Jurnal Ilmiah FIFO
ISSN : 20854315     EISSN : 25028332
Jurnal Ilmiah FIFO UMB diterbitkan oleh program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu KOmputer merupakan hasil penelitian, penelitian konseptual dan ilmu terapan, yang mencakup dan berfokus pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, E-Business, E-Government, Mobile Computing, Data mining, data warehouse, Temu Kembali Informasi. Makalah yang diterbitkan telah dilakukan proses review dan diterbitkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun pada bulan MEI dan NOVEMBER.
Articles 90 Documents
PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI (Studi kasus : LEMIGAS)

Siswipraptini, Puji Catur

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 7, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.346 KB)

Abstract

Perencanaaan Strategis Sistem Informasi menjadi begitu penting ketika isu competitive advantage dan pencapaian target LEMIGAS menjadi fokus bagi manajemen organisasi. LEMIGAS sebagai institusi pemerintah yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan (litbang) kemigasan merasa perlu mengimplementasikan sistem informasi yang baik dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas organisasi.  Selain itu, kurangnya integrasi data di organisasi, prioritas pengadaan Teknologi Informasi (TI) yang tidak berdasarkan kebutuhan bisnis, serta strategi teknologi yang tidak selaras menjadi isu yang mendasari kebutuhan LEMIGAS akan perencanaan strategis Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI). Tulisan ini dibuat agar dapat menghasilkan suatu usulan Perencanaan Strategis Sistem Informasi bagi LEMIGAS yang mendukung rencana strategis (strategic plan) dan rencana bisnis (business plan) mereka. Deliverables dari proses ini adalah strategi manajemen SI/TI (IS/IT management  Strategy), strategi SI bisnis (business IS strategy), dan strategi TI (IT strategy). Manajemen Strategi SI/TI mencakup usulan struktur organisasi unit TI yang baru dan beberapa prinsip penerapan TI. Sedangkan strategi SI bisnis (business IS strategy) berisi usulan aplikasi-aplikasi yang sebaiknya diimplementasikan. Selanjutnya, strategi TI menjelaskan rencana inftrastruktur TI dan strategi implementasi IS/IT  di  LEMIGAS.

SISTEM E-KONSELING TERINTEGRASI WEB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BIMBINGAN AKADEMIK MAHASISWA

Abdurrasyid, Abdurrasyid, Yosrita, Efy, Amarullah, Fikri

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.754 KB) | DOI: 10.22441/fifo.2017.v9i1.003

Abstract

Bimbingan akademik di Perguruan Tinggi merupakan layanan sangat penting dalam membantu proses perencanaan kuliah dan kendala akademik dari seorang mahasiswa. Masalah yang dihadapi pada proses pelaksanaan bimbingan akademik adalah menentukan waktu dan tempat untuk bimbingan akademik secara langsung (tatap muka), selain itu data yang masih tersimpan manual(buku bimbingan akademik) sulit untuk dievaluasi. Untuk itu dibuat sebuah media alternatif untuk melakukan bimbingan akademik berupa aplikasi bimbingan akademik berbasis web. Aplikasi ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, metode cognitive walkthrough digunakan dalam evaluasi kebutuhan dan evaluasi hasil untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman user akan aplikasi tanpa diajari, untuk menguji fungsi kerja aplikasi digunakanlah metode blackbox testing. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi bimbingan akademik berbasis web yang disesuaikan dengan kebutuhan user serta prosedur kegiatan bimbingan akademik. Aplikasi ini digunakan oleh tiga user, yaitu admin, mahasiswa dan dosen pembimbing akademik. Selain membantu mahasiswa dalam melaksanakan bimbingan akademik data dari aplikasi ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi karna sudah berbentuk digital

THE AUTOMATIC DOORS INTEGRATED ABSENCE AND USER ACCESS USING FINGERPRINT

Cahyaningtiyas, Rizqia, Yosrita, Efy, Arianto, Rakhmat

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.237 KB)

Abstract

This research aims to design Accompanied Door Access System Automation Absence and User Access Rights Using Integrated Fingerprint Database on Basic Computer Lab Informatics STT-PLN. What is meant by "Absent Automation and User Access Rights" among other computerized attendance automatically using fingerprint and right into a room on a predetermined schedule of lectures on computer lab space. System design method used is the method of evolutionary prototype, using MySQL database and coding using Visual C # .NET. These results indicate that the Door Access System Automation Accompanied Absence and User Access Rights Using Integrated Fingerprint Database can help assistants in attendance processing, computer lab room becomes more secure and computerized

ANALISIS SISTEM PENENTUAN LOKASI GANGGUAN JARINGAN DISTRIBUSI LISTRIK TERINTEGRASI GOOGLE MAP

Haris, Abdul, Agtriadi, Herman Bedi

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.594 KB) | DOI: 10.22441/fifo.2017.v9i1.001

Abstract

Tingginya kebutuhan akan listrik dalam kehidupan masyarakat sadar atau tanpa kita sadari kita sering mengalami masalah listrik padam yang diakibatkan kebakaran gardu, pohon tumbang, kebakaran rumah dan beberapa masalah yang dapat mengakibatkan gangguan jaringan distribusi listrik.. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem untuk dapat secara cepat mengetahui gangguan-gangguan yang terjadi dilapangan dan sistem tersebut dapat memberikan petunjuk jalur alternatif yang secara cepat dapat dilalui dan mengetahui titik lokasi terjadi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah memanfaatkan google API, teknologi ini mampu memetakan lokasi terdekat dengan membaca kordinat selain itu teknologi ini mampu menjadi penghubung antara teknologi internet yang berbasis komputer dengan mobile.  Web merupakan aplikasi yang sangat populer dan dapat menjadi media yang dapat digunakan untuk menyediakan informasi secara cepat dimanapun lokasinya sedangkan google map merupakan sarana yang menjadi penunjuk untuk memberikan informasi jalur cepat yang dapat dilalui untuk mencapai titik lokasi gangguan jaringan listrik secara visual pada peta. penelitian ini dapat menghasilkan sebuah aplikasi web yang terintegrasi google map untuk dapat memberikan informasi secara real time yang terhubung pada konsumen.

APLIKASI REKENING BERSAMA SEBAGAI MEDIASI PEMBELI-PENJUAL DALAM TRANSAKSI ONLINE STORE

Sari Sakti, Essy Malays, Basry, Asril

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.125 KB)

Abstract

Aplikasi rekening bersama adalah aplikasi yang dibangun  untuk menghubungkan antara pembeli, penjual dan admin rekening bersama yang terintegrasi dengan baik, guna menghindari adanya kecurangan antara pembeli dan penjual. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian terdahulu, yang mana penelitian terdahulu mengggunakan dua komunikasi yaitu front end communication dan back end communication. Front end communication merupakan komunikasi antara pembeli, penjual dan admin rekening bersama yang dilakukan melalui aplikasi yang dibangun  sedangkan  back end communication merupakan komunikasi   yang dilakukan diluar dari aplikasi tersebut misalnya komunikasi antara admin rekeningg bersama dengan  kurir/ perusahaan pengiriman barang yang dilakukan merlalui telepon dan fax.  Pada penelitian ini  komuniksi antara pembeli, penjual dan admin  rekening bersama  dan  kurir/perusahaan pengiriman barang,  dilakukan hanya melalui aplikasi rekening bersama ( front end communication) . Dengan metode WDLC ( Web Development Life Cycle ). , dimana tahap pertama diawali dengan menganalisis dan mengevaluasi kembali aplikasi terdahulu untuk ditelaah lebih jauh  serta melanjutkan pengembangan perancangan dan  pengembangan aplikasi. Tahap ujicoba dilakukan dengan mengakses sebagai pembeli, penjual dan  admin rekening bersama dan kurir . Hasil yang didapat bahwa komunikasi antara pembeli, penjual dan admin rekening bersama  serta kurir dapat dilakukan secara frond end communiacation  atau komunikasi dilakukan hanya melalui aplikasi rekening bersama saja.

PENGINTEGRASIAN SISTEM APLIKASI MANUFAKTUR DENGAN ALAT TIMBANG DAN CETAK BARCODE PADA PT. XYZ

Wardhani, Nia Kusuma

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.011 KB)

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang berkecimpung pada industri kosmetik terbesar di Indonesia. Setiap perangkat industri yang digunakan dalam pembuatan kosmetik merupakan alat-alat terkini serta menerapkan standar operasional yang ketat dalam pelaksanaannya. Kebutuhan operasional saat ini adalah mengoptimalkan operasional penggunaan barcode sehingga keluaran produk dalam bentuk boks inner dan master telah diidentifikasi dengan stiker barcode dan data-datanya tersimpan dalam database. Kebutuhan lainnya adalah pengontrolan minimum dan maksimum berat boks dalam rangka standarisasi produk dari hasil produksi, apabila tidak sesuai dengan maka hasil  produksi tersebut dapat dievaluasi kembali. Aplikasi Barcode dan Timbangan merupakan system aplikasi penunjang yang berfungsi sebagai saringan akhir dari produk dan mencetak informasi yang dibutuhkan dalam bentuk Barcode batang dan QR-code. Diharapkan penerapan barcode ini dapat meningkatkan kinerja manajemen perusahaan terutama pada bagian produksi dan operasional penjualan. Selain itu juga dapat mengurangi biaya operasional karena dapat menghindari kerugian dari kesalahan pencatatan data dan mengurangi pekerjaan manual yang dilakukan secara berulang-ulang.

RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK HASHING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA TERHADAP PEMROSESAN DAN PENCARIAN FILE SECARA ACAK DALAM MATAKULIAH SISTEM BERKAS

Wulandari, Dewi Arianti, Rusjdi, Darma

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 9, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.189 KB) | DOI: 10.22441/fifo.2017.v9i1.007

Abstract

Sistem berkas dan akses merupakan sistem yang mengatur, mengorganisasikan, mengelola serta menyimpan data dengan menggunakan teknik organisasi tertentu pada secondary memory (media penyimpanan eksternal), dimana data yang disimpan dilakukan secara fisik. Rancang bangun aplikasi ini bertujuan untuk dapat membantu mahasiswa dalam mengerti dan memahami matakuliah sistem berkas dan akses terutama untuk materi teknik hashing yang digunakan untuk mencari alamat relatif suatu data. Selain itu juga akan lebih mudah bagi dosen untuk memberikan ilustrasi dari penempatan data karena dibuat dalam bentuk yang menarik yaitu media pembelajaran yang berbasis multimedia. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metodologi multimedia terdiri dari enam tahap. Tahap pertama adalah membuat konsep (consep) dari aplikasi yang akan dibuat, kemudian membuat rancangan (design), selanjutnya mengumpulkan data(material collecting) yang dibutuhkan untuk pembuatan aplikasi, dilanjutkan dengan pembuatannya (assembly) dan di lakukan pengujian (testing) terhadap aplikasi, terakhir menyalurkan (distribution ) aplikasi melalui cd, flashdisk, dan lain-lain. Bahasa pemrograman yang di gunakan adalah Visual Basic.

PEMBUATAN ALGORITMA ENKRIPSI DES SMS BERBASIS MOBILE

Fettiana, Fettiana, Elvina, Elvina, Sajati, Gusti Pribadi Ratu

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 7, No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.438 KB)

Abstract

Short Message Service (SMS) merupakan sebuah revolusi teknologi komunikasi yang sangat popular. Dengan menggunakan SMS seseorang dapat saling bertukar pesan dengan orang lain. Namun, dengan adanya masalah penyadapan SMS, seseorang sudah tidak lagi mempunyai hak privasi. Sehingga pada penelitian ini, penulis mengembangkan sebuah aplikasi pada telepon selular berbasis Android yang akan merubah pesan SMS menjadi kode-kode agar isi informasi dari SMS tersebut tidak diketahui orang lain. Aplikasi ini akan mengenkripsi pesan ke dalam bentuk kode dengan key yang diinputkan oleh pengirim yang kemudian pesan kode tersebut dikirm ke nomor tujuan. Dalam penerimaan SMS, aplikasi ini akan mendekripsi pesan kode tersebut ke dalam bentuk pesan asli dengan menggunakan key yang sama dengan key pengirim. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh seseorang yang menggunakan telepon selular berbasis Android untuk mengirimkan suatu pesan penting kepada orang lain tanpa takut diketahui oleh orang yang tidak berwenang. Metode yang digunakan aplikasi ini dalam mengenkripsi dan mendekripsi pesan adalah metode blok cipher algoritma DES dan implementasinya menggunakan bahasa pemrograman Java dengan platform mobile Android.

APLIKASI LOCATION BASE SYSTEM PENYEDIA INFORMASI LAYANAN DARURAT BERBASIS ANDROID

Arief, Rifiana, Adji, Gestyar Satrio

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 8, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.11 KB)

Abstract

Aplikasi ini menyediakan informasi layanan darurat yang ada di sekitar Universitas Gunadarma Depok seperti Rumah Sakit, Kantor Polisi dan Pemadam Kebakaran. Fitur yang ada di aplikasi ini adalah dapat mencari lokasi layanan darurat, menyediakan informasi penting terkait dengan layanan darurat, dapat menelpon layanan darurat, dan melalui aplikasi  juga dapat  mengakses ke alamat website layanan darurat yang dibutuhkan pengguna. Tersedianya aplikasi berbasis Location Base System ini memudahkan pencarian letak lokasi layanan darurat sekitar Universitas Gunadarma Depok melalui perangkat Android. Pembangunan aplikasi ini melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan (konten, perangkat keras, perangkat lunak), perancangan struktur navigasi, perancangan tampilan antar muka, dan pembuatan aplikasi dengan Intel XDK dan uji coba fitur dengan metode black box. Manfaat dari aplikasi ini akan mempermudah pengguna dalam pencarian informasi dan lokasi Layanan Darurat terdekat dengan memanfaatkan fitur Location Base System pada smartphone Android. Diharapkan adanya aplikasi ini dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah dalam mencari informasi dan letak lokasi layanan darurat disekitar Kampus Gunadarma Depok.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN HANDPHONE BERBASIS WEB PADA TOKO ILHAM CELLULAR JAKARTA

Mulayana, Ujang, Gustina, Dian

Jurnal Ilmiah FIFO Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1171.071 KB)

Abstract

Pada Toko Ilham Cellular, pencatatan dan pengolahan data barang, jumlah dan harga barang, serta data transaksi penjualan masih dilakukan dengan menggunakan tulisan tangan. Kesulitan dalam mencatat dan menghitung banyaknya jenis barang, jumlah barang, maupun besarnya jumlah harga, mengakibatkan data yang diperoleh menjadi kurang akurat. Untuk meningkatkan keakuratan data, diperlukan pembangunan sistem informasi penjualan barang yang terkomputerisasi.Aplikasi SISTEM INFORMASI PENJUALAN HANDPHONE BERBASIS DESKTOP ini dibuat dengan menggunakan bahasa Pemrograman Java, software menggunakan NetBeans IDE 7.0 sebagai pembuat interface utama dan MySQL sebagai basis datanya. Program ini memungkinkan user untuk input data, edit data, hapus data, pencarian data, penyaringan data dan pencetakan data ke media kertas. Data yang diinputkan berupa data barang,data jenis barang  dan penjualan barang. Sedangkan output yang dihasilkan sistem informasi ini berupa laporan data barang  dan penjualan barang. Aplikasi penjualan handphone ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah penjual dalam mengolah data penjualan barang, dan membuat laporan data barang, laporan pembelian dan penjualan barang,  penjualan barang menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.