cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 14, No 28 (2015)" : 7 Documents clear
Pengaruh Komunikasi Politik Pasangan Calon Kepala Daerah Terhadap Pemilih Dikalangan Mahasiswa Di Banjarmasin Rani, Samsul
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol 14, No 28 (2015)
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.601 KB) | DOI: 10.18592/alhadharah.v14i28.1232

Abstract

This study aims to determine the effect of political communication regional head candidates to voters among students in Banjarmasin, the research approach used quantitative and qualitative, with a sample of students IAIN Antasari and Pearson correlation analysis method. The results showed that there was no correlation singnifikan between ad campaigns and political messages to the perception of voters, in other words, students are not affected by advertising campaigns in determining the choice. In addition the level of education, social environment, family environment, the systems values, and so forth can influence the perception of voters.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi politik pasangan calon kepala daerah terhadap pemilih dikalangan mahasiswa di Banjarmasin, pendekatan penelitian yang digunakan kuantitatif dan kualitatif, dengan sampel mahasiswa IAIN Antasari dan metode analisis Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat korelasi yang singnifikan antara iklan kampanye dan pesan-pesan politik terhadap persepsi pemilih, dengan kata lain mahasiswa tidak terpengaruh oleh iklan kampanye dalam menentukan pilihan. Selain itu tingkat pendidikan, lingkungan sosial, lingkungan keluarga, sistem nilai yang dianut, dan lain sebagainya dapat berpengaruh terhadap persepsi pemilih.
Standarisasi dan Dasar Pijakan Etika Komunikasi Dakwah Ariani, Anita
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol 14, No 28 (2015)
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.191 KB) | DOI: 10.18592/alhadharah.v14i28.1233

Abstract

Ethics becomes the foundation to communicate between individuals and groups. Ethics provide a moral foundation in building deontology against all attitudes and behavior of individuals or groups in communication. standardization and communication ethics propaganda foundation is built on the instructions of communication Ethics Koran, Islam teaches that communicates with a full civilized, respectful, respect for people who talk, and so on. When talking with others, Islam provides a clear foundation on procedures speaking namely: qawlan sadidan correct word meaning contained in the Koran letter an-Nisa verse 9 and Al-Ahzab verse 70, qawlan balighan means striking the words contained in the letter of an- Nisa verse 63, qawlan maysuran means the word is found in the Quran surah Al-Isra verse 28, qawlan layyinan meaning words of gentle contained in the Quran letter Lugman paragraph 44, qawlan Kariman meaning words that glorious contained in the Quran surah Al-Isra verse 23 and qaulan marufan appropriate word meaning contained in the Koran letter an-Nisa verse 5.Etika menjadi dasar pijakan berkomunikasi antara individu dan kelompok. Etika memberikan landasan moral dalam membangun tata susila terhadap semua sikap dan perilaku individu atau kelompok dalam komunikasi. standarisasi dan dasar pijakan etika komunikasi dakwah adalah Etika komunikasi dibangun berdasarkan petunjuk Alquran, Islam mengajarkan berkomunikasi itu dengan penuh beradab, penuh penghormatan, penghargaan terhadap orang yang diajak bicara, dan sebagainya. Ketika berbicara dengan orang lain, Islam memberikan landasan yang jelas tentang tata cara berbicara yaitu: qawlan sadidan artinya perkataan yang benar terdapat pada quran surat an-Nisa ayat 9 dan Al-Ahzab ayat 70, qawlan balighan artinya perkataan yang mengena terdapat pada surat an-Nisa ayat 63, qawlan maysuran artinya perkataan yang mudah terdapat pada quran surat Al-Isra ayat 28, qawlan layyinan artinya perkataan yang lembut terdapat pada quran surat Lugman ayat 44 , qawlan kariman artinya perkataan yang mulia terdapat pada quran surat Al-Isra ayat 23 dan qaulan ma’rufan artinya perkataan yang pantas terdapat pada quran surat anNisa ayat 5
Penjelasan Deskriptif dalam Ritual Kurban (Studi Kasus Mahasiswa KPI dan BPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi) Falikhah, Nur
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol 14, No 28 (2015)
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.524 KB) | DOI: 10.18592/alhadharah.v14i28.1234

Abstract

Ritual sacrifice in Banjar community is quite diverse. Each region has its own customs and traditions in the manner of sacrifice. Anthropology of religion as one of the disciplines that try human study involving religious approach see the uniqueness of the culture. Object of study they want to learn is how religious man according to its adherents, according to its adherents, and not based on scripture or should be. It was found in the ritual sacrifice of Banjar society. Diverse community behavior or action in the ritual sacrifice of which is of fixtures when the procession slaughter sacrificial animals, offerings, how to slaughter, habits performed before and after slaughter and others. Symbols or meanings behind piduduk or offerings also were explored. Each of these are described, illustrated, painted with the words in a coherent and detailed through descriptive methods.Ritual kurban pada masyarakat Banjar cukup beragam. Masing-masing daerah mempunyai adat dan tradisi tersendiri dalam tatacara berkurban. Antropologi agama sebagai salah satu disiplin ilmu yang mencoba mempelajari manusia yang menyangkut agamanya melalui pendekatan budaya melihat keunikan tersebut. Objek kajian yang ingin dipelajari yaitu bagaimana manusia beragama menurut penganutnya, menurut pemeluknya, dan bukan berdasarkan kitab suci atau yang seharusnya. Hal ini lah yang ditemukan di dalam ritual berkurban masyarakat Banjar. Beragam perilaku atau tindakan masyarakat dalam ritual kurban diantaranya adalah dari perlengkapan ketika prosesi menyembelih hewan kurban, sesajian, cara menyembelih, kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sebelum dan sesudah penyembelihan dan lain-lain. Simbol atau makna yang ada dibalik piduduk atau sesajian juga dicoba digali. Masing-masing dideskripsikan, digambarkan, dilukiskan dengan kata-kata secara runtut dan detail melalui metode deskriptif
Motif Berprestasi Mahasiswa Berdakwah Komalasari, Shanty
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol 14, No 28 (2015)
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.278 KB) | DOI: 10.18592/alhadharah.v14i28.1235

Abstract

Student achievement motive of preaching based on the perspective of psychology demonstrate the ability to integrate patterns of thought and behavior that is synergistic. Students preaching motives high achievement, seen from the characteristics of achievement motivation that appears on the student to preach them, is always oriented to the results with a high motivation to achieve goals and meet the standards that materialized from the desire and the spirit of a student to be able to preach with a focus the result of the delivery of propaganda, is able to set challenging goals and take calculated risks with the study material of propaganda and specify the audience or participant teachings, seek as much information in order to reduce uncertainty and find a better way and continue to learn, have a strong desire to produce something betterMotif berprestasi mahasiswa berdakwah berdasarkan perspektif psikologi menunjukkan kemampuan dalam mengintegrasikan pola pemikiran dan perilaku yang sinergis. Mahasiswa berdakwah memiliki motif berprestasi yang tinggi, dilihat dari ciriciri motif berprestasi yang muncul pada mahasiswa berdakwah tersebut, yakni selalu berorientasi kepada hasil dengan semangat yang tinggi untuk meraih tujuan dan memenuhi standar yang terwujud dari keinginan dan semangat seorang mahasiswa untuk dapat berdakwah dengan fokus pada hasil dari penyampaian dakwah, mampu menetapkan sasaran yang menantang dan berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan dengan mempelajari materi dakwah dan menentukan audiens atau peserta dakwahnya, mencari informasi sebanyak-banyaknya guna mengurangi ketidakpastian dan mencari cara yang lebih baik serta terus belajar, memiliki keinginan kuat untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik
Peran Ekonomi Islam dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW Anafarhanah, Sri
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol 14, No 28 (2015)
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.471 KB) | DOI: 10.18592/alhadharah.v14i28.1230

Abstract

Islamic economics is economics that is based on the Quran and the Sunnah of the Prophet. Islamic economics has been practiced since the prophet Adam and growing rapidly at the time of the prophet Muhammad, forwarded by friends and then continue to grow in peoples lives today. The days of the Prophet, Islamic economic practices began to attract attention from the prophet Muhammad practice trading using a system of cooperation for the results (mudaraba) with the financiers (shahibul maal) and one of his partners is Siti Khadijah ra. Once the Prophet was appointed as the Prophet, in the process of preaching, Islamic economy to grow very rapidly, moral improvement of society a lot done, especially in terms of trade and the economic system of government and it demonstrates the important role of Islamic economics in building the economy of the time.Ekonomi Islam merupakan ilmu ekonomi yang berlandaskan kepada al-Qur’an dan Sunnah Nabi SAW. Ekonomi Islam telah dipraktikkan sejak nabi Adam as dan semakin berkembang pesat pada zaman nabi Muhammad SAW, diteruskan oleh para sahabat dan kemudian terus berkembang dalam kehidupan masyarakat hingga saat ini. Dimasa Rasulullah, praktik ekonomi Islam mulai menjadi perhatian sejak nabi Muhammad SAW mempraktikkan perdagangan dengan menggunakan sistem kerjasama bagi hasil (mudharabah) dengan para pemodal (shahibul maal) dan salah satu mitra beliau adalah Siti Khadijah ra. Setelah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Nabi, dalam proses kegiatan dakwahnya, ekonomi Islam menjadi berkembang sangat pesat, perbaikan moral masyarakat banyak dilakukan khususnya dalam hal perdagangan dan dalam sistem ekonomi pemerintahan dan hal ini menunjukkan peran penting ekonomi Islam dalam membangun perekonomian saat itu.
Implementasi Website Fakultas Dakwah dan Komunikasi sebagai Media Dakwah dan Promosi Muhayat, Muhayat
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol 14, No 28 (2015)
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1481.003 KB) | DOI: 10.18592/alhadharah.v14i28.1236

Abstract

The website is a new media that is very popular today, and to be very important is implemented by individuals and institutions in order to take advantage as the Company Presence, Product / Service Communication, Prospect / Client Entry Door, Increase Company Image. Faculty of Dawa and Communication IAIN Antasari has implemented a website that has a URL (Uniform Resource Identifier) http://dakwah.iain-antasari.com and based on the results of the study authors, the website has been able to become a medium of information and media propaganda and promotion. This website is implemented using the System Development Life Cycle (SDLC) to the stages of implementation starting from Conception, Initiation, Analysis, Design, Construction, Testing, and Deployment. With the implementation of the website is expected to improve the image of the institution as well as a medium of propaganda and promotion of effective and efficient.Website merupakan media baru yang sangat populer saat ini, dan menjadi sangat penting diimplementasikan oleh individu maupun lembaga dalam rangka mengambil manfaat sebagai Company Presence, Product/Service Communication, Prospect/Client Entry Door, Increase Company Image. Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Antasari telah mengimplementasikan sebuah website yang memiliki URL (Uniform Resource Identifier) http://dakwah.iain-antasari.com dan berdasarkan hasil telaah penulis, website tersebut telah mampu menjadi media informasi sekaligus media dakwah dan promosi. Website ini diimplementasikan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan implementasi dimulai dari Conception, Initiation, Analysis, Design, Construction, Testing, dan Deployment. Dengan telah diimplementasikannya website tersebut diharapkan dapat meningkatkan image lembaga sekaligus menjadi media dakwah dan promosi yang efektif dan efisien.
Pentingnya Implementasi Strategi Pemasaran Bagi Travel Haji dan Umroh di Banjarmasin Noviyanti, Devi
Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Vol 14, No 28 (2015)
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.571 KB) | DOI: 10.18592/alhadharah.v14i28.1231

Abstract

Marketing strategies are so important to be implemented in hajj and umroh travel agencies in Banjarmasin following the increase of competition. Marketing strategies become so necessary since it is the capital to face competition, to realize the goals of the companies and to continue satisfying the costumers. Hajj and umrah travel agents can implements several marketing strategies related to the product they offer, such as by doing segmentation, targeting dan positioning (STP) strategy, marketing mix strategy; differentiation strategy; and brand strategy.Strategi pemasaran begitu penting diterapkan oleh travel haji dan umroh di Banjarmasin seiring dengan meningkatnya persaingan. Strategi pemasaran menjadi penting karena strategi ini dapat menjadi modal untuk mengahadapi persaingan, membantu mewujudkan tujuan perusahaan dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan secara berkelanjutan. Travel haji dan umroh dapat melakukan beberapa strategi pemasaran berkaitan dengan penawaran produknya, antara lain dengan melakukan strategi segmentasi, penetapan pasar sasaran, penetapan posisi (Segmentation, Targeting dan Positioning (STP)); strategi bauran pemasaran (marketing mix strategy); strategi diferensiasi (differentiation strategy); strategi merek (brand strategy).

Page 1 of 1 | Total Record : 7