Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : -     EISSN : -
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Dr Soetomo Surabaya bekerjasama dengan Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) Cabang Surabaya. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan, dan menyalurkan minat berbagi serta penyebarluasan pengetahuan bagi para akademisi, mahasiswa, praktisi dan para pemerhati ilmu pengetahuan. Redaksi menerima artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan ilmu Bisnis dan Manajemen. Jurnal Bisnis dan Manajemen - Ekspektra terbit dua kali setahun, yaitu edisi bulan Februari dan Agustus.
Articles
28
Articles
Tingkat Churn Tabungan Pada Industri Perbankan

Sunjaya, Ma'mun Insan

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak            Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku beralihnya nasabah tabungan Britama ke tabungan bank lain. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji lima variabel bebas yaitu reputasi bank, kualitas layanan bank, daya tarik iklan bank, harga dan involuntary switching terhadap customer churn. Data penelitian berasal dari 100 responden eks nasabah Britama yang tinggal di wilayah Greater Jakarta (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi bank, kualitas layanan bank, daya tarik iklan bank dan harga berpengaruh signifikan secara negatif, sedangkan involuntary switching berpengaruh signifikan secara positif terhadap tingkat churn tabungan Britama. Reputasi bank, kualitas layanan bank, daya tarik iklan bank dan harga akan menghambat terjadinya peralihan nasabah dan meminimalisir tingkat churn tabungan. Sebaliknya, involuntary switching justru akan mendukung beralihnya nasabah dan meningkatkan churn tabungan.CHURN LEVEL OF SAVINGS IN THE BANKING INDUSTRYAbstract            This study aims to determine and analyze the factors that influence customer switching behavior of Britama savings to other bank savings. Multiple linear regression analysis will be used to examine the independent variables such as bank reputation, bank service quality, attractiveness of bank advertisement, price and involuntary switching that influence customer churn. The data of this research were obtained from 100 respondents of former Britama that live in Greater Jakarta area (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi). The result shows that bank reputation, bank service quality, attractiveness of bank advertisement have significant influence negatively, while involuntary switching positively significant influence to Britama savings churn. Bank reputation, bank service quality, attractiveness of bank advertisement and price will prevent the customer switching behavior and minimize customer churn. Instead, involuntary switching will support the customer switching behavior and increase savings churn.

A Transformational Leadership, It’s Implication on Employee Performance through Organizational Culture and Motivation

Lutfi, Mohammad, siswanto, siswanto

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kepemimpinan Transformasional, Implikasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Budaya Organisasi Dan Motivasi AbstrakKinerja karyawan ditentukan kepemimpinan dalam organisasi. Salah satu kepemimpinan yang dapat mendorong kinerja karyawan adalah kepemimpinan transformasional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan melalui variabel budaya organisasi dan motivasi. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 77 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakanpath analysis. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara langsung. Kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara tidak langsung melalui variabel motivasi. Sedangkan, kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap terhadap kinerja karyawan melalui variabel budaya organisasi. Hasil penelitian memiliki implikasi manajerial, yakni untuk meningkatkan kinerja karyawan perlu mengoptimalkan peran kepemimpinan yang mendorong motivasi kerja karyawan. A Transformational Leadership, It’s Implication on Employee Performance through Organizational Culture and MotivationAbstractThe employee performance is determined by a leadership in an organization. One of leadership that can increase the employee performance is a transformational leadership. The purpose of this study is to analyze the influence of transformational leadership on employee performance by organizational culture and motivation variables. The total samples in this study is 77 persons. The technique of data collecting uses questionnaire. The data analysis uses path analysis. The result of this study shows that the transformational leadership does not influence directly the employee performance. The transformational leadership influences indirectly the employee performance through motivation. Whereas, the transformational leadership does not influence the employee performance by organizational cultural variable. The result of the study has managerial implication, that is for improving the employee performance it necessarily optimizes the leadership role for forcing the working motivation of employees.

Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Brand “Harmoni Kediri The Service City”

Sardanto, Rino, Meilina, Restin, Muslih, Basthoumi

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakHarmony Kediri The Service City adalah merek kota yang dirilis Kediri pada pertengahan 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan publik di Dispendukcapil Kediri berdasarkan Harmony Kediri The Service City brand. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tiga birokrat dispendukcapil dan tiga orang Kediri yang telah melakukan pencatatan data lebih dari satu kali (sebelum dan sesudah merek dirilis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah merek Harmony Kediri The Service City, perubahan kebijakan pelayanan publik di dispendukcapil Kediri dapat dilihat dari prosedur pelayanan, persyaratan layanan, kompetensi personel layanan, proses layanan cepat, inovasi-layanan, inovasi dan pemenuhan fasilitas yang cukup nyaman. Hasilnya juga menunjukkan keberhasilan memposisikan Harmoni Kediri The Service City sebagai merek Kota di Kediri.Public Service Implementation Based On Brand "Harmoni Kediri The Service City" AbstractHarmony Kediri The Service City is a city brand released Kediri in mid 2016.  The purpose of this study to find out how the implementation of public services in Dispendukcapil Kediri based on the Harmony Kediri The Service City brand. This research method is qualitative with case study approach. Data were collected through interviews with three of bureaucrats dispendukcapil and three people of Kediri who had done data recording more than once (before and after brand released). The results showed that after the brand Harmony Kediri The Service City, the change of public service policy in dispendukcapil Kediri can be seen from service procedures, service requirements, the competence of service personnel, the process of rapid service , innovation-service, innovation and fulfillment of facilities that are quite comfortable . The result also shows the success of positioning Harmoni Kediri The Service City as City brand in Kediri.

Sudahkah UKM Cor Kuningan Mengimplementasikan Keputusan Operasional?

Marlena, Novi

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakKeputusan manajemen operasional banyak dibahas pada industri besar, tetapi seringkali terabaikan untuk usaha kecil. Obyek penelitian adalah UKM Whisnu yang bergerak dibidang kerajinan tangan yaitu cor kuningan. Meskipun dalam proses operasional UKM Whisnu masih menggunakan peralatan manual dan proses produksi memiliki ketergantungan yang tinggi dari kreativitas karyawan, produk handmade cor kuningan UKM Whisnu memiliki permintaan yang cukup tinggi setiap bulannya. Jenis penelitian ini adalah eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi dan wawancara secara langsung dengan pemilik UKM Whisnu. Teknik analisis data penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sepuluh keputusan operasional yang sudah dijalankan oleh pemilik UKM selaku manajer operasional berkaitan dengan perancansgan produk, pengelolan kualitas, perancangan proses, perancangan kapasitas, strategi lokasi, strategi tata letak, perancangan sumber daya manusia dan perancangan pekerjaan, pengelolaan rantai pasokan, pengeloaan persediaan dan perencanaan kebutuhan bahan baku, dan pemeliharaan. Have Already The Cor Of UKM Kuningan Implementing Operational Decisions? Abstract      Operational management decisions are mostly discussed in large industries, but are often overlooked for small businesses. The object of the research is SME Whisnu which is engaged in handicraft ie brass cast. Although in SME Whisnu's operational process still using manual equipment and production process has high dependence of employee creativity, SME Whisnu brass handmade products have high demand every month. This type of research is explorative with a qualitative approach. Techniques used to collect using observations and interviews directly with the owner of SME Whisnu. Technique of research data analysis consist of four stages that is data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the ten operational decisions conducted by the owners of SMEs as operational managers related to product design, quality management, process design, capacity design, location strategy, layout strategy, human resource design and job design, supply chain management, inventory management and raw material requirements planning, and maintenance.

Market Anomalies of LQ 45 Companies Stock Return Listed On the Indonesia Stock Exchange

Nuroniyah, Rifatun, Ady, Sri Utami, sugiyanto, Sugiyanto

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Anomali Pasar Pengembalian Saham Perusahaan LQ 45Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Abstrak            Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis perbedaan Efek Rogalski (2) untuk menguji perbedaan Efek Senin (3) untuk mengeksplorasi perbedaan Efek Akhir Pekan terhadap return saham pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, alat analisis yang digunakan adalah Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada perbedaan signifikan antara rata-rata hari Senin-April dengan rata-rata return saham hari Senin, bukan return saham bulan April, dan tidak ada Efek Rogalski pada saham LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) tidak ada perbedaan signifikan antara rata-rata pengembalian saham hari Senin dengan rata-rata pengembalian saham bukan hari Senin. Dan tidak ada Efek Senin terhadap return saham LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (3) ada perbedaan signifikan yang terjadi pada hari Rabu, sedangkan pada hari Senin, Selasa dan Kamis tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata return saham. Dan tidak ada Efek Akhir Pekan terhadap return saham LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari Februari 2016 hingga Januari 2017. AbstractThe purposes of this study were to: (1) analyze the differences of Rogalski Effect (2) to examine the differences of Monday Effect (3) to explore the differences of Weekend Effect on stock return at LQ 45 company listed in Indonesia Stock Exchange. The method used in this study was descriptive quantitative, the sample in this study amounted to 43 companies selected by using purposive sampling technique, the analysis tool used was the Independent sample t-test. The result of this research showed (1) there was no significant differences between the average of Monday-April with the average stock return of Monday, not April stock return. And there was no Rogalski Effect on LQ 45 stock return listed on Indonesia Stock Exchange, (2) there was no significant differences between the average return of the stock of Monday with the average return of not Monday stock. And there was no Monday Effect on LQ 45 stock return listed on Indonesia Stock Exchange, (3) there were significant differences occurred on Wednesday, while on Monday, Tuesday and Thursday there was no significant difference between the average stock return. And there was no Weekend Effect on LQ 45 stock return listed on Indonesia Stock Exchange from February 2016 until January 2017. 

Kualitas Pelayanan Publik: Antara Implementasi Kebijakan Dan Budaya Organisasi (Studi Kasus Di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan)

nalendra, aloysius rangga aditya, Waty, Sari -

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakPenelitian ini menganalisis tentang implementasi kebijakan dan budaya organisasi pada kualitas pelayanan publik di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode survei sebagai alat. Sedangkan untuk pengumpulan data, penulis menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah responden adalah 400. Selain itu, untuk menganalisis data, penulis menerapkan persamaan regresi linier berganda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menjawab hipotesis penelitian. Penelitian ini mengungkapkan fakta bahwa ada hubungan antara kebijakan dan organisasi budaya pada kualitas pelayanan publik. Melalui penelitian ini, penulis menemukan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan antara implementasi kebijakan dan budaya organisasi terhadap kualitas layanan publik.Public Service Quality: Between The Implementation Of Organizational Policies And Culture (Case Study In Pamulang Sub-District, South Tangerang) AbstractThis reseacrh analyzed about the implementation of policies and organizational culture on the quality of public services at Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. The writes used the method of descriptive quantitative method  with survey method as the tool. While for collection data, the writer   used cluster sampling technique with the number of respondents was 400. Moreover, for analyzing the data, the writer applied the multiple linear regression equation. The aim of this reseacrh was to find and to answer the hypothesis of the research. This reseach revealed the fact that there was a relationship between  the polices and culture organization  on the quality of public service.    Through this research, the writer finds the result that that there is significant influence between the implementation of policy and organizational culture on the quality of public services.  

Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan: Perspektif Ekonomi Islam

Rachmanu, Edvian Ditya, Ridlwan, Ahmad Ajib

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakSebuah perusahaan berdiri karena mempunyai target, visi dan misi yang ingin dicapai. Selain bersaing pada kualitas produk, perusahaan wajib mengawasi SDM yang terkait dengan pola perilaku, sikap, kebiasaan yang dapat bermanfaat untuk memperkuat kinerja di perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat hubungan antara Budaya organisasi dengan kinerja karyawan pada Bunker Rabbani Pucang Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif dengan analisis data korelasi rank-spearman. Hasil riset yang dilakukan dengan variabel budaya organisasi dengan indikator inovatif mengambil risiko, memperhatikan detail, orientasi team, agressivitas, bertanggung jawab, bekerja merupakan ibadah, bekerja  azas manfaat dan maslahat,  bekerja  penuh yakin dan optimistis, memperhatikan halal dan haram, dan bersikap tawadzun melalui teknik sampling jenuh dan menggunakan penyebaran kuisioner dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi mempunyai hubungan yang signifikan atas kinerja karyawan pada Bunker Rabbani Pucang Surabaya.Organizational Culture and Employee Performance:An Islamic Economic PerspectiveAbstract            A company stands because it has the target, vision and mission to be achieved. In addition to competing on product quality, companies must monitor HR related to behavior patterns, attitudes, and habits that can be useful to strengthen performance in the company. This study aims to determine whether there is a relationship between organizational culture and employee performance in the Rabbani Pucang Bunker Surabaya. This research is quantitative research using rank-spearman correlation data analysis. The results of research conducted with organizational culture variables with innovative indicators of taking risks, paying attention to details, team orientation, aggressiveness, responsibility, work is worship, working principles of benefit and benefit, working full of confidence and optimism, paying attention to halal and haram, and being tawadzun through Saturated sampling techniques and using questionnaires can be concluded that organizational culture has a significant relationship to employee performance in the Pucang Surabaya Rabbani Bunker

Keputusan Berasuransi, Studi Demografi Dan Persepsional

Lestari, Wiwik

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Asuransi jiwa merupakan bentuk manajemen risiko yang sering  dilakukan oleh masyarakat. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan berasuransi jiwa.Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh demografis seperti gender, tingkat pendidikan, pendapatan serta persepsi risiko.Metode pengambilan sampel adalah purposive dan convenience. Dengan menggunakan uji beda rata-rata dan model persamaan structural, hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan keputusan kepemilikan asuransi jiwa berdasar demografis. Sementara itu, persepsi risiko terbukti mempengaruhi keputusan kepemilikan asuransi jiwa. Insurance Decisions, Study Demographics and PerceptionalAbstractLife insurance is a form of risk management that is often done by people. There are several factors that influence the decision of life insurance. The purpose of this study was to determine the influence of demographics such as gender, education level, income and risk perception. The sampling method is purposive and convenience. By using different test average and a structural equation model, the results showed that there was no difference of life insurance ownership decision based on demographics. Meanwhile, risk perceptions proved to influence the decisions of life insurance ownership

The Mediation Effect of Financing Mix on Investment Opportunity Set and Profitability Relationship

Yuliani, Yuliani, Fuadah, Lukluk, Thamrin, Kms Husni

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to provide empirical evidence about the effect of investment opportunity set (IOS) on profitability and the role of financing mix as mediating the influence of IOS on profitability. The type of research is explanatory research with survey method. The units of analysis aremedium indutrial’s company and large industrial’s companyin Palembang Citywhich the respondents areowner, financial manager and finance staff of 56 people. Collecting the data start from August to September 2017. Data type is primary through questionnaire. The method of data analysis is Partial Least Square (PLS). The research findings that IOS is not significant affect to profitability while financing mix acts as a perfect mediation of IOS influence on the profitability of industrial companies in Palembang City.Pengaruh Mediasi Bauran Pendanaan Terhadap Hubungan Set Peluang Investasi dan ProfitabilitasAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh set kesempatan investasi (IOS) terhadap profitabilitas dan peran campuran pembiayaan sebagai mediasi pengaruh IOS terhadap profitabilitas. Jenis penelitiannya adalah explanatory research dengan metode survei. Unit analisis aremedium perusahaan indutrial dan perusahaan industri besar di Kota Palembang adalah responden, pemilik keuangan dan staf keuangan sebanyak 56 orang. Mengumpulkan data mulai dari bulan Agustus sampai September 2017. Jenis data adalah primer melalui kuesioner. Metode analisis data adalah Partial Least Square (PLS). Temuan penelitian bahwa IOS tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sedangkan campuran pembiayaan berperan sebagai mediasi sempurna pengaruh IOS terhadap profitabilitas perusahaan industri di Kota Palembang.

Analisis Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying Toko Daring pada Masyarakat Kota Kediri

Purnomo, Hery, Riani, Lilia Pasca

Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini mengacu pada karakter hedonic shopping motives seseorang dalam melakukan suatu pembelanjaan dengan spontan tanpa memikirkan kegunaannya dalam jangka panjang. Adakalanya seseorang yang berbelanja tanpa mau bersusah payah untuk ke toko untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan, dengan teknologi yang canggih seseorang bisa melihat barang-barang yang mereka inginkan dengan sistem online store. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  adventure shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping dan value shopping sebagai komponen hedonic shopping motives terhadap impulse buying dalam pembelian online store pada masyarakat Kota Kediri.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan kombinasi teknik sampling snow ball dan purposive sampling dengan jumlah sampel 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS for windows Versi 23. Hasil penelitian ini adalah secara parsial adventure shopping dan role shopping berpengaruh signifikan, dan social shopping, gratification shopping, idea shopping dan value shopping tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, sedangkan secara simultan adventure shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping dan value shopping, secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying online store.Analysis of Hedonic Shopping Motives on Impulse Buying Online Store In Kediri CommunityAbstractThis study refers to the character of a person's hedonic shopping motives in making a spontaneous spending without thinking of its usefulness in the long run. Sometimes people who shop without going to the trouble to go to the store to get the goods they want, with sophisticated technology one can see the goods they want with the online store system. The purpose of this research is to know the influence of adventure shopping, gratification shopping, idea shopping, shopping role and value shopping as component of hedonic shopping motives to impulse buying in online store buying at Kediri community. This study uses a quantitative approach. The sampling method uses a combination of snow ball sampling technique and purposive sampling with a sample of 80 respondents. Data analysis techniques used are descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis, coefficient of determination test and hypothesis test with the help of SPSS for windows 23 version. The result of this research is partially adventure shopping and role shopping have significant effect, and social shopping , gratification shopping, idea shopping and value shopping have no significant effect on impulse buying, while simultaneously adventure shopping, gratification shopping, idea shopping, shopping and value shopping are together positively significant to impulse buying online store.