cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
eJurnal IMEDTECH
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 25806033     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Imedtech fokus pada Instructional Media, Design dan Instructional Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 44 Documents
PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATAP I BAJAWA KABUPATEN NGADA-FLORES Kaka, Pelipus Wungo
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2595631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) perencanaan pendekatan saintifik yang beroriantasi Kurikulum 2013 dalam  pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII  SMP Negeri I Bajawa, (2) pelaksanaan pendekatan saintifik yang beroriantasi Kurikulum 2013 dalam  pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII  SMP Negeri I Bajawa, (3) evaluasi pendekatan saintifik yang beroriantasi Kurikulum 2013 dalam  pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII  SMP Negeri I Bajawa.Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di kelas VII  SMP Negeri I Bajawa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, klasifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pendekatan saintifik yang beroriantasi Kurikulum 2013 dalam  pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII  SMP Negeri I Bajawa  meliputi silabus yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan RPP yang disusun oleh guru bersama MGMP, (2) pelaksanaan pendekatan saintifik yang beroriantasi Kurikulum 2013 dalam  pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII  SMP Negeri I Bajawa menunjukkan bahwa guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran sesuai RPP dan langkah pendekatan saintifik terlaksana dalam dua kali pertemuan, (3) evaluasi pendekatan saintifik yang beroriantasi Kurikulum 2013 dalam  pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII  SMP Negeri I Bajawa  meliputi penilaian aspek pengetahuan, karakter dan keterampilan. pendekatan saintifik mengutamakan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang bersifat kontekstual.Kata kunci         : pendekatan saintifik, pembelajaran bahasa Indonesia dan kurikulum 2013
PENERAPAN SUPERVISI KLINIS OLEH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR KATOLIK PIGASEMSTER GANJIL TAHUN 2018/2019 Laurensius, Waghe
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 2, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.353 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2595627

Abstract

Tujuan penelitian tindakan  sekolah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif  di SDK Piga, Kecamatan Soa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDK Piga, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Subyek dalam penelitian ini adalah  guru  - guru di SDK Piga    yang berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 6 orang guru kelas dan 2 orang guru mata pelajaran.  Metode pengumpulan data menggunakan metode  obeservasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh dideskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutnya dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Kelas. Hasil penelitian  diketahui pada  kondisi awal nilai supervisi klinis kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran diperoleh  rata-rata  69,81, pada Siklus I mengalamai peningkatan dengan rata – rata peroleh nilai pada supervisi klinis sebesar 76,92 mengalami peningkatan sebesar 7,11. Pada siklus II nilai supervisi klinis diperoleh rata – rata  83,08. Mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II sebesar 6, 16. Dari data ini berarti terjadi peningkatan nilai supervise klinis kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran dari kondisi awal hingga akir siklus II sebesar 13, 93%.Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah dapat Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif  di Sekolah Dasar Katolik Piga semster Ganjil Tahun  2018/2019
PERSEPSI MAHASISWA STKIP CITRA BAKTI TERHADAP KELAS VIRTUAL BERBASIS GOOGLE CLASSROM Oka, M.Pd, Gde Putu Arya
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2564432

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Desain dan Pengembangan (Design & Development Research, DDR). Tujuan pengembangan  adalah untuk mewujudkan Model/Proptotipe Strategi Blanded Learning Berbasis Google Classroom dikalangan Mahasiswa PG-PAUD STKIP Citra Bakti. Prosedur pengembangan mengadopsi kerangka E-learning P3 Model. Tahapan E-P3 Models terdiri dari komponen People, Process dan Product. Komponen People terdiri dari tim perencanaan, desain, produksi, evaluasi dan distribusi. Sedangkan komponen Process terdiri dari pengembangan konten dan distribusi konten. Pada proses pengembangan konten mengikuti proses iterative yang terdiri dari tahapan perencanaan, desain, pengembangan dan evaluasi. Sedangkan proses distribusi konten terdiri dari metode distribusi konten dan pemeliharaan. Komponen Product terdiri dari rancangan proyek, storyboard, learning material, revisi learning material dan final learning material. Pada final learning material didukung dengan tim pembelajaran, administrasi, dukungan dan promosi.Hasil pengembangan  adalah sebagai berikut : (1) dari empat indikator dan 48 variabel komponen konseptual e-content yang diajukan kepada pakar, validitas keluarannya sebesar 0,794 dalam kategori tinggi, (2) uji non parametrik variabel komponen e-content terhadap kelayakan prototype, pakar berbedapat tidak ada perbedaan, artinya kajian panel pakar terhadap variabel yang diajukan dipersepsi sama dan layak digunakan, (3) uji non parametrik variabel desain, materi, media dan kelengkapan terhadap kelayakan e-content juga signifikan atau penting sebagai komponen dalam e-content, (4) uji non parametrik terhadap 22 varibel pembangun struktur e-content dalam katagori valid dan reliable. Validitas Q2 sebesar 0,271>0,25 dengan reliabilitas sebesar 0,680 dalam katagori moderat sehingga layak digunakan untuk proses berikutnya, (4) Uji non parametric terhadap kelayakan strategi blended learning berbasis google classroom dengan menggunakan instrument MOOC Udemy menunjukkan hasil dalam katagori yang Baik.Kesimpulannya dengan strategi Blended Learning berbasis Google Classrom layak digunakan untuk memperkaya strategi penyampaian Mata KuliahKeyword:   Blended learning,Google Classroom, Elearning P3 Models
PEMBELAJARAN RITMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK SEMESTER I STKIP CITRA BAKTI MELALUI METODE EURYTHMICS DALCROZE Dopo, Ferdin Bate
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2573409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode eurhytmic Daclcoze dalam pembelajaran ritmik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan responden mahasiswa program studi pendidikan musik semester 1 STKIP Citra Bakti yang berjumlah 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan pedoman wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan, konsentrasi pemahaman dan motivasi dalam pemeblajaran mengalami peningkatan.This research was aimed to investigate application of Daclcoze eurhytmisc method into rhytmic instructional. This was an action research involving 45 students 1st year music education department of  STKIP Citra Bakti. This Reseacrch employs a action research design. The instruments used was observation and interview guide.. This research results was the  student’s involvement, concentration understanding and motivation trend to moving up.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDI NGABHEO KECAMATAN SOA KABUPATEN NGADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Neu, Klementiana Bhebhe
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2573331

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada siswa kelas IV SDI Ngabheo Kecamatan Soa Kabupaten Ngada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adala penelitian tindakan kelas dengan  menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari atas: perencanaan, pelaksanaaan dan observasi, serta  refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Ngabheo yang  berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk Pilihan Ganda sedangkan data aktivitas dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian tindakan menunjukan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata variabel aktivitas sebesar 14,63%, pada siklus II sebesar 25,2%, terjadi peningkatan dari siklus ke siklus II sebesar 13,65% 63,57%, sedangkan rata-rata hasil belajar untuk siklus I sebesar 70,1%, pada siklus II sebesar 83,4% dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDI Ngabheo Tahun Ajaran 2018/2019.Kata-kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW
EVALUASI STATUS KEBUGARAN JASMANI DAN TINGKAT PENGUASAAN KETERAMPILAN OLAHRAGA SEPAKBOLA DAN BOLA VOLI MAHASISWA PJKR SEMESTER V STKIP CITRA BAKTI NGADA BERDASARKAN AKTIVITAS PERKULIAHAN PRAKTEK DAN PEMBINAAN KEGIATAN UKM Tapo, Yohanes Bayo Ola
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2573399

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik tes dan pengukuran untuk mengevaluasi status kebugaran jasmani dan tingkat penguasaan keterampilan olahraga berdasarkan keterlibatan mahasiswa pada perkuliahan praktek dan pembinaan kegiatan UKM sepakbola dan bola voli. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PJKR semester V yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti yang berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI), tes keterampilan sepakbola menurut STO Bandung dan tes keterampilan bola voli menurut AAHPERD Volleyball Test. Hasil tes dan pengukuran dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan diperoleh simpulan penelitian bahwa: secara keseluruhan status tingkat kesegaran jasmani dan penguasaan keterampilan kecabangan olahraga mahasiswa PJKR semester V berada pada kategori “SEDANG”, sehingga pelaksanaan kegiatan perkuliahan praktek dan pembinaan kegiatan UKM keolahragaan harus benar-benar ditingkatkan dengan pendampingan yang lebih serius, displin dan terprogram secara baik dari para dosen PJKR dengan kemasan berbagai model, formasi, serta strategi pembelajaran dan latihan untuk meningkatkan status kesegaran jasmani dan keterampilan kecabangan olahraga sebagai salah satu kompetensi dasar yang diperlukan mahasiswa PJKR.Kata Kunci: Evaluasi, Statatus Kebugaran Jasmani, Keterampilan Kecabangan Olahraga Sepak Bola dan Bola Voli.
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS DENGAN MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR KATOLIK WAEPANA, KECAMATAN SOA, KABUPATEN NGADA TA 2018/2019 Waku, Yasinta
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 2, No 2 (2018): Desember 2018
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.361 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2595623

Abstract

Tujuan penelitian tindakan  sekolah ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SDK Waepana,  Kecamatan Soa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDK Waepana, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Subyek dalam penelitian ini adalah  guru  - guru di SDK Waepana   yang berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 6 orang guru kelas dan 3 orang guru mata pelajaran.  Metode pengumpulan data menggunakan metode  obeservasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh dideskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutnya dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Kelas. Dari rata-rata nilai supervise akademik guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas   pada kondisi awal diperoleh 63 % . Pada ahir Siklus I rata – rata nilai  yang diperoleh 79, 89%, di akhir siklus II  diperoleh  88, 33%, dan dari kondisi awal sampai dengan akhir siklus II nilai supervisi akademik meningkat sebesar 25,33%.  Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan Pelaksanaan Supervisi akademik , maka dapat meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SDK Waepana, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada TA 2018/2019
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKAMATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018 DI KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017/2018 Wewe, Melkior; Yasa, Putu Agus Eka Mastika
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2573369

Abstract

ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik di kelas VIII  SMP di kabupaten Nagda Tahun ajaran 2017/2018, yang telah menerapkan kurikulum 2013. Jenis Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari fenomena obyek yang diteliti dan dibandingkan dengan teori yang sesuai dengan masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN I Bajawa dari bulan April samapai dengan Juni. Ssasaran pada penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII SMP Negeri I Bajawa, siswa/i kelas VIII A SMPN I Bajawa. Pengumpulan Data digunakan teknik Observasi dan Wanacara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Guru mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIII sudah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sudah  sangat baik. 2) Dari 4 (empat) kompetensi dasar yang dimiliki oleh seorang guru yang dilaksanakan selama proses pembelajaran berada pada kategori baik, namun pada aspek penerapan pendekatan saintifik (5M) berada pada kategori cukup baik.  3) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berada pada kategori dengan cukup baik. Kata-kata Kunci: Pemeblajaran Mataematika, Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI BELA DIRI SHOTO-KAI KABUPATEN NAGEKEO Wani, Bernabas
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2573411

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengevaluasi bagaimana konteks prestasi bela diri shotokai kabupaten Nagekeo, 2) Untuk mengevaluasi bagaimana input yang meliputi sumber daya manusia, kualitas dan ketersediaan sarana dan prasarana, Sumber dana pembinaan prestasi  bela diri shotokai kabupaten Nagekeo, 3) Untuk mengevaluasi bagaimana proses program pembinaan olahraga bela diri sotokai kabupaten Nagekeo, 4) Untuk mengevaluasi bagaimana hasil pembinaan olahraga bela diri shotokai kabupaten Nagekeo.Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini ialah 1) context yang meliputi visi, misi, tujuan pembinaan sotokai kabupaten Nagekeo dikatakan baik karena mempunyai semuanya dari aspek yang ada 2) Input  yang meliputi sumber daya manusia, sarana prasana dan dana. Pelatih yang ada pada sotokai kabupaten Nagekeo  mempunyai standar yang baik karena pelatih memiliki lisensi pelatih tingkat nasional serta mempunyai atlet, sarana prasarana yang masih sangat kurang sehingga mempengaruhi tingkat prestasi dari atlet shotokai Nagekeo. Dana bersumber dari dukungan pemerintah daerah Kabupaten Nagekeo. 3) Proses yang meliputi pelaksanan program dan koordinasi, pelaksanaan program latihan pada cabang olahraga shotokai Nagekeo baik karena mempunyai program latihan yang baik, koordinasi antara pemerintah, pelatih dan atlet berjalan baik.  4) product, prestasi atlet sotokai kurang dan menurun ditandai dengan perolehan medali pada setiap kejuaran. Kesimpulannya bahwa dilihat dari aspek contex, input, proses dan product semuanya belum pada standar yang baik selayaknya pada pembinaan olahraga prestasi pada umumnya. Kata Kunci: evaluasi, program pembinaan prestasi, shoto-kai
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI METODE PENDAMPINGAN BERKALA DI SDI NGABHEO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Burhanus, Hubertus
IMEDTECH: Instructional Media, Design and Technology Vol 3, No 1 (2019): SPECIAL ISSUE JANUARI 2019
Publisher : STKIP CITRA BAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.641 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.2573329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru melalui pendampingan berkala di SDI Ngabheo tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan mengikuti desain Kemmis dan Mc Taggart dimana satu siklus atau putaran terdiri dari empat komponen. Subyek penelitian ini semua guru-guru di SDI Ngabheo yang berjumalah 9 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah kinerja guru. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap masing-masing guru. Instrumen yang digunakan  dalama penelitian adalah lembar observasi yang akan digunakan untuk menilai kinerja dari setiap guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada siklus I diperoleh skor penilaian kinerja guru di SDI Ngabheo secara klasikal rata-ratanya adalah  58,5% termasuk masih dalam kategori kurang. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor secara klasikal adalah 83,63% berada pada kriteria baik. Jika dilihat dari rata-rata secara klasikal ini dapat dikatakan bahwa kinerja guru di SDI Ngabheo berada pada kategori baik. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan berhenti di siklus II dan tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dari rata-rata skor  siklus II, dapat dilihat ada peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25,1%.  Ini berarti penerapan pendampingan berkala  dapat meningkatkan kinerja guru di SDI Ngabheo tahun pelajaran 2018/2019. Kata-kata kunci: Pendampingan Berkala, Upaya Kepala Sekolah, Kinerja Guru