cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. rejang lebong,
Bengkulu
INDONESIA
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR SWASTA FULL DAY SCHOOL Siregar, Nurdiana; Sundari, Dhea; Bakri, Aprilia
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jpd.v3i1.821

Abstract

This study aims to: a) describe the character of students in learning mathematics in Private Primary Schools (SDS) full day school, b) knowing the supporting and inhibiting factors in the formation and strengthening of characters in mathematics learning at SDS full day school. This study used qualitative research methods. This research was carried out at SDS IT Siti Hajar. Data collection techniques by observation and interview. Data analysis techniques are data reduction, data display, and conclusion. The results showed that 1) the character of students in mathematics learning included religious, honest, independent, tolerant, hard work, curiosity and responsibility 2) supporting factors for character building in mathematics learning include mathematics teacher, informal learning climate or not rigid, and varied learning methods while the inhibiting factors cannot be implemented in strict class rules in the form of penalties.
RELEVANSI KURIKULUM PGMI TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PGMI IAIN METRO Afifah, Nurul
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.322 KB) | DOI: 10.29240/jpd.v3i1.863

Abstract

Capaian Pembelajaran (CP) didefinisikan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan alat ukur dari apa yang diperoleh seseorang dalam menyelesaikan proses belajar baik struktur  maupun tidak terstruktur. Penetapan capaian pembelajaran harus mengacu pada tiga rujukan/dokumen; yaitu KKNI, SNPT dan SNPG. Selanjutnya rumusan capaian pembelajaran dijabarkan dalam Standar Kopetensi Lulusan (SKL)  yang dinyatakan dalam empat unsur yaitu : Sikap,  keterampilan umum, pengetahuan dan keterampilan khusus.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi kurikulum PGMI terhadap capaian pembelajaran mahasiswa IAIN Metro. Adapun penelitian kualitatif berjenis penelitian studi pustaka (library research). Tehnik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Selanjutnya Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.Capaian Pembelajaran dalam kurikulum jurusan PGMI IAIN Metro sesuai dengan ketentuan KKNI, SNPT dan SNPG adalah sebagai berikut; empat unsur standar kelulusan yang harus dikuasai oleh mahasiswa jurusan PGMI IAIN Metro berupa unsur sikap yang dinternalisasikan saat proses pembelajaran,  unsur keterampilan umum merupakan kemampuan menjadi guru secara umum, unsur pengetahuan merupakan penguasaan pengetahuan secara mendalam dalam bidang pendidikan, psikologi dan pengajaran dan unsur keterampilan khusus yaitu ; kemampuan lulusan program studi sesuai bidang keilmuan/keahlian dalam hal ini sebgai guru kelas di SD/MI
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR Siregar, Nur Fauziah
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jpd.v3i1.864

Abstract

Matematika memiliki objek yang bersifat abstrak. Siswa mengalami kesulitan dalam matematika karena sifat keabstrakannya. Tahap tingkat perkembangan berfikir siswa pada tingkat sekolah masih konkrit, oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan yang dipandang baik dan tepat yang dapat mengatasi permasalahan atau dapat menjembataninya adalah dengan pendekatan matematika realistik. Pembelajaran matematika ini berorientasi pada pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan merekonstruksi konsep-konsep matematika, sehingga siswa mempunyai pemahaman tentang konsep-konsep matematika. Pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih menyenangkan yang dapat mempengaruhi komunikasi matematis siswa. Proses komunikasi matematis siswa yang baik dapat menjadi sarana untuk membentuk pembelajaran yang efektif dan komunikatif terutama untuk siswa SD yang dalam tingkat berfikir masih konkrit. 
ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN REJANG LEBONG Susilawati, Susilawati; Syaripah, Syaripah
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jpd.v3i1.806

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan melakukan survey lapangan terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis tematik. Subjek penelitian ini menggunakan purposive sample yakni seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kabupaten Rejang Lebong yang terdiri dari 4 (empat) madrasah berstatus negeri dan 8 (delapan) madrasah berstatus swasta. Diketahui hasil penelitiannya RPP Tematik sudah berkategori "Baik", selanjutnya Pelaksanan RPP Tematiknya juga sudah pada kategori "Baik". Bentuk penilaian dan penilaian berbasis tematik pada K-13 belum memenuhi kriteria hanya terdapat 1 madrasah yang dapat menunjukkan dokumentasinya.
Analisis Kurikulum PAUD di Kabupaten Rejang Lebong dan Relevansinya Terhadap Kurikulum Prodi PIAUD IAIN Curup Zulaiha, Siti; Baryanto, Baryanto
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jpd.v3i1.818

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya dilakukan analisis terkait dengan pelaksanaan kurikulum pada PAUD di Kabupaten Rejang Lebong, hal ini dikarenakan kurikulum yang diterapkan belum seragam seiring dengan perubahan peraturan yang ada. Selain itu didasari oleh pentingnya menganalisis relevansi kurikulum Prodi PIAUD dengan kurikulum yang berlaku di PAUD sehingga bisa menjadi perbaikan kedepan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana konsep kurikulum, menganalisis pelaksanaan Kurikulum mendeskripsikan relevansi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Rejang Lebong terhadap Kurikulum Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data atau informan adalah Kepala dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mereduksi data yang telah dikumpulkan, kemudian disajikan dalam bentuk uraian deskripsi data dan terakhir ditarik kesimpulan dari hasil dan analisis yang telah dilakukan. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa : pertama, muatan kurikulum PAUD di Kabupaten Rejang Lebong yang mengacu pada Permen 58 tahun 2009 meliputi PAI, Bahasa, Kognitif, Fisik, Akhlakul Karimah, Kemandirian, Sosial Emosional. Sedangkan yang mengacu pada Permen 146 tahun 2014 yaitu aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Sosial Emosional, Bahasa dan Seni. Kedua, pelaksanaan kurikulum PAUD di Kabupaten Rejang Lebong secara umum telah sesuai dengan pedoman kurikulum yang berlaku hanya saja pada kegiatan belajar mengajar masih banyak yang belum menggunakan model pembelajaran yang seharusnya diterapkan, kemudian pendekatan belum secara implisit dimasukkan dalam rencana kerja harian yang disusun oleh guru. Ketiga, relevansi kurikulum PAUD terhadap kurikulum Prodi PIAUD secara umum telah relevan, akan tetapi pada muatan dan penempatan pada komponen mata kuliah yang ditawarkan dan tingkat keluasan serta kedalamannya perlu dikaji ulang.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH Fitriani, Anisya
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29240/jpd.v3i1.624

Abstract

Learning is an obligation for every believer to gain knowledge in order to improve the degree of life for them. To be able to absorb optimal learning, the application of effective learning is needed. This paper aims to provide information to educators on the effective learning concept, the concept of apperception and how to do apperception in creating effective learning. The apperception conducted in the early stages of learning is generally considered to be a small thing and sometimes forgotten that many learning activities leads to failure. The apperception can create effective learning because the apperception can lead learners to condition (zone) alpha, which is the best condition for learning so that learners more easily absorb the lesson material. The research method used is a qualitative method. The expected results of this paper are the achievement of effective learning for students so that the learning process can be optimized.
Penerapan Pendekatan Kooperatif Jigsaw Memorizer untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 38 Rejang Lebong Rasuna, Rasuna
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.916 KB) | DOI: 10.29240/jpd.v1i2.318

Abstract

This study aims to increase student activity with the implementation of Cooperative Approaches Jigsaw Memorizer on Civics Lesson in the class IV Elementary School 38 Rejang Lebong. And to improve student achievement in learning civics with the implementation school 38 Rejang Lebong. The problems of this study are: Does the implementation of Cooperative Approaches Jigsaw Memorizer can enhance students’ active learning in civics class IV Elementary school 38 Rejang Lebong? And is Jigsaw Cooperative Learning Approach Memorizer can improve student learning outcomes civics class IV elementary school 38 Rejang Lebong?. Kind of research is a class action research (classroom action research) couduceted in two cycles using two variabels, namely the independent variabel is a Cooperative Approach Jigsaw Memorizer while thw dependent variabel is the student’s activity and student achievement. The instruments in this study is the observation sheet and test sheet. The subjects were students/ student and 14 female students .. Observation data were analyzed descriptively by looking at average scores, the criteria scores, the range of values each criteria, the difference in scores, te highest score, the lowest score. The test data were analyzed qualitatively using the formula avarage value of students and the percentage of students in the classical absorption. Thus obtained result of a study of the activity of students and teachers that the student activity than the average score of 22.75 with the criteria both the firts cycle to 29.25 with really good criteria in the second cycle, while the activity of the teacher than the average score of 35.25 neither the criteria in the firts cycle increased to 41.25 with the criteria neither the criteria in the first cycle students average score of 6.82 with the percentage of students absorption of 64%, while in the second cycle students average score 8.56 with the percantage of students 92% absorption. Based on these studies, the implementation of cooverative aproaches to learning civicis igsaw memorizer can enchance the activity and student achievement in fourth grade rejang state 38 lebong.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Pengelolaan Pembelajaran Dan Aktivitas Siswa Kelas V MIS Guppi NO.13 Tasik Malaya Curup Utara Syaripah, Syaripah
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.152 KB) | DOI: 10.29240/jpd.v1i1.221

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil pembelajaran matematika dalam aspek aktivitas siswa dalam belajar matematika yang rendah serta pembelajaran yang diterapkan selama ini belum tepat. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya yang memperbaiki proses pembelajaran. Salah satu upaya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini termasuk Penilaian Tindakan Kelas yang dilakukan pada MIS Guppi No. 13 Tasik Malaya dengan subjek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I belum menunjukkan hasil yang optimal oleh karena itu dilakukan siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu kadar aktivitas aktif siswa pada siklus I terdapat 3 (tiga) meningkat menjadi 4 (empat) dari 7 kategori aktivitas aktif siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada tindakan siklus I “cukup baik” (nilai 3,57) menjadi “baik” (nilai 4,10) pada siklus II. Simpulan penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas aktif siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Siswa dan Kemampuan Mengelola Pembelajan
Model Pembelajaran Berbasis Discovery- Inkuiri dan Kontribusinya Terhadap Penguatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Sirait, Maruslin
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.332 KB) | DOI: 10.29240/jpd.v1i2.320

Abstract

A convensional teaching models and monotonous that often happen in teaching process needs to behave seriously by the stakeholder that there are in makro and mikro levels, especially for the teacher that in touch directly in teaching process. teachers need to realize that basically the students have learning variation that we cant make it in the same way. Learning models that should be understood by the teachers in doing learning to create a masterpiece learning process that can change learning situation from passive become active and reactive for the students.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Mahlianurrahman, Mahlianurrahman
AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.688 KB) | DOI: 10.29240/jpd.v1i1.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran SETS yang layak, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran SETS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pendapat Borg & Gall. Desain pengembangan perangkat pembelajaran ini meliputi 9 langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba awal; (5) merevisi hasil uji coba terbatas; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji coba lapangan operasional; dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 3 Kotafajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan menurut ahli materi dan ahli pembelajaran dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan perangkat pembelajaran SETS dan yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran SETS, Berpikir Kreatif

Page 1 of 3 | Total Record : 29