cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24775959     EISSN : 24778451     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika or abbreviated JIPF (e-ISSN: 2477-8451 and p-ISSN 2477-5959) is an international and integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JIPF is firstly published in 2016 and periodically published twice per year on March and September
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2018): September 2018" : 8 Documents clear
Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Listik Dinamis Menggunakan Three Tier-Test (TTT) Minarni, Minarni; Kurniawan, Yudi; Muliyani, Riski
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.774 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.578

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi Listrik Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang dilakukan pada kelas X di SMA Negeri di Singkawang dengan pertimbangan telah mempelajari konsep Listrik Dinamis. Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa harus menjawab pertanyaan soal dengan format three tier-test pada materi listik dinamis dan mengklasifikasikan miskonsepsi dalam tiga kategori (rendah, sedang, dan tinggi). Hasil analisis menunjukan bahwa kuantitas siswa yang mengalami miskonsepsi tertinggi yaitu siswa beranggapan bahwa “arus listrik adalah muatan positif yang mengalir dalam konduktor dari kutub positif ke kutub negatif”. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat membantu penelitian selanjutnya dalam melakukan penelitian.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Pengukuran Herimanto, Herimanto; Murdani, Eka; Kurniawan, Yudi
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.704 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.577

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Alat pengukuran dalam penelitian ini test pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda, hasil post-test lebih tinggi dari hasil pre-test yaitu dari hasil rata-rata 35,25 menjadi 67,18. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dengan kategori sedang (N-gain=0,47) setelah diterapkan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi pengukuran. Dalam penelitian ini aspek pemahaman konsep yang diukur dibatasi pada aspek; menafsirkan, mencontohkan, menjelaskan, membandingkan, dan mengklasifikasikan. Dari kelima aspek pemahamn konsep yang diukur yang mengalami peningkatan paling tinggi yaitu membandingkan sebesar 80%.
Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Zat dan Wujudnya di Kelas VII Nurhajjah, Ade; Wijaya, Andika Kusuma; Kusumawati, Intan
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.291 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.579

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mendapatkan gambaran mengenai skor rata-rata hasil belajar siswa, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan model LC 7E pada hasil belajar siswa tentang zat dan wujudnya. Bentuk desain penelitian yang digunakan pre experimental design dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Torsina Singkawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model LC 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor N-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap model LC 7E sebesar 80% dengan kategori positif.
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan Kule, Kule; Wijaya, Hengki
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.521 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.452

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan materi pelajaran listrik dinamis di kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) observasi (observasing) dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) materi pelajaran listrik dinamis dengan kegiatan: (1) tahap think, siswa diberi peluang menyelesaikan masalah listrik dinamis berupa muatan atom dalam suatu unsur,  (2) tahap pair, siswa bersama pasangannya menalar keterkaitan antara muatan inti atom dengan elektron, (3) tahap share, siswa bersama-sama kelompok mengomunikasikan hasil temuannya di depan kelas tentang gerakan elektron dapat menimbulkan muatan listrik dinamis. Hasil belajar fisika dengan menggunakan Think Pair Share mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari angka 72,90% pada siklus I menjadi 81,18% pada siklus II.
Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Kelas VIII Handayani, Siwi; Kusumawati, Intan; Rosdianto, Haris
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.428 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model learning cycle 7E berbantuan media visual pada materi cahaya. Hasil belajar yang diteliti adalah pada ranah kognitif dan ranah afektif. Bentuk penelitian berupa pre experimental Design dengan rancangan One Group Pre test Post test Design.Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs makarim Al-akhlak dan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal. Pengkategorian jawaban siswa diadaptasi dari kategori N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model learning cycle 7E berbantuan media visual pada materi cahaya di kelas VIII mengalami peningkatan N-gain sebesar 0,42 dengan kriteria sedang.
Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya Radiko, Eko; Kurniawan, Yudi; Muliyani, Riski
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.633 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.581

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pemahaman konsep siswa pada materi zat dan wujudnya. Pemahaman konsep yang diteliti yaitu menafsirkan, menginferensi, membandingkan dan menjelaskan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan sampel telah diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 23 orang siswa satu di antara SMP Swasta di kota Singkawang. Tes berbentuk pilihan ganda terdiri dari 5 soal aspek menafsirkan, 5 soal aspek menginferensi, 5 soal aspek membandingkan, dan 5 soal aspek menjelaskan. Pengkategorian jawaban siswa diadaptasi dari kategori n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi zat dan wujudnya pada aspek menafsirkan berkategori sedang dengan persentase 59%, aspek menginferensi berkategori sedang dengan persentase 43%, aspek membandingkan berkategori sedang dengan persentase 40% dan aspek menjelaskan berkategori rendah dengan persentase 28%. Hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa khususnya pada aspek menjelaskan dengan model pembelajaran lain.
Analysis of Spring's Constantant Value By Combining the Concepts of Hooke's Law and Archimedes' Law Khoirina, Maida; Cari, C.; Sukarmin, Sukarmin
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.84 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.686

Abstract

The purpose of this study was to determine the constantant value of a spring. This research was an experimental research consisting of several stages of preparation, determining independent and dependent variables, conducting experiments, analyzing and concluding. This research used a simple material that was solid beam with a length of 3.5 cm, width of 3.5 cm, height 4.5 cm and mass of 300 g, two types liquid of water and cooking oil, one spring to be calculated the value of spring constantant. The results showed that the volume of dyed objects was inversely proportional to the increase of the length of the spring and the density of the liquid type affected the magnitude of increase in the length of the spring. The constantant value of the spring in water was 21.43 N/m and the spring constantant value of cooking oil was 21,27 N/m. These results can be used as a proof of the truth of equations that combine the concepts of Hooke's law and Archimedes' Law. It can then be used as an alternative to investigating the value of spring constantant k in addition to Hooke's law experiments and simple harmonic motion.
Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari Astalini, Astalini; Kurniawan, Dwi Agus; Sumaryanti, Sumaryanti
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.449 KB) | DOI: 10.26737/jipf.v3i2.694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap serta kendala atau masalah yang dihadapi siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Kabupaten Batanghari. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei dengan instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Subjek dari penelitian ini yaitu 926 siswa di lima SMA Kabupaten Batanghari. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan descriptive statistic sedangkan untuk data kualitatif menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari 4 indikator yang didiskusikan pada penelitian ini, pada Indikator implikasi sosial terhadap fisika sebanyak 54.3 % berkategori baik. Untuk indikator adopsi dari sikap ilmiah sebesar 61.2% berkategori baik. Kemudian pada indikator kesenangan dalam belajar fisika sebesar 55.5% berkategori cukup. Sedangkan pada indikator ketertarikan berkarir dibidang fisika sebanyak 57.9% siswa berkategori cukup.

Page 1 of 1 | Total Record : 8