cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING
Published by Universitas Medan Area
ISSN : 25496328     EISSN : 25496336     DOI : -
Core Subject : Engineering,
JIME (Journal of Industrial and Manufacturing Engineering) is a journal of scientific work in the Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Medan Area University which presents research results in the fields of Manufacturing, Ergonomics, and Industrial Management. The accepted journal is expected to be related to increasing productivity and current issue
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
Perancangan Fasilitas Kerja Yang Ergonomi Dengan Menggunakan Metode Rasional Di Dusun Serdang Bedagai Provinsi Sumatra Utara haniza, haniza; Siahaan, Billy Frans
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): edisi mei
Publisher : JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1367.262 KB)

Abstract

PT.Florindo Makmur merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan tepung tapioka yang masih menggunakan alat manual. proses pembuatan tepung tapioka banyak menimbulkan keluhan musculoskeletal pada bagian tubuh operator antara pengguna peralatan kerja yang masih sederhana ini membuat operator bekerja dengan kondisi yang tidak mempertimbangkan prinsip-prinsip ergonomis dan posisi kerja yang salah, sehingga pekerja sulit untuk menyelesaikan pekerjaannya secara cepat, hal ini dapat dilihat pada pekerjaan pembuatan tepung tapioka dimana operator harus melakukan pekerjaan manual yang mengakibatkan keluhan-keluhan pada bagian tubuh tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang fasilitas kerja yaitu pembuatan yang ergonomis sesuai dengan dimensi tubuh dan keinginan pengguna sehingga dapat bekerja dengan efektif, nyaman dan aman.Standar Nordic Quetionaire disebarkan untuk mengetahui keluhan bagian tubuh operator yang sakit, hasil dari SNQ menunjukkan bahwa operator banyak mengalami keluhan pada bagian pinggang, punggung, betis kiri, betis kanan, sakit kaku di leher bagian atas dan sakit kaku leher di bagian bawah sakit pada paha kanan dan kiri. Keluhan ini diakibatkan proses kerja yang masih cenderung mengabaikan prinsip-prinsip ergonomi hal ini terbukti dengan hasil penilaian level tindakan postur kerja dengan metode REBA yang sebagian besar beresiko tinggi pada bagian punggung dan pinggang.
Perencanaan Produksi Dan Kebutuhan Bahan Baku Produk Dengan Metode Mrp Pada Cv. Fawas Jaya siregar, ninny; Eprida, Bintang
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): edisi mei
Publisher : JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.2 KB)

Abstract

CV.Fawas Jaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri makanan yang  mengolah  bahan baku menjadi bahan jadi yaitu roti kacang hijau. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan roti kacang hijau adalah :tepung terigu,gula pasir, mentega, telur, kacang hijau.Proses pengolahan roti kacang hijau dilakukan tergantung ketersediaan bahan baku.Sistem pengendalian persediaan bahan baku di CV.Fawas Jaya memiliki permasalahan yaitu persediaan bahan baku yang belum terstuktur yang mengakibatkan proses produksi tidak berjalan lancar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peramalan, tahapan produk bahan baku, mengetahui bagaimana model permintaan produk pada  perusahaan CV.Fawas Jaya. Tahapan yang dilakukan untuk melakukan pengolahan data untuk hasil peramalan adalah : peramalan permintaan, penyusunan stuktur produk (BOM), perhitungan SEE, perhitungan dengan metode MRP. Hasil perhitungan MRP menghasilkan pengadaan bahan baku tepung dibulan Mei 2016 minggu ke empat di hari ke 1 pemesanan dilakukan 1 hari sebelum bahan baku tepung digunakan karena lead time bahan baku tepung selama 1 hari, pemesanan dilakukan setiap 1 periode.Untuk memenuhi  peramalan 35538 buah roti maka  pemesanan tepung terigu dimulai pada tanggal 28 Mei, jika tepung yang digunakan untuk roti tersebut adalah sebanyak 770 Kg, tersedia digudang 100 Kg dan Oh 50 kg maka pemesanan pada tanggal 28 Mei sebanyak 1000 Kg, (1 Kg tepung menghasilkan 50 buah roti).  Memastikan ketersediaan bahan baku tepat pada waktunya sehingga menghindari terjadinya resiko keterlambatan pengiriman yang berarti ketidak puasan konsumen akan muncul. Hasil perhitungan MRP memberikan masukan kepada perencana kebutuhan material untuk membuat order release.
Analisa Sistem Maintenance River Side Pump Dengan Membandingkan Antara Breakdown Dan Preventive Maintenance Di Pabrik Gula Kwala Madu delvika, yuana; daulay, heru wiranata
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): edisi mei
Publisher : JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (787.451 KB)

Abstract

Dengan adanya suatu pekerjaan pemeliharaan yang baik dan efektif, maka akan dapat dicegah timbulnya kerusakan (breakdown) sebelum waktunya kerusakan tersebut seharusnya terjadi. Oleh karena itu, pada umumnya bagian pemeliharaan di dalam suatu pabrik merupakan bagian yang membantu dan memberi laporan kepada kepala pabrik atau bagian produksi mengenai keadaan peralatan produksi. Peranan bagian pemeliharaan dalam suatu pabrik akan bertambah penting apabila perusahaan tersebut menggunakan mesin-mesin yang serba otomatis dalam proses produksinya. Preventive maintenance merupakan kegiatan pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan untuk mencegah timbulnya kerusakan-kerusakan yang tidak terduga dan menemukan kondisi atau keadaan yang dapat menyebabkan fasilitas produksi mengalami kerusakan pada waktu digunakan dalam proses produksi. Dengan demikian, semua fasilitas produksi yang mendapatkan preventive maintenance akan terjamin kelancaran kerjanya dan selalu diusahakan dalam kondisi atau keadaan siap dipergunakan untuk setiap operasi atau proses produksi pada setiap saat sehingga dapatlah dimungkinkan bahwa pembuatan suatu rencana dan schedule pemeliharaan dan perawatan yang sangat cermat dan rencana produksi yang lebih cepat.
Analisa Pengendalian Kualitas Mutu Gula Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Di PTPN II Pabrik Kwala Madu Stabat mustafa, kamil; fernando, jansen
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): edisi mei
Publisher : JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (787.714 KB)

Abstract

Kualitas gula sangat mempengaruhi daya saing perusahaan untuk meningkatkan hasil produksi. Dalam hal ini perusahaan harus terpacu untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkannya dengan cara peningkatan teknologi, manajemen, bahan baku dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar produk dapat diterima oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas gula putih kristal dengan tingkat kecacatan produk dengan menggunakan metode Six sigma. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Six Sigma. Six Sigma adalah suatu metodologi yang dipergunakan untuk melakukan upaya perbaikan dan peningkatan proses yang berkesinambungan atau terus menerus (Continuous Improvement). Six Sigma adalah DMAIC yang memberikan langkah dari menemukan permasalahan, mengidentifikasi penyebab masalah hingga akhirnya menemukan solusi untuk memperbaikinya. Ada beberapa tahapan dalam metodologi DMAIC yaitu Define (mendefinisikan masalah), Measure (pengukuran), Analysis (analisa), Improve (pengembangan), Control (pengendalian). Dari hasil penelitian diperoleh kecacatan yang terdapat di Pabrik Gula Kwala Madu setelah di lakukan perbaikan masih didalam batas normal.
Study Kelayakan Kebutuhan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Yang Optimal Tahun 2010-2020 Di Propinsi Sumatera Utara Berdasarkan ketersediaan Produksi TBS banjarnahor, marali
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): edisi mei
Publisher : JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1131.736 KB)

Abstract

Perencanaan dan pendirian suatu pabrik atau industri merupakan suatu study yang kongkrit , karena harus mempertimbangkan banyak aspek , baik aspek teknik, aspek pendanaan,  aspek ekonomis maupun sosial.Industri Pengolahan Kelapa Sawit merupakan Jenis Pabrik yang besar di Propinsi Sumatera yang merupakan penghasil Produk TBS terbesar di Indonesia oleh karena itu untuk menyeimbangkan hasil Produksi dengan ketersediaan Pengolahan maka perlu dilkukan suatu penelitian . Berdasarkan pengamatan penulis terdapat lebih kurang 99 unit Pabrik kelapa sawit yang tersebar di Sumatera Utara dengan Kapasitas yang beragam mulai dari Kapasitas Olah 30 ton/jam hingga 90 ton/jam dengan total kapasitas 17.280.000, ton/jam. Perkembangan produk TBS meningkat setiap tahun dan berdasarkan metode forcast diperkirakan pada tahun 2023 akan mencapai 22.750.000,-ton/jam. Oleh karena itu perkembangan kebutuhan Pabrik dengan kapasitas rata-rata  30 ton/jam dibutuhkan pembangunannya sebanyak 12 unit pabrik. Pembiayaan suatu Pabrik kapasitas 30 ton/jam dihitung dengan pendekatan Global sebesar Rp.120.000.000.000,-/unit.Perencanaan kebutuhan pabrik ini mempunyai peluang besar dengan pertumbuhan permintaan CPO yang semakin meningkat setiap tahun dengan kisaran 3 % setiap tahun .Demikian juga harga pada pasar internasional mengalami peningkatan yang signifikan walaupun sering terjadi fluktuasi setiap bulan
Perancangan Fasilitas Kerja Yang Ergonomis Pada Stasiun Penyortiran CV Putra Darma haniza, haniza; ramadhan, safri
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): edisi mei
Publisher : JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.288 KB)

Abstract

CV Putra Darma adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri ekspor biji kopi jenis Arabika yang masih hijau dan bermutu tinggi. Kegiatan produksi CV Putra Darma terdiri dari beberapa proses, salah satunya adalah proses penyortiran biji kopi.Fasilitas berupa lantai sebagai media kerja menimbulkan sikap kerja duduk membungkuk atau menunduk secara terus-menerus yang mengakibatkan pekerja mengalami rasa nyeri pada bagian tubuhnya dan rasa nyeri tersebut disebabkan oleh keluhan musculoskeletal terutama pada bagian pinggang, kaki, paha, punggung dan leher. Perancangan fasilitas kerja yang ergonomis berupa meja kerja dan kursi kerja pada stasiun penyortiran biji kopi CV Putra Darma bertujuan untuk mengurangi keluhan musculoskeletal pekerja.Tahapan yang dilakukan untuk melakukan perancangan fasilitas kerja yang ergonomis adalah dimulai dengan identifikasi keluhan musculoskeletal dengan menggunakan Standard Nordic Questionaire (SNQ), kemudian menilai postur kerja aktual dengan metode REBA.Tindakan yang dilakukan selanjutnya adalah perancangan fasilitas kerja yaitu meja kerja dan kursi kerja berdasarkan pengolahan data antropometri pekerja sebanyak 30 orang
Peramalan Tingkat Permintaan LPG PT. Pertamina (Persero) Di Elpiji Tandem Wijono, Joko; Siregar, Ninny; Banjarnahor, M
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 2, No 2 (2018): EDISI NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (958.275 KB) | DOI: 10.31289/jime.v2i2.2434

Abstract

LPG that produced by PT. Pertamina (Persero) unit Pengolahan I Pangkalan Brandan cames from natural gas. LPG usually used by people for industry and home needs. Most of high-end community prefer to consume to fuel oil, outfil legible job decay (durable) bat need big investment(because the storages of LPG or LPG bottle is expensive). Most of LPG consumption for north sumatera consumer supplied by PT. Pertamina (Persero) Unit Pengolahan I Pangkalan Berandan. For maintaining LPG continuity, so demand forecasting is a neccessary for the future. Considering the decline of LPG production, which caused by natural trend linier gas reserver. To predict the demand in the demand in the future, it can count using and Exponential Smoothing forecasting method. Exponential Smoothing forecasting method that used is double Exponential Smoothing forecasting method and then parameter estimate to get the minimum (Mean Square Error).  From the calculation forecasting method, Double Exponential Smoothing forecassting method can give the minimum MSE price with one parameter 0,1 and for Depot Tandem UPMS I Medan in 2010 is79.740,414 kiloliter.Keywords : Eksponential Smoothing Methode , forecasting
Hubungan Motivasi dengan Produktivitas Karyawan di PT. Srikandi Inti Lestari Polewangi, Yudi Daeng; Utomo, Budi
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 1, No 2 (2017): EDISI NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.277 KB) | DOI: 10.31289/jime.v1i2.2334

Abstract

Motivation is very important to be considered by the management if they want every employee make a positive contribution to achieve the corporate goals. Given the importance of motivation, the attention of management regarding to problem of employee motivation is to motivating employees in the company through a series of specific businesses in accordance to company policy, so the employees motivation will be maintained. This study to determine the relationship of motivation with employee productivity at PT. Srikandi Inti Lestari. The results describe employees of PT. Srikandi Inti Lestari has a high motivation and work productivity. Given the distribution of respondents' answers to the biggest motivation questions that agree 50%, strongly agree 20%, hesitate 18%, disagree 12% and strongly disagree 0%. Distribution of respondents' answers to the largest productivity question that is 46% agree, strongly agree 28%, hesitate 18%, disagree 8% and strongly disagree 0%. Based on this it is clear that the relationship between motivation and employee productivity in PT. Srikandi Inti Lestari influence each other with the value of 46% for productivity and 50% for motivation.
Analisa Jaringan Kerja dengan Metode CPM pada Proyek Pembangunan Gedung Balai Diklat BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Medan Hermanto, Hermanto; Mustafa, Kamil; Banjarnahor, Banjarnahor
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 2, No 2 (2018): EDISI NOVEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1118.794 KB) | DOI: 10.31289/jime.v2i2.2437

Abstract

Research was conducted at the training center bulding projec RI BPK Representative in Medan, North Sumatera, where the purpose of this research is to create a complex framework of activities based on project completion time and human resources available for job creation building structures manager. The framewwork presented in the form of work flow diagram (Network Diagram). From the data obtainned by the completion of the project structure has been estimated tim required to finish the job thus structure with the critical path method (Critical Path Method – CPM). After the calculation of forward and backward calculation is obtained : fastest tim starting and completion activities, no later than beginning and completion of, the lenght of the interval delay /postponement of activities. With the CPM method, completion building structure mnagement training center of RI BPK representative of North Sumatera Province is known than the sum of time critical activities. These critical activities each time interval did not have to delay the implementation of activities. The activities that are on the critical path is the activity with the notation : A-C-E-F-I-L-MQ-U-V-W-X-Y-Z-AA-AC-AD gained 4+9+6+6+1+3+6+1+1+6+1+6+6+1+6+1 = 64 days.
Analisa Kapuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan Purba, Fauzanolo; Haniza, Haniza; Siregar, Ninny
JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING Vol 2, No 1 (2018): EDISI MEI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.403 KB) | DOI: 10.31289/jime.v2i1.2427

Abstract

This study aims to determine the level of customer satisfaction to service quality of the Regional Water Company Branch Padang Bulan. The research method used in this research is quantitative descriptive with a population of Branch PDAM Tirtanadi Padang Bulan customers. The sample in this study of 100 respondents who were taken to area probability sampling technique. Data taken with the questionnaire and interview, while data analysis is descriptive percentages. The results showed that overall levels of customer satisfaction to service quality, including both the amount of 63.66%, which means that customers are satisfied with the service that has been provided by PDAM Tirtanadi Branch Padang Bulan. Elements of customer satisfaction to service quality which is in poor category there are 7 of Serviceability, service procedures, disciplinary care workers, care workers responsibility, fairness, service costs, and assurance of service schedules. While elements in both categories there are S of product quality, service requirements, clarity of service personnel, capability of the service, speed of service, justice get service, politeness and friendliness of staff cost certainty and convenience services environment.

Page 1 of 3 | Total Record : 29