cover
Filter by Year
JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN)
Published by Universitas Medan Area
Articles
50
Articles
Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Perguruan Tinggi Di Propinsi Sumatera Utara Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus UMN Al Washliyah Medan)

Nasution, Lukman ( Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan ) , Rapono, Muhammad ( Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal melalui analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) di UMN Al Washliyah Medan. Jenis penelitian  adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Faktor Kekuatan yang dimiliki oleh UMN Al Washliyah yaitu : 1) Sumber daya manusia yaitu  241 dosen  memiliki latar belakang pendidikan S2, hal ini membuktikan bahwa dosen di lingkungan UMN Al Washliyah mencukupi syarat  berdirinya sebuah Universitas. 2) Lahan yang cukup menampung seluruh mahasiswa yang ada. 3) Fasilitas gedung perkuliahan, perpustakaan yang permanen serta laboratorium yang representatif. 4) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang sudah berada pada cluster Madya. Faktor Kelemahan, yaitu : 1) Beberapa tenaga administrasi belum sarjana (S1), 2) Kurangnya mahasiswa yang aktif di bidang kreativitas dan kesenian di lingkungan kampus 3) Minimnya peralatan laboratorium serta kurangnya koleksi buku bacaan untuk referensi mahasiswa. 4) Kurangnya minat dosen melanjutkan kuliah ke jenjang S3. Faktor Peluang, yaitu : 1) Adanya dukungan  positif dari Pengurus Besar Al Jam??iyatul Washliyah Jakarta untuk  menyediaan lahan perluasan kampus. 2) Dukungan moril masyarakat Sumatera Utara untuk kemajuan UMN Al Washliyah. 3) Adanya kepercayaan dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha terhadap UMN Al Washliyah dalam menghasilkan SDM berkualitas. Faktor Tantangan, yaitu : 1) Keterlibatan masyarakat luas dalam pendanaan, menuntut keterbukaan manajemen keuangan dan mutu kinerja yang menunjukkan keberhasilan. 2) Sulitnya untuk membangun fakultas baru dan program studi baru. 3) Peningkatan biaya pendidikan dapat menggeser kedudukan masyarakat berpenghasilan rendah. 

Analisis Brand, Inovasi Dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Songket Tenun Tarutung

Ginting, Nurmaidah ( Universitas Prima Indonesia ) , Simanjuntak, Demak Claudia Yosephine ( Universitas Prima Indonesia ) , Tampubolon, Lasma Ria ( Universitas Prima Indonesia )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand, inovasi, dan budaya terhadap keputusan pembelian Songket Tenun Tarutung di Kabupaten Tapanulin Utara. Sifat penelitian ini adalah penelitian menjelaskan (explanatory) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Accidental sampling yaitu penduduk wanita yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara dan penelitian mengambil data 100 responden dengan sampel menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan primer Untuk  pengujian validitas dan Uji reliabilitas disebarkan kepada 30 responden penelitian yang merupakan Konsumen Wanita pembelian songket tenun Tarutung di Kabupaten Tarutung. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Nilai R adjusted Square (R²) adalah 0,553 yang mengindikasikan bahwa variasi variabel brand, inovasi dan budaya mampu menjelaskan  variasi variabel keputusan pembelian sebesar  55,3 %.  Pengujian secara simultan menujukkan bahwa brand, inovasi dan budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian secara parsial bahwa brand, inovasi dan budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Pengaruh Work-To-Family Conflict Terhadap Komitmen Organisasi Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan

Sihaloho, Ronal Donra ( Fakultas Ekonomi, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Indonesia ) , Handayani, Rina ( Fakultas Teknik, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Indonesia )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh work-to-family conflict terhadap komitmen organisasi pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan komitmen organisasi dengan mempertimbangkan work-to-family conflict dalam perusahaan. Teori yang digunakan adalah manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan work-to-family conflict dan komitmen organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah explanatory research (penjelasan). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial work-to-family conflict berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasi.

Analisis Produk Domestik Bruto, Infrastruktur, Nilai Tukar Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Investasi Asing Langsung Di Indonesia

Astuty, Fuji ( Universitas Prima Indonesia ) , Siregar, Ina Namora Putri ( Universitas Prima Indonesia )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi investasi asing langsung di Indonesia dalam perkembangan ekonomi global yang meliputi produk domestik bruto, infrastruktur, nilai tukar dan suku bunga untuk periode 1998 - 2015. Metode analisis yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda. dengan teknik analisis Ordinary Least Square (OLS) dan Error Correction Mechanism (ECM). Hasil empiris dari penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka panjang variabel produk domestik bruto berpengaruh dan signifikan sedangkan variabel nilai tukar tidak berpengaruh signifikan. Dan variabel infrastruktur memiliki efek negatif tetapi tidak signifikan. Dalam variabel jangka pendek yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah variabel-variabel produk domestik bruto, infrastruktur, dan nilai tukar. Sementara tingkat bunga tidak berpengaruh. Koefisien variabel yang menjelaskan variabel investasi langsung asing dalam pembangunan ekonomi global adalah infrastruktur terbesar, diikuti oleh produk domestik bruto dan nilai tukar rupiah. Koefisien determinasi 78,17% menunjukkan bahwa variasi dalam variabel produk domestik bruto, infrastruktur, nilai tukar dan suku bunga dapat menjelaskan variasi dalam variabel investasi asing langsung di Indonesia dalam pembangunan ekonomi global sementara sisanya 21,83% dijelaskan. oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Peran Peningkatan Pengembangan UMKM Melalui Pemasaran

Zainuddin, Zulkifli ( Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah Jakarta )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis konsumen atas pilihan dalam menggunakan/mengkonsumi produk/jasa dimana konsumen lebih dominan memilih variabel manakah yang disukainya dalam berbelanja. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan menggunakan analisis Uji kesamaan (Homogenitas) yang didasarkan bahwa apabila varians yang dimiliki oleh sampel yang bersangkutan tidak jauh berbeda. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa  t hitung < t table (2.145 < 2.015) maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara kualitas layanan dengan produk. Pada table Paired sampels statistic terlihat rata rata untuk kualitas layanan adalah 4.04, dimana saat menjamu tamu atau konsumen memiliki pengetahuan akan produk yang lebih luas dan untuk produk adalah 3.73, artinya rata rata kualitas layanan lebih tinggi daripada produk, sehingga kualitas layanan, pengaruh yang cukup kuat terhadap produk, dimana konsumen dalam membeli produk mencari ke?unik?an atau produk yang berbeda dibanding pesaing lain sehingga dalam hal ini pemilik usaha perlu melakukan perbaikan produk guna mendatangkan konsumen lebih banyak dan melakukan strategi dalam memperkenalkan perusahaan di masyarakat umum. 

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Budaya Terhadap Daya Tarik dan Minat Berkunjung ke Wisata Percut

Purba, Mery Lani ( Universitas Sari Mutiara Indonesia ) , Simarmata, Glory ( Program Studi Manajemen, Universitas Sutomo, Sumatera Utara )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor determinan yang mempengaruhi minat kunjungan kembali wisatawan ke Wisata Bahari Percut Sei Tuan Deli Serdang dilihat  kondisi kualitas pelayanan, budaya masyarakat  dan pengaruhnya terhadap daya tarik wisata dan minat berkunjung kembali di daerah tersebut. Populasi penelitian ini ada wisatawan lokal maupun mancanegara yang pernah berkunjung ke wisata Bahari Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal yaitu untuk melihat hubungan antar variabel dan faktor yang paling dominan mempengaruhi variabel dependen. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan budaya masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik Wisata Bahari Percut Sei Tuan. Demikian juga daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke tempat wisata Bahari Percut Sei Tuan.

Analisis Sektor Ekonomi Potensial Dalam Pembangunan Wilayah Kabupaten Karo

Bangun, Rita Herawaty Br ( BPS Provinsi Sumatera Utara )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis klasifikasi pertumbuhan sektor ekonomi, menganalisis pergeseran sektor dan mengidentifikasi sektor-sektor unggulan di Kabupaten Karo. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Tipologi Klassen, Pertanyaan Loqasi dan Shift Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, penyediaan sektor makanan dan pasokan pangan, sektor pemerintahan, pertahanan wajib dan jaminan sosial, sektor layanan pendidikan, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial dan sektor jasa lainnya adalah yang terdepan. sektor Kabupaten Karo dan sektor industri. pengolahan, sektor perdagangan besar dan eceran, perbaikan mobil dan sepeda motor, sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor administrasi pemerintah, pertahanan wajib dan jaminan sosial, sektor jasa pendidikan, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial dan sektor jasa lainnya adalah sektor ekonomi yang memiliki tingkat daya saing dibandingkan dengan sektor lain. 

Pengaruh Kinerja Pelayanan Dengan Pendekatan Malcolm Baldrige Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam

Heryenzus, Heryenzus ( Universitas Putera Batam ) , Suali, Suali

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu bentuk organisasi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan inilah yang selalu dituntut agar selalu bertambah baik. Hal ini tidak mudah,  karena terdapat persaingan yang semakin ketat. Salah satu faktor kunci keberhasilan dalam meningkatkan kinerja organisasi diawali dari kepuasan pasien Rumah Sakit itu sendiri. Penelitian ini menggunakan kriteria  Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence(MBCfPE). MBCfPE merupakan salah satu metode peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan dan terus-menerus .Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa mengenai pengaruh masingmasing keenam kriteria MBCFPE (kepemimpinan, perencanaan strategis, focus pada pelanggan, pengukuran,analisa dan manajemen pengetahuan, focus pada karyawan, manajemen proses) terhadap kepuasan pasien BPJS kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Batam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan deskriptif analisik dengan pendekatan metode mix method dengan sequential explanatory design. Jumlah jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keenam kriteria MBCFPE :kepemimpinan, perencanaan strategis, focus pada pelanggan, pengukuran,analisa dan manajemen pengetahuan, focus pada karyawan, manajemen proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Batam artinya semakin baik hasil variabel tersebut akan meningkatkan kepuasan pasien BPJS kesehatan rumah sakit.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Usaha Pembungkusan Garam Konsumsi

Dalimunthe, Hasbiana ( Universitas Medan Area )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan usaha pembungkusan garam pada CV. Karya Pertiwi Medan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada karyawan usaha pembungkusan garam CV. Karya Pertiwi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu sampling jenuh, dimana semua anggota populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan di CV. Karya Pertiwi yang berjumlah 35 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai hubungan antara variabel. Hasil penilitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan usaha pembungkusan garam pada CV. Karya Pertiwi Medan

Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online di Kota Medan

Purba, Mas Intan ( Universitas Prima Indonesia ) , Ginting, Kristi Endah Ndilosa ( Universitas Prima Indonesia )

JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN) Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh harga, pelayanan dan kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan. Sifat dari penelitian ini adalah explanatory dan jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 400 orang konsumen pengguna transportasi online di kota Medan. Data yang telah dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas, kemudian diolah menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil penelitian ini adalah (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (2) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (3) Kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (4) Harga, pelayanan dan kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan.