cover
Filter by Year

Analysis
JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)
Published by STKIP Singkawang
Articles
49
Articles
Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills

Darmaji, Darmaji, Kurniawan, Dwi Agus, Suryani, Ai

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 4, No 1 (2019): Article in Press
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.756 KB)

Abstract

The Jambi University Physics Education Study Program has developed a Basic Physics II practicum guidelines based on science process skills that valid and reliable. However, there has not been a large scale implementation to determine the effectiveness of the guidelines. The purpose of this study was to determine the mastery of student science process skills after using the Basic Physics II practicum guidelines based on science process skills on refraction subject mater. This research is a quantitative research type of pre-experimental design with the One-Shot Case Study. The research sample was the Physics Education second year students of Jambi University, amounting to 87 people. Data collection is done by observing using observation sheets about science process skills. Data were analyzed using descriptive statistics. The results showed that students were very good at mastering science process skills after using practicum guidelines based on science process skills. Percentage of mastery of science process skills for refraction practicum on parallel plan glass including: observation 64.84%; experimental planning: 64.84%; prediction 61.54%; conducting experiment 53.85%; measuring 49.45% and variabel identification 28.57%. On average, students were very good at mastering science process skills in refraction practicums in prisms with their respective percentages: planning experiments 61.54%; prediction 58.24%; observation 48.35%; conducting experiment 45.05%; measuring 39.56% and identifying variables 32.97%.

Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Listik Dinamis Menggunakan Three Tier-Test (TTT)

Minarni, Minarni, Kurniawan, Yudi, Muliyani, Riski

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.577 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi Listrik Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang dilakukan pada kelas X di SMA Negeri di Singkawang dengan pertimbangan telah mempelajari konsep Listrik Dinamis. Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa harus menjawab pertanyaan soal dengan format three tier-test pada materi listik dinamis dan mengklasifikasikan miskonsepsi dalam tiga kategori (rendah, sedang, dan tinggi). Hasil analisis menunjukan bahwa kuantitas siswa yang mengalami miskonsepsi tertinggi yaitu siswa beranggapan bahwa “arus listrik adalah muatan positif yang mengalir dalam konduktor dari kutub positif ke kutub negatif”. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat membantu penelitian selanjutnya dalam melakukan penelitian.

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Pengukuran

Herimanto, Herimanto, Murdani, Eka, Kurniawan, Yudi

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.507 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Alat pengukuran dalam penelitian ini test pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda, hasil post-test lebih tinggi dari hasil pre-test yaitu dari hasil rata-rata 35,25 menjadi 67,18. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dengan kategori sedang (N-gain=0,47) setelah diterapkan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi pengukuran. Dalam penelitian ini aspek pemahaman konsep yang diukur dibatasi pada aspek; menafsirkan, mencontohkan, menjelaskan, membandingkan, dan mengklasifikasikan. Dari kelima aspek pemahamn konsep yang diukur yang mengalami peningkatan paling tinggi yaitu membandingkan sebesar 80%.

Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Zat dan Wujudnya di Kelas VII

Nurhajjah, Ade, Wijaya, Andika Kusuma, Kusumawati, Intan

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.094 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mendapatkan gambaran mengenai skor rata-rata hasil belajar siswa, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan model LC 7E pada hasil belajar siswa tentang zat dan wujudnya. Bentuk desain penelitian yang digunakan pre experimental design dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Torsina Singkawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model LC 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor N-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap model LC 7E sebesar 80% dengan kategori positif.

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan

Kule, Kule, Wijaya, Hengki

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.324 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan materi pelajaran listrik dinamis di kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) observasi (observasing) dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) materi pelajaran listrik dinamis dengan kegiatan: (1) tahap think, siswa diberi peluang menyelesaikan masalah listrik dinamis berupa muatan atom dalam suatu unsur,  (2) tahap pair, siswa bersama pasangannya menalar keterkaitan antara muatan inti atom dengan elektron, (3) tahap share, siswa bersama-sama kelompok mengomunikasikan hasil temuannya di depan kelas tentang gerakan elektron dapat menimbulkan muatan listrik dinamis. Hasil belajar fisika dengan menggunakan Think Pair Share mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari angka 72,90% pada siklus I menjadi 81,18% pada siklus II.

Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Kelas VIII

Handayani, Siwi, Kusumawati, Intan, Rosdianto, Haris

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.231 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model learning cycle 7E berbantuan media visual pada materi cahaya. Hasil belajar yang diteliti adalah pada ranah kognitif dan ranah afektif. Bentuk penelitian berupa pre experimental Design dengan rancangan One Group Pre test Post test Design.Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs makarim Al-akhlak dan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal. Pengkategorian jawaban siswa diadaptasi dari kategori N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model learning cycle 7E berbantuan media visual pada materi cahaya di kelas VIII mengalami peningkatan N-gain sebesar 0,42 dengan kriteria sedang.

Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya

Radiko, Eko, Kurniawan, Yudi, Muliyani, Riski

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.436 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pemahaman konsep siswa pada materi zat dan wujudnya. Pemahaman konsep yang diteliti yaitu menafsirkan, menginferensi, membandingkan dan menjelaskan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan sampel telah diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 23 orang siswa satu di antara SMP Swasta di kota Singkawang. Tes berbentuk pilihan ganda terdiri dari 5 soal aspek menafsirkan, 5 soal aspek menginferensi, 5 soal aspek membandingkan, dan 5 soal aspek menjelaskan. Pengkategorian jawaban siswa diadaptasi dari kategori n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi zat dan wujudnya pada aspek menafsirkan berkategori sedang dengan persentase 59%, aspek menginferensi berkategori sedang dengan persentase 43%, aspek membandingkan berkategori sedang dengan persentase 40% dan aspek menjelaskan berkategori rendah dengan persentase 28%. Hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa khususnya pada aspek menjelaskan dengan model pembelajaran lain.

Analysis of Springs Constantant Value By Combining the Concepts of Hookes Law and Archimedes Law

Khoirina, Maida, Cari, C., Sukarmin, Sukarmin

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.643 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the constantant value of a spring. This research was an experimental research consisting of several stages of preparation, determining independent and dependent variables, conducting experiments, analyzing and concluding. This research used a simple material that was solid beam with a length of 3.5 cm, width of 3.5 cm, height 4.5 cm and mass of 300 g, two types liquid of water and cooking oil, one spring to be calculated the value of spring constantant. The results showed that the volume of dyed objects was inversely proportional to the increase of the length of the spring and the density of the liquid type affected the magnitude of increase in the length of the spring. The constantant value of the spring in water was 21.43 N/m and the spring constantant value of cooking oil was 21,27 N/m. These results can be used as a proof of the truth of equations that combine the concepts of Hookes law and Archimedes Law. It can then be used as an alternative to investigating the value of spring constantant k in addition to Hookes law experiments and simple harmonic motion.

Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari

Astalini, Astalini, Kurniawan, Dwi Agus, Sumaryanti, Sumaryanti

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 3, No 2 (2018): September 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.252 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap serta kendala atau masalah yang dihadapi siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Kabupaten Batanghari. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei dengan instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Subjek dari penelitian ini yaitu 926 siswa di lima SMA Kabupaten Batanghari. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan descriptive statistic sedangkan untuk data kualitatif menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari 4 indikator yang didiskusikan pada penelitian ini, pada Indikator implikasi sosial terhadap fisika sebanyak 54.3 % berkategori baik. Untuk indikator adopsi dari sikap ilmiah sebesar 61.2% berkategori baik. Kemudian pada indikator kesenangan dalam belajar fisika sebesar 55.5% berkategori cukup. Sedangkan pada indikator ketertarikan berkarir dibidang fisika sebanyak 57.9% siswa berkategori cukup.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Kahar, Muhammad Syahrul

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.338 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Fisika dalam pembelajaran Kooperatif tipe STAD di kelas E Prodi Pendidikan Matematika. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas E Prodi Pendidikan Matematika sebanyak 35 mahasiswa. Pengembangan pembelajaran Fisika ini terdiri dari empat tahap, yakni tahap pembatasan, tahap rancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1). Untuk tes awal diperoleh skor rata-rata kemampuan penguasaan Fisika mahasiswa 61,85 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,05 dan berada pada kategori sedang, (2). Untuk tes akhir diperoleh skor rata-rata 75,57 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 6,94 berada pada kategori tinggi. (3). Terdapat peningkatan penguasaan Fisika mahasiswa dari kategori sedang menjadi kategori tinggi, (4).Tanggapan mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran Fisika berupa bahan ajar mahasiswa, lembar kerja mahasiswa, dan rencana pembelajaran cenderung positif, (5). Mahasiswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran