JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
ISSN : -     EISSN : -
Articles 41 Documents
PENGARUH MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA Andri, Andri; Syafrudin, Didin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan desain  nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 18 Ladang Sintang. Sampel penelitian adalah  kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol41,09 dan nilai rata-rata posttest 50,05. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 40,05 dan nilai rata-rata posttest 79,73. Setelah dilakukan uji hipotesis pada perbedaan hasil posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung 10,23 dan t tabel 2,01808. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. 
DAMPAK IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERAIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR Santosa, Donald Samuel Slamet
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 3, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian generalisasi dari 6 penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan sebelumnya. Keenam penelitian tindakan kelas dikumpulkan melalui studi pada jurnal dan google cendekia. Hasil-hasil penelitian dianalisis dengan teknik metaanalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada sekolah dasar efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keaktifan atau aktifitas siswa, dan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat. Untuk itu disarankan bagi guru untuk memilih metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada penelitian tindakan kelasnya jika hendak mengatasi masalah hasil belajar, keaktifan, dan keberanian siswa.Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Dampak
PERSEPSI MAHASISWA PGSD KONSENTRASI IPS SD STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG TERHADAP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM BERBASIS BUDAYA LOKAL SINTANG - KALIMANTAN BARAT Seran, Eliana Yunitha
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 3, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa PGSD konsentrasi IPS SD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang terhadap pengembangan pembelajaran kontekstual dengan pemanfataan laboratorium berbasis budaya lokal Sintang- Kalimantan Barat. Sampel penelitian ini adalah  mahasiswa semester VI PGSD Konsentrasi IPS STKIP Perasa Khatulistiwa Sintang yang berjumlah 63 orang.  Analisa data menggunakan uji t dengan one tail test. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pengembangan pembelajaran kontekstual dengan pemanfataan laboratorium berbasis budaya lokal sebesar 74,67%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis tersebut diperoleh harga t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 2,21 >1,67, maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya persepsi mahasiswa PGSD kosentrasi IPS SD STKIP Persada Khatulistiwa sintang terhadap pengembangan pembelajaran kontekstual siswa dengan pemaanfaatan laboratorium berbasis masyarakat (Budaya lokal) Sintang Kalimantan Barat lebih dari sama dengan 75% dari yang diharapkan. Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Kontekstual, Laboratorium berbasis budya lokal.
PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN KOGNITIF SISWA Putri, Debby Ismi Wulan; Awang, Imanuel Sairo; Syafrudin, Didin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 2, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran snowball throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan quasi exsperimen dengan desain penelitian nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 02 Sintang tahun 2016/2017 yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan lembar tes kognitif Berdasarkan penelitian diperoleh hasil pembelaran snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukan dengan pengujian hipotesis pada hasil posttest yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,455 dan perolehan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,010. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung>ttabel (4,455>2,010) yang artinya hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwingterhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci: Snowball throwing, Aktivitas Belajar, Kognitif
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING Iyutriana, Iyutriana; Warkintin, Warkintin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Solving pada pelajaran IPS di kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 12 Jerora Sintang tahun pelajaran 2014/2015. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu metode problem solving sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi,, soal tes dan lembar wawancara. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa hasil observasi guru di siklus I sebesar 83,33%, siklus II sebesar 100%. Sedangkan untuk hasil observasi siswa siklus I diperoleh sebesar 92,54%, untuk siklus II diperoleh sebesar 95,65%. Perhitungan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,21 dengan ketuntasan klasikal kelasnya sebesar 73,91. Sedangkan hasil tes pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 89,21 dengan ketuntasan klasikal kelasnya sebesar 91,30%. Terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Problem Solving, dengan rata-rata peningkatan sebesar 17,39. Sedangkan hasil wawancaranya menunjukkan siswa dan guru merasa sangat antusias dan senang dengan penggunaan metode Problem Solving. Kesimpulannya bahwa metode ini baik digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KERAPA SEPAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Elis, Selviana; Wedyawati, Nelly; Wibowo, Dwi Cahyadi
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 1, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dengan penggunaan  metode  demonstrasi  pada  materi  perubahan  lingkungan.  Penelitian  ini menggunakan metode kualitatif, berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus yang dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil analisis data menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Di siklus I diperoleh hasil belajar ketuntasan klasikal kelasnya adalah 70% dan meningkat 20% pada siklus II menjadi 90%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi sangat baik, hal ini terlihat dari persentase yang diperoleh dari hasil lembar observasi siswa pada siklus I sebesar 85% dan meningkat di siklus II menjadi 94% dan observasi guru di siklus I sebesar 84,61% dan di siklus II sudah dilaksanakan dengan sangat baik yaitu 100%. Rekapitulasi hasil angket respon siswa menunjukkan angka 89,8%  dan  termasuk  kategori “sangat  kuat”.  Berdasarkan  hasil-hasil  tersebut  dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
PENGEMBANGAN MATERI E-LEARNING PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH DI SEKOLAH DASAR Maruti, Endang Sri; Samsiyah, Nur
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 3, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk (1) mengetahui potensi dan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa semester V Prodi PGSD Universitas PGRI Madiun Tahun Akademik 2016/2017 pada mata kuliah Pembelajaran Bahasa Jawa di SD yang digunakan sebelumnya, (2) mengembangkan materi berbasis e-learning pada mata kuliah Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar, dan (3) mengetahui kualitas materi berbasis e-learning pada mata kuliah Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Subjek uji coba sebanyak 30 mahasiswa semester program studi PGSD Universitas PGRI Madiun. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar pengamatan, angket, dan tes belajar. Teknik pengumpulan data dengan teknik validasi dan observasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif.Hasil pengamatan aktivitas mahasiswa telah memenuhi kriteria batas efektivitas yang ditentukan. Berdasarkan angket respons mahasiswa, pembelajaran dengan e-learning sangat menarik. Hasil belajar mahasiswa menunjukkan perkembangan positif. Dengan demikian, produk yang dikembangkan telah efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Materi E-Learning, Pembelajaran Bahasa Daerah Di SD
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEKOLAH DASAR DI WILAYAH 3T Dike, Daniel
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 3, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat di wilayah perbatasan tidak hanya diperhadapkan dengan isu eksploitasi ekonomi dan sumber alam namun juga terjadinya kesenjangan sosial karena tidak meratanya pembangunan. Adanya kecenderungan bahwa ketika kelompok lain tidak kompatibel, beda ideologi atau pilihan politik maka respon sosial cenderung negatif, berprasangka jahat (prejudice) bahkan tindakan anarkis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif fenomenologis dengan mengkaji fenomena faktual masyarakat multikultural Kabupaten Sintang di wilayah Sektor Timur Kalimantan Barat. Data dianalisis menggunakan kajian pustaka. Hasil riset ini adalah pendidikan multikultural dapat tumbuh dan hidup di sekolah dasar pedalaman dan wilayah 3T jika warga sekolah a) Membiasakan untuk tidak berpikir dan berperilaku diskriminatif; b) Memahami persepsi orang lain; c) Menghindari stereotipe; dan d) Mengembangkan kesetaraan dan keadilan sosial. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Keragaman, Sekolah Dasar, Wilayah Pedalaman
PENGARUH MODEL STAD BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR Zarkasih, Muhammad; Wedyawati, Nelly; Sirhi, Sirilius
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 2, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksprimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol 48,15 dan nilai rata-rata posttest 62,8. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 48,38 dan nilai rata-rata posttest 84,33. Setelah dilakukan uji hipotesis pada perbedaan hasil posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung 6,23 dan ttabel 2,02. Karena thitung lebih besar dari ttabel Pendahuluan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran STAD Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR Hanggara, Agustinus Hari; Awang, Imanuel Sairo
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Publisher : JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk  penelitian  quasi experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design.  Sampel penelitian berjumlah 44 peserta didik dengan 22 peserta kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 22 peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan multivariate t test.  Berdasarkan hasil analisis data terdapat persamaan hasil belajar pada pengukuran awal kelas eksperimen dengan kelas kontrol yakni thitung = 0,675  <  ttabel = 2,018. Sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada pengukuran akhir dimana thitung = 5,984 > ttabel = 2,018. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar peserta didik.