cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Articles 108 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN BALANG-BALANG KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA Awaliah, Reski; Idris, Ridwan
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 3, No 1 (2015): June
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.692 KB) | DOI: 10.24252/mapan.2015v3n1a6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika sebelum menggunakan Model Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang, hasil belajar matematika setelah menggunakan Model Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang, apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Model Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif dalam meningkatakan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontorannu Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk hasil pretest kelas kontrol dan pretest kelas eksperimen siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang sebelum diajarkan dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching masing-masing diperoleh nilai rata-rata 37,5 (rendah) dan 41,72 (sedang). Untuk hasil posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang setelah diajarkan dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching masing-masing diperoleh nilai rata-rata 79,84 (tinggi) dan 90,47 (sangat tinggi). Hasil analisis statistik inferensial pengaruh penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa menunjukkan bahwa nilai Sign = 0,000. Dalam hal ini Sign < α (0,05) maka H0 ditolak. Dengan ditolaknya H0 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif dalam meningkatakan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontorannu Kabupaten Gowa.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Munawarah, Munawarah
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2017): December
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.283 KB) | DOI: 10.24252/mapan.v5n2a2

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan segitiga yang meliputi buku siswa, lembar kegiatan siswa, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 26 Makassar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate) yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang-ulang sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual bersifat efektif dan praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes haasil belajar adalah 71,97 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 14,78, di mana 29 dari 36 siswa atau 80,56 % memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai.; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja dan belajar; dan (5) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual termasuk dalam kategori tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan.Abstract:This study was developmental research with limited trial which aimed at developing an intruction package using the contextual teaching and learning approach in the topic of Triangle covering Student Book, Student Worksheets, and Lesson Plan. The research subjects were 36 Grade VII2 students of SMP Negeri 26 Makassar. The development procedure employed the Thiagarajan model or 4-D model which covered 4 phases, namely, define, design, develop, and disseminate. The instructional package produced using the contextual teaching and learning approach had been validated and redised therefore  the package was considered to be feasible to be implemented. The results of the limited trial showed that the package was both effective and practical. It could be seen in the results of data analyses, that is, (1) the average score the students reached in the test of learning achievement was 71,97 of an ideal score 100 with standard deviation 14,78. It was found that 29 of 36 (80,56%) students achieved the individual mastery learning level was achieved; (2) the implementation of the package could encourage the students to be more active during the lesson; (3) in general, the students provided positive responses toward the package; (4) the teacher could guide the student groups in working and learning; and (5) the level of the teacher ability to manage an intruction using the contextual teaching and learning approach was categorized as high, which meant that the teacher performance could be maintained.
Keefektifan Model Kooperatif Tipe Tai dengan Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Utara Angriani, Andi Dian
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2013): June
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.543 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran kooperatif  tipe  TAI  dengan  pendekatan  realistik  dan  kelas  kontrol  diajar  dengan pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah. Unit eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai yang terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Kelas VIII1   sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VIII2   sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kelas yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik, 100% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 81,68 dari nilai ideal 100 dengan standar deviasi 9,519, sedangkan pada kelas yang diajar dengan pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, 90,91% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 74,32 dari nilai ideal  100  dengan  standar  deviasi  10,144,  (2)  pada  pembelajaran  kooperatif  tipe  TAI dengan pendekatan realistik, maupun pada pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, siswa aktif dalam pembelajaran dan siswa merespons positif terhadap pembelajaran, (3) terjadi peningkatan hasil belajar matematika setelah diajar pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik maupun pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, (4) pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik  lebih  efektif  daripada  pengajaran  langsung  dengan  pendekatan  pemecahan masalah.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PENALARAN PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII MTSN MODEL MAKASSAR Nurhidayati, Siti; Tayeb, Thamrin; Abbas, Baharuddin
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2017): December
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.22 KB) | DOI: 10.24252/mapan.v5n2a6

Abstract

Abstrak:Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan dan menilai kualitas bahan ajar matematika berbasis masalah untuk memfasilitasi pencapaian penalaran siswa pada pokok bahasan perbandingan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan mengacu pada model 4-D (Four D Models) yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII6 MTsN Model Makassar dengan jumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan, diperoleh bahwa (a) hasil validasi bahan ajar adalah 4,71 pada kategori sangat valid karena setiap aspek untuk setiap jenis perangkat berada pada interval 4 ≤ M ≤ 5, (b) praktis karena berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan bahwa rata-rata semua komponen pengamatan keterlaksanaan adalah 1,97 dan berada pada kategori terlaksana seluruhnya (praktis) atau berada pada interval 1,5 ≤ X ≤ 2, dan (c) efektif karena telah memenuhi empat kriteria yang menjadi acuan yaitu hasil belajar siswa tercapai karena 85% siswa mencapai skor 75, aktivitas siswa dikatakan ideal, karena telah memenuhi kriteria batas toleransi pencapaian waktu ideal yang digunakan, hasil rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran yang diperoleh yaitu 3,83 dan berada pada kriteria tinggi dalam interval 3,5 ≤ KG ≤ 4,5, dan hasil respon siswa adalah 89,25% pada kategori positif karena lebih dari 50% siswa yang memberikan respon positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba terbatas dilaksanakan, bahan ajar matematika berbasis masalah telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Abstract:The aim is of this study developing and assessing the quality of problem-based mathematics teaching materials to facilitate the achievement of students reasoning on comparison subject, basedon validity, practical, and effective comparison. The type of this research is Research & Development (R & D) study with reference to 4-D model suggested by Thiagarajan (1974) which includes defining, designing, defeloping  and disseminating. The subjects of this research were the students at class VII6 of  Islamic Junior High School Model Makassar  with a total of 40 students. Based on the results of a limited trial conducted, it was found that (a) the result  of the teaching materials validation is 4.71 which is in the category is very valid because every aspect for each type of device is at the intervals of 4 ≤ M ≤ 5 , (b) It is practical because the observation result of  the implementation of the developed learning  material shows that the average of all observational components of the implementation is 1.97 which is in category of fully executed (practical) or at the intervals of 1,5 ≤ X ≤ 2, and (c) it  is effective because it has met the four referencedcriteria;  that is the result of student learning is achieved, because 85% of students achieve the score of 75; it can be said, students’activities is ideal, because it has fulfilled the criteria of  tolerance limit of the ideal achievement used; the result of the average teacher  ability to manage learning  is 3.8;  and it is in high criterion in the intervals of 3,5 ≤ KG ≤ 4,5; and the studens’  response outcames are 89.25% which is in the positive category, because more than 50% of students have positive responses. Therefor, it can be concluded that when the limited trial stage was implemented, the problem-based  mathematics material had  met the validity, practicality, and effectiveness criteria.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES TANAH KARAENG Mustadi, Mustadi; Afiif, Ahmad; Angriani, Andi Dian
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2017): June
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.811 KB) | DOI: 10.24252/mapan.v5n1a2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas IV SD Inpres Tanah Karaeng, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Scramble pada peserta didik Kelas IV SD Inpres Tanah Karaeng, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Make A Match dengan yang diajar menggunakan metode pembelajaran Scramble dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada peserta didik Kelas IV SD Inpres Tanah Karaeng. Penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 1, nilai rata-rata pretest adalah 48,12 dan nilai rata-rata posttest adalah 81,25, sedangkan kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest adalah 54,06 dan nilai rata-rata posttest adalah 80,31. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai t hitung sebesar 0,785 yang lebih besar dari pada t tabel sebesar 0,05 (t hitung < t tabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak karena t hitung > t table atau 0,785 > 0,05 berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match dengan metode pembelajaran scramble pada siswa kelas SD Inpres Tanah Karaeng karena rata-rata hasil belajar matematika antara yang diajar dengan metode pembelajaran Make A Match maupun metode pembelajaran scramble tidak terjadi perbedaan yang signifikan.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING KELAS VII MTs NEGERI MODEL MAKASSAR Baharuddin, Baharuddin
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2014): June
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.906 KB) | DOI: 10.24252/mapan.2014v2n1a3

Abstract

>prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan fase implementasi (implementationi). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing menunjukkan bahwa secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran matematika prototipe I dinyatakan valid. Hasil analisis validasi RPP mean = 4,12 (Valid), buku siswa mean = 4,16 (Valid), dan LKS mean = 4,18 (Valid), secara umum hasil uji coba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing selama uji coba adalah mean = 4,19 (sangat baik) dengan R = 83,6 atau reliabel, secara umum hasil uji coba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan selama pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing adalah kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing  = 3,62 (tinggi) dengan R = 78,5 (reliabel), hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan total 90,91%, artinya hasil belajar siswa memenuhi syarat ketuntasan individual yaitu minimal 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal 75% dari nilai KKM.
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA (SUATU UPAYA MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN KREATIVITAS) Bahar, Bahar; Fitriani, Fitriani
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2017): June
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.54 KB) | DOI: 10.24252/mapan.2017v5n1a10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan di atas yakni dengan menggunakan alat peraga yang didesain oleh penulis sendiri. Ada pun alat peraga tersebut terdiri dari: bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (kubus, prisma, tabung, limas, kerucut, bola). Untuk pelaksanaan penelitian digunakan metode demonstrasi yaitu memeragakan alat-alat yang sudah didesain untuk menjelaskan konsep-konsep geometri yaitu tentang luas pada bangun datar, luas penampang dan volume bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata nilai rata-rata yang dicapai siswa pada awal siklus 1 kategori rendah (5,00) sedangkan pada akhir siklus 1 nilai rata-rata siswa dalam kategori sedang (6,19), sedangkan pada akhir siklus 2 nilai rata-rata dalam kategori tinggi (7,50), dan pada akhir siklus 3 nilai rata-rata dalam kategori sangat tinggi (8,00) hasil belajar siswa . 
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, GAYA BELAJAR, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsN SE-MAKASSAR Permatasari, Besse Intan
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 3, No 1 (2015): June
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.998 KB) | DOI: 10.24252/mapan.2015v3n1a1

Abstract

This research aimed to examine the direct influence and the interaction influence among the parenting style, learning style, and achievement motivation on students’ mathematics learning achievement. This research is ex-post facto research. The population of this research was the students of Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Makassar consisted of 2 schools. Sample was selected by employing purposive random sampling and obtained 4 classes. Technique of analysis which is used is mixed variables regression technique of analysis. The results of the research reveal that (1) the students’ mathematics learning achievement with authoritarian parenting style has no significant difference on the students’ mathematics learning achievement with authoritative parenting style; however, it is better than the student’ mathematics learning achievement with permissive/indulgent or rejecting/neglecting parenting styles. (2) the students’ mathematics learning achievement with visual learning style has no difference on the students’ mathematic learning achievement with auditory learning style; however it is better the students’ mathematics achievement with kinesthetic learning style. (3) the achievement motivation has positive influence on student mathematics learning achievement, (4) there is no interaction influence of parenting style and students’ learning style on mathematics learning achievement, (5) there is no interaction influence of parenting style and students’ motivation achievement on mathematics learning achievement, (6) there is no interaction influence on students’ learning style and achievement motivation on mathematics learning achievement, (7) there is no interaction influence of parenting style, learning style, and achievement motivation on mathematics learning achievement.
PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PALLANGGA KABUPATEN GOWA Indah, Nur; Mania, Sitti; Nursalam, Nursalam
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2016): December
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.068 KB) | DOI: 10.24252/mapan.2016v4n2a4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Hal ini berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk kemampuan literasi matematika siswa sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki persentase 50% untuk kategori sedang dan 50% berada pada kategori rendah. Kemudian untuk kemampuan literasi matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki persentase 5% untuk kategori sedang, 90% berada pada kategori rendah,dan 5% berada pada kategori tinggi. Adapun hasil analisis statistik inferensial (Paired Sample T-test) diperoleh nilai signifikansi<0.05 . Artinya, terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa.
PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH SUATU UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA Prasasti Abrar, Andi Ika
MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2016): June
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.765 KB) | DOI: 10.24252/mapan.2016v4n1a1

Abstract

Tulisan ini membatasi pada ciri-ciri khusus, tujuan pembelajaran, hasil belajar, tahapan (sintaks) pembelajaran berdasarkan masalah, dan kaitan pembelajaran berdasarkan masalah dengan kemampuan pemahaman dan representasi matematik. Pembelajaran berdasarkan masalah merupakan salah satu pembelajaran yang dapat merangsang pola berpikir siswa dalam situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar bagaimana belajar. Oleh karena itu, pembelajaran berdasarkan masalah memberikan kesempatan yang cukup bagi siswa untuk dapat melatih dan mengembangkan kemampuan pemahaman dan representasi matematiknya.

Page 1 of 11 | Total Record : 108