cover
Filter by Year
Jurnal Informatika dan Multimedia
Published by Politeknik Kediri
ISSN : -     EISSN : -
Articles
58
Articles
Analisa Teknik Pembelajaran dan Pengajaran pada Universitas dan Industri

Naufal, Mohammad Farid

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.936 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi cara belajar terhadap sesuatu. Salah satunya yaitu belajar koding atau pemrograman. Pentingnya memperbarui cara dalam mempelajari dan mengajarkan koding merupakan sebuah solusi untuk memperbaiki sistem yang dinilai kurang dan sudah usang. Terdapat banyak sekali metode yang telah diterapkan oleh universitas dan perusahaan dalam mempelajari dan mengajarkan teknik pemrograman. Metode-metode yang digunakan seperti menggunakan via interactive gaming, online learning, melalui perkuliahan, mengerjakan project, dan lain-lain. Di dalam jurnal ini akan menjelaskan teknik-teknik dan metode pembelajaran dan pengajaran koding yang bermacam-macam. Selain itu, akan membandingkan metode satu dengan yang lainnya sehingga akan mengetahui teknik dan metode apa yang paling efektif digunakan sebagai metode pembelajaran dan pengajaran koding.  Sehingga metode pembelajaran dan pengajaran koding yang paling efektif adalah dengan menggunakan game interaktif berbentuk open source bernama pex4fun yang dapat diikuti oleh banyak pelajar dengan teknik pembelajaran yang beragam dan teknik penilaian yang modern.

Penerapan Teknik Frame By Frame Pada Simulasi Interaktif Perubahan Zat IPA Dasar Dengan Aplikasi Adobe Flash.

Mahardika, Fajar, Surya Saputra, Dhanar Intan

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perkembangan teknik pada media simulasi interaktif yang  senakin  cepat. Menyebabkan teknik yang sederhana jarang dipakai kembali oleh para pembuat media simulasi interaktif. Hal ini yang menyebabkan teknik sederhana seperti frame by frame jarang di gunakan. Dengan adanya hal seperti ini penulis melalukan penelitian yang mengambil sebuah media simulasi dengan menggunakan teknik frame by frame. Penulis melakukan penelitian pada media simulasi interaktif dari perubahan zat pada mata pelajaran IPA dasar. Media simulasi interaktif ini sangat diminati oleh anak- anak sekolah dasar karena dapat mengasah pikiran serta imajinasinya untuk mempelajari ilmu pengetahuan. diantara banyaknya ilmu pengetahuan ini  dengan memanfaatkan teknologi multimedia ini dengan cara membuat suatu simulasi perubahan wujud zat dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash..

Aplikasi Mobile Informasi Jadwal Transit Bus AKAP dan AKDP

Nugroho, Benni Agung, Efendi, Fery Sofian

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.853 KB)

Abstract

Transportasi umum merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat diminati khususnya oleh masyarakat kota dalam kehidupan sehari-hari. Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) merupakan salah satu jenis transportasi umum yang banyak melintas di kota Kediri. Adanya informasi tentang jadwal transit kedatangan dan keberangkatan diperlukan demi kelancaran dan kenyamanan para pengguna bus. Kini pada era modern banyak sekali kebutuhan yang semakin dipermudah dengan menggunakan ponsel pintar untuk melengkapi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Hal ini membuka peluang untuk mengetahui waktu keberangkatan bus dan rute mana yang perlu ditempuh para pengguna untuk dapat sampai ke tempat tujuan. Dengan layanan berbasis android, pengguna akan dimudahkan dalam mencari informasi keberangkatan bus dan pencarian rute yang perlu ditempuh untuk sampai ke tempat tujuan.

SISTEM INFORMASI LES PRIVAT KOTA KEDIRI BERBASIS ANDROID

Efendi, S.Kom., M.Cs, Fery Sofian

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Demanding knowledge Made of things that must be and must be implemented for every human being. One example of the demand for science at official official institutions such as in school. Currently there is no science that exist in schools that can improve the quality of students. Some of the learners at school may not be full-fledged. Lessons are taught in schools. For the exams undertaken the learners need to learn by alternative methods outside the school such as learning to learn or private lessons. Not a few individuals who also provide ease in the form of private lessons, in addition to alternative side jobs to help and improve the potential participants better locked in understanding the lessons in school or to face the school exam. The methods used are methods that still use manual methods, and are not effective in finding target participants and also participants who will choose a location close to home. Therefore, this research has resulted in an information application that allows users to access services and services that exist among the participants of the personal service and the learners. For the development of personal information system applications in cities using android systems still need to improve the security system because the system used is still needed and still needed, but also need to develop some features such as giving the rating on tentor, learners comment feature on tentor and validity period for account tentor or want a date or application.

Implementasi dan Unjuk Kerja Jaringan Wireless VoIP Multi Nodes di Politeknik Negeri Banyuwangi

Prasetyo, Junaedi Adi, Yuliandoko, Herman

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Voice over Internet Protocol (VoIP) merupakan teknologi komunikasi yang sangat berkembang di era saat ini, khususnya karena adanya perkembangan teknologi pengiriman data. Jika sebelumnya pengguna VoIP harus menggunakan sebuah desktop dan terhubung dengan jaringan kabel, saat ini hal tersebut sudah disederhanakan dengan cukup menggunakan sebuah smartphone yang terhubung dengan jaringan wireless. Dalam implementasi jaringan wireless, pastinya akan ada beberapa access point /node yang terhubung disana dan pastinya kualitas komunikasi (QoS) akan berbeda – beda pada setiap nodes. Pada penelitian ini, Kami menggunakan elastix versi 5.0 sebagai server dan tiga buah nodes access point yang dimana nantinya dilakukan percobaan untuk mengetahui bagaimana kualitas komunikasi jika antar pengguna dan server VoIP berada di berbeda nodes. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk perkembangan teknologi VoIP khususnya jika diimplementasikan pada jaringan wireless yang terdiri dari beberapa nodes.

Aplikasi Perhitungan Pemenuhan Gizi pada Orang Sakit Menggunakan Metode Harris Benedict

Hermawan, Herry

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak— The National Health System states that all efforts in health development in Indonesia are directed towards achieving a higher degree of health which enables people to live more productively both socially and economically. With the increasing socio-economic status, public health services, lifestyle changes, increasing life expectancy, then in Indonesia there is a shift in the pattern of disease. Efforts to improve health for sick people can be done by maintaining food intake and meeting nutritional needs for sick people. Fulfillment of nutrition for the sick is fulfilling the nutritional needs needed by the body, such as calories, carbohydrates, protein, and fat. To overcome this problem, it is necessary to have an application to speed up the process of calculating nutrition fulfillment for sick people. Application is the application of a system design to process data that uses the provisions of certain programming languages and also a computer program created to help and facilitate human work. In the calculation process the application is made using the Harris Benedict method. Where the Harris Benedict method is used to do calorie calculation needed by sick people based on height, weight, age, activity factor and gender. In its application, this application uses the Microsoft Visual Basic programming language, with a Microsoft Access database. The final result of this application is in the form of nutritional information and food advice for sick people.   Intisari – Sistem Kesehatan Nasional menyatakan bahwa segala upaya dalam pembangunan  kesehatan  di  Indonesia  diarahkan  untuk mencapai  derajat  kesehatan  yang  lebih  tinggi  yang  memungkinkan  orang  hidup  lebih  produktif  baik  sosial  maupun  ekonomi.  Dengan  meningkatnya  status  sosial  ekonomi,  pelayanan  kesehatan masyarakat,  perubahan  gaya  hidup,  bertambahnya  umur  harapan hidup,  maka  di  Indonesia  mengalami  pergeseran  pola  penyakit.  Upaya  untuk meningkatkan  kesehatan  bagi  orang  sakit  salah  satunya  dapat  dilakukan  dengan menjaga  asupan  makanan  dan  memenuhi  kebutuhan  gizi  bagi  orang  sakit. Pemenuhan  gizi  bagi  orang  sakit  adalah  terpenuhinya  kebutuhan  gizi  yang diperlukan oleh tubuh, seperti  kalori, karbohidrat, protein, dan lemak.  Untuk  mengatasi  masalah  tersebut,  perlu  adanya  aplikasi  untuk  mempercepat dalam proses perhitungan pemenuhan gizi bagi orang  sakit. Aplikasi merupakan penerapan  dari  rancangan  sistem  untuk  mengolah  data  yang  menggunakan ketentuan  bahasa  pemrograman  tertentu  dan  juga  suatu  program  komputer  yang dibuat untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia.  Dalam  proses  perhitungannya  aplikasi  yang  dibuat menggunakan metode Harris Benedict.  Dimana  metode  Harris  Benedict  digunanakan  untuk  melakukan perhitungan  kalori  yang  diperlukan  oleh  orang  sakit  berdasarkan  tinggi  badan, berat badan, umur,  faktor  aktifitas dan  jenis kelamin. Dalam pengaplikasiannya, aplikasi  ini menggunakan  bahasa  pemrograman Microsoft Visual Basic,  dengan database Microsoft Access. Hasil akhir dari aplikasi ini berupa informasi gizi dan saran makanan untuk orang sakit. Kata Kunci— Aplikasi,  Pemenuhan  Gizi,  Orang  Sakit,  Perhitungan,  Harris Benedict.

Pengamanan Data Identitas Bus pada Kartu NFC Menggunakan Enkripsi AES-128

Nugroho, Benni Agung, Efendi, Fery Sofian

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.189 KB)

Abstract

Pendataan dan pemeriksaan bus  yang keluar masuk terminal yang ada di Indonesia saat ini masih banyak yang menggunakan cara manual, yaitu menuliskan hasil pendataan dan pemeriksaan pada kertas. Pendataan dengan cara ini tentu saja memiliki banyak kekurangan terutama karena faktor human error dan banyak membuang waktu. Pada penelitian ini dikembangkan sistem pendataan dan pemeriksaan kendaraan bus dengan menggunakan kartu NFC dimana kartu NFC ini berfungsi sebagai kartu identitas bus dimana didalamnya terdapat informasi mengenai kendaraan bus yang saat ini sedang beroperasi meliputi informasi STNK, informasi masa berlaku uji berkala, informasi ijin trayek, informasi tilang atau pelanggaran dan beberapa informasi lain yang dibutuhkan. Informasi yang terdapat di dalam kartu NFC akan dengan mudah dibaca dengan menggunakan NFC reader. Oleh sebab itu untuk mencegah penyalahgunaan informasi yang terdapat pada kartu NFC dan untuk mencegah perubahan-perubahan data pada kartu NFC oleh orang-orang yang tidak berhak maka informasi di dalam kartu NFC perlu untuk dienkripsi atau disandikan. Enkripsi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan  Advanced Encryption Standard  dengan panjang kunci 128 bit (AES-128). AES-128 dipilih karena proses enkripsi dan dekripsi yang cepat dengan tetap mengutamakan tingkat pengamanan yang tinggi  pada hasil enkripsinya, selain ukuran byte array hasil enkripsi yang relatif kecil sehingga cocok untuk digunakan pada kartu NFC yang memiliki memori penyimpanan yang terbatas.

Aplikasi Pemodelan 3 Dimensi Router Mikrotik RB433AH. RB450, RB800, RB951G-2HnD dan Haplite Berbasis Augmented Reality dan Firebase

Kurniahu, Yohanes

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Volume 10, No.2 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

MikroTik is a company engaged in internet service providers and internet service connectors from wireless internet service providers, a lot of use and utilization of MikroTik products. MikroTik products for example are RB433AH Router Board and RB951g-2hnd. This RB433AH Router Board and RB951g-2HnD are used by Kediri Polytechnic students as learning media for subjects related to Computer Networks, while RB450, RB800 and hAP lite are used for Access Points. However, there is a problem when the system reset function on the application is not successfully executed so it must reset by hardware reset on the Router Board. The method of operation of devices connected to the Router Board such as LAN cables, antennas, LAN Cards and PCIE for the first time is used for laymen who still do not understand, so a solution is needed to inform the user how to operate the RB433AH and RB951G-2HND routers. Therefore, an application is prepared that can scan images and then display the 3-dimensional model of the Router in Augmented Reality to help the operation of the RB433AH Router Board and RB951G-2HND and present the comments section for problem solving. Applications are presented in mobile devices by utilizing Vuforia Augmented Reality and Realtime Databases from Firebase.

Perangkat Lunak Berbasis Mobile Untuk Jasa Cetak Online

Multimedia, Jurnal Informatika dan, Sukya, Fadelis, Nurfarida, Ellya

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Volume 10, No.1 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.893 KB)

Abstract

PRINDEL ( Print and Delivery) adalah sebuah aplikasi yang dibangun dengan fungsi utama menyediakan fitur-fitur pelayanan  jasa cetak dan antar dokumen.  PRINDEL mengambil konsep seperti layaknya aplikasi e-commerce secara umum tetapi PRINDEL berjalan dengan platform mobile, sehingga disebut sebagai m-commerce. M-commerce PRINDEL dijalankan pada aplikasi mobile untuk smartphone andoid. PRINDEL memiliki 2 pengguna yaitu admin toko dan customer. Admin dapat melakukan kegiatan registrasi toko, sign in, melihat daftar  order print, melihat alamat delivery serta mellihat dan edit profil percetakan. Sedangkan customer dapat melakukan kegiatan registrasi customer, sign in, edit profil, tambah order, tambah file, tambah lokasi delivery dan melihat summary order. PRINDEL merupakan sebuah aplikasi personalisasi m-commerce dimana customer dapat melakukan pemesanan sesuai dengan keinginan pengguna. Aplikasi PRINDEL akan memiliki hak akses untuk melihat lokasi dari customer dan melihat media penyimpanan data jika customer mengijinkan.

Pengelompokan Dokumen Berita Berbahasa Indonesia Menggunakan Reduksi FiturInformation Gain dan Singular Value Decomposition dalam Fuzzy C-MeansClustering

Sari, Yuita Arum, Putri, Tesa Eranti, Hapsani, Anggi Gustiningsih

Jurnal Informatika dan Multimedia Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Volume 10, No.1 (2018)
Publisher : Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.212 KB)

Abstract

Koran dan berita online merupakan media informasi digital saat ini yang proses pembaruan informasinya sangat mudah dan fleksibel. Kemudahan ini memungkinkan penulis berita untuk mengunggah informasi baru di waktu kapanpun dan dimanapun. Hal ini menyebabkan data dokumen berita sangat banyak dan tidak teratur sehingga perlu dilakukan pengelompokan berita sesuai dengan kontennya. Pengelompokanberita sesuai content dapat membantu pembaca untuk membaca berita dengan topiktertentu sesuai dengan minatnya. Proses pengelompokan informasi berita diimplementasikan denganbeberapa tahap, yaitu preprocessing dan pengelompokan dokumen. Preprocessing dilakukan dengan mengimplementasikan metode kombinasi reduksi fitur Document Frequency (DF) dan Information Gain (IG) Thresholding dalamSingular Value Decomposition (SVD). Algoritme SVD dipilih karena memiliki kemampuan untuk melakukan dekomposisi pada matriks dokumen-term, sehingga diperoleh matriks yang masih menyimpan informasi penting dengan ukuran dimensi yang lebih kecil.Pada tahap pengelompokan dokumen berita dilakukandengan algoritme Fuzzy C-Means. Hasil uji coba akurasipengelompokan dokumen berita menunjukkan bahwa pengelompokan yang dilakukan memberikan hasil pengkategorian yang cukup akurat dengan tingkat akurasi rata-rata 74,5 % (IG threshold 0.5, k = 5). Hal tersebut menunjukkan bahwa pengelompokan dokumen menggunakan IG dan SVD dengan FUZZY C-MEANS adalah sesuai dengan kebutuhan.