cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Madaniyah
Published by STIT Pemalang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini dimaksudkan sebagai sarana komunikasi dan publikasi karya ilmiah ilmu pendidikan dan ke-Islaman, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian yang megacu pada pola induk pengembangan ilmiah STIT Pemalang; penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan Islam; penerapan hasil-hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan Islam.
Arjuna Subject : -
Articles 100 Documents
PENGARUH MOTIVASI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI “HABIT FORMING” SISWA (Study Kasus Sekolah Full Day School) dik, nur sid
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.794 KB)

Abstract

Abstraksi ”Pengaruh Motivasi, Perhathian Orang Tua Terhadap Prestasi Habit Forming Siswa di sekolah Full dau School. Setiap kegiatan belajar akan berujung dengan harapan pencapaian prestasi yang baik. Prestasi merupakan indikator keberhasilan baik bagi seorang guru maupun bagi siswa itu sendiri. Prestasi dalam penelitian ini yaitu prestasi habit forming siswa, tidak ada sorangpun siswa yang menginginkan prestasi belajarnya buruk. Namun untuk memperoleh semua itu tidak mudah karena banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi tersebut, sehingga prestasi habit forming yang diperoleh setiap siswa berbeda-beda. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi prestasi habit forming siswa tersebut diantaranya faktor motivasi, faktor Perhatian orang tua. Permasalahan yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa baik secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa baik secara parsial maupun simultan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah full Day School SDIT Salsabila Purworejo Jawa Tengah. Variabel dalam penelitian ini meliputi dua variabel bebas, satu variabel variabel terikat. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel motivasi (X1),variabel perhatian orang tua (X2), serta yang menjadi variabel terikatnya adalah variabel prestasi habit forming siswa (Y). Untuk metode pengumpulan datanya digunakan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, parsial dan uji t.Berdasarkan hasil analisis regresi ganda dengan variabel terikat diperoleh persamaan regresi Y = 8,263 + 0,137 X1 + 0, 398 X2. Selanjutnya untuk menguji tingkat signifikansi digunakan uji F, dipeoleh F hitung sebesar 10,290 sedangkan F tabel sebesar 2,75 atau F hitung > F tabel yang berarti Ha diterima. Artinya Ada pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa SDIT Salsabila Purworejo tahun pelajaran 2018/2019 secara simultan. Kemudian hasil perhitungan analisis secara parsial menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk variabel motivasi (X1) sebesar 0,704, untuk variabel perhatian orang tua (X2) sebesar 3,030. Sedangkan t tabel  untuk variabel tersebut dengan N=61 dengan tingkat signifikansi  5% = 0,254. Dengan demikian, nilai masing-masing variabel dependen (X1 dan X2) lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai t tabel. Hal ini berarti bahwa masing-masing variabel independen tersebut yaitu variabel motivasi (X1) dan variabel perhatian orang tua (X2) secara parsial berpengaruh terhadap prestasi habit forming siswa SDIT Salsabila Purworejo Jawa Tengah tahun pelajaran 2018/2019.  Dalam analisis regresi linier berganda ini diperoleh R2 sebesar 0,512 atau 51,2% yang berarti bahwa prosentase pengaruh motivasi, perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa sebesar 51,2%. Sedangkan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif antara motivasi dan perhatian orang tua terhadap prestasi habit forming siswa SDIT Salsabila Purworejo Jawa Tengah. Berdasarkan simpulan dan hasil penelitian maka peneliti menyarankan agar ada penelitian lebih lanjut terhadap faktor lain seperti faktor metode pembelajaran serta sarana dan prasarana yang dapat mendukung prestasi belajar siswa.  Kata Kunci : Motivasi, Habbit Forming, Full Day School, perhatian orang tua 
Studi Living Qur’an dalam Tradisi Kliwonan Santri Pon. Pes. Attauhidiyyah Syekh Armia bin Kurdi Tegal Rakhman, Itmam Aulia
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.251 KB)

Abstract

One of the socio-religious phenomena in Tegal Regency which is able to become a magnet for the community is the Tradisi Kliwonan in the Pondok Pesantren Attauhidiyyah Sheikh Armia bin Kurdi Tegal, in the form of the Akbar and Istigasah Kubra. In this tradition there is a reading of the letter and fragments of the verses of the Qur'an which are atomistic, so the author feels the need to conduct research with the Living Qur'an method in order to reveal the meaning of the santri Attauhidiyyah's interaction with the Qur'an as its holy book.Judging from the type, this research is field research. The approach taken is the socio-anthropological approach. Whereas to analyze the data that has been collected, the researcher uses the hermeneutic (interpretative) paradigm as one of the living paradigms of the Qur'an which was initiated by Heddy Shri Ahimsa Putra. The results of the study revealed that social receptions to the Qur'an in the Tradition of the Kliwonan in Pon. Pes. Attauhidiyyah Sheikh Armia bin Kurdi Tegal, found in: (1) Reading of Yasin Faḍilah Letter (2) Recitation of al-Fātihah (3) Reading of certain verses during the implementation of the Istigasah and Prayer together.
Hakikat Alam Semesta Menurut Filsuf Islam maunah, siti maunah
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.221 KB)

Abstract

Tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan filsuf Islam terhadap hakikat alam semesta, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi literature. Pengumpulan data pada dilakukan dengan cara pengumpulan literasi dari berbagai sumber seperti buku,jurnal maupun literasi yang lain..Hasil dari penelitian ini adalah menurut Al-Ghozali adanya alam diawali dari yang tidak ada sehingga alam tidak qadim dan yang menciptakan Allah Swt. Al-Farabi dan Ibnu Sina menyatakan bahwa Alam itu qadim karena Allah menciptakanya sejak azali. Menurut Ibnu Rusyd alam seluruhnya terdiri atas benda dan bentuk yang pada hakikatnya bersifat azali (kekal abadi), tetapi keazalianya berbeda jauh dari azalinya Tuhan, sedangkan menurut Ibnu Tufail alam, seluruhnya merupakan akibat dan diciptakan oleh Allah tanpa zaman.
PATRIARKI DI ALAM PESANTREN RANGKUTI, SUHERI SAHPUTRA
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.356 KB)

Abstract

Artikel ini mencoba mengulas tentang praktik-praktik patriarki di pesantren dengan analisis sosiologis. Pesantren sebagai pendidikan tertua di negeri ini merupakan lembaga pendidikan yang dinamis dan terus menerus berupaya memperbaiki dirinya sendiri. Namun meskipun demikian, pesantren yang menyatu dengan budaya lokal di mana ia didirikan masih mewarisi sistem patriarki yang bisa saja karena dipengaruhi oleh lingkungan termasuk kebudayaan lokal di mana pesantren itu didirikan. Oleh karena itu, paper ini hadir untuk memberikan semacam alasan-alasan sosiologis kenapa sistem patriarki masih bersemayam di alam pesantren, guna menarik minat pembaca untuk penelitian lebih lanjut.
Design Teknologi Cetak Abduh, Nis rokha
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.479 KB)

Abstract

Pengembangan teknologi cetak sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan, maka penulis berusaha mengungkap bagaimana cara mendesign atau merancang teknologi cetak.hasil teknologi cetak dapat berupa bahan ajar, modul, komik dan poster
Muslim Di Amerika Utara dan Amerika Latin Setiawan, Satria; Affan, Muhammad
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.235 KB)

Abstract

Abstrak: Sejauh ini Islam lebih banyak direpresentasikan dikawasan-kawasan yang mayoritas dihuni oleh Muslim. Sehingga, kawasan-kawasan yang Muslim-nya minoritas sering terabaikan. Padahal, keberadaan Muslim disuatu kawasan, meski secara minoritas, adalah representasi penyebaran agama Islam dan persebaran Muslim di seluruh dunia. Oleh sebab itu, kajian dan pembahasan mengenai Muslim minoritas pada suatu kawasan menjadi urgen.  Berangkat dari urgensi tersebut, artikel berikut akan memaparkan kondisi Muslim minoritas di kawasan Amerika Utara dan Amerika Latin. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah memberi informasi yang menggambarkan permasalahan yang dihadapi oleh Muslim minoritas di dua kawasan tersebut. Dari informasi ini diharapkan dapat tumbuh semangat kepedulian yang lebih baik kepada Muslim minoritas dimanapun mereka berada. Kata kunci: Muslim, Amerika Utara, Amerika Latin, sejarah Abstract: So far, Islam is more widely represented in Muslim-majority areas. Thus, Muslim minority areas are often overlooked. In fact, the existence of Muslims in a region, although the minority is a representation of the spread of Islam and the spread of Muslims around the world.  Therefore, the study and discussion of Muslim minorities in a region becomes urgent.  Based on  the urgency, the following article will describe the condition of Muslim minorities in the region of North America and Latin America. This article aims  to provide information that illustrates the problems faced by Muslim minorities in the two regions. This information is expected to foster a better caring spirit for Muslims.Keywords: Muslim, North America, Latin America, history 
MENINGKATKAN AFEKTIF ANAK PADA MATERI PAI DENGAN MENGGUNAKAN TIPE-TIPE BELAJAR ROBERT M. GAGNE Kudadiri, Apriyani Lestari
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.147 KB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kesulitan guru dalam membelajarkan pelajaran pendidikan agama Islam kepada anak usia dini. Ada dua sekolah yang menjadi fokus peneliti: TK Mashitoh Kentagen dan RA Hidayatul Qur’an. Peneliti mencoba menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam meningkatkan kemampuan afektif anak dalam materi pendidikan agama Islam, beserta upaya dalam mengatasinya. Adapun yang menjadi metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah dengan metode observasi, wawancara,­­­­­ dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberi kontribusi berupa strategi dalam meningkatkan ranah afektif anak yang dapat menjawab persoalan KI-1, dan KI-2. Strategi ini beranjak dari delapan tipe belajar yang dikemukakan Robert M. Gagne. Kedelapan tipe tersebut adalah signal learning (belajar isyarat), stimulus-response learning (belajar stimulus respon), chaining (rantai atau rangkaian), verbal association (asosiasi verbal), discrimination learning (belajar membedakan), concept learning (belajar konsep), rule learning (belajar aturan) dan problem solving (pemecahan masalah).
PENYELIDIKAN SEJARAH TENTANG MASYARAKAT DAN BUDAYA adibah, ida zahara
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.105 KB)

Abstract

AbstrakPenyelidikan  sejarah merupakan  salah satu aktivitas penting  yang dapat menyumbangkan  kepada penemuan dan penulisan sejarah  supaya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hasil dari penelitian ini melahirkan beberapa teori yaitu Teori pertama Komposisi masyarakat tidaklah riil. Teori kedua mengatakan bahwa kendatipun masyarakat bukan senyawa yang riil seperti senyawa-senyawa alamiah, namun masyarakat merupakan senyawa sintetis. Teori ketiga mengatakan bahwa masyarakat merupakan senyawa yang riil seperti senyawa alamiah lainnya. teori keempat, masyarakat merupakan senyawa riil dan sungguh juga senyawa yang tinggi tingkat kesempurnaannyaKata kunci : Sejarah, Masyarakat, Budaya
PRINSIP KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF QS. AN-NISA: 58-59 Fariyati, Sri Fariyati
Madaniyah Vol 9, No 1 (2019): Madaniyah (Edisi Januari 2019)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.149 KB)

Abstract

Kepemimpinan (leadership) adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi berhasil atau gagalnya suatu organisasi. Kepemimpinan itu merupakan suatu kemampuan yang melekat pada diri seorang yang memimpin, yang tergantung dari bermacam-macam faktor, baik faktor-faktor intern maupun faktor-faktor ekstern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prinsip kepemimpinan dalam perspektif QS. an-Nisa ayat 58-59.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode riset kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah QS. an-Nisa ayat 58-59 dan munasabahnya dalam kitab al-Qur’an dan terjemahnya, kitab-kitab tafsir meliputi: Tafsir Al-Qur’an Al ‘Adzim karya Ibnu Katsir, Al-Qur’an dan Tafsirnya penerbit Kementerian Agama RI,  Tafsir Qur’an Karim karya Mahmud Yunus, Tafsir al-Maraghy karya Mustofa al-Maraghy dan buku-buku serta  sumber lain yang berkaitan dengan prinsip kepemimpinan.Hasil penelitian ini adalah bahwa berdasarkan analisa QS. an-Nisa ayat 58-59 dan munasabahnya tentang Prinsip kepemimpinan dalam pespektik al-Qur’an dapat dikatakan bahwa kepemimpinan Islam merupakan fitrah bagi setiap manusia yang sekaligus memotivasi kepemimpinan yang Islami. Konsep amanah yang diberikan kepada manusia sebagai khalifah fil ardli menempati posisi sentral dalam kepemimpinan Islam. Maka dalam kaitan ini, antara yang memimpin (umara) dengan yang dipimpin (umat) harus sama-sama mempertanggung jawabkan amanah yang diembannya. Mereka yang mempunyai kekuasaan diperintahkan agar menggunakan kekuasaannya untuk memerintah umatnya secara adil. Kepemimpinan harus didasarkan atas keadilan, dijalankan secara adil dan berfungsi untuk menegakkan keadilan. Dapat dikatakan bahwa prinsip-prinsip kepemimpinan dalam QS. An-Nisa ayat 58 adalah  amanah dan adil.
Dampak Tunjangan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru Ramadhan, Muamar; Darmoko, Puji Dwi; fariyati, Sri; ., Muntoha
Madaniyah Vol 7, No 1 (2017): Madaniyah (Edisi Januari 2017)
Publisher : STIT Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teacher certification is one form of implementation of Law No. 14 Year 2005 on Teachers and Lecturers. Teachers categorize as a profession because it has met the requirements of the profession, the position includes intellectual activity; position control of certain scientific and educated in a certain qualifications; office promising career; position altruistic service; and positions that have professional organizations. Teacher certification should ideally have an impact on teacher performance. Teacher certification should ideally have an impact on teacher performance. The field research  type of quantitative correlation with model analysis SPSS proves how the relationship and influence between alone certification and performance of teachers at teacher SMP/MTs and SD/MI certified in Pemalang district spread over 1,029 educational institutions both SD/MI and SM /MTs.

Page 1 of 10 | Total Record : 100