cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING
Published by Universitas Medan Area
ISSN : 25496247     EISSN : 25496255     DOI : -
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, JITE (Journal of Informatics and Telecommunication Engineering) is a journal that contains articles / publications and research results of scientific work related to the field of science of Informatics Engineering such as Software Engineering, Database, Data Mining, Network, Telecommunication and Artificial Intelligence which published and managed by the Faculty of Informatics Engineering at the University of Medan Area .
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Perancangan Link Komunikasi Jaringan Akses Seluler Untuk Aplikasi Cdma 2000-1x Di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat putri, syarifah muthia
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.135 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i1.573

Abstract

Pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dilakukan pada bidang pendidikan, transportasi, tenaga listrik, pengairan, air bersih, dan juga telekomunikasi. Telekomunikasi saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Perancangan link komunikasi jaringan akses seluler untuk aplikasi CDMA 2000-1x di kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat diharapkan dapat menjadi referensi untuk pembangunan telekomunikasi pada wilayah urban, sub urban, dan rural. Berdasarkan data di kabupaten Bima diperlukan 12 sel pada daerah urban dengan OBQ 403.66 kbps/km2, 4 sel pada wilayah sub urban dengan OBQ 427.87 kbps/km2, dan 1 sel pada wilayah rural dengan OBQ 411.67 kbps/km2. Kata Kunci :CDMA, OBQ, JaringanNirkabel
ANALISA ALGORITMA DATA MINING ECLAT dan HUI MINER Lubis, Juanda Hakim
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.693 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i1.519

Abstract

Frequent pattern mining memainkan peran penting di dalam data mining. Salah satu metode yang digunakan adalah metode asosiasi. Metode asosiasi digunakan untuk mencari dan menganalisa data transaksi penjualan yang terjadi. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa perilaku pelanggan terkait dengan produk - produk yang dibeli. Dengan menggunakan aturan asosiasi, kita dapat mengetahui seberapa sering item yang dibeli bersama-sama dalam suatu transaksi. Salah satu algoritma yang digunakan adalah Eclat. Eclat pada dasarnya adalah pencarian algoritma depth-first menggunakan persimpangan yang ditetapkan. Kelebihan dari Eclat adalah proses dan performa penghitungan support dari semua itemsets dilakukan dengan lebih efisien dibandingkan dengan algoritma HUI-miner apriori. Akan tetapi dalam penelitian ini diperoleh hasil algoritma HUI-miner lebih efektif dan lebih stabil dari segi waktu jika di bandingkan dengan eclat.
PERBANDINGAN METODE LOW BIT CODINGDENGAN PHASE CODING PADA DIGITAL AUDIO WATERMARKING sembiring, zulfikar
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.997 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i1.569

Abstract

Penggunaan file audio sebagai media distribusi informasi digital sangat populer sekarang ini karena semakin canggihnya perangkat keras maupun perangkat lunak yang dapat mengolah file audio digital tersebut. Ditambah lagi dengan semakin mudahnya akses internet dimana saja baik melalui perangkat mobile ataupun tidak. Karena semakin banyaknya penggunaan file audio digital oleh perorangan atau perusahaan misalnya dalam produksi musik, atau video klip maka semakin sulit untuk menentukan keaslian suatu file audio digital dan sulitnya mencegah tingkat tindak pencurian atau pembajakan yang sangat merugikan pihak pememilik hak cipta. Ada beberapa metode dalam menentukan keaslian file audio digital dan mencegah tindak pembajakan terhadap media digital, yaitu digital watermarking. Pada jurnal ini akan dibahas dua buah metode watermarking yaitu metode low bit coding dan phase coding. Tujuannya ialah untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya kedalam file audio digital. Karena ada beberapa aspek yang harus diketahui dalam menentukan baik atau tidaknya tingkat pengamanan pada file audio digital. Sehingga kita dapat menentukan metode yang mana yang pantas digunakan dalam menentukan keaslian file audio digital dalam mencegah tindak pencurian atau pembajakan.Kata kunci :audio, watermarking, low bit coding, phase coding
RANCANG BANGUN ALAT INFORMASI KODE ERROR MESIN GAME BERBASIS MIKROKONTROLER Chandra, Novi
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1177.192 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i1.570

Abstract

 Mengisi kupon atau tiket adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan didalam arena permainan keluarga dan sering terjadi dalam proses permainan game tiba–tiba   error, sehingga customer   akan sibuk untuk mencari dan memanggil petugas yang berjaga. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya sistem kendali otomatis dengan cara membuat “Rancang Bangun Alat Informasi Kode Error Mesin Game Berbasis Mikrokontroler”. Alat informasi kode error mesin game ini sangat membantu dalam mengetahui apabila tiket habis atau tidak keluar, karena sistem ini bekerja berdasarkan tiket yang melewati sensor LDR  yang terpasang pada dispenser tiket pada mesin game. Pada proses perancangan alat ini penulis menggunakan metode eksperimen dan perancangan yang mana dalam proses eksperimen didapatkan hasil perancangan alat keseluruhan, aplikasi mikrokontroler untuk mengirim informasi kode error mesin game dapat bekerja sesuai yang diharapkan karena dapat dengan cepat mengetahui mesin error tiket habis. Buzzer akan aktip sebagai alarm pemberitahuan tiket habis dan LCD akan menampilkan nama mesin game serta kode error mesin game tersebut. Kata kunci: Tampilan LCD, Mikrokontroler, Kode Error Mesin Game, Sensor LDR, Buzzer.
Stasiun Pemantau Kualitas Udara Berbasis Web sebayang, matius arihta
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.815 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i1.571

Abstract

Stasiun Pemantau Kualitas Udara Berbasis Web adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk dapat mengumpulkan, menginformasikan dan menyajikan data mengenai kualitas udara di titik atau daerah yang telah terpasang sensor dan telah terintegrasi dengan peranti lunak aplikasi web sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses informasi tersebut kapanpun dan dimanapun pengguna berada.Semakin tingginya angka pengguna kendaraan bermotor mengakibatkan meningkatnya sumber pencemaran udara. Gas – gas hasil pembuangan kendaraan bermotor tersebut  dapat menimbulkan pencemaran dan apabila melebihi batas normal dapat berakibat buruk terhadap kesehatan manusia dan makhluk hidup disekitarnya. Semakin tinggi dan meningkatnya angka pencemaran udara maka sudah saatnya diperlukan suatu sistem yang dapat mengukur kadar kontaminan udara. Sistem ini telah dibangun dengan menggunakan mikrokontroler board Arduino Uno, sensor pendeteksi gas dan sensor pendeteksi suhu serta kelembaban udara, untuk perangkat lunaknya dibangun dengan menggunakan  bahasa C Arduino, bahasa pemrograman web berbasis PHP, web server Apache, dan database MySQL. Pemanfaatan database di dalam sistem ini bertujuan untuk menyimpan data yang telah dibaca atau dideteksi oleh sensor sehingga data dapat tetap tersimpan dan dapat ditampilkan ataupun disajikan apabila dikemudian hari data pengukuran ini diperlukan.Dengan demikian informasi ini dapat dijadikan acuan sehingga dapat dihindari dampak buruk udara yang tercemar. Kata Kunci :Apache; Arduino Uno; MySQL; Pencemaran Udara; PHP
Implementasi Algoritma Apriori Pada Data Benchmark Kosarak Dan Mushrooms muliono, Rizki
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.364 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i1.572

Abstract

Algoritma apriori saat ini lebih banyak digunakan untuk mencari frequent itemsets dan mencari aturan asosiasi untuk menemukan knowledge. Proses mencari frequent itemsets pada data secara berulang-ulang yang ada didalam database dan diakhiri ketika kandidat itemsets sampai K+1 tidak ada lagi. Algorima Apriori menggunakan secara umum menggunakan banyak jumlah memori dan waktu eksekusi dalam menemukan kombinasi dan perbandingan frequent itemsets. Hasil yang di dapatkan dengan menggunakan algoritma apriori bisa di katakan akurat saat menseleksi kombinasi itemset yang ada pada dataset sesuai dengan nilai support dan confidens nya. Untuk mengetahui seberapa akurat dan berapa jumlah sumberdaya yang di gunakan serta bagaimana perilaku algoritma apriori terhadap dataset dengan jumlah kolom data yang berbeda, maka implementasi agoritma apriori di ujikan dengan data benchmark kosarak.dat dan mushrooms.dat dengan nilai minimum support yang sama. Kedua data sets tersebut memiliki format yang berbeda pada jumlah kolom datanya yaitu data pada semua baris memiliki jumlah kolom karakter data, pada datasets kosarak.datmemiliki kolom karakter dengan panjang berbeda-beda pada setiap barisnya sedangkan pada datasets mushrooms.dat memiliki kolom karakter sebanyak 23 karakter data, artinya datasets tersebut memiliki model blok data linear atau sama. Hasil dari implementasi algoritma apriori terhadap kedua datasets tersebut didapatkan perilaku proses pada apriori yang ditampilkan dari hasil waktu eksekusi dan memori yang dipakai bahwa datasets kosarak lebih sedikit menggunakan waktu dibandingkan dengan datasets mushrooms namun penggunaan memori lebih boros, semakin kecil nilai minimum support semakin banyak komparasi kandidat yang dicari. Kata Kunci : apriori; datamining; implementasi; kosarak; mushrooms
Perbandingan Algoritma Greedy Search dan Algoritma Depth-First-Search pada Pencarian Kota dengan Graph Romania Problem Syuhada, Muhammad Yudha
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 2 (2018): Edisi Januari
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.263 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i2.1405

Abstract

Pada jurnal ini, akan dibahas penggunaan algoritma Greedy Search dan Depth-First-Search untuk mencari sebuah kota (final state) dari kota asal (initial state). Kedua algoritma akan dibandingkan berdasarkan total cost dari path yang terbentuk oleh pencarian masing-masing algoritma. Path yang digunakan adalah Romania Problem yang mana path ini sering digunakan pada kasus-kasus kecerdasan buatan. Jurnal ini juga mendiskusikan perbandingan antara kinerja kedua algoritma yang mana secara umum akan menunjukkan algoritma mana yang lebih efisien dalam menemukan solusi
Sistem Pendeteksian Manusia untuk Keamanan Ruangan menggunakan Viola – Jones Sianturi, Jonatan; Rahmat, Romi Fadillah; Nababan, Erna Budhiarti
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 2 (2018): Edisi Januari
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.955 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i2.1424

Abstract

Aspek keamanan sangat dibutuhkan dalam berbagai kehidupan saat ini seperti keamanan rumah, gedung, atau ruangan yang memiliki nilai penting bagi pemilik. Keamanan dapat dikerjakan oleh tenaga manusia tetapi cara ini kurang efisien karena menghabiskan banyak resources seperti uang, waktu, tenaga dan juga sangat rentan terhadap kelalaian manusia (human error). Oleh karena itu diperlukan suatu pendetekatan untuk dapat melakukan keamanan tersebut.Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pendeteksian objek manusia melalui kamera yang terhubung dengan komputer.Dalam penelitian ini digunakan Viola-Jones untuk mendeteksi objek manusia dalam citra berdasarkan fitur. Citra yang diinput dari webcam dengan fungsi capture dalam library OpenCV diubah menjadi citra abu-abu setelah mengalami proses scaling, dilanjutkan ekualisasi histogram, perhitungan fitur dengan citra integral, dan pendeteksian objek dengan cascade of classifier. Pada penelitian ini ditunjukkan bahwa metode yang diajukan mampu melakukan pendeteksian objek dengan hasil akurasi mencapai 86,88% . Kata Kunci : viola-jones, pendeteksian manusia, keamanan ruangan, cascade of classifier, opencv.
Model Identifikasi dan Analisis Risiko Rantai Pasok Agroindustri Kopi Gayo dengan Pendekatan Fuzzy Analytichal Hierarchy Process Yustisar, Muhamad
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 2 (2018): Edisi Januari
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.116 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i2.1425

Abstract

Kopi Gayo merupakan salah satu komoditi pertanian utama provinsi Aceh selain kopi, nilam, pinang dan kelapa sawit. Upaya mencapai rantai pasok yang berkelanjutan, perlu diperhatikan tiga aspek yang menjadi pilar yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Manajemen rantai pasok pertanian terutama kopi Gayo umumnya lebih sulit ditangani dibandingkan dengan produk manufaktur karena produk pertanian memiliki sifat cepat rusak, ukuran bervariasi, musiman, lokasi tersebar dan skala kecil, sehingga sangat rentan terhadap risiko kerugian bagi pelakunya. Fakta saat ini menunjukkan bahwa beberapa aspek belum menunjukkan kondisi keberlanjutan, seperti pada indikator profit usaha petani, keterampilan pelaku, penggunaan air pada proses produksi jauh di atas ambang batas, pengelolaan risiko rantai pasok serta pola hubungan keterkaitan antar pelaku. Tujuan dari penelitian ini mengetahui faktor-faktor risiko yang paling berpengaruh dan analisis interaksi antar pelaku untuk bersama-sama mengelola risiko dalam struktur rantai pasok kopi Gayo. Metode yang digunakan adalah sintesis logika Fuzzy Analytichal Hierarchy Process (F-AHP) dan proses hirarki analitik, sedangkan analisis interrelasi dilakukan secara deskriptif. Hasil Fuzzy AHP menunjukkan bahwa pada petani, risiko terbesar adalah mutu dan budidaya, pada pedagang pengepul adalah pemenuhan mutu dan harga, pada agroindustri risiko terbesar adalah mutu dan harga. Kata Kunci: Agroindustri Kopi Gayo; Fuzzy Analytichal Hierarchy Process; Risiko Rantai Pasok
KLASIFIKASI EKSPRESI WAJAH MENGGUNAKAN BAG OF VISUAL WORDS Muhathir, Muhathir
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 2 (2018): Edisi Januari
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.293 KB) | DOI: 10.31289/jite.v1i2.1426

Abstract

Pada hakikatnya, manusia dapat membedakan pola terhadap suatu objek berdasarkan bentuk visual yang mengandung keadaan emosional. Seperti membedakan ekspresi wajah seseorang pada suatu citra. Manusia dapat membedakan ekspresi pada citra tersebut secara kasat mata. Namun komputer yang tidak dapat mengenali ekspresi wajah tersebut. Bag of visual words merupakan suatu skema untuk mengklasifikasikan citra berdasarkan nilai-nilai pixel pada citra. Dengan menggunakan deteksi interest point dan ekstraksi interest point, bag of visual words mengambil ciri unik pada citra sehingga dapat membedakan pola-pola yang terdapat pada suatu citra. Bag of visual word dengan nilai K 500 mampu mengklasifikasi pola ekspresi wajah dengan tingkat akurasi 69%,Kata kunci: Wajah, Klasifikasi, Speed-up Robust Feature, Bag of visual words, Ekspresi

Page 1 of 4 | Total Record : 31