cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Multimedia
Published by Politeknik Kediri
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 58 Documents
Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Kelas Virtual Muslam, Muhammad; Sukya, Fadelis; Arianto, Rudy
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 6 No 1 (2014): Jurnal Volume 6, No 1 (2014)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.38 KB)

Abstract

Banyak perguruan tinggi masih menggunakan sistem manual dalam pembelajaran dan menggunakan media kertas. Hal tersebut mengakibatkan pencarian data sulit dilakukan dan memerlukan banyak waktu. Oleh karenanya perlu dibangun kelas virtual yang memiliki fasilitas untuk mengelola materi, manajemen tugas dan nilai secara digital. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database mysql. Terdapat beberapa fitur. Antara lain: kegiatan perkuliahan, perekaman data mahasiswa, pengumpulan tugas, dan pemberian nilai tugas. Pada aplikasi kelas virtual ini belum terdapat fitur kuisioner, dan hanya dapat menangani penilaian tugas saja. Saran untuk pengembangan aplikasi yakni dengan membarikan fitur video chating, kuisioner, dan pemberian nilai selain nilai tugas.
Monitoring Pajak Reklame Menggunakan Teknologi QR Code (Quick Response Code) Sukya, Fadelis; Amzazka, Muhamad Aslam; Watequlis, Yan
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 6 No 1 (2014): Jurnal Volume 6, No 1 (2014)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

.
Pembuatan Game Kluyuran di Kediri Berbasis Android Dan C# Dianta, Ashafidz Fauzan
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Volume 8, No 1 (2016)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.454 KB)

Abstract

Minat masyarakat begitu besar terhadap permainan game sangat disayangkan apabila dalam pengembangan game sebagian besar hanya dikembangkan oleh developer game dari luar negri, sedangkan dalam pembuatan game sendiri tidaklah cukup sulit untuk dipelajari. Selain itu jarang sekali game yang dibuat mengambil tema mengenai lingkungan Negara Indonesia, sehingga memberi kesan bahwa hal yang berhubungan Negara Indonesia kurang menarik untuk dijadikan tema pada game. Tujuan penelitian ini adalah membuat Game Kluyuran Di Kediri Berbasis Android dan C# adalah permainan yang bergenre arcade dengan tampilan background lingkungan Kota Kediri. Game tersebut dapat menghasilkan game menarik untuk anak-anak yang dapat memberikan wawasan lebih luas tentang Kota Kediri. Game Kluyuran Di Kediri ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Untuk tool yang digunakan dalam pembuatan game ini menggunakan Unity dan CorelDraw. Fitur yang didapat pada aplikasi ini dapat meningkatkan rasa keingintahuan masyarakat terhadap lingkungan Kota Kediri sehingga pengguna dapat menumbuhkan kreatifitas untuk mengolah informasi tentang wisata alam dan tempat rekreasi yang berada Kediri.
Rancang Bangun Sistem Penggajian Pegawai Politeknik Kediri Kuswinda, Ari; Sofiana, Wahyuni; Adi Pradana, Andika Kurnia; Ariyanto, Rudy
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 5 No 1 (2013): Jurnal Volume 5, No 1 (2013)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.358 KB)

Abstract

Sistem Penggajian Pegawai Politeknik Kediri dapat dipergunakan sebagai alat bantu dalam melakukan pengelolaan gaji pegawai dan membantu menyediakan informasi mengenai gaji pegawai dengan mudah dan cepat, karena Sistem Penggajian Pegawai Politeknik Kediri ini berbasis web. Aplikasi Sistem Penggajian Pegawai Politeknik Kediri ini dirancang dan dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan diakses menggunakan web browser melalui jaringan internet. Setelah aplikasi ini dibuat kemudian dilakukan percobaan dan pengkajian melalui beberapa tahapan. Antara lain uji coba aplikasi melalui web browser komputer. Dengan adanya Sistem Penggajian Pegawai Politeknik Kediri ini, akan menjadikan kinerja pegawai Politeknik Kediri lebih efisien. Baik pengelolaan data ataupun penyampaian laporan penggajian pegawai, karena dapat diakses melalui jaringan internet.
PEMBUATAN APLIKASI BERBASIS CROWDSOURCING DALAM UPAYA PENANGGULANGAN PENDUDUK MISKIN Adi Pradana, Andika Kurnia
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Volume 8, No 1 (2016)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.611 KB)

Abstract

Data bulan Maret 2015 menunjukkan jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan) di Indonesia mencapai 28,59 juta orang (11,22 persen), bertambah sebesar 0,86 juta orang dibandingkan dengan kondisi September 2014 yang sebesar 27,73 juta orang (10,96 persen). Urun daya (crowdsourcing) adalah proses untuk memperoleh layanan, ide, maupun konten tertentu dengan cara meminta bantuan dari orang lain secara massal, secara khusus melalui komunitas. Proses ini sering kali digunakan dalam penggalangan dana maupun aksi sosial, dan dilakukan secara dalam jaringan dan luar jaringan. Dalam hal ini dapat diterapkan sebuah system berbasis crowdsourcing dalam upaya penanggulangan penduduk miskin. Melalui media jarinagan internet dapat di implementasikan sistem penyaluran bantuan kepada masyarakat miskin Aplikasi crowdsourcing yang akan dikembangkan. Seluruh data pelaksanan, proyek, penduduk miskin, donatur, dan lain sebagainya akan disimpan di dalam server. Pengunjung yang telah mendaftar dapat menjadi donatur atau pelaksana. User pelaksanana yang telah terdaftar di dalam aplikasi ini dapat melakukan operasi publikasi, seperti menginputkan publikasi informasi penduduk miskin, proyek bantuan, dan lain sebagainya. Sedangkan user donatur akan memverifikasi penyaluran bantuan melalui sistem. Disisi lain pengguna sebagai admin dapat memantau pelaksana atau proyek. Aplikasi crowdsourcing berbentuk website dapat diakses pengguna melalui internet yang dapat menginformasikan penduduk miskin yang memerlukan bantuan
Sistem Monitoring Keuangan Perusahaan Kreditur Adi Pradana, Andika Kurnia; Izzah, Abidatul
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Volume 9, No.1 (2017)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.293 KB)

Abstract

XXX
Aplikasi Co-Paper untuk Pembimbingan Laporan Tugas Proyek Efendi, Fery Sofian
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 5 No 1 (2013): Jurnal Volume 5, No 1 (2013)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.097 KB)

Abstract

Berdasarkan kurikulum Prodi TI tahun 2008, terdapat empat matakuliah berbasis proyek, keseluruhan tugas proyek yang dikerjakan akan didokumentasikan dalam bentuk laporan tugas proyek. Teknologi Web 2.0 telah menjadi salah satu pemicu berkembangnya system komputasi yang dinamis, penelitian ini diharapkan mampu merancang sebuah aplikasi berbasis web 2.0 pada Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri agar dapat digunakan sebagai media pembimbingan laporan tugas proyek. Aplikasi ini diharapkan mampu membantu beberapa proses proses yaitu entri data laporan, upload file laporan hingga proses pembimbingan berupa pemberian komentar/review oleh dosen pembimbing. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah keberhasilannya mengembangkan aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan proses pembimbingan laporan tugas proyek di lingkungan Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri. Kata Kunci— Web 2.0, Aplikasi Pembimbingan Online, Groupware.
Aplikasi Personal Finance Management (Droiduit) Berbasis Android Sukya, Fadelis; Efendi, Fery Sofian; Pratama, Sbastian Terry
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Volume 7, No 1 (2015)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.1 KB)

Abstract

Aplikasi personal finance management atau nama dengan nama aplikasi DROIDUIT ini merupakan salah satu aplikasi smartphone android yang mempunyai peranan cukup penting dalam personal. Aplikasi tersebut dibuat untuk memberikan kemudahan dalam mencatat setiap transaksi seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan pada umumnya. Dengan menggunakan aplikasi personal finance management ini akan menambah fitur untuk meminimalisir kesalahan atau kelalaian pada saat melakukan proses transasksi pencatanan keuangan. Ada beberapa tools yang digunakan selama proses pembuatan Aplikasi personal finance management (droiduit) ini antara lain: SQLite dan Android java framework. Aplikasi personal finance management ini mempunyai fitur seperti tambah transaksi pemasukan dan pengeluaran, tambah foto transaksi, fitur reminder atau pengingat transaksi melihat transaksi pencatatan per hari,perbulan, dan sesuai kategori yang di inginkan, fitur-fitur tersebut di gunakan agar dapat meminimalisir kendala atau kesalahan dalam proses transaksi personal, sehingga dapat meningkatkan kemampuan personal dalam .
Aplikasi Data Pokok Pendidikan Kota Kediri Dengan Mengimpletasian CSS Bootstrap Alhamri, Rinanza Zulmy
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Volume 8, No.2 (2016)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.641 KB)

Abstract

Dinas Pendidikan Kota Kediri mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang pendidikan sesuai dengan kebijakan Walikota. Saat ini telah tersedia aplikasi ata Pokok Keendidian dari Keentrian Pendidikan, namun hanya bisa diakses operator sekolah. Dinas Pendidikan Kota Kediri bermaksud melaksanakan amanat Undang – Undang Keterbukaan Informasi dan memberikan akses kepada masyarakat sehingga perlu membangun “Aplikasi Data Pokok Pendidikan Kota Kediri Dengan Mengimplementasikan CSS Boostrap”. Metodologi penelitian meliputi pencarian dan pengumpulan data, analisa kebutuhan, perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data pendukungnya menggunakan MySQL. Aplikasi Data Pokok Pendidikan dapat menampilkan hasil laporan jumlah siswa dalam bentuk grafik dan tabel. Aplikasi ini juga dapat melakukan proses perpindahan pada guru dan siswa. Untuk menelitian selanjutnya aplikasi tersebut perlu ditambahkan fitur penyimpanan data nilai dan informasi pekerja atau staff pada masing – masing sekolah.
APLIKASI BANK SAMPAH BERBASIS CODEIGNITER STUDI KASUS BANK SAMPAH INTAN BERSERI DERMO MOJOROTO KEDIRI Nugroho, Benni Agung
Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 6 No 1 (2014): Jurnal Volume 6, No 1 (2014)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.596 KB)

Abstract

Bank Sampah adalah tempat menabung dalam bentuk sampah yang telah dikelompokan sesuai jenisnya. Anggota bank sampah Intan Berserimendapat buku tabungan yang didalamnya tertera nilai rupiah dari sampah yang mereka tabung. Bank Sampah Intan Berseri mencatat data transaksi ke dalam buku catatan kemudian dipindahkan kedalam Aplikasi pengolah kata atau spread sheet sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat langsung melakukan proses pendataan tanpa harus menggunakan buku catatan terlebih dahulu. Oleh karena itu dirancang dan dibuat aplikasi bank sampah pada bank sampah Intan Berseri. Analisa kebutuhan aplikasi bank sampah disusun melalui wawancara dengan petugas bank sampah dan pencarian data di internet. Berdasarkan kondisi tersebut dibuatlah aplikasi bank sampah Intan Berseridengan menggunakan DFD, ERD danframework PHP CodeIgniter. Aplikasi memiliki dua pengguna yaitu admin dan anggota.Aplikasi memiliki fitur data user, data master, data stok, transaksi pembelian dan penjualan, tabungan dan laporan keuangan.Untuk perbaikan dalam penelitian selanjutnya dapat ditambahkan simpan pinjam dari penjualan sampah dan menu statistik jumlah sampah masuk dan keluar.