fakta secara detail. Hasilnya, kalangan remaja Desa Ciwaringin cenderung membeli telepon seluler karena kemajuan teknologi dan iklan televise.
IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH COMMUNICATION OBJEK WISATA CILETUH (Studi Kasus pada Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi/PAPSI Geopark Ciletuh-Kabupaten Sukabumi) Lestari, Aghnia Dian
Jurnal Signal Vol 4, No 1 (2016): Jurnal SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitan tentang Implementasi Word of Mouth Communication pada Objek Wisata Ciletuh bertujuan untuk mengetahui proses, elemen, hambatan WOM dan Facebook digunakan sebagai media WOM. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus berlandaskan teori interaksi simbolik, dan paradigma konstruktivis dengan key informan pihak PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi) dan 4 informan pengunjung Geopark Ciletuh.Hasil penelitian ini adalah proses WOM terdiri dari organic word of mouth communication disebarkan oleh PAPSI dan para pengunjung yang merekomendasikan kepada teman, keluarga, kerabat, sesama pecinta alam dan para traveller lainnya. Sedangkan amplified word of mouth communication yang digerakan oleh PAPSI merancang strategi dengan menjadi tour guide.Elemen-elemen WOM terdiri dari talker, anggota PAPSI memberikan pengetahuan tentang Geopark Ciletuh kepada pengunjung, pengetahuan tersebut akan menjadi topic yang akhirnya pengunjung bercerita kembali kepada rekannya secara langsung ataupun via media sosial. Spanduk dan oleh-oleh khas Geopark Ciletuh menjadi tools. Layanan consumer service online atau kotak saran, untuk mengatasi atau mengontrol word of mouth negative termasuk dalam taking part, tracking yaitu dimana pihak PAPSI membalas, merespon keluhan wisatawan yang menjadi hambatan WOM, selain fasilitas keamanan yang kurang memadai, jalan rusak dan masyarakat yang tidak sadar wisata, Facebook digunakan sebagai media Word of Mouth Communication.Kata kunci: Implementasi, Word of Mouth Communication, Objek Wisata, dan Geopark Ciletuh.
ANALISA MARKETING POLITIK KEMENANGAN ANIES-SANDI PADA PUTARAN KEDUA PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA 2017-2022 Azis, Ardhana Ulfa
Jurnal Signal Vol 5, No 2 (2017): JURNAL SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.149 KB)

Abstract

Abstrak Pemilihan Gubernur DKI 2017-2022 yang berlangsung dua putaran akhirnya menetapkan pasangan Anies-Sandi sebagai pemenang. Tidak mudah melewati dan memenangkan pemilihan Gubernur ini karena sebelumnya pun telah diprediksi menjadi pilkada yang sengit dan akan menguras perhatian banyak kalangan. Menjadi perhatian yang luas karena DKI Jakarta adalah ibu kota negara, pusat dari segala pusat kegiatan baik pemerintahan, politik, ekonomi, bisnis, sosial budaya, pendidikan dan sebagainya. Sehingga pertarungan dan kompetisi pun menjadi sengit melibatkan tokoh-tokoh politik sentral, pemilik modal ekonomi dan bisnis, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta media massa dan media sosial. Dari sejumlah rumus strategi pemenangan yang telah digunakan tim pemenangan Anies-Sandi terdapat strategi bagaimana mensegmentasi masyarakat pemilih di DKI Jakarta, membuat target-target dari segmentasi yang dipilih dan melakukan positioning yang keseluruhannya merupakan rangkaian strategi marketing politik yang biasanya digunakan dalam pergelaran suatu pemilihan umum. Kata kunci : Marketing politik, segmentasi, targeting, positioning   ABSTRACT   The election of the governor of DKI 2017-2022 which lasted two rounds finally set the couple Anies-Sandi as the winner. It is not easy to get past and win the election of the governor because previously it has been predicted to be a fierce pilkada and will drain the attention of many circles. Being widespread because DKI Jakarta is the capital city of the country, the center of all centers of activities both government, politics, economy, business, social culture, education and so forth. So the fight and competition became fierce involving central political figures, owners of economic and business capital, religious leaders and public figures, as well as mass media and social media. From a number of winning strategy formulas that have been used by the Anies-Sandi winning team, there is a strategy of how to segment the voting community in DKI Jakarta, to create targets of selected segmentation and to position the overall political marketing strategy that is usually used in the performance of an election. Keywords: Political marketing, segmentation, targeting, positioning
HUBUNGAN PROGRAM ACARA TEMBANG PANTURA DI RADAR CIREBON TELEVISI DENGAN APRESIASI MAHASISWA PADA MUSIK TARLING Wihayati, Welly
Jurnal Signal Vol 3, No 2 (2015): JURNAL SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.559 KB)

Abstract

Perkembangan televisi lokal dewasa ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Beragam acara dikemas oleh stasiun televisi yang ada, baik televisi nasional maupun lokal yang berkedudukan di daerah, termasuk program-program yang berbasis lokal seperti mengenai seni dan budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara program acara Tembang Pantura di Radar Cirebon Televisi (RCTV) dengan adanya peningkatan apresiasi mahasiswa pada musik tarling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik korelasi Rank Spearman. Responden dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi pada Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon yang pernah menonton acara tersebut. Sedangkan untuk teknik pengambilan sampel dilakukan melalui random proporsional berlapis (stratified proportionate random sampling). Hasil penelitian yang ecara umum, mayoritas mahasiswa memberikan penilaian yang cukup baik terhadap musik tarling dengan melalui proses belajar dari program yang disajikan oleh stasiun televisi swasta lokal yang mengemas acara Tembang Pantura tersebut.  Di antaranya meliputi tahapan perhatian, mengingat, motivasi, dan reproduksi gerak/tindakan (Teori Pembelajaran Sosial). Program acara Tembang Pantura di RCTV memiliki korelasi yang erat dengan apresiasi mahasiswa pada musik tarling, dengan koefisien korelasi (rs) sebesar 0,838. Dengan demikian, hubungan di antara keduanya dinyatakan positif dan signifikan.
PERAN TAYANGAN PROGRAM TELEVISI “SI BOCAH PETUALANG” DI TRANS7 PADA POLA PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER 1 KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON yuliananingsih, sri
Jurnal Signal Vol 1, No 1 (2013): JURNAL SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.045 KB)

Abstract

Melalui pesan yang dikemas secara menarik, program televisi dapat memberikan efek pada perubahan opini dan sikap dari khalayaknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Mendeskripsikan pesan yang disampaikan dalam tayangan program televisi “Si Bocah Petualang” di Trans7; 2. Mendeskripsikan pula teknik penyajian Tayangan Program Televisi “Si Bocah Petualang” di Trans7; 3. Mendeskripsikan peran tayangan program televisi “Si Bocah Petualang” di Trans7 pada pola perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri Sumber 1 Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon? Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, yaitu menangkap berbagai fakta dan fenomena-fenomena sosial, melalui pengamatan di lapangan, kemudian menganalisa hasil pengamatan tersebut dan berupaya melakukan teorisasi berdasarkan apa yang diamati. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposif (purposive sampling). Hasilnya, peran tayangan Program televisi “Si Bocah Petualang” di Trans7 pada pola perilaku siswa yakni memotivasi siswa untuk lebih melestarikan lingkungan alam dan permainan tradisional, membantu teman dan orang tua, dan meningkatkan kreativitas anak.    Kata Kunci : peran tayangan, pola perilaku
Pengaruh Sosialisasi Bahaya HIV/ AIDS Oleh HUPMAS PT Pertamina EP Region Jawa Terhadap Sikap Masyarakat Tentang HIV/ AIDS di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon Rosaline, Renatha; Siswoyo, Mukarto; Wulandari, Sri
Jurnal Signal Vol 1, No 2 (2013): JURNAL SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1122.156 KB)

Abstract

Penelitian yang penulis angkat mengenai “Pengaruh Sosialisasi Bahaya HIV/ AIDS Oleh HUPMAS PT Pertamina EP Region Jawa Terhadap Sikap Masyarakat Tentang HIV/ AIDS di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan kumpulan dari gejala dan infeksi atau biasa disebut sindrom yang diakibatkan oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia karena virus HIV sementara HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang dapat melemahkan kekebalan tubuh pada manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sosialisasi terhadap sikap masyarakat tentang HIV/ AIDS. PT Pertamina EP Region Jawa mengadakan program CSR salah satunya yaitu sosialisasi bahaya HIV/ AI DS dalam rangka bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kecamatan Gunung Jati. Seperti telah diketahui HIV/ AIDS adalah penyakit menular terkejam di dunia, penyakit ini ditularkan melalui virus. Penyakit ini pertama muncul di Negara Afrika, penyakit ini telah menginfeksi lebih dari 38 juta jiwa penduduk dunia. Berawal dari keinginan penulis mengambil judul tentang CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan dan pada akhirnya sampai kepada sosialisasi mengenai bahaya HIV/ AIDS yang dirasa kurang optimal seperti dari segi komunikasi yang kurang efektif, pengambilan waktu pelaksanaan yang tidak sesuai, kondisi tempat yang kurang memungkinkan, undangan yang dibatasi menjadi hambatan dalam proses sosialisasi. Hipotesis yang penulis ajukan adalah : “Sosialisasi yang dilakukan oleh PT Pertamina EP Region Jawa berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap sikap masyarakat di Kecamatan Gunung Jati” dimana Ha diterima dan H0 ditolak. Metode yang penulis gunakan adalah survai dengan teknik deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis variabel penelitian dengan didukung dengan data yang diolah dengan menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian membuktikan bahwa PT Pertamina EP Region Jawa dalam mengadakan sosialisasi bahaya HIV/ AIDS kurang optimal hal tersebut terbukti dari total skor sosialisasi 1682 atau sebesar 58.1%. Kemudian variabel sikap masyarakat tentang HIV/ AIDS 840 atau sebesar 60%. Sosialisasi bahaya HIV/ AIDS berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap masyarakat tentang HIV/ AIDS di Kecamatan Gunung Jati terlihat dari nilai ryx hitung sebesar 0.770 dibandingkan nilai ryx tabel sebesar 0.632 dinyatakan signifikan. Koefisien Penentu sebesar 59.3% berarti pengaruh sosialisasi terhadap sikap masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS sebesar 59.3% dan pengaruh faktor lain (yang tidak terindifikasi) sebesar 40.7%
FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAH KOTA CIREBON SEBAGAI PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK pudjawati, hani
Jurnal Signal Vol 3, No 2 (2015): JURNAL SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.386 KB)

Abstract

Humas Pemerintah Kota Cirebon yang merangkap jabatan sebagai PPID dalam melaksanakan program Pelayanan Informasi Publik sesuai dengan Undang (UU) No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Fungsi Humas Pemerintah Kota Cirebon dalam Pelayanan Informasi Publik,  mengetahui dalam hal apa saja Humas Pemerintah Kota Cirebon melaksanakan Fungsi Humas sebagai PPID Dalam Pelayanan Informasi Publik, mengetahui Hambatan yang ditemui Humas Pemerintah Kota Cirebon Sebagai PPID Dalam Pelayanan Informasi Publik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. kemudian untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik tiangulasi sumber yaitu membandingkan informasi yang diperoleh dari sumber berdasarkan waktu yang sama dengan alat berbeda. Setelah penelitian dilakukan hasilnya yaitu Humas pemerintah Kota Cirebon sebagai PPID Pelayanan Informasi Publik. belum mampu melaksanakan fungsi Humas secara keseluruhan, dikarenakan adanya hambatan internal dan eksternal yang menjadikan Fungsi Humas menjadi belum optimal.Kata Kunci: Pelayanan Informasi Publik, Fungsi Humas sebagai PPID, UU KIP, Perwali
KONSTRUKSI MAKNA MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON Mahmudah, Mahmudah
Jurnal Signal Vol 1, No 2 (2013): JURNAL SIGNAL
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.114 KB)

Abstract

Tuntutan pengembangan sumber daya manusia dari waktu kewaktu semakin meningkat. Oleh karena itu layanan pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan tersebut. Selain keluarga dan sekolah, masyarakat memiliki peran tersendiri terhadap pendidikan. Kenyataannya sering kita jumpai banyak pelajar atau mahasiswa yang tidak mampu menyikapi dengan baik pendidikan yang ditempuhnya. Ketidakmampuannya tersebut menyebabkan nilai prestasi dalam kuliahnya hampir semuanya jelek. Kondisi tersebut diantaranya terjadi karena waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk berhura-hura sepulang dia kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi makna mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati tentang pendidikan di perguruan tinggi, yang meliputi : makna Unswagati sebagai perguruan tinggi, makna perkuliahan, makna dosen dan makna kegiatan kemahasiswaan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang mempunyai pengalaman tentang pendidikan di Unswagati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian dokumen. Hasil penelitian mahasiswa memaknai gedung Unswagati cukup megah, cukup bagus, dan belum megah.  Nama Unswagati dimaknai populer, manajemennya dimakanai kurang bagus, cukup bagus lulusannya dinilai banyak yang berhasil.  Pendidikannya lebih baik dan biaya pendidikannya mahal.  Perkuliahan dimaknai cukup kondusif, kondusif, dan kurang kondusif.  Dosen dimaknai cukup kompeten, kompeten, dan kurang kompeten.  Kegiatan kemahasiswaan dimaknai mengembangkan pemikiran, menumbuhkan kemandirian, membentuk jiwa pemimpin yang bermanfaat bagi orang lain, memupuk mental spiritual, dan memupuk rasa kemanusiaan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kehidupan di dunia kampus.Kata Kunci :  Konstruksi makna, mahasiswa, perguruan tinggi.