cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Indonesia
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 120 Documents
PENGARUH KINERJA GREEN BRANDING TERHADAP GREEN BRAND PREFERENCE PADA INDUSTRI GREEN COSMETICS DI KOTA BANDUNG Dewi, Anisa Indriani
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 14 No 3 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v14i3.368

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meneliti pengaruh dari Green Branding terhadap Green Brand Preference pada Industri Kosmetik Hijau di Kota Bandung. Sebagaimana dengan maraknya isu lingkungan yang kerap terjadi dewasa ini, serta munculnya tuntutan masyarakat akan produk yang ramah lingkungan maka hal tersebutlah yang menjadi dasar dilakukannya penelitian. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas ialah green branding dan variabel terikatnya green brand preference. Objek penelitian ini berada di Kota Bandung. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan kuisioner yang disebar kepada 200 orang responden, di mana merupakan konsumen pada industri kosmetik hijau di Kota Bandung. Data sekunder dalam penelitian ini diambil dari berbagai literatur dan dokumen yang berkaitan. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan Uji F. Selain itu digunakan analisis koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh green branding terhadap green brand preference. Hasil penelitian dari koefisien determinasi berada di angka 40,40% Dapat disimpulkan bahwa pengaruh green branding terhadap green brand preference secara umum berada pada kondisi yang baik namun belum maksimal. Maka dari itu disarankan agar perusahaan lebih sering menggunakan promosi tentang produknya yang ramah lingkungan dan memberikan informasi yang jelas akan kelebihan-kelebihan dari gaya hidup peduli lingkungan sehingga diferensiasi produk dapat lebih terasa  
ANALISIS EKSPOR-IMPOR DAN INDEKS HARGA KONSUMEN PADA PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA Darman, Darman
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 16 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v16i1.726

Abstract

This study aims to assess and analyze the Effect of Export, Impor and Consumer Price Index in economic growth in Indonesia from 2000 to 2014. This research uses quantitative descriptive approach with the nature of verification explanatory method. The data used are secondary data in the form of Export, Import, and the Consumer Price Index of Indonesian Economic Growth (GDP) in 2000-2014. The results showed that export push the GDP more effectively: compared to import sector and CPI. Regression analysis showed that the constant value of GDP was 0.526. Also, the Export Coefficients value is 0.015, the Import Coefficients value is -0,026 and CPI is -0.2303. Meaning that 1 percent of the value of exports will increase GDP by 1.5 percent, 1 percent of imports will lower the value of GDP by 2.6 percent and 1 percent of the CPI will lower the value of GDP by 23.03 percent. This means that Exports variable boots GDP more effective from Import sector and the Consumer Price Index. Significance test results showed that the variables of export, import and CPI jointly influence economic growth (GDP) with the alpha (a) of 5% as shown by the F-statistic significant value of 0.74, greater than a=0,05. In other words, the independent variabel (exports, imports and CPI) jointly affect the dependent variable (GDP)
STRATEGI MARKET ENTRY CONVENIENCE STORE DI INDONESIA Wulandari, Respati; Sriwardiningsih, Enggal
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 15 No 3 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v15i3.717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan melihat strategi yang digunakan pada Convenience Store di Indonesia dengan mengambil 7-Eleven sebagai sumber field study dengan metode orientasi pasar. Pengaruh lifestyle menjadi indikator penunjang dalam perkembangan 7-Eleven ddengan menerapkan beberapa strategi yang mengena di market Indonesia, terutama bagi kalangan muda dimana diketahui memiliki indikasi terpenting dalam siklus lifestyle di Indonesia. Tujuan tercapai dengan mengetahui penerapan strategi yang digunakan sehingga dapat diterapkan dalam menjalankan strategi bisnis pada Convenience Store
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) TERHADAP NIAT PROSPECTIVE USERS UNTUK MENGADOPSI HOME DIGITAL SERVICES PT. TELKOM DI SURABAYA Putra, Gioliano; Ariyanti, Maya
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 14 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v14i1.352

Abstract

Home Digital Service TELKOM merupakan teknologi yang penting bagi kemajuan inovasi teknologi, perekonomian negara, serta target pemerintah dan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dalam modified UTAUT2 yang memengaruhi niat prospectiv users untuk mengadopsi Home Digital Service PT TELKOM di Surabaya, seberapa besar pengaruh variabel yang memoderasi pengaruh antarkonstruk dan kemampuan prediksi modified UTAUT2 dalam memprediksi niat prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service TELKOM di Surabaya. Dalam penelitian ini, 200 sampel dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 2.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa seluruh konstruk eksogen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap konstruk endogen. Hedonic motivation, social influence, price value, facilitating condition, effort expectancy, dan performance expectancy memiliki pengaruh sebesar 0,260; 0,194; 0,138; 0,116; 0,094; dan 0,090. Variabel rnoderasi age (usia) memoderasi pengaruh facilitating condition dan price value terhadap niat (behavioral intention) prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service di Surabaya. Sernentara variabel moderasi jenis kelamin (gender) hanya memoderasi pengaruh performance expectancy, social influence, dan price value terhadap niat (behavioral intention) prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service di Surabaya. Modified UTAUT2 dalam penelitian ini dapat memprediksi 54.8% behavioral intention penggunaan Home Digital Service PT. TELKOM di Surabaya.
PERTUMBUHAN KREDIT DAN TINGKAT KEBERISIKOAN BANK Sulistyowati, Chorry
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 15 No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v15i2.700

Abstract

Bank is one of financial institution which has strategic role in the economy. Bank has to deliver funds from surplus unit to deficit unit. Prudential banking helps bank to minimize the risk especially credit risk. Loan growth and riskiness of the bank are the important thing for bank profitability and bank solvency. This research aimed to measure the effect of loan growth to bank profitability and bank solvency. Data used in this research collected from Financial Annual Report Bank Indonesia (BI) from 2008 to 2013 with multiple linear regression. The result from this research are either loan growth or size have negative effect to interest revenue only size has significant effect. Second hypothesis also proved that loan growth and size also have negative effect to bank solvency. Both of them are not siginificant
IMPROVING EMPLOYEE ENGAGEMENT IN DIMENSION OF JOB DEMAND AT PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGUNAN JAWA BAGIAN TENGAH I Amalia, Prima; Gustomo, Aurik
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v17i2.1068

Abstract

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBTI) menghadapi tantangan dalam pengelolaan bakat dan keterikatan mereka dengan perusahaanberdasarkan target skor KPI yang belum tercapai dalam perspektif OrganizationalReadiness Organization (OCR) dalam indikator Kesiapan Budaya yang diukur denganEmployee Engagement. Penelitian ini difokuskan pada identifi kasi akar penyebab skorJob Demand yang tinggi sebagai dimensi negatif dan mengusulkan perencanaan peningkatanketerlibatan karyawan berdasarkan Job Demand-Resources Model. Dari hasilpenelitian diketahui bahwa pengukuran dan pengendalian penugasan tambahan merupakansolusi terbaik untuk mengurangi ketegangan kerja karyawan dan meningkatkan skorEmployee Engagement terhadap dimensi Job Demand yang dapat memberikan dampaktertinggi terhadap penurunan nilai Tuntutan Pekerjaan di PLN UIP JBT I.
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS JASA, CITRA DESTINASI, KEPUASAN PENGUNJUNG DAN NIAT MENGUNJUNGI KEMBALI TAMAN WISATA AIR TERJUN DI BOGOR Mulyana, Andy; Ayuni, Devi
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 16 No 3 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v16i3.333

Abstract

Peningkatan jumlah destinasi wisata di Bogor telah mengakibatkan persaingan ketat pada industri pariwisata. Situasi ini mengakibatkan taman wisata air terjun untuk fokus pada pembangunan citra destinasi yang kuat dan pelayanan yang berkualitas agar memberikan kepuasan kepada pengunjung serta menimbulkan niat berkunjung kembali. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh kualitas jasa dan citra destinasi terhadap kepuasan niat berkunjung kembali pada taman rekreasi air terjun di Bogor. Populasi penelitian ini adalah pengunjung wisata air terjun akhir minggu di bulan September 2015 dengan ukuran sampel 114 responden. Metode nonprobability sampling dan teknik convenience sampling digunakan dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan Smart PLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa dan citra destinasi masing-masing berpengaruh langsung terhadap kepuasan dan niat berkunjung kembali. Selain itu, kepuasan pengunjung berpengaruh langsung terhadap niat berkunjung kembali. Oleh karena itu, pengelolaan kepuasan pengunjung melalui penyediaan kualitas jasa dan citra destinasi yang tinggi merupakan faktor penting dalam mendapatkan niat berkunjung kembali.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN BERBASIS WEB DI PT. QWORDS COMPANY INTERNATIONAL Ayu, Wulan; Perdana, Ilham
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 14 No 3 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v14i3.386

Abstract

Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan adanya kebutuhan sumber daya manusia dalam organisasi bisnis semakin meningkat. Maka dari itu, dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat mendukung upaya optimasi dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. PT. Qwords Company International sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT dan juga merupakan perusahaan yang sedang berkembang, saat ini proses rekrutmen dan seleksi karyawannya masih menggunakan metode manual dan juga menggunakan kertas. Hal tersebut dapat menimbulkan beberapa permasalahan di antaranya, banyaknya data pelamar yang hilang atau rusak, dan menghabiskan cukup banyak waktu dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawannya. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi rekrutmen dan seleksi karyawan dengan menggunakan metode waterfall dan diagram Unified Modeling Language (UML) yang dapat digunakan sebagai dasar untuk dilakukannya implementasi dari sistem informasi rekrutmen dan seleksi tersebut untuk dijadikan solusi dari permasalahan yang ada.
PERTUMBUHAN EKONOMI: INVESTASI PEMERINTAH DAN MANAJEMEN INVESTASI DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI LAMPUNG) Purnamasari, Femei
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 17 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v17i1.859

Abstract

pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota Provinsi Lampung dan bagaimana pandangan dari manajemen Islam dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan bertujuan untuk menganalisis pengaruh investasi pemerintah, variabel dummy dan manajemen investasi dalam perspektif Islam, berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota Provinsi Lampung. Jenis metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggabungkan dua metode; metode kuantitatif dan metode kualitatif, metode kuantitatif diambil dari hasil perhitungan aplikasi data panel Eviews 6, dimana data merupakan gabungan time-series selama 4 tahun (2011-2014) dan penampang (15 wilayah yang terdiri 15 kabupaten / kota di Provinsi Lampung, model analisis yang digunakan yaitu menggunakan fi xed eff ect model  (FEM) sebagai perhitungan dari analisis penelitian ini. Hasil analisis deskriptif penelitian ini adalah. Pertama; investasi pemerintah berpengaruh positif dan signifi kan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kedua; variabel boneka/variabel dummy berpengaruh positif dan signifi kan terhadap pertumbuhan ekonomi. Ketiga; manajemen investasi dalam perspektif Islam memahami bahwa investasi bukan hanya kegiatan untuk menambah kekayaan yang dilakukan oleh orang-orang yang mampu memenuhi kebutuhan dasar dan hanya berdasarkan tingkat keuntungan (return) saja tetapi investasi tujuannya lebih kepada untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
THE ANALYSIS OF ETHICS AND BUSINESS RELEVANCE IN THE PERSPECTIVE OF ISLAM Hidayatulloh, Deden Syarif
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 15 No 3 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v15i3.722

Abstract

The relation between ethics and business according to Islam is a unity that cannot be separated since a business needs the ethics to perpetuate the profit both in the world and the Hereafter. The ethics is deemed as a set of moral principle which is right from what is wrong. Thus, the ethics is needed in the business. As known, the business is a set of event which involves the businessman. The business in the perspective of Islam is a real work which is extremely honored. The teachings of Islam based on the Al-Quran say that it is not allowed to ignore the ethics as the rules which should always be held in performing the business practice to maintain the justice. prosperity, balance and benefit for all, especially to maintain the goodness and security as well as to gain the present and the future advantages

Page 1 of 12 | Total Record : 120