Jurnal Pitis AKP
ISSN : -     EISSN : -
Articles
18
Articles
ANALISA PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 PADA KOPERASI TELEKOMUNIKASI SELULAR (KISEL) SORONG

Muda, Markus

Jurnal Pitis AKP Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Pitis AKP - Juli 2018
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.887 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian Perhitungan PajakPenghasilan (PPh) Pasal 21 atas Pegawai Tetap pada Koperasi TelekomuikasiSelular (KISEL) Sorong dengan peraturan perpajakan yang berlaku secara umum.Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode wawancara dan studipustaka.Jenis data yang terkumpul di analisis dengan metode deskriptif. Hasilanalisis menunjukkan bahwa Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 atasPegawai Tetap pada Koperasi Telekomuikasi Selular (KISEL) Sorong masih terjadikesalahan dan tidak sesuai dengan Undang-Undang No.36 Tahun 2008.

ANALISIS HUTANG TERHADAP KINERJA PT. MULTI SUKSES MAKMUR PERKASA

POANDY, JEMMY

Jurnal Pitis AKP Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Pitis AKP - Juli 2018
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.377 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dalammenutupi hutang perusahaan. Data diperoleh langsung dari perusahaan PT. MultiSukses Makmur Perkasa penulis menganalisis dengan menggunakan 3 rasio yaitu RasioLikuiditas, Leverage dn Profitabilitas. Data yang diperoleh berupa Laporan KeuanganNeraca dan Laba-Rugi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya penurunan rasio baiklikuiditas maupun profitabilitas pada tahun 2015, dan kenaikan rasio leverage padatahun 2015, namun penurunan dan kenaikan rasio ini tidak berarti perusahaan tidakilikuid sebab perusahaan masih dapat membayar hutang-hutangnya dengan baik.Karena pada tahun 2015 laba perusahaan meningkat sebesar 20,28%.

Analisis Penggunaan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sele Be Solu Kota sorong

Liawan, Calvin

Jurnal Pitis AKP Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Pitis AKP - Juli 2018
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1555.449 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan anggaran pada Rumah Sakit Sele BeSolu Kota Sorong, sebagai kualitas pelayanan kesehatan melalui program Badan LayananUmum Daerah (BLUD). Kajian ini menitik bertakan pada jenis data kuantitatif dengan metodepenelitian pustaka dan penelitian lapangan. Data yang digunakan berupa data sekunder yaiturincian Kerja Anggaran dan Laporan Realisasi Anggaran. Hasil dari penelitian ini menunjukanbahwa alokasi anggaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pelayanan kesehatan.Apabila terjadi penambahan pada nilai alokasi anggaran, maka nilai kualitas pelayanan jugaakan bertambah.

ANALISIS ANGGARAN PROYEK SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA DAN KINERJA PADA CV. PUTRA PAPUA SEJAHTERA

Palijama, Dina

Jurnal Pitis AKP Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Pitis AKP - Juli 2018
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.409 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan rencana fungsi anggaran proyek sebagai alatpengendalian dan kinerja untuk membentuk pengendalian dalam manajemen perusahaan. Datadiperoleh langsung dari perusahaan CV. Putra Papua Sejahtera menganalisis dengan menggunakan metode analisis varians. Data yang diperoleh berupa anggaran dan realisasi serta wawancara langsung seputar fungsi anggaran dan bentuk pengendalian dan kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi rencana anggaran biaya belum berfungsi dengan baik sebagai alat pengendalian biaya karena masih terdapat adanya varian yang tidak menguntungkan perusahaan. Namun secara keseluruhan varian yang tidak menguntungkan ini lebih kecil dibanding varian yang menguntungkan. Adanya varian yang tidak menguntungkan menjadi tanggung jawab bagian perencanaan, bagian operasional dan pengendalian, dan bagian keuangan.

CORPORATE GOVERNANCE (CG), CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITY PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

lahallo, fensca fenolisa

Jurnal Pitis AKP Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Pitis AKP - Juli 2018
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1055.308 KB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menguji dan mendeskripsikan Corporate Governance (CG), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitability Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2017. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, sehingga  jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia dalam jangka waktu 2 tahun yaitu tahun 2016 sampai 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t (uji parsial) menunjukkan bahwa variabel Kepemilikan Manajerial, Komite Auidit, dan ROE memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel Komposisi Dewan Komisaris Independen dan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji F (simultan), menunjukkan hasil bahwa semua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

ANALISIS PELAKSANAAN ANGGARAN FLEKSIBEL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA ES ABADI SORONG

Wijayanti, Menik

Jurnal Pitis AKP Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pitis AKP
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.757 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui anggaran biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan ES Abadi Sorong untuk menganalisis pelaksanaan anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya produksi pada ES Abadi Kota Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan membandingkan anggaran statis dan fleksibel serta melakukan perhitungan anggaran dan realisasi biaya produksi. Berdasarkan hasil analisis bahwa dalam menyusun anggaran biaya produksi khususnya pada ES Abadi di Kota Sorong dengan menggunakan anggaran statis didasari pada tingkat aktivitas 331.500.000,00 tetapi yang terjadi (realisasi) sebesar 289.000.000,00. Hal ini dianggap tidak menguntungkan karena realisasi tidak sesuai dengan target, hal ini disebabkan karena adanya keterlambatan teknis, kerusakan mesin, pembahasan suplai bahan baku, sehingga mempengaruhi total biaya produksi. Dari hasil analisis varians biaya produksi dalam penyusunan anggaran biaya bahan baku langsung, yang menunjukkan bahwa penerapan anggaran belum dilakukan secara efisien, hal ini disebabkan karena kurang tepatnya pengendalian biaya bahan baku langsung khusnya pada ES Abadi. Kemudian untuk varians anggaran biaya tenaga kerja langsung terdapat selish yang unfavorable, hal ini disebabkan karena tidak efektifnya pelaksanaan anggaran biaya tenaga kerja langsung sebagai alat pengendalian. 

ANALISA LAPORAN DANA BOS PADA SMTK LUKS CORNELLIA KOTA SORONG

Hartatik, Sri

Jurnal Pitis AKP Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pitis AKP
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.577 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting agar di masa mendatang sumber daya manusia dapat bersaing dalam persaingan   yang semakin ketat dalam berbagi bidang kehidupan.Untuk itu pemerntah mengeluarkan kebijakan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Program ini diharapkan dapat menguragi beban peserta didik Agar tercapainya program kebijakan dana bantuan operasional sekolah tersebut maka pemerintah memberikan Buku Petunjuk Dana BOS Agar sekolah dapat menggunakan buku petunjuk yang telah disedikan sebagai petunjuk perencanaan, penggunaan realisasi dana BOS dan Pengisian buku kas umum sekolah sebagaimana mestinya. Agar nanti nya tidak terjadi kesalahan kesalahan dalam pencatatan penggunaan dana BOS.

ANALISIS PERHITUNGAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP MENURUT PSAK NO.16 DAN UNDANG-UNDANG PERPAJAKAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PT KALANAFAT PUTRA

Muda, Markus

Jurnal Pitis AKP Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pitis AKP
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.074 KB)

Abstract

Perbedaan Perhitungan Biaya Penyusutan Menurut Standar Akuntansi Keuangan dan Undang-Undang Perpajakan di sebut juga dengan beda waktu. Perbedaan waktu tersebut dikarenakan adanya perbedaan dalam menghitung biaya penyusutan. Perbedaan tersebut berpengaruh terhadap besarnya Laba Penghasilan Kena Pajak. Tujuan penelitian adalah memberikan gambaran perbedaan antara Perhitungan metode Penyusutan Menurut PSAK No.16 dan Perpajakan. Adanya Perbedaan pengakuan beban penyusutan akan mengakibatkan terjadinya koreksi fiskal tujuan dilakukannya koreksi adalah untuk mengoreksi beban yang telah diakui komersial dan fiskal, sehingga terlihat selisih yang mengakibatkan adanya pengurangan biaya yang telah diakui dalam laporan laba rugi komersial. 

ANALISIS ANGGARAN PROYEK SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA DAN KINERJA PADA CV. PUTRA PAPUA SEJAHTERA

Pasulu, Margareta

Jurnal Pitis AKP Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pitis AKP
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.238 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan rencana fungsi anggaran proyek sebagai alat pengendalian dan kinerja untuk membentuk pengendalian dalam manajemen perusahaan. Data diperoleh langsung dari perusahaan CV. Putra Papua Sejahtera menganalisis dengan menggunakan metode analisis varians. Data yang diperoleh berupa anggaran dan realisasi serta wawancara langsung seputar fungsi anggaran dan bentuk pengendalian dan kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi rencana anggaran biaya belum berfungsi dengan baik sebagai alat pengendalian biaya karena masih terdapat adanya varian yang tidak menguntungkan perusahaan. Namun secara keseluruhan varian yang tidak menguntungkan ini lebih kecil disbanding varian yang menguntungkan. Adanya varian yang tidak menguntungkan menjadi tanggung jawab bagian perencanaan, bagian operasional dan pengendalian, dan bagiankeuangan.

EVALUASI EFEKTIFITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGOLAHAN ASET (STUDI PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA SORONG)

Liawan, Calvin

Jurnal Pitis AKP Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pitis AKP
Publisher : LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.388 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sistem pengendalian internal aset yang baik dan benar sehingga penulis dapat melakukan pembuatan sistem pengendalian internal aset dengan baik dan benar. Penelitian menggunakan metode teknik studi kepustakaan, kuesioner dan wawancara serta penggunaan data dari literatur-literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sistem pengendalian internal aset sangatlah penting karena jika sistem pengendalian internal aset tidak berjalan dengan baik atau semestinya maka akan berpengaruh pada laporan keuangan aset (neraca).