Jurnal Teknik Komputer
ISSN : 24422436     EISSN : 25500120
Jurnal Teknik Komputer merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Embedded System, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang Keputusan.
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI" : 15 Documents clear
PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN BERBASIS ANDROID Adami, Feby Zulham; Budihartanti, Cahyani
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1253.74 KB)

Abstract

Abstract — Augmented reality (AR) is a type of interactivetechnology combining real and virtual objects will generate 3Dobjects that will be displayed on the screen. Augmented reality hasbeen applied has a way of working is based on detection of imageor images and so-called markers, using a smartphones camerathen detects markers that have been printed. Augmented realitywidely used in various fields, one of which is education. In the fieldof education augmented reality is used as a medium of learning tomake it more interesting. Augmented reality technology can beapplied in human anatomy learning system is one of the digestivesystem. The use of augmented reality technology is expected todisplay the objects in the form of an organ in the human digestivevirtual 3D images made using marker. Markers are detected by acamera on android smartphone will display 3D objects digestivesystem, so that users can observe how the application form organsof the digestive system in realtime. Making an application is builtusing Unity 3D and Blender software.Intisari — Augmented reality (AR) adalah jenis teknologiinteraktif menggabungkan benda nyata dan virtual yang akanmenghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar.Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerjaberdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker,dengan menggunakan kamera smartphone kemudianmendeteksi marker yang telah di dicetak. Augmented realitybanyak digunakan diberbagai bidang, salah satunya bidangpendidikan. Pada bidang pendidikan augmented realitydigunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik.Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan dalam sistempembelajaran anatomi manusia salah satunya adalah sistempencernaan. Penggunaan teknologi augmented reality diharapkanbisa menampilkan objek berupa organ dalam pencernaanmanusia secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yangdijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera padasmartphone android akan menampilkan objek 3D sistempencernaan, sehingga pengguna aplikasi dapat mengamatibagaimana bentuk organ-organ sistem pencernaan secararealtime. Pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakansoftware Unity 3D dan Blender.Kata kunci — Augmented reality, Blender, digestion, 3D, Unity3D, marker.
IMPLEMENTASI ACCESS LIST SEBAGAI FILTER TRAFFIC JARINGAN (STUDY KASUS PT. USAHA ENTERTAINMENT INDONESIA) Purwanto, Agus Didi; Badrul, Mohammad
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1277.902 KB)

Abstract

Abstract—Cisco router are frequently used equipment on thenetwork, primarily on a network of Wide Area Network (WAN).Cisco router has the function to forward a packet data to anaddressing that is a far and being in a different computer network.Cisco router has one function that can be used as a traffic filteringthat when implemented more then it would be firewall. With accesslist, cisco router can be used for later defended the network fromsome threat that will destroy the document and data that reside inan institution or a company.The result of this research areextended access list that is simulated in advance on packet tracerand then applied to the router 2600 series on a network that willhelp determine the source and destination address as well as theprotocol and port number that you want. By using this type, accesslist can be more efficient in regulating user access allowed or not ina particular host and control the spread of the data packets that areuseless in the network.Int isari — Cisco router merupakan salah satu peralatan yangdigunakan pada sebuah jaringan, terutama jaringan Wide AreaNetwork (WAN). Cisco router memiliki fungsi untukmeneruskan paket data meski dengan jarak yang sangat jauhdan pada jaringan komputer yang berbeda. Cisco routermemiliki satu fungsi yang dapat digunakan sebagai penyaringlalu lintas data yang ketika diimplementasikan akan sepertifirewall. Dengan daftar akses, cisco router dapat digunakansebagai keamanan jaringan dari yang akan menjaga dokumendan data yang berada pada jaringan komputer institusi atauperusahaan.Hasil penelitian ini membahas tentang daftar aksesyang disimulasikan dengan menggunakan aplikasi cisco packettracer dan kemudian diterapkan pada router seri 2600 padamelalui interface yang ada pada router untuk menentukansumber dan alamat tujuan serta protokol dan nomor port yangdiinginkan. Dengan menggunakan daftar akses, router akanmenentukan di perbolehkan atau tidak penyebaran paket padasuatu jaringan komputer.Kata Kunci— Cisco, Router, Wide area network
PENERAPAN VISUALISASI PENGETAHUAN WIRAUSAHA BERBASIS MINDMAP PADA KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM Fakhriza, Muhammad Hilman
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1560.304 KB)

Abstract

Abstract —Knowledge Management System is a great method ofknowledge Capture can run processes which change the experienceofsolving a problem of multiple sources of knowledge.Researchinthis case describes a capture that is tacit knowledge intoexplicitby using the concept of Mind Map. Mind Map assessedeasilyputthe information into the brainin a way that is creative andeffective record, in other words, the informan twill literally "mapout" the thought spenerma information to be more easily accepted.In the world of entrepreneurship activitiesc an not be separated inorder to share knowledge in the development of the businessc an berun properlyand reduceriskin the future. Running these methodsinthe Business Community BSI is expected not only to improve theorganizations activities but helpin the development of eachmembers business. The application ofthis technique is also expectedto be easier in the presentation and easier to understand sehiunggacan speed up the process of knowledge sharing. Int isari — Knowledge Management System adalah satu metodebesar dari knowledege Capture yang dimana dapat menjalankanproses mengubah pengalaman memecahkan suatu masalah daribeberapa sumber pengetahuan. Penelitian dalam hal inimenjelaskan sebuah knowledge capture yang bersifat tacit menjadiexplicit dengan menggunakan konsep Mind Map. Mind Mapdinilai mudah dalam menempatkan informasi kedalam otakdengan cara mencatat yang kreatif dan efektif, dengan kata lainsecara “Harfiah" informan akan “memetakan” pikiran-pikiranpenerima informasi agar lebih mudah diterima. Pada duniakewirausahaan tidak terlepas dalam aktifitas berbagipengetahuan supaya dalam pengembangan bisnis dapatdijalankan dengan baik serta mengurangi resiko dikemudian hari.Menjalankan metode tersebut dalam Komunitas Bisnis BSIdiharapkan tidak hanya dalam meningkatkan aktifitas organisasiakan tetapi membantu dalam pengembangan bisnis anggotamasing-masing. Penerapan teknik ini juga diharapkan dapat lebihmudah dalam penyajian dan lebih mudah untuk dipahamisehiungga dapat mempercepat proses berbagi pengetahuan.Kata kunci — Explicit Knowledge, Knowledge ManagementSystem, Kewirausahaan, Komunitas Bisnis, Mind Map, Tacit.
KAJIAN PENERAPAN METODE KLASIFIKASI DATA MINING ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KELAYAKAN KREDIT PADA BANK MAYAPADA JAKARTA Iriadi, Nandang; Nuraeni, Nia
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.658 KB)

Abstract

Abstract — The banking industry has developed quite apidly, bothin terms of volume of business , mobilize public funds or credit .Data mining of the loan has great potential to explore the hiddenpatterns within a dataset of loans including loans domain . C4.5classification algorithm is the most simple , easy diimplemntasikan. However, the algorithm C4.5 still have weaknesses in handlinghigh-dimensional data in . This research aims to implement thealgorithm C4.5 with the selection of attributes so as to reduce thedimensionality of the data , and identify features in the data setwith C4.5 algorithm method . From this research, conductedmodels created with C4.5 algorithm itself already has goodaccuracy that is equal to 83.67 % with the selection process by thealgorithm C4.5 attributes .Intisari — Industri perbankan mengalami perkembangan yangcukup pesat, baik dari sisi volume usaha, mobilisasi danamasyarakat maupun pemberian kredit. Data mining mengenaipinjaman memiliki potensial besar untuk menjelajahi bagianpola yang tersembunyi dalam suatu dataset dari domainpinjaman termasuk pinjaman kredit. Algoritma C4.5merupakan pengklasifikasian yang paling sederhana, mudahdiimplemntasikan. Namun, Algoritma C4.5 masih memilikikelemahan dalam menangani data dalam dimensi tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma C4.5dengan seleksi atribut sehingga dapat mengurangi dimensi daridata, serta mengidentifikasi fitur dalam kumpulan data denganmetode algoritma C4.5. Dari penelitian ini yang dilakukan modelyang terbentuk dengan algoritma C4.5 sendiri sudah memilikiakurasi yang baik yaitu sebesar 83.67% dengan proses seleksiatribut oleh algoritma C4.5.Kata kunci — Data mining, Algoritma C4.5, kelayakankredit,Decision Tree
ANALISIS PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE LAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS : www.bsi.ac.id AMIK BSI JAKARTA) Handrianto, Yopi
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract —Previousstudies on the use of internet website state that a website satisfaction level is determined by the e-Service. AMIK BSI Jakarta has been using e-Service for its academic service activities. But there are some constraints like website usefulness, aesthetics, security system and responsiveness that have not been optimized. This study proposes a model to see the relationship between the satisfaction of websites containing academic information for students and the intention to revisit the website, so its e -Service has become an important necessity for students. This study conducts a survey to students between the ages of 19 (nineteen) up to 30 (thirty) years that has a lot of experience in using the academic website,particularlyfrom semester three (3) to semester 6 (six) students. They are from 3 (three) different majors: Komputerisasi Akuntansi (Computer Accounting), Manajemen Informatika (Infromatics Management) and Teknik Komputer (Computer Engineering) at Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK BSI Jakarta) . The respondents answered the questionnaire based on their experience in exploring the academic website. Dataobtained are processed for the purposes of descriptive data analysis by using Structured Equation Modeling (SEM) method and Analysis of Moment Structure (AMOS) for testing the hypothesis. This study was conducted at AMIK BSI Jakarta Kramat and Salemba campuses for 5 (five) months. The results of this study show that the validity and reliability of each indicator is significantly connected to variable and can significantly contribute to evaluating the websites service quality. How the acquisition of information provided by the website will affect students’ satisfaction, therefore encourage their intention to revisit the website.  Intisari —Penelitian terhadap penggunaan internet sebelumnya menyatakan bahwa ukuran kepuasan website ditentukan oleh  kualitas e-Service. AMIK BSI Jakarta telah  melakukane-Service untuk kegiatan pelayanan akademiknya. Namun ada beberapa kendala yang di hadapi seperti kebermanfaatan website, estetika website, sistem keamanan website dan daya tanggap website yang belum optimal.    Penelitian ini mengusulkan sebuah model untuk melihat hubungan antara kepuasan website yang berisi informasi akademik kepada mahasiswa dan niatan untuk berkunjung  kembali ke website tersebut sehingga e-Servicewebsite tersebut menjadi suatu kebutuhan yang cukup penting keberadaannya bagi mahasiswa. Dalam penelitian ini dilakukan survei terhadap mahasiswa yang berusia antara 19 (sembilan belas) sampai dengan 30 (tiga puluh) tahun yang memiliki banyak pengalaman dalam menggunakan website akademik terutama mahasiswa semester 3 (tiga) sampai semester 6 (enam) dari 3 (tiga) jurusan yang berbeda yaitu jurusan Komputerisasi Akuntansi, jurusan Manajemen Informatika dan jurusan Teknik Komputer di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK BSI Jakarta). Para responden menjawab kuesioner berdasarkan pengalaman mereka dalam mengeksplorasi website akademik. Data dari responden yang diperoleh akan diolah untuk keperluan analisis data deskriptif dengan metode pemodelan persamaan Struktural atau Structured Equation Modelling (SEM) dengan bantuan Analysis of Moment Structure (AMOS) untuk menguji hipotesis penelitian ini. Proses penelitian ini dilaksanakan di Kampus BSI wilayah Kramat dan Salemba AMIK BSI Jakarta selama 5 (lima) bulan. Hasil penelitian ini bahwa nilai validitas dan reabilitas setiap indikator terhubung signifikan terhadap variabel dan dapat memberikan kontribusi untuk mengevaluasi kualitas pelayanan website, sehingga diketahui bagaimana perolehan informasi yang diberikan mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap website, sehingga menimbulkan niatan kembali mahasiswa untuk mengunjungi website tersebut. Kata Kunci —AMOS, e-Service, Internet, Layanan Akademik, SEM.,Website.
MODEL MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM PENENTUAN PENERIMA PINJAMAN Mailasari, Mely
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1061.171 KB)

Abstract

Abstract— Employees Cooperative PT. Indomobil SuzukiInternational requires a decision support system to determine thepriority of the recipient. The system used model Multi-AttributeDecision Making (MADM) Simple Additive weighting method(SAW). This is because the method is conceptually simple, easy tounderstand, computationally efficient and has the ability tomeasure the relative performance of the alternatives in the decisionof a simple mathematical form. This method can help in makinglending decisions so that the results of the screening of potentialborrowers to be more accurate, effective, and timely appropriateamount.Intisari— Koperasi Karyawan PT. Indomobil SuzukiInternational membutuhkan sebuah sistem pendukungkeputusan untuk menentukan prioritas penerima pinjaman.Sistem yang digunakan menggunakan model Multi AttributeDecision Making (MADM) metode Simple Additive Weighting(SAW). Hal ini disebabkan karena metode tersebut konsepnyasederhana, mudah dipahami, komputasinya efisien dan memilikikemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatifalternatifkeputusan dalam bentuk matematis yang sederhana.Metode ini dapat membantu dalam pengambilan keputusanpemberian pinjaman sehingga hasil penyeleksian calonpeminjam menjadi lebih akurat, tepat sasaran, tepat jumlah dantepat waktu.Kata Kunci— DSS, MADM, SAW, Peminjaman koperasi
SISTEM PAKAR TES MINAT DAN BAKAT JURUSAN KULIAH BERBASIS ANDROID PADA SMA ISLAM TERATAI PUTIH GLOBAL BEKASI Nugraha, Irham Cahya; ., Herlawati
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.71 KB)

Abstract

Abstract — There are still many students who do not care about theinterest and talents, especially in students who wish to continuetheir studies in collage. It causes many students who are not inaccordance with the direction you take. With an uncomfortablesituation that a lot of students who stopped in the middle of theroad or pass with the ability to improvise. Android is an OperatingSystem based on open source are growing very rapidly, especially inthe mobile devices. In Indonesia Android became one of theOperating System are very popular among people. An ExpertSystem is a system that can solve the problem, which usually canonly be solved by an expert. Obviously with the development ofexpert system can be a problem that can be easily resolved. ThisApplication is the development of expert system. Where theapplication is based on Android. In designing the application usingEclipse IDE, programming language used is Java. While themethod of development using Forward Chaining. This applicationhelps users to understand the multiple intelligences that stand outon him. So that the advantages of the conclusions drawn for theselection of the an majors.Intisari — Masih banyak siswa-siswi yang belum peduli denganminat dan bakatnya, khususnya pada siswa-siswi yang inginmelanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Hal itu yangmenyebabkan banyaknya mahasiswa yang merasa tidak sesuaidengan jurusan yang diambilnya. Dengan keadaan yang tidaknyaman tersebut banyak mahasiswa yang berhenti di tengahjalan atau lulus dengan kemampuan seadanya. Androidmerupakan sebuah sistem operasi berbasis terbuka yang sedangberkembang dengan sangat pesat khususnya pada perangkatberjalan. Di Indonesia Android menjadi salah satu sistem operasiyang sangat popular di kalangan masyarakat. Sistem pakarmerupakan sebuah sistem yang dapat memecahkan masalah,yang biasanya hanya bisa dipecahkan oleh seorang pakar.Tentunya dengan perkembangan sistem pakar dapat masalahyang dapat mudah terselesaikan. Aplikasi Tes Minat dan Bakatini merupakan pengembangan dari sistem pakar. Dimanaaplikasi ini berbasis Android. Dalam perancangan aplikasi inimenggunakan Eclipse IDE, bahasa pemrograman yangdigunakan adalah Java. Sedangkan metode pengembangannyamenggunakan metode pengembangan Runut Maju (ForwardChaining). Aplikasi ini membantu penggunanya untukmemahami kecerdasan majemuk yang menonjol pada dirinya.Sehingga dengan kelebihan yang dimiliki diambil kesimpulanuntuk pemilihan jurusa kuliah yang sesuai.Kata Kunci — Android, Forwar d Chaining, Sistem Pakar, TestMinat dan Bakat,
PENENTUAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU OLI BS150 MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS Ningsih, Rahayu
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1208.686 KB)

Abstract

Abstract — process will be discussed in this study is the rawmaterial oil BS150, and the number of suppliers who can meet theneeds of this of course is a positive thing for the company. However,on the other hand requires companies to be able to consider thefactors and choose the main suppliers are eligible to become apriority business partners. Analytic Hierarchy Process (AHP) canbe used in determining the best supplier selection priority. AHPhierarchical model in the application of very helpful in finding aweight and level of priority criterion. Quality, price and flexibilityare the main criteria in determining the best supplier selectionfactor. Where the sub-criteria of quality has the ability to provideconsistent quality and kesuaian qualification.Flexibility has sub criteria of ease of addition / subtraction booking,ease of delivery time. Costs have sub criteria: competitive pricingand price stability. Meanwhile, PT. CCBP, PT. WGI and PD. PJ isan alternative that should be prioritized best supplier selection.Processing of variable data is used as the criteria to use MicrosoftExcel, while searching for weights and priorities best supplierselection using V.11 Expert Choice. The result of this research inthe form of priority criteria for selecting the best suppliers of rawmaterials BS150 is the quality, flexibility and followed by the cost.Based on the selection criteria for supplier selection BS150 dressmaterial, this study recommends PT. CCBP as a supplier of rawmaterials for the best oil with a weight of 52.7% BS150.Intisari — Pemilihan supplier terbaik untuk bahan baku utamaproduksi perusahaan akan sangat berpengaruh pada hasilproduksi yang akan dihasilkan oleh perusahaan. Sehinggaterjadilah proses pemilihan supplier terbaik akibat adanyabeberapa alternatif supplier tersebut. Salah satu bahan bakuyang dibutuhkan perusahaan dalam proses produksi yang akandibahas dalam penelitian ini adalah bahan baku oli BS150, danbanyaknya supplier yang bisa memenuhi kebutuhan ini tentusaja adalah hal yang positif bagi perusahaan. Namun, disisi lainmenuntut perusahaan untuk lebih dapat mempertimbangkanfaktor-faktor dan memilih supplier utama mana yang layakuntuk diprioritaskan menjadi mitra bisnis perusahaan. AnalyticHierarchy Process (AHP) dapat dipergunakan dalammenentukan prioritas pemilihan supplier terbaik. Model hirarkidalam penerapan AHP sangat membantu dalam mencari suatubobot dan tingkatan prioritas suatu kriteria. Kualitas, harga danfleksibilitas merupakan kriteria utama dalam penentuan faktorpemilihan supplier terbaik.Dimana kualitas memiliki sub kriteria kemampuan memberikankualitas yang konsisten dan kesuaian kulifikasi. Fleksibilitasmemiliki sub kriteria kemudahan penambahan/penguranganpemesanan, kemudahan waktu pengiriman. Biaya memiliki subkriteria yaitu harga kompetitif dan stabilitas harga. Sedangkan,PT. CCBP, PT. WGI dan PD. PJ merupakan alternatif yangdijadikan prioritas pemilihan supplier terbaik. Pengolahan datavariabel yang dijadikan kriteria menggunakan Microsoft Excel,sedangkan mencari bobot dan prioritas pemilihan supplierterbaik menggunakan Expert Choice V.11. Hasil yang dicapaidari penelitian ini yaitu berupa kriteria prioritas pemilihansupplier bahan baku BS150 terbaik adalah kualitas, fleksibilitasdan diikuti oleh biaya. Berdasarkan seleksi kriteria pemilihansupplier bahan baju BS150 maka penelitian ini dengan bobot52,7% merekomendasikan PT. CCBP sebagai supplier bahanbaku oli terbaik untuk BS150.Kata kunci — Sistem Pakar, Forward Chaining, Helpdesk,Troubleshoot Komputer.
KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PERFORMANCE REVIEW AND PLANNING (PRP) BERBASIS SMARTPHONE ANDROID Safitri, Maryanah
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1395.968 KB)

Abstract

companies and organizations in order to improve and manage theassets of Competitive Advantage company or organization that isintellectual. The importance of knowledge management good wayto acquire knowledge and how to share knowledge, to the attentionof the Life Insurance Company. Flexibility of time and over manyactivities outside of the office agency and the presence of an agentor leader who has a side job to be the cause for the lack of timeknowledge sharing among agents and the constraints in the PRPactivities face to face. The purpose of this study is to help overcomethe existing problems by building an application that can helpagents and leaders in the activities of the Performance Review andPlaninning (PRP), and build applications that can developknowledge sharing among agents that can be done online throughthe android smartphone that is expected can increase theproductivity of the agent and leader. The method used in thisresearch are descriptive analysis of the work and activities andprototype Model for system design. In the application of thisandroid-based smartphone, the agent and the leader can performPRP and knowledge sharing activities anytime and anywherewithout constrained by time and space, which is expected to helpagents and leaders in conducting knowledge sharing and PRPactivities, especially for those who have side job.Intisari — Pengelolaan pengetahuan saat ini penting untukditerapkan di perusahaan ataupun organisasi dalam rangkameningkatkan competitive advantage dan mengelola asetperusahaan atau organisasi yang bersifat intelektual. Pentingnyapengelolaan pengetahuan baik cara untuk memperolehpengetahuan maupun cara melakukan berbagi pengetahuan,menjadi perhatian dari perusahaan asuransi jiwa. Flexibilitaswaktu dan lebih banyaknya aktifitas agen di luar kantor danterdapatnya agen ataupun leader yang memiliki side job menjadipenyebab minimnya waktu untuk knowledge sharing sertamenjadi kendala dalam kegiatan Performance Review andPlaninning (PRP) secara face to face. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk membantu mengatasi permasalahan yang adadengan membangun aplikasi yang dapat membantu agen danleader dalam kegiatan PRP, dan membangun aplikasi yang dapatmengembangkan knowledge sharing sesama agen yang dapatdilakukan secara online melalui smartphone android sehinggadiharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari agen danleader. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeksriptif analisis kerja dan aktifitas, dan prototype model untukperancangan sistem.Dalam aplikasi yang berbasis smartphone android ini, agen danleader dapat melakukan kegiatan PRP dan knowledge sharingkapanpun dan dimanapun tanpa terkendala oleh waktu danruang, sehingga diharapkan dapat membantu para agen danleader dalam melakukan knowledge sharing dan kegiatan PRPterutama bagi mereka yang memiliki side job.Kata kunci — Aplikasi Android, Kegiatan PRP, KnowledgeSharing, Smartphone.
ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN KHAS PULAU INDONESIA BERBASIS ANDROID PADA TK KUPU-KUPU MUNGIL BEKASI Hardyana, Septi Eka; ., Herlawati .
JURNAL TEKNIK KOMPUTER Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Publisher : AMIK BSI Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1769.533 KB)

Abstract

Abstract — Concentration of kindergarten children were veryminimal compared to adults make teachers need to be extra in thedelivery of material in the learning process because kids get boredeasily with the media book. Many types and concepts that must beabsorbed and used the learning process is still classically causesless understanding children and teachers must often repeat thelearning materials. Teaching with lecture method and the lack ofprops make children less interested in learning. The method used toconvey information one through multimedia-based learningandroid with needs analysis, system design, code generation,testing, support. The purpose of this learning system is to helpchildren learn animal diversity typical kindergarten on an island inIndonesia. Fill delivered a simple material. There are also quizexercises to test childrens understanding about this matter andalso the game to provide entertainment in the study. In additionandroid multimedia-based learning can also help teachers delivermaterial with the introduction of the animals easier. Studying theanimals unique to the island in Indonesia needs to be ways orstrategies that can facilitate children in learning. To attractattention, is necessary to create classroom situation makes thechildren motivated to learn. One way is to use teaching aids ormedia when teachers teach. Rapid advances in technology,especially information technology encourages people to developmedia that can be used anytime and anywhere.

Page 1 of 2 | Total Record : 15